Before U Go VS Love Song

6:53:00 PM

Annyonghaseo chingu, dengan wajah tak berdosa saya nongol hari ini menyapa kawan semua, padahal kemarin malam sempat bikin geger yang baca postingan saya, hehehe.. mianhe chingu, saya berasa kayak depe yang tukang bikin sensasi.
angkat tangan! atau kau jadi kekasihku!
ommo oppa!! saya mau!!!

Awal hari ini saya mau membahas dua buah lagu K-Pop dari BB sunbae dan maknae (senior ama junior). Mereka punya nama besar di Korea sampai Jepang. Diasuh oleh 2 perusahaan hiburan ternama Korea SM Entertaiment dan JYP. Daripada lama nih, mereka TVXQ dan Big Bang. Sedikit flasback, saya tahu TVXQ waktu kelas 1 SMA, tapi nggak ngikutin banget, kalau ada lagunya yang oke baru deh saya comot. Sama kayak Big Bang, kelas 1 SMA pula, malah bisa dibilang waktu itu saya ngikutin debut mereka sebagai idol baru Korea (barengan sama FT Island dan jadi bahan perbandingan).


Intinya saya tidak akan menceritakan soal bagaimana mereka itu, fokus sama lagu. Ada duah lagu melow mereka dan lagu ini ditujukan untuk wanita-wanita, eaa.. yang merasa wanita angkat kaki. TVXQ – Before U Go VS Big Bang – Love Song.

TVXQ – Before U Go (BUG)




Lagu ini baru saya dengarkan beberapa minggu lalu. Gara-gara nonton chanel Hongkong dan lihat aksi mereka sebagai duo, bukan lagi berlima layaknya dulu. BUG kalau diartikan berarti sebelum kau pergi. Video klipnya sendiri agak beda jauh sama liriknya setelah saya translate liriknya pake google (ea, ketahuan deh). Tapi keseluruhannya bagus kok, ketika nonton MV-nya berasa kayak nonton film action. Bang bang bang..!!

MV BUG bercerita tentang agen rahasia Korea (macam FBI) yang menangani kasus besar. Di dalam FBI Korea itu, ada 4 sekawan, tentu saja Changmin dan Yunho (personil TVXQ) dan 1 cewek 1 cowok lain (nggak tahu namanya). Singkat cerita salah satu dari mereka berkhianat dan menjadi mata-mata penjahat akibat keadaan yang memaksa, kalau nggak salah adik/kekasihnya masuk RS dan butuh biaya, jadi si cowok ini terpaksa ngikut penjahat supaya dapat duit buat biaya RS, adegan ini bikin saya ingat K-Drama Baker King, Kim Tak Goo aja.

Tapi kalau saya tangkap dari MV-nya itu, maksud dari BUG itu buat cowoknya yang terpaksa berkhianat. Hal ini membuat persahabatan mereka runtuh. Padahal dulunya mereka sangat intim, lulus masuk FBI sama-sama, kenapa sekarang jadinya begini?

Sedangkan dari segi lirik, BUG lebih condong menceritakan pria yang tak pantas untuk wanitanya, dia berharap wanita itu menemukan pria lain, aslinya sih si cowok masih cinta mati, tapi merasa hina aja buat bisa ama ceweknya itu, dan BUG jadi nyanyian terakhir sebelum mereka pisah. Nah beda kan? Tapi andai saja saya nggak tahu arti lagu ini, mungkin MV mereka yang akan jadi pemahaman saya akan maksud lagu BUG.

Agak nyinyir ngambil maknanya, laki ya emang harus bertanggung jawab dong, jangan malah bilang “kamu sama cowok lain aja, nggak pantes sama aku.” Eleh! Padahal cinta mati, boongin diri sendiri tuh. Wanita itu nggak akan kecewa kok, karena dia tahu bahwa bersama lelaki pilihannya dan dicintainya, dia lebih bahagia.

Sebenarnya nih, saya nangkap pesan lain MV-nya. Bukan illuminati! Agaknya saya mikir ini MV apa buat JYJ ya, mereka kayaknya kangen sama mantan 3 orang TVXQ yang telah hengkang akibat perseteruan. Saya paling suka saat Changmin menyanyikan kata nan gwaehn-chanha, itu artinya baik-baik saja(?) bener nggak sih, woi yang pinter bahasa Korea, bantuin. Si Changmin seperti bertanya pada bapaknya apa itu puasa (mulai deh ngaco) maksud saya dia bertanya pada JYJ bagaimana keadaan kalian disana, baik? Hiks.. itu membuat saya nangis merica Y__Y

Big Bang – Love Song (LS)




Setelah buka google buat terjemahan (anak malas), Love Song berarti lagu cinta, pasti deh yang belum dengar lagu ini pada ngira ini lagu isinya orang lagi jatuh cinta. Eh ternyata malah..

