Diet, Bukan Sekedar Kurus, Ini Konsistensi

8:30:00 AM



Siapa sih yang nggak mau punya berat badan ideal? Nggak cuman cewek, cowok pun banyak. Saya sendiri merupakan wanita(?) yang diberi bakat gampang gendut, alhamdulillah yah, disyukuri aja. Sejak SMP saya  udah melakukan DIET, iya, sekali lagi anak SMP diet.

Kenapa saya yang masih cabe kecil kayak gitu diet? Seperti yang saya katakan, saya memiliki bakat gampang gendut. Pas jaman SMP, waktu puber-pubernya, tiap kali ngeliat kaca, malu sama penampakan diri sendiri, soalnya saya yang paling gemuk di kelas, cewek-cewek yang lain kurus-kurus, betisnya kayak lengan saya, nah betisku? Sampai nggak bisa bedain mana betis mana paha.


Tapi ya gitu deh, diet ala anak SMP kayak apa sih? Lebih ke ngasal, padahal seumuran gitu masih dalam masa pertumbuhan, mungkin gara-gara itu ngaruh pas SMA, tinggi saya cuman 158cm dengan berat 60kg. Kebayang kan gimana monthoknya saya, untungnya pas kuliah dengan pendidikan ala militer tubuh saya secara ajaib tumbuh lagi dan tambah tinggi 2cm, jadi genap 160cm. Perjalanan diet saya berlanjut pas lulus SMA, ketika akan mendaftar kuliah, saya harus memiliki berat badan ideal soalnya pihak mereka menyeleksi calon-calon “mahasiswanya” dengan tes-tes yang panjang, salah satunya tes kesehatan dan tes samapta. Alhasil dalam setahun saya menurunkan berat 7kg dengan rutin latihan lari siang dan sore ditambah dengan berenang, tidak lupa juga diet dengan mengatur pola makan.

Sedikit tentang perjalanan saya dengan diet. Banyak orang terutama cewek, menganggap diet itu tidak makan, padahal salah besar. Jadi apa itu diet? Menurut KBBI, diet adalah aturan makanan khusus untuk kesehatan dan biasanya dilakukan atas petunjuk dokter atau konsultan. Tapi di jaman sekarang ini diet lebih diartikan sebagai usaha menurunkan berat badan ketimbang mengatur pola makan.



Orang-orang yang cetek pikirannya dan pingin cepet kurus, mereka rela nggak makan dan nyiksa diri sendiri, dan kalau udah kurus, mereka bakal seneng tapi akhirnya balik lagi ke berat badan semula soalnya makan nggak karuan habis diet yang nggak jelas, ini yang disebut efek yoyo. Bersyukur sudah menggeluti dunia diet karena bakat gampang gendut. Baru kemarin saya sadar kalau diet itu bukan hanya sebuah keinginan untuk kurus, tapi ini suatu konsistensi. Konsisten atas komitmen mempertahankan berat badan setelah pencapaian dari diet. Karena mempertahan berat badan lebih sulit daripada menurunkan berat badan.


Setelah sadar dengan dengan hal itu, saya merangkum beberapa hal atas diet yang selama ini saya lakukan ketika efek yoyo datang. Agar efek yoyo dapat dicegah saya melakukan hal-hal berikut. Apa saja itu?


Memiliki Niat yang Kuat

Diet itu seperti perjanjian yang kita lakukan pada diri kita sendiri. Buat kawan-kawan blog dengan BB berlebih dan ingin punya BB ideal, sudah punya niat kuat? Karena pencapaian kita atas diet bukanlah BB ideal yang kita capai, tapi bagaimana kita mempertahankan BB ideal itu sendiri. Niat kuat ini harus terus ada, karena kalau niat ini hilang, siap-siap kembali untuk gendut.

Mengenali Diri Sendiri

Diet berarti mengenali kondisi tubuh kita sendiri. Banyak manusia yang katanya tahu betul tentang dirinya, tapi nyatanya nihil. Saya sendiri butuh 3 tahun untuk tahu kondisi tubuh yang sudah saya pakai selama 23 tahun ini. Tubuh saya merespon cepat untuk menaikkan BB ketika asupan karbohidrat dari nasi putih masuk ketubuh, ditambah tidak olahraga, dalam seminggu mungkin bisa 2-3kg BB saya bertambah. Sebagai alternatif untuk mendapatkan karbohidrat, nasi putih saya ganti dengan nasi merah, and it works.

baca juga : Arnes, I Miss You

Olahraga Jadi Sahabat

Diet akan percuma tanpa olahraga. Ada orang yang diet, nggak makan, terus kurus, ada.. tapi perhatikan bentuk tubuhnya, raut wajahnya, terlihat lembek dan lesu tak sehat. Beda dengan diet disertai olahraga. Badan terbentuk lebih bagus, tegap, kulit-kulit glambir jadi kencang, ditambah kondisi fisik lebih kuat dan nggak gampang lemas. Udah saya buktikan kok.

