G G G Kuat, G G G Kuat, Aku G Kuat Sama BB dan GB Indonesia

9:02:00 PM




  G g g kuat, g g g kuat, aku g kuat, sama PLAGIATOR!




Entah ada gonjang-ganjing apa dengan musik Indonesia saat ini. Jaman metal alias melayu total mulai digeser dengan jamannya BB (boy band) dan GB (girl band). Masih ingat dengan awal kemunculan SM*SH (yang setelah ini akan saya tulis dengan semes saja), sekumpulan lelaki yang (nggak) bisa nyanyi dan dance, SUJU WANNABE. Sebelum mereka pun sudah ada GB yang bertengger duluan, tante-tante hore alias G-String yang nyanyi apaan tuh lagunya lupa, muncul dengan gaya sok imut padahal wajah tuwir gila. Setelah itu disusul 5 Bidadari yang ternyata bikin konsep GB yang persis banget sama GB Korea.

Ada apa ini? Apakah Korean Halyu benar-benar sedang memanas di Indonesia? Membuat para produser yang gila duit bikin acara gebrakan kayak gene? Yang penting duit men, duit, dan para produser tahu, para remaja ababil yang kebanyakan buta Korea bakal jadi fans setia BB dan GB cipataan produser kemaruk.

G-String dan 5 Bidadari sudah suram tak tahu kabarnya bagaimana. Yang masih bertahan adalah semes yang mana saya cap sebagai Mpu Plagiator, yeah saya tahu kawan, bukan salah semes sepenuhnya, tapi ngene lo rek, produser memang berpengaruh besar, tapi siapa sih manusia yang nggak pingin BEKEN, TENAR, PLUS BANYAK DUIT, eh ada lagi, PUNYA BANYAK FANS! Siapa coba siapa yang NGGAK NOLAK! Lo nolak berarti lo nggak waras, itu kesimpulannya.

Mpu plagiator berhasil mengepakkan sayap dan mempengaruhi produser lainnya untuk mengeruk duit lebih banyak dengan jalan yang sama. Tapi pakai strategi dong coy, belajar dari mpu-nya yang mana kena bashing banter banget di dunia maya. Para ELF (fans-nya suju) khususnya, agaknya murka dengan kelakuan semes, walaupun saya bukan ELF rada najong juga sama semes. Nah dari situlah, mereka menciptakan BB dan GB yang diberi embel-embel “Oh saya ini ELF lho!”, “Salah satu personil kita orang Korea.”, “GB kami emang terinspirasi oleh GB Korea”. Kenapa begitu? Supaya orang nggak nge-bash.

Well, baiklah sebut saya bebal. Sebut saja saya keras kepala karena tidak menghargai karya anak bangsa. Tapi gimana ya kawan, saya emang dari dulu nggak bisa cocok sama musik Indonesia, kecuali untuk beberapa penyanyi yang memang PENYANYI seperti Rossa, Anggun, Marcell, atau Sandy Sandoro. Masih ingat jaman metal? Bagaimana saat itu seperti ayam petelor, tiap hari, ada aja band baru menngganyang musik Indonesia, mulai dari nama laba-laba band sampai WC band. Nggak ada kemajuan men, kalau yang lagi nge-hits yang ini, semua pada kayak ini! Mana kreasinya? Penikmat waras jenuh dengan musik negeri sendiri, ingat lho ya PENIKMAT WARAS.

Okelah, BB dan GB kali ini yang melanda Indonesia, memang benar merupakan inovasi baru, paling nggak ada variasi, tapi ngene loh, kok jek tas metu? Kok baru keluar sekarang saat Korean Wave benar-benar melanda Indonesia. Kenapa baru sekarang? Kenapa nggak dari dulu? Berkesan ngikutin dan njiplak kan?

Kenapa dari tahun 2005 nggak bikin inovasi BB dan GB, selain menjamurnya band yang kebanyakan nggak bermutu. Mungkin bila sejak tahun itu mereka bikin, saya mungkin nggak akan nge-bashing macam gini, soalnya saya ngikutin Korea dari tahun 2007, walaupun nggak freak banget, tapi paling nggak musik Korea sudah jadi musik favorit saya. Jadi ketika ada BB dan GB yang konsepnya Korea banget, langsung nyinyir nih.

