Saya Mau Berhenti Ngeblog!

10:19:00 PM

Punya blog asyik, karena blog saya sekarang punya banyak teman. Namun ada perkara yang buat saya sedih. Seperti ingin berhenti dari dunia yang bikin saya eksis ini. Seorang blogger tak dipungkiri karena saya nggak munafik, ingin timbal balik dari pembaca. Entah hanya sekedar meninggalkan like pada postingan atau yang paling besar berupa komentar. Tapi nyatanya jarang sekali. saya mencoba sabar, mungkin mereka cuman lihat blog, lalu pergi. Dan jujur itu membuat saya sedih.

Saya memang jarang blogwalking, namun ketika blogwalking saya berusaha meninggalkan sebuah kenang-kenangan komentar untuk pemilik blog dan berharap siapa tahu dia balik mengunjungi saya dan berkomentar di salah satu postingan. Saya senang ketika saya mendapatkan orang-orang yang memberi feedback pada saya, jadi nggak sia-sia nih, namun ada rasa kecewa ketika mereka hanya diam saja.

Ada lagi yang buat saya kecewa, kata-kata ini “Udah aku follow nih, follback ya.” Heh? Saya berterimakasih sekali kawan sesama blogger mau mem-follow blog saya yang sangat sederhana ini, yang tidak ada apa-apanya dibanding blog lainnya. Tapi tidak seperti inilah, saya berharap kawan mengikuti blog saya karena kawan suka, merasa terhibur atau mungkin alhamdulillah yah blog ini memberi sedikit manfaat, nyatanya nggak, ini membuat saya sakit gigi! Tau apa sakit gigi?

Bukannya apa-apa, saya milih-milih kalau nge-follow blog. Ada kriteria yang saya patok. Terutama bagi yang memberi feedback, itu jadi sesuatu yang membuat saya harus berterimakasih padanya, lalu saya memberi hormat bagi inspirator saya, makanya saya follow blognya. Saya nggak muluk-muluk ngefans sama tuhannya blogger Indonesia si sapa tuh yang punya buku kambing congek, saya ngefans sama blogger yang juga kenal sama saya, jadinya berasa deket. Lalu teman-teman blog sederhana lainnya.

Tapi saya urungkan niat saya untuk berhenti ngeblog, positif thinking deh kalau mereka ngarep banget saya follback, jadi berasa kasihan ama mereka. Tapi kalau bisa, tolong follow blog ini karena ente terhibur oleh postingan ane, bukan semata wayang buat menambah follower situ. Saya bukannya mau cari musuh nulis beginian, tapi ayolah, berpikir dewasa, jangan karena usia dini, pikiran masih anak TK. Kita saling menghormati sesama blogger. Jujur saja, apa guna punya follower banyak kalau hanya ada sedikit komentar yang didapat. Karena bagi saya apresiasi pembaca berupa komen sangatlah berarti. Boleh deh tukar follower saya misal cuman 10 orang tapi tiap posting yang komen banyak. Seneng banget hati saya.

Namun, saya juga sadar diri, blog ini tidak akan hidup ketika saya tidak mempromosikannya keluar lewat facebook. Terimakasih buat wadah-wadah saya ngelapak, terimakasih untuk pengunjung sesaat, terimakasih banyak bagi yang memberi feedback pada saya, karena kalianlah yang membuat saya tersenyum setiap lihat komen indah terpampang di bawah postingan. Selamat malam. 

NB : judul di atas agaknya bohong belaka

Baca Artikel Populer Lainnya

26 komentar

  1. oohhh...jadi hanya karena itu...tapi sayang pit. blog lu ini bagus...gue bukannya muji loh ya...tapi ini kenyataan...apa lagipostingan video kamu yang nari kayak cacing itu...gue juga gitu kok klo masalh feedback. jadi kita sama pit :)

    ReplyDelete
  2. jangan lelah buat berkarya. ane juga berkarya di blog bukan mau ngarepin comment. cuma mau posting apa yg sekiranya bisa jadi hiburan buat orang. so keep posting. blogging itu menyenangkan :)

    ReplyDelete
  3. gue ampe speechless bacana. emang nggak sedikit kok yang kayak gitu. cuma kalo gue bilang kalo udah ngeblog nikmatilah, jadiin aja pacuan biar tulisan di blog lebih baik :D cemungudh qaqa!

    ReplyDelete
  4. Tuh pit.
    Liat khan komentar diatas ane.
    Pertanda bahwa mereka blogger sejati.

    Kalo blogmu dah ga aktip lagi. Ntar ade gak dapet update-an tentang suju & k-pop dan yang lainnya dong?

