Teh Cap Tiga 9 (Teh 999), Teh Ndeso Penuh Kenangan

9:00:00 AM



Minum teh itu salah satu kebiasaan dikeuarga saya, nggak ada yang namanya nggak ngeteh, mau itu pagi ataupun sore. Btw, review kali ini emang sengaja tentang teh, teh spesial tentunya dari kamu. Ini teh kesukaan masyarakat desa pada umumnya, teh yang juga menyimpang kenangan masa kecil, Teh Cap Tiga 9 atau yang lebih dikenal dengan Teh 99.

Teh 99 adalah teh lawas yang diproduksi oleh perusahaan Teh 999 yang terletak di Pekalongan. Nggak banyak informasi yang saya dapat tentang teh ini, baik dari mbah google dan juga websitenya. Tapi yang saya tahu tentang teh ini sebagai berikut.


Rasa dan Aroma

Kalau rasa teh, rata-rata sama, cuman yang bikin beda aroma tiap teh yang kita seduh, karena aromanya yang membuat teh tersebut unik. Teh 99 merupakan teh melati, menurut saya aroma melati di teh ini strong banget dan saya suka. Tiap kali emak nyeduhin, bau melatinya itu langsung keluar dan nyebar di dapur. Bahkan menurut saya, aroma dari Teh 99 ini bisa jadi aroma terapi, coba deh kalau kawan-kawan beli teh ini, cium aja baunya langsung, wangi melatinya enak banget, bikin nge-fly.  

Kepengaruh gaya emak membuat teh, kami sekeluarga nggak pernah ngasih gula terlalu banyak sampai tehnya manis kebangetan. Buat gelas yang paling besar, kami cuman butuh ±1 sendok makan gula. Mungkin buat kawan-kawan yang suka manis, pasti cuman 1 sendok buat 1 gelas gede mana ada rasanya, tapi buat kami ini pengaruh banget ke cita rasa tehnya, wangi melatinya nggak kalah saing sama rasa manis dari gula.

Teh 99 nggak cuman memberikan rasa dan aroma melati yang khas, tapi memberikan rasa nostalgia. Buat saya yang masa kecilnya masih main sama matahari dan mandi di kali, Teh 99 selalu jadi minuman favorit pas kita semua udah capek dan haus, mampir bentar ke warung terus beli es teh, dulu pas SD 100-an ya, terus pas SMA jadi 500-an.


Bungkus Jadul dengan Harga Oke



Teh 99 tetep dibalut dengan bungkus kertas berwarna dasar putih dan tambahan warna merah untuk penulisan huruf, tidak lupa gambar kakek-kakek, yang sepertinya pemilik dari perusahaan Teh 999, kesan jadulnya masih dipertahankan.

Buat yang lebih suka menikmati teh celup, Teh 99 ini kayaknya nggak bakal cocok buat kawan-kawan, soalnya bakal ribet. Tapi buat saya nggak pengaruh, karena kesan jadulnya itu masih saya suka sampai sekarang. Mungkin biar praktis habis dibuka biasanya saya masukin ke kaleng dan ditutup biar tehnya nggak masuk angin.

Untuk harganya sendiri murah banget, buat bungkus besarnya ± Rp. 3000,- saja, tapi saya lebih memilih buat beli 1 pak-nya aja, ± Rp. 21.000,- dan tiap pak biasanya isi 10 bungkus.

Tentang Bahan Utama



Teh 99 merupakan teh melati, yaitu daun teh yang dicampur dengan melati agar memperoleh aroma khas dari melati, dan prosesnya sendiri bisa dilakukan sebentar atau lama tergantung keinginan untuk seberapa semerbak aroma melatinya.

Dapat secercah info adanya manfaat teh melati kalau kawan-kawan mengkonsumsinya yaitu menghilangkan stres, mencegah resiko terkena kanker, mengurangi kolestrol, menjaga berat badan tetap ideal, mencegah terkena virus flu, mengatur sirkulasi darah, dan memperkecil resiko diabetes.


Overall,  Teh 99 recommended buat kawan-kawan blog yang suka ngeteh, aroma melatinya yang kuat memberikan efek aroma terapi yang mampu menenangkan. Cocok lagi pas musim hujan kayak gini, bisa ngangetin badan. Sayangnya buat kawan-kawan yang berdomisili di luar Jawa atau mungkin kota-kota besar harus bersabar, karena sulit menemukan teh ini. 

Baca Artikel Populer Lainnya

15 komentar

  1. berarti angka 9 nya berjejer saling berdekatan ya 999

    ReplyDelete
  2. Nge teh memang menjadi suatu ajang untuk mengawali aktifitas di pagi hari.

    Tapi gue lebih suka ngopi, eh tapi gue juga suka teh kok

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gimana enaknya aja fif :D yg penting hari2 kita jadi berwarna karena hal kecil kayak ngopi dan ngeteh :)

      Delete
  3. Aroma waktu diseduh emang bikin relax. Makanya,jangan sampai lupa Ngeteh biar ngak salam paham. Hahaha

    ReplyDelete
  4. teh melati sih biasanya aromanya itu menenangkan abis!
    saya punya kebiasaan minum teh sambil memejamkan mata, esensi "ketenangannya" dapet banget! :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Perlu dicoba nih.. Siapa tahu tambah nge fly pas minum teh :D

      Delete
  5. Duh, Teh melati ya :D Aromanya mah menggoda kalau teh melati. Rasanya juga nikmat :)

    Aku sukanya teh apa itu yang di daerah tegal, teh tang atau teh tongji? atau teh apa gitu ._. ah lupa ._.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di jogja kemarin pas g ada teh 99 teh tang jadi favorit, soalnya rasa2 hampir mirip teh 99, cuman kalau teh tang masih ada pait2nya

      Delete
  6. Ini teh kesukaan ibuku selain teh naga :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Teh naga itu g ada lho mbak di kediri, bulek aku yg tinggal di singosari yg biasanya bawain teh naga soalnya ibu juga suka teh ini

      Delete
    2. wah betull TEH NAGA juga teh lawas legendaris. Teh Naga lebih pas aroma dan rasanya klau menurutku sih mbak..

      Delete
  7. Aku juga suka banget sama teh begini .. lebih harum dan syedaphh

    ReplyDelete

If you have no critics you'll likely have no succes ~Malcolm X

Parf Of


Blogger Perempuan Blogger Kekinian Warung Blogger Photobucket

Daftar Bacaan