Nasi Jamblang, Nasi Cetar Membahana

4:14:00 PM


source : klik
Pernah nggak kawan-kawan semua nyobain kuliner khas Cirebon? Berupa nasi, pake lauk macam ayam, sambel, sambel goreng tempe, dll. Makannya pake alas daun jati, rasanya jangan tanya, Indonesia banget kawan!!! Cetar membahana.. #alasyahrini



 Hayo.. apa coba??

Teeeeeett!!! *sound acara kuis*

Yak! Grup B!

Jawabannya NASI JAMBLANG

Benar sekali , grup B berhak maju ke babak selanjutnya

*plak!* oke kembali ke postingan..

Yup, bener banget kawan, nasi jamblang. Nasi ini jadi menu andalan di koperasi ane, menu yang paling banyak dicari senior maupun junior. Menu dengan harga ceban, tapi rasanya, Syahrini sekali lagi akan berkumandang, cetarrrrr membahana!!

Well, saking banyak penggemarnya, jangan tanya kalau beli nasi jamblang di koperasi sini, antri cuuuy.. yah tapi emang sebanding sama rasanya yang eehmm.. *sekali lagi* cetarrr membahana.

Ane paling suka sambelnya yang pedes, bikin merem melek , tapi nggak kapok buat nyobain lagi. Kuah dagingnya juga, nggak kalah enak. Komplit deh, apalagi buat pecinta kuliner Indonesia, yang belum nyobain harus nyobain. Oh ya, saya mau bagi-bagi sedikit tentang nasi jamblang, cekinyot…

Jamblang Trivia

       Sego Jamblang (Nasi Jamblang) berasal dari Desa Jamblang yang berada di Cirebon.

      Nasi Jamblang telah ada sejak jaman penjajahan Belanda. Merupakan makanan bagi pekerja paksa yang membangun jalan raya Daendels.

       Walaupun namanya jamblang, namun lauk nasi jamblang tidak ada hubungannya dengan buah dan pohon jamblang. 

       Nasi jamblang punya saudara dari Jogja. Yups, nasi kucing, hanya saja bedanya, nasi jamblang di bungkus pake daun jati, nasi kucing pake daun pisang.

      Kenapa nasi jamblang dibungkus pake daun jati? Hal ini dikarenakan daun jati yang memiliki pori-pori sehingga nasi bisa tahan lama plus tetep pulen.

Dan.. akhir kata, saya mau menikmati nasi jamblang hasil antrian tadi. Happy jamblang kawan…

Baca Artikel Populer Lainnya

15 komentar

  1. yang bikin postingannya orang mana nih? aku asli Cirebon :D kebetulan rumahku malah deket banget sm desa jamblang ehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. urang mah asli orang jawa timur, hehehe.. di jatinangor tempat saya kuliah ada yg jual nasi jamblang ini, tp pgn skali2 nyoba yg asli cirebon pake daun jati :9

      Delete
    2. oh kuliah di jatinangor toh :D
      mari mari ke Cirebon.. si ririz sm kinan KK Bandung pernah ke Cirebon buat nyantap makanan khas di sini :))

      Delete
    3. hey hei kakak kakak.. saya orang cirebon. mari mampir. nanti saya traktir deh :3

      Delete
    4. wah, aku bukan orang cirebon dan bukan yang bikin postingan ini,,,,

      belum pernah makan nais jamblang, kalau buah jamblang sering,

      Delete
  2. nasi jamblang ya? hmm... enakan nasi kucing angkringan :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang pernah nyobain nasi jamblang, mas? :p aku yg kuliah di jogja aja belum sekali pun makan nasi kucing loh -____-

      Delete
    2. ya ... abang sakti mah belum pernah ke cirebon sih. mending kesini dulu deh. kerumah saya bang dicirebon. ntar saya traktir nasi jamblang deh. dijamin ketagihan pokoke :)

      Delete
  3. belum pernah nyoba, tapi lauk pauknya? beda bumbunya kali ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sbnernya sih sama aja, tp bdanya tuh tmpat yg dpake, nasi jamblang nih pk daun jati

      Delete
  4. KYAA~~~ saya orang Jamblang asli kak. saya orang cirebon tinggal di desa jamblang. dan sudah sering sekali makan nasi jamblang. dan rasanya gak usah ditanya. Maknyos. murah lagi. harga kaki lima rasa bintang lima.
    makasih atas apresiasinya soal nasi jamblang. kapan kapan kalo lagi maen ke cirebon . hubungi saya aja. nanti dikasih tau tempat jualan nasi jamblang paling jos gandos.
    thanks before onee chan :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha.. mksh byk ben kun, klo kyk gni g kuatir buat main ke cirebon, soalnya dpt gratisan jamblang.. hahaha <--- sukanya gratisan

      Delete
  5. wahh kalo saya mah nasi jamblang kaya nasi biasa, tiap hari makan ..

    ReplyDelete
  6. Jadi pengen nyobain nih nasi jamblang yang rasanya cetar membahana itu :D

    ReplyDelete

If you have no critics you'll likely have no succes ~Malcolm X

Parf Of


Blogger Perempuan Blogger Kekinian Warung Blogger Photobucket