Kegalauan Seorang Newbie

6:11:00 PM

sumber: google
Well well well welleh welleh ceman-cemanku setanah kusir. Kemarin sempet nih saya mampir ke blog ceman kancut Tante Honey dan berkomentar di salah satu postingannya (klik disini) yang bercerita tentang kegalauannya, dan satu lagi kawan saya (dia malu disebutkan namanya) juga begitu lagi galau.


Mereka kenapa Pit?



Biasa deh, masalah ngeblog, walaupun mungkin Tante Honey bukan newbie, saya anggap saja ini buat para newbie. Pasti deh kalau jadi newbie bawaannya bingung, galau, pusing, dan sedih (macam PMS aje(◣_◢)). Apalagi kalau nggak ada yang mengarahkan kita secara langsung dalam dunia blog, tambah parah PMS-nya.


Saya juga begitu kok. Pas jaman jahiliyah awal nge-blog bawaannya kayak orang PMS. (╥_╥) Tanya kenapa? Mari kita perkosa bersama ceman-ceman..

Tampilan Blog

Lo iri nggak seh liat orang yang blognya ajiiiib, kereeen BGT? Penataannya sip, ada banner unyu, ada link-link (kayak namanya chinesse), gadget mantap, wigdet melayang, template gawean dewe, kyaaa!! Berseni, futuristik, artistik, abstrak, apalah itu pokonya beautipul deh. Pastilah yakinlah sumpah, para newbie udah ngiler pingin blognya kayak gitu. Saya juga tuh waktu jadul dulu, iri bener deh, tapi sebel abis gara-gara nggak bisa, udah gitu bego soal kode HTML lagi, akhirnya saya semakin menangis menangis bombay.


Komentar dan Followers

Unsur lain tanda blog sukses, banyak komentar ditiap postingan, followers juga gitu, bah.. sampai 2 juta (nggak segitunya kaleee!). Gimana? Semakin semakin keliatan kan PMSnya para newbie? Iye lah, nggak diragukan lagi. Kalau ada satu komentar aja yang nongol di salah satu postingan, aduh nee’ senengnya minta ampun deh, kayak ditembak Choi Si Won (。❤‿❤。), kalau cowok kayak ditembak ama pistol (mati dong Pit?) hihihi..

Bingung Mau Nulis/Posting Apaan

Napa bingung? Khan tinggal ketik a-p-a-a-n, beres kan? Gitu aja kok repot. Aduuh Pipit bukan getoo!! (¬_¬) Punya blog tapi bingung posting apaan, nggak ada inspirasi sama sekali, otak udah buntu banget. Hal ini memang sering terjadi, sulit merangkai kata-kata manis dalam kertas yang klimis (halah). Sama lah kayak saya waktu jadul dulu, akhir-akhirnya nih saya copas deh artikel unik-unik gitu, tapi copas cara halal ye.. bukan yang harom.

Solusi

Lalu kawan bila tidak ada solusinya gimana?

Akika bunuh diri aja di pohon ciplukan, hiks..

Jyah, lebe dueeh.. dikasih idup pinginnya mati, nikmatin dunia aja belum, apalagi yang masih dibawah umur, belum ngerasain itu kuaan?? Eeeaaaa..!!

Terus Pit gimana?

Nih dengerin kata-kata Pipit, meoooong..


1. Rajin-rajinlah menabung (kagak nyambung Pit), hehe sorry, maksud akika rajin-rajinlah baca tutorial blog, tanya om google, atau bertanya pada blogger senior. Tapi aku takut Pit, nanti kalau coba sendiri aku otak-atik tambah ancur.. nah untuk yang satu itu selalu ingat dan terapkan “download template lengkap” sebelum kamu memperkosa kode HTML milikmu. Hal ini dapat meminimalkan efek kehancuran pada tatanan blogmu.

2. Untuk mendapatkan komentar dan followers saya comot solusinya dari Mama Pina. Mari kita sambit bersama celoteh Mama Pina, ayeeee!!

a.Sering apdet blog, minimal seminggu sekali.
b.Postinglah tulisan yang informatif atau yg lagi ngetrend. Dan sedikit dikasi bumbu humor :D
c. Self-Promotion via FB, twitter, plurk, FS, whatever.
d. Yang punya twitter, coba promosiin blognya ke @UpdateBlog .
e. Beri judul postingan yang bikin orang penasaran.
f. Blogwalking. Tapi inget, kalo lagi nulis di chatbox jangan ngomong gini : "BERKUNJUNG, KUNJUNG BALIK DONG! EH POLOW GUE DONG" dll. Kesannya gak ikhlas aja gitu blogwalkingnya. Menurut gue kurang sopan. Lebih baik lo isi chatboxnya dengan memuji yg punya blog, misal : "Eh blognya keren, postingannya lucu, btw salam kenal ya". Masalah blog lo di follow itu, hak asasi pembaca/blogger lain. Jangan maksa minta difollow. Apalagi kalo blognya cuma berisi curcolan galau lo semua. Makanya apdet tulisan yang informatif untuk menarik follower :D
g. Banyakin temen blogger.
h. Sering komen blog orang juga. Kali aja dari situ ada pengkomen blog lain yang iseng ngeklik blog lo trus tertarik.
i. Deketin blogger yang lebih senior atau sukses. Deketin bukan berarti SKSD. Soalnya bisa aja blog lo di promote sama dia #eaaa #pengalaman
j. Jangan sombong dengan sesama blogger.
k. Gak usah sungkan-sungkan pamerin talenta lo. Misal lo jago nulis cerpen, jago desain, jago gambar, ya pamerin aja di blog. Karena lewat blog, bisa aja ada social media planner yang berminat lalu ngasi sponsor ke lo :D
l. Jangan pelit ilmu. Kalo ada yang nanya-nanya soal blog, jawab aja sebisa lo.