I hate this love song
I hate this love song
I hate this love song
I hate this love song

Begitulah kata Big Bang. Butuh waktu lama untuk suka lagu ini, nggak seperti BUG. Dari segi MV nggak tahu deh, hitam putih kayak jaman tipi dulu, dan sorry untuk VIP, saya pikir MV LV ini monoton, pake gaya-gaya MV westren kalau menurut saya, kecuali ada mobil jatuh terus meledak duor! Itu keren. Tapi musik lagu ini keren, alunan gitar listriknya oke.

LV menceritakan kisah pria (lagi) yang patah hati dan nggak bisa disambung lagi. Maka dari itu reff-nya bilang I hate this love song. Lagu ini lagu galau ketika kita putus cinta, masih ada sisa-sisa cinta kita berdua (eeaa) yang mana ketika mengingat saat lalu, hati ini sakit, ckit ckit ckit ckit!

Pada line pertama lagu ini.

han yeojaga meoreojyeoga namjaneun norae bureujiman nunmuri naneungeol ibyeoriran

inggrisnya :
One woman is becoming disaster
Even though a man is still singing
I’m tearing up at the thought of break up

Yang paling menyakitkan lirik ini kalau menurut saya, parah banget dia sampai bilang wanita bisa jadi bencana. What the hello kitty?  Tapi lucunya, kok ini beda jauh sama lirik ini nih.

i sarang noraega sirheo useumyeo bureuri geudaega oeropji anke jigeum neoegero nan

inggrisnya :
I hate this love song, I’m going to sing it with a smile
In order to cure your loneliness, I’m going to you now

Eh udah beda lagi, katanya kalau si cewek lagi kesepian bakal ditemenin, maksudnya? Au deh gelap. Ini cowok nggak konsisten, plin plan ih! Jadi males. Langsung aja.

Yang Menang

Ketahuan banget akhirnya saya milih BUG. Walau lirik dan MV ngga sinkron. Lagu ini lebih dapet feelnya, MV-nya lebih tertata dan punya cerita. Sedangakan LV nggak terlalu, saya kecewa sama MV-nya itu lho, andaikan dibuat mantep ada kemungkinan saya pilih, disamping itu saya udah agak bosen dengerin LV. Hehehe.. sekian review asal-asal saya. Makasih buat yang baca, semoga dapat pahala (penutupan yang jelek sekali)



Baca Artikel Populer Lainnya

11 komentar

  1. TVXQ for evar! XD
    Always Keep The Faith!!! XD #eaaaa

    ReplyDelete
  2. Saya vote love song. kenapa? march anthem sih , hahaha. BUG juga asik kok. aplagi mv-nya itu. wuiww...yunhoooooo...~ :Genit

    ReplyDelete
  3. ini tentang korea ya? ga ngert -_- hehe

    ReplyDelete
  4. Gantengnya koq tetep gak bisa ngalahin gue yah..

    ReplyDelete
  5. ah yang before u go aku belum denger.. jadi untuk sementara ini aku suka love song.. :P

    ReplyDelete
  6. muka nya pada hampir sama semua ya hehe
    gue pernah liat mv yang TVXQ di setel ade gue dikamar hahaha

    ReplyDelete
  7. mengenai boyband...coba dengerin Hi-Fi Camp #REkomendasi dari saya :)

    ReplyDelete
  8. oh begonoh #manggut2

    kebetulan gue kagak begitu tergila2 sama TVXQ sih, sukanya big bang, hehehehe

    beda pendapat kita kali ini pit :3

    ReplyDelete
  9. Lha saya kok gak hobi liat boyband.
    Kesannya kok malah kayak cewek gayanya, gak maco, wkwkwkw... :))

    ReplyDelete
  10. aq VIP =w=

    maksud 'In order to cure your loneliness, I’m going to you now' itu, di lagu ini, ceweknya meninggal^^
    jadi cowoknya pgn nyusul..'niat' itu jg yg mrk sebut 'disaster'.. .______.

    kalau knpa MVnya hitem putih,, yahh ngegambarin suasana hati si cowo itu yg gak berwarna lagi,, juga hancur" gitu,,

    beda" pndapat sihh,, love song ini malah dapet best MV lohh d MAMA,,
    aq pribadi juga lbh seneng MV ini drpd MV bigbang yg tonight,, lbh nonjolin sisi artistik gitu,, *juga gak ada yg megang" daesung#coret

    ReplyDelete

If you have no critics you'll likely have no succes ~Malcolm X

Parf Of


Blogger Perempuan Blogger Kekinian Warung Blogger Photobucket