Self Re-MONDAY-er, Membalas Komentar

11:17:00 AM




Dulu, saya beranggapan, semakin banyak komentar yang nangkring di postingan milik saya, semakin banyak yang baca dan menaruh apresiasi dari postingan saya, tidak perlu saya membalas komentar mereka, kan saya sudah berkontribusi lewat postingan.


Namun, disaat saya hiatus dan putus nyambung dengan blog, ada sebuah pencerahan kecil yang membuat saya sadar, pentingnya membalas komentar. Saya tahu bahwa kawan-kawan blog semua yang memiliki blog dan mendapat banyak komentar di postingannya namun tak dibalas, sejatinya membaca komentar tersebut. Ada baiknya, mulai sekarang , semaksimal mungking, meluangkan waktu untuk membalas komentar-komentar dari kawan blogger yang mampir di blog kita.  Karena faedahnya baik buat kita dan komentator, dan saya merangkumkannya sebagai berikut :

Tentu saja terhindar dari istilah sombong.

Menjalin silahturahmi dengan sesama blogger.

Menghargai blogger yang telah memberikan komentar.

Komentar mampu menjadi tolak ukur tulisan kita.

Komentar bisa memicu ide baru untuk menulis.


Semoga secuil postingan ini bermanfaat di hari Senin yang indah ini. Happy Monday ya..

Baca Artikel Populer Lainnya

13 komentar

  1. Satu komentar di satu postingan itu emang penting banget sih khususnya buat penulis sendiri.
    Selain hal di atas, pastinya satu komentar membangun semangat dan motivasi buat terus nulis. Iya nggak, kak? ;)

    Happy Monday too ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget fir.. Thanks ya udah ditambahin. :)

      Delete
  2. Makasih insightnya Mba :) keep writing :D semoga istiqomah bisa membalas komentar :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 hana.. Semoga bermanfaat ya ;D

      Delete
  3. Bener bgt mbak tulisannya... Aku jg senanh klo ada yang komen dan bikin aku jd semangat untuk ngeblog, jd selalu aku pastikan untuk bls komentar mereka^^

    The ANANDIC: Passion Journal,

    ReplyDelete
  4. Bener mbak, kadang kalo yg punya blog gak pernah balas, orang2 jadi males lagi buat komentar. Btw, salam kenal ya mbak ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya nurul. apalagi kalau kita nanya gitu dan butuh jawaban dari dia, eh dianya g jawab, sebel

      Delete
  5. Saya selalu membiasakan membalas komentar setelah bw ke blog mereka. ^^

    BTW, saya sudah follow blognya, ya?

    ReplyDelete
  6. Wah bener kak pipit, aku udah lama menelantarka komentar2 di blog gue. makasih kak telah momotivasi. salam kenal kak pipit :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk mulai sekarang kita ngebalas komen2 dari kawan2 yg berkunjung.. :))

      Salam kenal juga riski

      Delete
  7. komentar itu berfungsi ganda, jadi bahan bakar buat terus semangat nulis... (kalo bentuknya apresiasi). bisa juga sebagai cambuk buat lebih baik lagi (kalau bentuknya kritik)...

    tapi dua2nya diperlukan, iya kan? :D

    ReplyDelete

If you have no critics you'll likely have no succes ~Malcolm X

Parf Of


Blogger Perempuan Blogger Kekinian Warung Blogger Photobucket