3. Punya blog panutan, tapi jangan asal milih dan nggak sesuai dengan kamyu-kamyu yuaa. Blog panutan ini membantu kamu dalam memperoleh inspirasi (inspirasi apapun) serta pemberi semangat kamu secara tidak langsung. Kalau saya ada 3 blog yang jadi panutan, of course the first is Om Saman (samandayu), lalu Teh Mia (kucingtengil), dan Mama Pina (kancut-beringas).

4. Tanamkan semangat ngeblog dalam hatimu. Jangan setengah-setengah atau koar-koar di depan (baca:omdo), nge-blog itu harus fun ini ngaruh karena kamu akan merasa enjoy terus. Kalau dibuat beban bisa KOPLAK.

5. Bingung cari inspirasi? Awali dari apa kesukaanmu, apa kegemaranmu, dan tuangkan itu dalam kata-kata serta sedikit bukti (gambar atau video). Kalau masih pusing coba rehat dulu, cari angin segar biar fresh. Satu lagi tambah wawasan umum kalian, mau dari tipi, baca koran, atau internet, karena ini sangat membantu.

Hmm.. cukup sepertinya, semoga ini berguna bagi para newbie yang sedang galau. Baiklah saya pigi dulu, kalau saya terlalu cantik saya mohon maaf (what the hell?). Kita jumpa lagi di postingan berikutnya, salam saya dari saya, jangan lupa komen yua.. muaaach :*


Baca Artikel Populer Lainnya

9 komentar

  1. - saya punya panutan
    - saya sudah tanamkan semangat ngeblog yang tinggi

    masalahnya, orang rumah bikin mood saya hancur melulu. tiap kali lagi seneng nulis, mereka hobi/iseng banget nyuruh-nyuruh gue. blegug abis dah orang rumah gue =_=

    ReplyDelete
  2. @stevanus: nyahaha deritamu deritamu.. ;p

    ReplyDelete
  3. kalo saya pas awal ngeblog belajar dari mbak google makanya jadi pinter nih hahay. mkasi ya udah disebut nama2 ane :3

    ReplyDelete
  4. @om saman: hehehe.. saya kan ngeblog terus gara2 om jadi harus dicantumkan!!

    ReplyDelete
  5. waaa...saya suka sekali gaya penulisannya yang seperti ngobrol ini...bagus dan enak dibacanya...isinya juga `ada` ...gak asal ngoceh...pertahankan dan tetap semangat yaaaaaaaa...... :)

    salam :)

    ReplyDelete
  6. iya nih ma newbie ky aku gini ,, maksudnya kite ... emang musti banyk banyak nanya sama mbah google ,,, .

    ReplyDelete
  7. hahaha
    dulu aku juga begitu pas awal ngeblog. ngiri abis.. tapi dulu aku suka banget ngotak ngatik hmtl... sering kacau sih tapi asik juga..
    sekarang mah tinggal sering² ngeblog ama blogwalking ke blog temen²... :D

    ReplyDelete
  8. ane nubie juga, ijin nyimak ya pit..
    balesan cb: ane gambar sendiri, pake corel pit, ane gak pinter bikin tutor, tapi ane usahain bikin kalo waktu luang.

    ReplyDelete
  9. aw aw aw,,, aku menjadi tersandung *blushing* padahal dah ga rajin update hahahaha

    btw, boleh menghias blog dg widget2 lucu, tapi hati2 bikin blognya jadi berat. Teteh makanya ga gt bgt hias2 tu blog, soalnya di utamakan adalah kecepatan loading page nya, jadinya org koneksi internetnya liliput, ga ampe ngorok ngguin page kita loading.

    dan penyakit org ber-internet, kalo loading suatu page rada lola, mereka bakal nge close nya aja. Jadi utamakan kenyamanan yg ngebacanya biar ga nunggu lama2 :P

    ReplyDelete

If you have no critics you'll likely have no succes ~Malcolm X

Parf Of


Blogger Perempuan Blogger Kekinian Warung Blogger Photobucket