    Yah, kalo masalah follow2an mah urusan kedua.
    Yang penting bisa mencurahkan yang tertampung dalam benak melalui blogging.

    #sory yak pit, kalo omongan ane pindah topik. hehe

    ReplyDelete
  5. kalo ngeblog tujuannya kepingin eksis, ya akan begitu. kalo suka blogwalking ya silakan diteruskan. tapi kalo ada 'pamrih' bakal cape sendiri lho. :D

    ReplyDelete
  6. setuju ma om jon n om saman

    ah tapi ini ternyata cuma uneg2 to? kirain mau berhenti beneran. payah ah klu berhenti. FYI aku udah ngeblog selama 3 tahun lho.

    aku akhir2 ini emg jarang blogwalking karena koneksi lelet. tapi sekalinya blogwalking pasti ninggalin jejak di komen (jarang di shoutbox)..

    ReplyDelete
  7. Ya Allah.. nangis nih saya (alay) kalian semua yang komen di atas, baik yg di bawah nanti.. subhanallah.. dapet pahala deh dari Allah , amien!!

    ReplyDelete
  8. Sudah terwakili semuanya sama yg diatas.
    .
    Semangat burungku pipitku :3
    .
    Dulu aja aku ampe ngomen postingan sendiri pake nama org. #Tragis
    .
    Blogging it's so much fun.
    Nungging it's so much fun too :)urungku pipitku :3
    .
    Dulu aja aku ampe ngomen postingan sendiri pake nama org. #Tragis
    .
    Blogging it's so much fun.
    Nungging it's so much fun too :)

    ReplyDelete
  9. Nah..awal2 gue ngeblog juga gitu kok :)
    Intinya ya bersabar aja, semua kan gak mungkin instan :)
    Soal follback dan sebangsanya, udah gak perlu dipikirin, toh tetep bisa berteman atau saling berkunjung kan tanpa perlu follow2an :D

    ReplyDelete
  10. kalo gue ngeblog cuma buat nyalurin hobi nulis, ya itung-itung nyampah di dunia maya. sukur-sukur kalo ada yang suka.

    sebenernya sayang banget kalo BW tapi artikelnya ga dibaca, cuma asal komen doang. kan buat jadi pembicara yang baik harus jadi pendengar yang baik dulu gitu juga kalo mau jadi penulis yang baik, harus jadi pembaca yang baik juga. jadi kalo sering BW pengalaman kita buat nulis juga jadi nambah.

    terus blogging pi, menurut gue blog ini punya ciri khas. :D

    ReplyDelete
  11. Duluu, aku ngeblog karena pengen punya banyak komen dan banyak followers. Tapi setelah itu, aku buat blog lagi dengan niat baru: menulis. Hanya nulis!
    Akhirnya sampe detik ini aku bertahan--meskipun lagi hiatus. Aku nggak nyangka ternyata ya lumayan banyak lah komen2, meskipun baru belasan... Tapi aku nggak ngeliat dari komen2.. aku liat dari statistik.. setidaknya, aku tau berapa banyak orang yang baca postinganku, itu udah cukup. :)

    ReplyDelete
  12. nice post... :)

    happy blogging ...

    ReplyDelete
  13. Bagi saya membuat blog bukan soal desain yang cantik. Setidaknya itu yang saya tau. Tapi bagaimana blog atau web mempunya kekuatan yang kokoh. Yang saya maksud Subtansi dari blog atau web tersebut.hehehehe

    ReplyDelete
  14. SETUJU!!

    Kadang-kadang gue juga mengalami hal yang sama..Diminta folbek sama blog yang bukan tipe gue lah, ga ada yang komen lah.. Tapi ga ada yang lebih buat gue frustasi ketika blog gue di 'fitnah' MENIRU RADITYA DIKA..
    Oh, bukan gue benci Bang Radtyadika-nya. Gue suka karya-karyanya. Tapi gue benci kalo dibilang meniru dia, karena itu artinya gue gagal menjadi diri sendiri...Padahal gue ga pernah niru dia, gaya nulis gue emang udah gitu sebelum gue tau Bang Dika itu apa..(Yaah, walaupun gue ngeblognya baru berapa bulan sih :D)
    *ups, malah curhat ._.

    ReplyDelete
  15. Wohoho... saya juga merasakan hal yang sama, buat blog kok nggak ada pengunjungnya... -_-'
    Tapi, akhirnya kutemukan kesalahan, bahwa ini gara2 aku jarang dolan2 ke blog orang... wkwk
    Njlajah yuk!