Semes, nggak mau ngaku makanya kena bashing, 7ikan alias 7icons juga sama, dan yang terbaru ini cerebelek (cherrybelle), yang katanya nih, mereka diaudisi dulu serta training selama 6 bulan, nggak tahu itu benar apa tidak. Apa ini hanya strategi agar orang-orang waras nggak nge-bash, seperti BB lain yang sayangnya masih kalah pamor sama semes, sukurin lo!

Musik emang Indonesia, tapi kesan saya yang mendengarkannya ditelinga, aneh, nggak tahu kenapa musik Indonesia jarang banget keren kalau dibikin buat gaya dance. Fesyen, perpaduan Korea+Jepang tapi kebanyakan Koreanya. Video klip jangan tanya deh, kalau menurut saya, maunya keren, makanya pada rame-rame nyontek.

Saya selalu pesimis sama BB dan GB indo, bukannya nggak mau buka mata supaya mau mencoba menerima musik mereka. Tapi gimana ya, kesan plagiatnya itu berasa sekalee! Andai saya nggak tahu Korea dari jaman edan dulu, saya nggak bakal kayak gini. Saya prediksikan nih, untuk kedepannya, musik tipe BB GB bakal terus menggebrak Indonesia dalam jangka waktu beberapa tahun ini.

Sebenarnya ini postingan saya untuk kesekian kalinya gara-gara saya kayak cacing kepanasan liat bibit-bibit plagiator baru. Saya nggak bisa terima, beneran deh. Katakan saya ababil, silakan, tapi jiwa saya emang memberontak, dan kali ini yang bikin saya nulis postingan plagiat lagi adalah GB baru cerebelek, buat para cowok yang ngiler, dan abis ini mau protes sama saya, jangan asal marah, kalau kalian nggak tahu dasarnya.

mianhe.. yang atas pingin gue buang ke jamban!


Lagu cerebelek pada bagian reff mirip banget dengan nada lagu Kissing You-nya SNSD. Saya kalau nge-bash nggak asal ya, bukan gara-gara jumlah mereka 9 orang kayak SNSD terus saya nge-bash. Tapi lihat dari karya mereka juga. MV mereka juga yang berjudul Dilema, yah belum muncul sih, tapi udah ada teasernya, mengambil konsep MV SNSD Kissing You dan Genie ver. Jepang. Helooo!! Mbak-mbak, nggak punya kreatifitas yuaa? Nggak hanya itu, kenapa juga konsep foto mereka miyip sama SNSD? Aigoo!! Nih saya sertain 2 video yang mana teasernya sekaligus lagu Dilema yang udah diedit sama Kissing You.







Tiap hari nonton mereka di tipi semua BB dan GB, bikin saya makan ati, entah apa benar itu si cerebelek ditraining 6 bulan, tapi tiap tampil nyanyi kok lipsing? Sama aja dong kayak semes, 7ikan, serta yang lainnya. Sebelum nulis postingan ini saja, saya tanya sama Alvi, kawan fb sekaligus blog. Pingin tahu pendapatnya, karena menurut saya dia lumayan jeli buat urusan musik, dan ini tanggapannya.

Saya :

aku mau nulis tentang k-pop yg mulai mrambah indonesia nih (lagi), lebih menjorok mungkin ke plagiatnya. bisa mnta tlg g, kamu kan pngamat musik nih. mnurut kamu bgmn BB dan GB indonesia dari segi musik, video klip mreka, fashion, smuanya deh.. yaa.. ya... tlg..
apa ada kesamaan mnurut kamu? oke, plisss help me, soalnya kamu ngeh bgt soal musik.

Alvi :

Jujur, aku kurang suka sama smash sama 7 icons... Bukannya sok berselera tinggi, tapi menurutku musik mereka 'kosong'. Nilai plusnya cuma di easy listening aja. Seolah-olah, cuma sekedar nyari banyak fans. Numpang populer sebentar. Lama2 nanti hilang juga, tanpa ada kesan apa2...

Aku paling nggak kuat sama lagunya 7icons. "Gak gak gak kuat" apa ituu maksudnya.. Kesel kalo denger tuh lagu. Hahahaha... Musik di Indonesia udah hancur, ditambah kedatangan mereka, makin hancur. Bukan maksud sombong atau apa ya, tapi semua orang juga pasti berpendapat sama kalo musik di Indonesia udah nggak kayak dulu lg. Kamu juga sependapat kan sama aku? hehehe

