Blogwalking Jangan Lupaing

3:02:00 PM



Blogwalking itu salah satu pondasi penting buat semua blogger, setuju? Kalau kita pake mbah google dan nanya wangsit, "Mbah, manfaat blogwalking apaan ya?", satu kedipan mata, jawaban atas pertanyaan kita bakal muncul. Tapi tahu nggak sih, nggak semua blogger (wannabe) tahu lho soal blogwalking.

Buat kita-kita yang udah kenal blog dan saling berinteraksi udah apal diluar kepala apa itu blogwalking, bahkan saking apalnya sampe lupa buat blogwalking *heuu*. Tapi gimana dengan blogger (wannabe)? Saya sendiri bersyukur banget, sebelum terjun ke dunia blog, saya sudah kenal sebuah komunitas kecil yang rata-rata isinya blogger. Pastinya saya kecipratan ilmu ngeblog sekaligus nulisnya, jadi pas kesininya tahu apa aja langkah-langkah yang harus dilakukan untuk seorang blogger (wannabe).

Sebagian temen saya yang sealmamater kuliah pada bikin blog, tapi kayaknya mereka pada  nggak tahu aturan mendasar supaya blog mereka dikenal, sayang banget kalau tulisan mereka yang bagus pada terbengkalai begitu aja.

Biasanya seorang blogger (wannabe) akan mengikuti sebuah grup atau komunitas blogger. Tentu saja untuk mempermudah promosi blog. Tapi nggak mungkin kan kita cuman promo doang? Nah inilah dia fungsi blogwalking, apalagi buat blogger (wannabe), meninggalkan jejak di blog-blog tetangga jadi cara ampuh biar dapet kunjungan balik.

Btw, hal ini nggak cuman berlaku buat blogger (wannabe) aja lho. Saya sendiri yang sempet hiatus dari blog merasakan manfaat besar dari blogwalking. Ibarat kate nih ye, hiatus kelamaan itu bikin kita dilupain, kayak artis yang udah ilang pamornya gitu, ra onok ambune. Dan sedikit demi sedikit kembali merambah dunia blog lewat blogwalking. 

Sepanjang hiatus dan akhirnya kembali lagi ke dunia blog, rasanya banyak yang tercerahkan buat saya pribadi lewat blogwalking, maka dari itu, simak seksama beberapa rangkuman saya dibawah ini.

Menemukan Macam-macam Tipikal Penulisan 

Yang pertama, blogger dengan rata-rata berisi anak-anak ABG yang tipikal penulisannya selalu pake lo-gue, rata-rata curhatan, terus nggak berkarakter. Kebanyakan cuman niru blogger-blogger ketje yang emang udah terkenal dan jadi public figure sekarang ini. Sebenarnya mereka berpotensi untuk bisa jadi blogger dengan tulisan ciamik, tapi kalau stak dengan tema curhat dan mulek-mulek disitu, saya rasa nggak bakal bisa maju. Coba deh keluar dari zona curhatmu dan lihat sekelilingmu, karena di sanalah banyak pembelajaran baru.

Yang kedua, blogger ketje, gaul, dan yang pinter meramu kata-kata. Ini nih yang saya suka, gaya tulisannya anak muda banget,berkarakter dan berbobot. Dapet feel free spirit tiap kali baca blogger yang kaya gini. Isinya nggak monoton curhatan mulu, mengangkat isu lain pun terasa mantep dengan gaya khas mereka. Oh ya, rata-rata umurnya sih udah bukan ABG lagi.

Yang ketiga, blogger umur non produktif yang selalu memberikan pelajaran berharga. Kalau mampir ke blogger-blogger dengan umur senior gini berasa nonton acara Mario Tegar, eh Teguh. Banyak nilai-nilai dan pembelajaran buat anak muda. Tapi kadang saya suka nggak ngeh karena bahasanya nggak kejangkau sama saya, hehehe..


Inspirasi dan Ilmu yang Bermanfaat

Lewat blogwalking saya dapat banyak inspirasi baru dalam menulis, dan terutama ilmu-ilmu baru yang dulunya tidak saya dapatkan dari komunitas blog yang saya ikuti. Membuka diri untuk lebih mengenal blogger-blogger yang lain emang luar binasa.. Yang paling bikin saya bahagia, dari blogwalkinglah tampilan blog saya bisa seperti ekspektasi saya 7 tahun yang lalu. Ulala.. alhamdulillah yah..


Belajar untuk Memberi atau Tidak Berkomentar

Tidak ada undang-undang yang menyatakan setiap blogwalking harus berkomentar di tiap postingan. Ada saatnya kalau memang tema tulisan yang diangkat menarik dan kita merasakan manfaatnya, why not untuk meninggalkan sepatah atau dua patah kata seperti terima kasih atau sangat membantu, bahkan bisa jadi ajang sharing pengalaman lewat kotak komentar yang telah tersedia. Tapi ada pula sebuah postingan yang sepertinya akan baik-baik saja tanpa komentar kita. Jadi jangan memaksakan diri perihal meninggalkan komentar saat blogwalking.





