We Share We Care

9:00:00 AM



Pernahkah kawan-kawan berpikir pada suatu waktu? Ketika kalian tidak tenang, merasa tidak pernah puas atas apa yang kalian peroleh, merasa paling kekurangan di dunia ini? Sadar atau tidak itu tanda kita masih kurang bersyukur atas rezeki yang Tuhan berikan. Cobalah melalukan satu hal, yaitu peduli dan berbagi.

“Yaelah, peduli? Berbagi? Duit aja pas-pasan, kok mau ngasih ke orang lain.” Pernah dengar celotehan seperti itu? Pasti pernah, bahkan mungkin sering. Adakalanya, pikiran manusia itu sempit, sampai lupa, bahwa berbagi terbatas hanya pada uang, padahal berbagi dapat kita lakukan dengan saling tolong-menolong dengan peduli dalam berbagi ilmu dan juga tenaga.




Kenapa berbagi? Dari Asma’ binti Abu Bakar, Rasulullah SAW bersabda, “Janganlah engkau menyimpan harta (tanpa mensedekahkannya). Jika tidak, maka Allah akan menahan rizki untukmu.”, jadi, tidak ada kata untuk tidak berbagi. Tidak hanya sabda Rasul, ada sebuah kata dari Kepala Dishub Kab. Bantul yaitu Bapak Suwito yang masih saya ingat baik-baik sampai sekarang, “Ketika kamu peduli dan berbagi dengan tulus, dan orang yang kamu bagi begitu senangnya atas bantuanmu, maka Allah akan membalasnya dengan cara yang unik. Contohnya, apabila kalian memberi sebungkus nasi pada tukang becak, dan kita umpamakan kebahagiaan tukang becak saat itu berada di level 7 atas bantuan yang kalian berikan, maka Allah akan membalasnya setara dengan kebahagiaan tukang becak tersebut, sebanyak 7 level kebahagiaan versi diri kalian.” Jadi, ayo peduli bantu sesama.

Alhamdulillah dapat kesempatan donor darah


Salah satu contoh nyata atas kepedulian kita yaitu berbagi melalui donor darah. Palang Merah Indonesia, atau yang lebih dikenal dengan PMI, akan membantu kita dalam menyalurkan kepedulian kita ini. Alhamdulillah, saya diberi kesempatan untuk mendonorkan darah saya saat saya praktek lapangan di Kabupaten Subang.

Pengalaman donor darah menjadi pengalaman unik, apalagi saat itu saya baru pertama kali mengikutinya. Di kampus saya sering diadakan acara donor darah, namun setiap kali saya ingin ikut pasti ditolak karena tensi rendah atau ada halangan seperti, ketika ada acara donor darah dalam rangka Gelar Purna Praja Angkatan XXII di kampus, saya tidak bisa mengikuti karena bertepatan dengan sidang komprehensif saya. Namun setidaknya ketika di Subang saya sudah pernah merasakannya.

Banyak yang ngeri atau takut dengan donor darah, padahal banyak sekali manfaatnya untuk diri kita sebagai pendonor, seperti :
1.    Memperoduksi Sel Baru. Donor darah membantu tubuh kita untuk merangsang regenerasi sel darah. Saat pengambilan darah yang lama, sumsum tulang belakang kita akan memproduksi sel yang baru.
2.    Menghindari resiko penyakit jantung dan stroke. Donor darah dapat memicu metabolisme agar aliran darah tetap lancar, jadi tidak ada penyumbatan darah pada pembuluh darah yang memicu penyakit jantung dan stroke.
3.    Membantu menurunkan berat badan. Selain manfaat yang sudah saya sebutkan, cewek-cewek pasti suka dengan ini, donor darah dapat menurunkan berat badan. Kenapa? Karena dengan memberikan 450ml darah akan membantu proses pembakaran kalori kurang lebih 650 kalori.
Dan masih banyak lagi manfaatnya selain yang saya jabarkan di atas. Jadi bagaimana? Masih ragu buat donor darah?



“Tapi kalau kita sibuk dan nggak punya waktu buat donor darah ke PMI bagaimana cara kita buat peduli dan berbagi?” Pasti ada pertanyaan seperti itu dibenak kita. Tenang saja kawan-kawan, di tahun 2015 ini melalui Bulan Dana PMI, PMI tidak hanya berfokus pada kegiatan donor darah saja lho. Ada bantuan lain seperti dapur umum di lapangan saat terjadi bencana, pelayanan kesehatan, pelayanan ambulans, dll. Caranya gampang banget, bantuan berupa donasi bisa kawan-kawan salurkan melalui bank-bank berikut ini :

Bank BCA Kantor Cabang Utama Thamrin
Nomor rekening : 206-38-1794-5
Atas nama PMI DKI JAKARTA Panitia Bulan Dana PMI Provinsi DKI Jakarta

Bank MANDIRI Kantor Cabang Kramat Raya
Nomor rekening : 123-00-17091945
Atas nama PMI DKI JAKARTA Panitia Bulan Dana PMI Provinsi DKI Jakarta

Bank DKI Kantor Cabang Utama Juanda
Nomor Rekening : 101-03-17094-7
Atas nama PMI DKI JAKARTA Panitia Bulan Dana PMI Provinsi DKI Jakarta

Jadi tunggu apalagi, ayo peduli bantu sesama melalui Bulan Dana PMI. Karena peduli dan berbagi bukan karena kita hartawan, tapi tahu bagaimana menikmati “nikmat” Tuhan.





Baca Artikel Populer Lainnya

17 komentar

  1. Semua memang tergantung niat, ada uang tapi gak sempat bersedekah? cuma alasan. Mau donor tapi gak ada waktu? cuma alasan. Kalo niatnya lebih kuat, pasti semua biasa dilakukan :D :D
    Makasih udah share :D

    ReplyDelete
  2. *fokus sama gambar lucu-lucunya* >,<

    kebanyakan sih nggak berani donor karena jarumnya gede. jadi ngeri2 gimana gitu. hahaha. tapi emang donor menyehatkan sih. semoga postingan ini bisa mengajak dalam kebaikan. amin.


    ❀ Diary Khansa by Funy ❀ www.diarykhansa.com ❀

    ReplyDelete
    Replies
    1. G perlu donor darah juga g papa, yg penting udah niat dan ada action buat berbagi ke sesama

      Delete
  3. Berbagi memang tidak harus nunggu kaya pit. Semangat berbagi ;-)

    ReplyDelete
  4. Dulu kalo ada donor darah pasti sy gabisa ikut krn berat badan pas2an;D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sini mbak kania aku tranferin lemak

      Delete
  5. aku dulu donor tapi berhenti karena hamil dan sekarang masih menyusui..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau gitu ikut bulan dana pmi aja mbak :)

      Delete
  6. Setuju, berbagi tidak terbatas hanya pada uang, karena ada banyak hal yang bisa di bagi seperti ilmu, tenaga, dll. berbagi cukup seadanya asalkan itu tulus dan ikhlas :D
    Semangat !

    ReplyDelete
  7. wuih keren nih postingan barunya :)
    mampir dan komen balik ya bro di blog saya
    http://ekienglandmuse.blogspot.co.id/2015/12/wisata-pantai-gunung-kidul.html
    salam blogger
    salam blogwalking

    ReplyDelete
  8. Uyeee, kita musti care... karna hidup adalah berbagi kebahagiaan

    ReplyDelete
  9. suka.. Gambarnya lucu2 :D terus postingannya juga bagus :D

    ReplyDelete

If you have no critics you'll likely have no succes ~Malcolm X

Parf Of


Blogger Perempuan Blogger Kekinian Warung Blogger Photobucket