Kalau nggak suka olahraga Pit?

Nggak ada kata nggak suka. Saya pun nggak suka olahraga dari jaman SD dulu. Tapi ada sebuah peribahasa, terbiasa karena terpaksa. Saya yang nggak pernah kuat lari ngelilingin lapangan, sekarang baik-baik aja walaupun lari tanpa berhenti. Buat kawan-kawan blog yang bingung mau olahraga apa karena nggak suka olahraga, jalan kaki adalah olahraga paling gampang. Jangan ada kata malas buat nggak olahraga.

Makan itu Penting



Banyak orang-orang yang sok diet nggak makan, malah lebih mementingkan perutnya kosong. Salah besar lho, makan itu penting dan wajib asal teratur dan tertakar sesuai ukuran yang dibutuhkan tubuh, mulai dari sarapan, makan siang, dan malam. Sarapan memberikan energi  untuk kita memulai aktifitas tiap pagi, sarapan mengontrol diri kita dari jajan nggak jelas, dan yang paling penting sarapan membuat pola makan kita teratur. Makan siang pun begitu adanya, untuk memenuhi asupan energi kita yang telah terkuras di pagi hari, kalau malam? Memang tubuh kita nggak butuhin kalori banyak saat malam, soalnya nggak banyak aktifitas yang kita lakuin, jadi porsi dan menu makan malam lebih disesuaikan dengan keadaan tubuh, misalnya makan pisang rebus sebagai pengganti nasi atau makanan berat lainnya buat makan malam. 



Jadi masih ngeyel kalau diet itu cuman buat kurus? Diet itu nggak makan? Yaudah #sayatidakngeyel

Baca Artikel Populer Lainnya

42 komentar

  1. laahh aku malah pengen gendutan... :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kamu pasti kurus dan makan banyak teteo kurus. Sini tukar badan sama aku

      Delete
  2. saya juga pernah diet sampi abis-abisan tpi gak ada hasilnya malah sakit

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin baiknya ke dokter atau ahli nutrisi biar g salah kaprah dietnya

      Delete
  3. pit, bakat gendut itu alamiah atau bisa dipelajarin pit? kalau bisa dipelajarin aku mau khursus ke kamu. kekekeke

    ReplyDelete
  4. ngomongin diet, itu harus dijalankan konsisten dan di jadikan sebuah gaya hidup, jangan udh kurus, lupa diet alhasil berat jadi kembali semula, saya juga dulu berat badan 100 kg skrng turun jadi 85 kg , dan naik lagi setelah nikah, dan mulai lagi deh dietnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener. Kalau lupa dan gendut lagi, mari mulai dari awal

      Delete
  5. emang sgitu tergolong gendut ya? hehe
    kayaknya udah kurus deh.

    Aku aja pengen gemukan kok, disyukuri aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Efek kamera aja tuh.

      Bukannya g mau mensyukuri, tapi kalau pola diet gini g gue lakuin gue bisa kena obesitas, secara dalam seminggu bobot gue bisa naik 2-3kg hanya dengan makan nasi putih dan g olahraga. Bb gue paling parah 70kg. Itu sumpah parah banget!

      Delete
  6. aahh diet aahh. *tiba-tiba ada kiriman makanan* ngak jadi dietnya besok ajah. *baru sadar kalo makan banyak* arrrgghhh besok bener-bener harus diet. terus ajah begitu sampai tugu monas emasnya hilang :D

    kalo gue sih belom sama kayag diet yang mbak kasih, diet ku ya emang ngak makan dan pengen turun cepet tapi cuma mimpi ajah mungkin kalo ngak dibarengi sama olahraga yang rutin. gue sih cuma pengen ngecilin nih perut ajah yang udah mulai maju gak karuan :D

    ehh btw jadi langsing gitu after sama beforenya, ngak gendut-gendut amat juga sih :) tapi thank tipsnya, bakal gue lakuin deh biar perut ini ngak maju-maju terus.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kebanyakan orang sih gitu, ah nanti aja dietnya, masih bisa besok kok dietnya.. Gitu terus kapan diet?

      Efek kamera aja. Kalau udah mulai gendut, pipi gue keliatan kayak bakpau, perut gue buncit dan kalau duduk ada sabuknya, plus dibagian punggung ada sayap2 lemak

      Delete
  7. Wkwkwkw aku nih yang dulu lumayan kurus, sekarang jadi gendut -_- dari 70 sampe 80 apa nggak bengkak ini badan wkwkw :D mau ngurusinnya itu yang kadang, niatnya masih angin-anginan wkwkw jadi yaaah, sehari usaha sit up 60an kali aja dulu deh. siapa tau ada yang berkurang lemaknya wkwkwk :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga aja bisa turun. Yg penting dibarengin pola makan teratur sesuai kebutuhan