Lebih Dikenal

Nggak munafik, ini yang saya butuhkan dari nge-blog, lebih dikenal. Akhirnya setelah satu tahun saya hiatus dan ora ono ambune, blogwalking sungguh membantu. Setidaknya saya tahu ada kawan lama yang senantiasa masih mengingat saya di blog ini, ada juga kawan baru yang selalu menyapa walaupun nggak disetiap postingan. Rasanya setelah timbal balik ini, saya merasa ada sebuah semangat baru untuk terus ngeblog *kibas jilbab*.

Pastinya setelah kawan semua mencari manfaat blogwalking lewat mbah google dan membaca sedikit tulisannya saya, tahu betul, kalau blogwalking emang nggak boleh dilupaing. Kalau lupa siap-siap aja, ra onok ambune. Btw, happy Monday all!

Baca Artikel Populer Lainnya

24 komentar

  1. Keren Mba udah tahu blogwalking sebelum mulai blogging..
    Saya baru tahu istilahnya tahun lalu, dan sebenarnya udah sering blogwalking ini tapi selama ini salahnya cuma jadi silent reader.. Hehehe
    baru mulai ninggalin komentar tahun lalu :D
    Nice post Mba :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Walaupun memang ninggalin komentar g harus, bukan benerin juga jadi silent reader. Yg penting kebiasaan lama kudu diubah, biar lebih berinteraksi dengan sesama blogger :)
      Makasih..

      Delete
  2. benar sekali, blogwalking itu nambah teman. dan juga nambar rejeki. hwehehe :)
    salam kenal dek pipit

    ReplyDelete
  3. salam kenal, saya baru belajar ngeblog dan artikel ini sangat berguna buat saya. oh ya berkunjung ya ke blog saya di abangdhani.net

    ReplyDelete
  4. wah, it's true story! saya sebagai salah satu blogger wannabe, blogwalking emang jadi salah satu step yang ngga boleh dilewatin biar bisa dikata "ana ambune" hehe...dari blog walking juga bisa belajar banyak hal, cari inspirasi dan nambah (atau lebih tepatnya cari-cari) temen sepemikiran. nice post!

    http://petitecovered.blogspot.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pertahankan fit. Semoga blognya semakin rame karena udah sering blogwalking :D

      Delete
  5. Walau tidak punya blog, tapi saya senang blogwalking, senang membaca tulisan2 blogger yang menginspirasi dan tentunya isinya kekinian jadi ga akan kudet kalau rajin blogwalking, hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama kayak aku dulu. Biasanya kalau udah seneng gitu ketularan pingin ngeblog lho..

      Delete
  6. mantap pit! kalo blog gue masuk tipikal blog apaan yak? hahahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aih.. Si mpok pin pingin disebutin nih? Transfer dulu, kagak gratis.. :p

      Delete
  7. Kalau blogku masuk yang gimana, Pit? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau blognya mbak itu blog tuntunan mama2 masa depan :D

      Delete
  8. Ulasan yang pas banget. Gue setuju sama poin tentang tipe/gaya nulis. Gue pribadi sangat seneng kalo nemu blog dengan konten yang berbobot. Minimal ada kesan setelah baca postingan itu.

    ReplyDelete
  9. Bagian yang 'belajar untuk memberi atau tidak berkomentar' itu bener banget sih kak, aku juga jadi banyak berpikir apa komentar yang aku kasih bakal bermanfaat, atau reaksi apa yang bakal orang kasih kalau aku keluarkan komentar dari aku. Jadi kadang.. lebih banyak nggak jadi nulis komentarnya XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga baru sadar tentang berkomentar atau g gara2 blogwalking kemarin. Ibarat kata, orang nulis di blog tuh orang yg curhat ama kita (tapi biasanya emang blog itu curhat ye), ada saat kita nanggepinnya dengan diam tapi memperhatikan dengan seksama apa yg dia curahkan, ada kalanya pula kita memberi saran dan menanggapi curhatan dia biar ketemu solusi.

      Delete
  10. Berarti aku masuk blogger usia non produktif kayaknya. Hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bu ade nih bisa aja. G ah bu.. Bu ade masih cantik gitu kok

      Delete
  11. setuju selain bisa nambah temen, blogwalking bisa nambah demen hahaha
    saya termasuk tipe yang mana ya? kayaknya engga ada dah

    ReplyDelete
  12. hmmm nice post :D jadi merasa cupu banget nih hihihi :D

    ReplyDelete

If you have no critics you'll likely have no succes ~Malcolm X

Parf Of


Blogger Perempuan Blogger Kekinian Warung Blogger Photobucket