Kekurangan soal musik (lagi) adalah mereka nggak menciptakan lagu sendiri. Well, aku nggak tahu si soal siapa yang menciptakan lagunya Smash sama 7icons. Tapi kalo emang bukan mereka yang menciptakan lagu, itu artinya mereka harus belajar bikin lagu. Mereka kan lebih dari satu, otomatis lebih mudah dalam melakukan sesuatu, termasuk membuat lagu. Penyanyi bukan cuma sebatas bisa nyanyi, tapi juga bikin lagu sendiri, kayak pacarku, Taylor Swift. Itu penyanyi yang sebenarnya. :P

Untuk gaya mereka, ya menurutku ikut-ikutan korea. Ini nih nilai minusnya dan yang bikin aku jadi nggak suka. They need to be original (ngmong apa toh aku ini, hahaha). Mereka harus jadi diri sendiri. Kalo dari awal aja udah ikut-ikutan, gimana seterusnya?

Video klip, aku nggak pernah liat video klipnya. Mau lihat aja udah males.

Guduk aku thok rek sing ngomong koyok ngunu, Alvi aja yang nggak ngikut Korea bisa mbeneh lan waras, mana yang benar. Terserah deh yua, buat cewek-cewek yang cinta mati sama semes, tapi nge-bash abis sama 7ikan. Terus buat cowok-cowok yang nge-bash semes, tapi nyatanya cinta mati bener ama 7ikan dan cerebelek, muka dua deh. Kalau bisa, sekali-sekali lihat deh dunia Korea, nggak suka nggak apa, tapi paling nggak tahu getoh, biar kalau ngomong nggak asal. Itu uneg-unegku, apa uneg-unegmu?

Baca Artikel Populer Lainnya

13 komentar

  1. dibilangin Indonesia tuh LATAH, pit. apa yang lagi nge inn yang diikutin!

    geram deh saya sama menjamurnya GB dan BB yang....
    adooooowhhh...

    gak gak gak kuaaaat~
    gak gak gak kuaaaat~

    gak kuat alaynya -___-

    kalo ada yang banding-bandingin sama SuJu? sama SNSD?
    sinih! langkahi dulu mayat saya!

    mwahahahahaha

    ReplyDelete
  2. Gak ngerti amat sih ama yang korea-korea...
    tapi sih menurut saya pribadi, gak ada yang lebih baik dari pada ngeluarin bakat kita tanpa harus ngejiplak...

    ReplyDelete
  3. betul itu...
    lebih baik kita memplagiasi lagu nasional saja..
    hitung2 meningkatkan rasa nasionalisme kita..
    ya tak?? heee

    ReplyDelete
  4. indonesia lah namanya... :D

    eh, tapi setidaknya mereka berkarya loh.. kita harus bisa lebih dari itu, buktikan kemampuan kita :D

    ReplyDelete
  5. yang benar-benar punya musikalitas yang nantinya akan bertahan^^
    Waktu yang nantinya akan menjawab

    ReplyDelete
  6. @jeng linda : emang bener tuh, untung dirimu tak membela mreka, akan kumusuhi dirimu.. hohoho

    @just nanda : sip, anda termasuk penikmat yg berkualitas :D

    @riidz : tumben bener, hohoho udah apal lagu kebangsaan nih critanya? piiis ^__^ stubuh dah ma kamu :D

    @rizki : kamu memang orang waras, g bebal kayak saya ini. sulit ngakuin soalnya Y__Y

    @mbah i-one : ini jawabannya orang dewasa bgt.

    ReplyDelete
  7. Quote of the day: G g g kuat, g g g kuat, aku g kuat, sama PLAGIATOR!

    ReplyDelete
  8. Yang penting semok dan bohayyyyyyyyyyyyyyyyyyyy... >,<

    ReplyDelete
  9. bentar lagi puasa, artikelnya harus dibuat lebih aman. :D kalo mu ada maki maki cinta, tulis sebelum bulan puasa, ye hehe

    ReplyDelete
  10. keanekaragaman memang penting tapi kalau harus sampai seperti ini.....jadi sulit nentuin mana karya asli anak bangsa....

    ReplyDelete
  11. plagiat boleh aja asal disebutin sumbernya.INi untuk dunia blogging lho. Tapi, kalo utk ngirim tulisan ke majalah wah...jelas jelas salah itu. Kalo di blog sih, udah susah deh mencegahnya.

    ReplyDelete
  12. haha jauh banget sama SNSD mah atuh. :D

    ReplyDelete
  13. aku suka banget postingan ini.. aku banget lah...

    ReplyDelete

If you have no critics you'll likely have no succes ~Malcolm X

Parf Of


Blogger Perempuan Blogger Kekinian Warung Blogger Photobucket