    ReplyDelete
  16. eh jangan berhenti pit :|

    nanti gimana gw bisa lihat geolan lu lagi *tsaaaahh

    pan jrang ada blog yg membahas tentang KPOP sekalian tutor dance :|

    ReplyDelete
  17. halah pit, jangan ampe berhenti ngebloog gara2 alesan itu doang. hahaha :p

    lo liat deh blog gue. setelah beratus-ratus postingan baru deh tuh dikasi komentar banyak. yg penting mah trs berkarya, dan jgn lupa rajin promosi hihihi *tp promosinya jgn ampe bkn orang risih yah*

    masalah folbek, itu emang nyebelin bgt yah hehe. diemin aja pit, maklumin aja doi ababil :p #NoOffense

    ReplyDelete
  18. blogging itu semacam...terapi jiwa :D

    ReplyDelete
  19. setuju, blog secara ga langsung udah jadi bagian penting dr hidup kita.
    Karena apa? kalo lagi jenuh dan bingung mau ngapain pasti blogging, kalo lagi bosen blogging, kalo lagi punya ide blogging..
    Memang suka sebel kalo ada yang follow kita cm utk minta follback, bukan karena suka karya kita. Tp disisi lain pasti banyak yang suka karya kita. Yang terpenting adalah karya kita bisa buat para pembaca terhibur :D

    ReplyDelete
  20. haha sama.. emang gak munak sih kalo kita punya blog pasti pengen banyak yang dateng terus kometar terus ngikutin blog kita. kadang emang jengkel juga sih gak ada yang komentar. sepi gitu. hft.

    tapi aku juga selalusabar. aku selalu blogwalking, ya emang sapa tau ada yang mau kunjungbalik. hft

    ReplyDelete
  21. wah jangan berhenti dong. ntar gak bisa liat joget kamu lagi yg asik itu. hehee...
    kalo aku sih malah gak peduli dg follower. karena follower banyak gak menjamin mereka bakal mengunjungi blog kita. karenanya aku juga gak minta difollow blognya. kalo kebetulan ada yg mau follow yg silakan, enggak juga gak papa. apalagi aku ngeblog karena emang hobi nulis aja.

    ReplyDelete
  22. Ngeblog itu Darah dagingku. (berlebihan nggak ya?). Dari sini teringat 4 tahun lalu saat belajar membuat blog pertamaku. Waktu itu nggak tau apa fungsi komentar walaupun sangat girang jika ada yang nyangkut. Yang aku tau saat itu cuma ingin berbagi kepada orang lain yg membutuhkan (blog pertama tentang Kehamilan dan Semua Hal tentang bayi). Sekarang walaupun tidak seberapa, tapi dari hasil ngeblog cukup untuk mengepulkan kompor istri dan beli susu sang putri. Blog juga menggusur pekerjaan rutinku jadi karyawan (nggak mau ikut orang lagi). Jadi menurutku blogger itu orang mulia yg sanggup berbagi kepada orang lain tetapi tidak ada salahnya juga jika mengambil beberapa suap nafkah dari aktifitas ini. Saran saja sob: Nggak usah mentingin komentar atau follower blog. ketik saja, nulis saja dan update saja blogmu maka kamu akan mendapatkan sesuatu yang berarti yang sebelumnya mungkin belum kamu sangka. Semangat Blogging Sob.

    ReplyDelete
  23. BENER BANGET Pit!! Pake BANGET!

    Kadang males juga memfollow orang yang cuma pengen dapet follower banyak...
    bukannya jahat ya, atau pengen menang sendiri. Tapi sama kayak kamu. Aku juga punya kriteria blog yang aku follow, yaaah... meski kadang nggak enak sendiri sih... hehe, jadi aku follow balik deh.
    but, i mean : buat apa kamu follow orang itu tapi ga pernah baca postingannya? ya kan?

    ReplyDelete
  24. wah lagi sedih ya. cup cup cup. jangan brenti nulis ya. awalnya blog saya juga sepi pengunjung, kok. sumpah! boro2 komeng. kali aja mereka nggak baca posting saya!

    tapi karena niat saya hanya sharing dan saya anggap seperti halnya diary. yah.. hanya nulis, nulis dan nulis teruuus.. alhamsdulillah ada yang komen walaupun 1 2 atau tiga orang.

    spirit ya. keep writing! keep smiling :)

    ReplyDelete
  25. Syukurlah kamu gak jadi berhenti ngeblog, rasanya rugi kalo berhenti sekarang. :)
    Banyak kok, blogger yang lebih baik dari bayangan kamu. Banyak blogger yang suka kopdar, tapi masih suka aktif nulis. Jadi bisa nambah temen beneran, dan menyambung tali silaturahim gitu... ^__^

    ReplyDelete

If you have no critics you'll likely have no succes ~Malcolm X

Parf Of


Blogger Perempuan Blogger Kekinian Warung Blogger Photobucket