Meraih Mimpi Manis #2

9:55:00 AM

sumber: google
Ada baiknya http://www.emocutez.comsebelum kawan membaca yang ada di bawah ini silakan mencetuk mouse di 3M #1. Tapi kalau nggak mau ya udah, lanjut aja, kagak ada yang maksa *manyun*.

Terus kisah lo kali ini? http://www.emocutez.com

Tes Psiko yang Bikin Gila

Cocok bener ye, udah tes psiko terus bikin gila lagi, emang bener, kalau kemarin anak-anak lulusan lagi SNMPTN saya ngadepin ini nih. Well, akhirnya hari yang bikin saya modar itu terlewati. Kemarin 4 Juni rayon Mojopahit dapat bagian di hari tes ke-2 psikologi yang dilaksanakan selama 5 hari dari tanggal 3-7 Juni di kantor kepegawaian Surabaya. Tapi sejujur-jujurnya efek dasyat tes psiko masih berasa di kepala saya. Isikidil, klieng-klieng cak sirahku! http://www.emocutez.com

Tanya kenapa?

Tes psikologi sendiri dilaksanakan dalam rangka menggali potensi yang dimiliki oleh orang yang mengikutinya, apakah cocok atau tidak dengan kriteria yang diinginkan si empunya. Kalau PTK saya ini meminta anak didik dengan kepribadian/profil achievment (motif berprestasi), ordered (merencanakan & mengorganisir secara tertib dan teliti, affiliation (menunjukkan sikap loyal dan berbuat baik pada teman/orang lain), nurturence (suka membantu orang lain), dan endurence (kemauan untuk melaksanakan tugas).

Tes ini dilaksanakan sejak pukul 07.30 sampai 13.30. Waktu istirahat pun hanya berkisar 10/15 menit, bisa dibilang itu juga bukan istirahat, pasalnya siapa yang bisa menyelesaikan soal dengan cepat dari batas waktu yang ada dia bisa istirahat menenangkan pikiran, karena tes psiko ini benar-benar menguras tenaga dan esmosi. Saya saja sampai koplak kayak. Tes psiko yang kemarin saya lalui ini ada beberapa tahapan, urutannya sih agak lupa, tapi kurang lebihnya seperti ini.

1. Mengisi biodata pribadi 2 halaman bolak-balik.
2. Mengerjakan soal yang terdiri dari 9 babak, setiap babak diberi waktu pengerjaan oleh testernya. Ada yang 6 menit, 7 menit, dan 10 menit.
3. Menggambar dengan waktu 15 menit.
ini tes menggambarnya ada 8 kotak. sumber: google

4. Mengarang dengan waktu 15 menit (kalau tahun lalu malah menggambar rumah, pohon, dan orang).
5. Kuisioner 15 menit.
6. Tes kepribadian/bakat/profil selama 1 jam.
7. Raja dari tes psikologi PAULI.

Walaupun ini pengalaman kedua saya dalam menghadapi tes psiko, tapi tetap saja saya sempat henghop gara-gara pikiran sing wes mumet banget. Secara tidak langsung kita seperti digembleng untuk kerja terus menerus tanpa berhenti. Yang ngetes aja bukan orang biasa, datang langsung dari Bandung tuh, bapak-bapak tentaranya. Untuk tahun ini ruangan saya dapat tester yang baik hati, nggak kayak tahun lalu. Orangnya sabar kelihatan banget dari wajahnya, dia nggak nyita hape saya lho padahal udah ketahuan bawa hape (halah malah bangga) *nakal* http://www.emocutez.com.

Dari semua tes, saya paling lemah dalam IST bagian hitung-hitungan, deret angka, dan pola gambar. Aduh mak, dari 20 soal ditiap masing-masing, saya cuman bisa 15-an, malah yang deret angka cuman 10, ajuur tenan rek! http://www.emocutez.com Saya pasrah sama Yang Kuasa, semoga diloloskan ke tahap tes selanjutnya. Amien amien amien ya robbal alamin. http://www.emocutez.com

Oh ya kawan-kawan baca point ke-7, saya sempat bilang raja tes psikologi PAULI. Apaan tuh Pit? http://www.emocutez.comNih saya comot dari psikometri.com

Pauli adalah tes yang memungkinkan untuk mendapatkan kepribadian seseorang, diciptakan oleh Prof. Dr. Richard Pauli. Tujuan tes ini untuk mengumpulkan data seseorang yang berupa daya tahan/keuletan, kemauan/kehendak, emosionalitas, daya tahan untuk menyesuaikan diri, dan stabilitas.

ini cuman sebagian, kalo aslinya lebih gedhe ketimbang ini. sumber: google

Tes ini berupa pengerjaan deret angka di kertas sebesar lembaran koran. Satu halaman bolak-balik terdiri dari 20 baris deret angka, jadi total keseluruhan 40 baris. Cara pengerjaan mudah sebenarnya, tinggal main tambah-tambahan aja, tapi bukan berarti mudah itu gampang, bisa dibilang pauli ini momok menakutkan bagi yang belum pernah mengerjakannya sama sekali, karena sebelumnya pikiran kita sudah dijejel dengan soal-soal psi, emosipun naik turun. Disediakan 1 jam untuk mengerjakannya. Tester akan mengucapkan perintah garis untuk setiap 1 menit (untuk pauli yang dikerjakan dengan 60 kali garis) atau 3 menit (untuk pauli yang dikerjakan dengan perintah garis sebanyak 20 kali).

Sebenarnya saya sempat down setelah tes profil yang mana harus mengerjakan soal sebanyak 225 dalam waktu maksimal 45 menit. Melihat kertas segedhe itu dengan deret angkanya, membuat saya ngelu dan mata jadi panas. Bleng bener http://www.emocutez.com, apa saya bisa mengerjakan sampai 1 ½ halaman? Alhamdulillah nyatanya bisa, walau mata cenat-cenut.

Sekarang tinggal doa saja, teman-teman doain saya lulus yuaa.. biar nggak jobless lagi. Sudah mimpi-mimpi buat bisa kuliah di sini. Dan kalau lolos kan bisa bagi pengalaman lagi. Ayee!! Oke sampai jumpa, wish me luck guys! http://www.emocutez.com

Insyaallah to be continued.. hohoho.. http://www.emocutez.com

Baca Artikel Populer Lainnya

6 komentar

  1. saya pernah tuh ngerjain pauli. sumpah nggak bisa. dua halaman dan waktunya cuma 15 menit.. makanya nggak diterima kerja. tesnya kayak begono haha

    ReplyDelete
  2. Hahaha

    Tes Pauli gue nambah terus dong!
    Tapi sayangnya ane gak lolos.
    Keberatan di matematiknya. Hiks.

    ReplyDelete
  3. @om saman: aduh om.. dalam waktu 15 menit, kagak salah tuh? kemarin peserta depan saya hebat bener, mereka habis satu lembar korang pauli! gila banget.

    @yudhis: hihihi.. yg sabar ye..

    ReplyDelete
  4. Penasaran sama tes pauli...

    moga lolos ke tes berikutnya.. ^_^

    ReplyDelete
  5. baru tau apa itu pauli.. hmm..

    btw PTK mana yang diincer to...??

    moga STAN tahun ini gak begini banget.. hft

    ReplyDelete

If you have no critics you'll likely have no succes ~Malcolm X

Parf Of


Blogger Perempuan Blogger Kekinian Warung Blogger Photobucket