      Delete
  8. olahraga...belum jadi sahabat rutinku :(

    ReplyDelete
  9. Banyak lho, kk yang bilang pengen kurus tapi nggak pernah olahraga, termasuk kawan ane hahaha.. Bener sih, diet dan kurus itu hasil dari konsistensi diri.. Nggak konsisten, bye-bye dah itu badan kurus XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, udah 1/2 tahun ini gue konsisten, punya komitmen harus jaga bb biar g obesitas

      Delete
  10. gue pengen gendut hhe. maksudnya berisi gitu. padahal gue dah makan banyak tapi tetep beratnya segitu-gitu aja. cuman anehnya kalo ga makan malah gampang banget turun berat badannya hhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dilema orang kurus yg selalu diharapkan orang gampang gendut kayak gue

      Delete
  11. ngomongin diet sama pola makan, kalau saya ngaca, bakal miris nih, dari SMA sampe kuliah semester 5 BB lumayan normal lah, pas masuk semester 6 sampe sekarang kayaknya, masih bisa nafas aja udah untung, apalagi bisa nambahin BB. hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin karena anak kos kali ya?

      Delete
    2. engga kos, tapi dirumah rasa kosan :v

      Delete
    3. Hahahaha.. Menghibur diri nih ye..

      Delete
  12. Olahraga tuh bener banget sih. :))

    ReplyDelete
  13. kalo aku malah pengen gemukan, XD soalnya badanku masih blum proporsional.. naikin berat badan susah banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makan yg banyak! Hahaha.. Atau tukar badan sama aku

      Delete
  14. Kebanyakan cewek memang pengin kurus tapi gak pernah olahraga. Bener banget pepatahnya terbiasa karena teepaksa. Kalau gak dipaksain ya jd gak terbiasa. Bawaannya males teruss.

    ReplyDelete
  15. Kalau gue, orangnya gampang buat gemuk, dan gampang juga buat kurus. Hahaha.

    Pernah waktu pas bulan puasa tahun kemaren, waktu saya pulang ke kampung (sekarang lagi merantau, ngekos). Waktu di rumah, saya makan dengan biadabnya. Hahaha. Bisa satu hari 5 kali makan. Di mulai dari sahur, waktu berbuka makan kue dulu, terus baru makan nasi, terus pulang taraweh, terus pulang jalan malam, nyambung lagi ke sahur. Alhasil, berat badan saya nambah. Pipi udah kayak bakpau.

    Tapi, setelah pulang ke kos, eh kurus lagi. Memang benar yang mbak bilang. Mempertahankan itu lebih sulit ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wih wih.. Tapi dilema juga, makan banyak gendut, g makan jadinya kurus

      Delete
  16. setuju,krn abgaimanapun tubuh kita perlu nutrisi untuk metabolisme

    ReplyDelete
  17. Aku dulu gendut Kak, sma aku 49 kilo. Udah kesiksa banget. Perut gendut, pake rok SMA sakit, terus pipi gak beda jauh sama bola tenis.

    Tapi pas kuliah, nggak ngerti gimana awalnya, berat badanku turun jadi 45-an. Selama kuliah ya standar lah segitu, kadang turun juga 44. Eh sekarang konsisten di 43. Makan banyak juga nggak ngaruh huhu

    Tapi sebenernya yang penting itu emang konsisten sih. Percuma kalo nggak konsisten nanti malah naik turun. Mungkin juga nggak bagus buat kesehatan. Kecuali, kalo susah gendut.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wih enak ya, kurus 44kg tuh kayak adekku. Selama idupku g pernah nyentuh angka 40-an ditimbangan. Dulu pas habis diet setahun, beratku pas kurus paling mentok 53kg.

      Iya, kalau orang kurus diet mah jangan atuh, bisa kayak tengkorak nanti. Mungkin kalau emang serius mau naikin bb bisa ke dokter atau ahli nutrisi, ditambah latihan beban biar kebentuk tubuhnya

      Delete
  18. Bener bangett mempertahankan berat badan lebih susah daripada menurunkan. Huhuu :(

    ReplyDelete
  19. Wis gak usah diet. :D Nanti bakal kurus sendiri kalo makan hati. :P (Kalo gak tambah gemuk) :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nek kuwi mbak nisa, nek gawe aku, emejing mbak..!! Sayang mek ngipi ku tok

      Delete
  20. Tapi dari fotonya sih ideal ideal aja ya wkwk

    Setuju tuh, diet emang butuh konsistensi. percuma aja diet mati-matian tapi cuma diawal awal aja, kesananya eh malah gak jaga pola makan dan jarang olah raga hmm

    ReplyDelete
    Replies
    1. Efek kamera aja tuh, kalau tahu aslinya pas aku gendut, geleng2 paling. Pipi kayak bakpau, lengen kayak preman, punggung ada sayap lemak, perut ada sabuknya sampe lipet 2 kalau duduk. Hahahahaha

      Pemahaman soal diet masih kurang disadarin masyarakat

      Delete

If you have no critics you'll likely have no succes ~Malcolm X

Parf Of


Blogger Perempuan Blogger Kekinian Warung Blogger Photobucket

Daftar Bacaan