Umbul Ponggok, Solusi Senorkling Tanpa Perlu Ke Laut

7:30:00 AM



Jelajah Bantul udah selesai, mau kemana lagi kita minggu ini? Gimana kalau senorkling? Tapi Pantai Jawa jarang banget bisa dibuat senorkling gini. Oh ya, ada tempat-tempat yang lagi hits di jagad maya, solusi senorkling tanpa harus ke laut, Umbul Ponggok.

Umbul Ponggok terletak di Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Saya menempuh perjalanan sekitar 1 ½ jam dari Bantul dengan motor untuk mencapai tempat ini. Sebenarnya udah ada rencana buat kesini diawal-awal kedatangan saya di Jogja, tapi baru terealisasikan pas minggu terakhirnya. Nggak apa-apa deh, penting pernah nyobain nyebur di sini.

Umbul Ponggok merupakan kolam alami yang sudah ada sejak jaman Belanda, dikelola sedemikian rupa oleh masyarakat sekitar untuk dijadikan tempat wisata. Umbul Ponggok bukan hanya kolam, ada ikan warna-warni yang berenang-renang di kolam ini, selain itu dasar kolamnya tetap berupa pasir dan batu, sehingga kesan alami dari kolam ini nggak hilang sepenuhnya. Buat kawan-kawan blog yang suka senorkling atau menyelam, Umbul Ponggok bisa jadi alternatif ketika jarak pantai yang jauh atau keadaan pantai khususnya pantai di Pulau Jawa yang kurang bersahabat untuk dibuat senorkling.



Penampakan Umbul Ponggok (sumber)


Kedalaman Umbul Ponggok sekitar 1.6m, bahkan dibeberapa situs website ada yang bilang 2.5m, cuman pas saya kesana rata-rata setiap bagian kolam hanya sekitar 1.6m saja. Untuk berenang menurut saya kedalamannya ideal, sedangkan untuk senorkling atau menyelam kayaknya tambahin dikit sih kalau boleh, hehehehe

Untuk menikmati senorkling air tawar ini, kawan-kawan blog cukup merogoh kocek Rp 8.000,- saja.  Jangan khawatir soal peralatan senorkling, Umbul Ponggok menyediakan persewaan peralatan berenang dan senorkling yang kita butuhkan, mulai dari ban, sepatu katak, pelampung, kacamata selam, dsb, cukup menyediakan dana Rp 5.000,- s/d Rp 20.000,- untuk menyewa peralatan senorklingnya. Buat yang nggak bawa kamera underwater, Umbul Ponggok menyewakannya juga kok, dengan kisaran Rp 60.000 s/d Rp 100.000,- kalian udah bisa cekrek-cekrek dalam air. Yang males buat foto sendiri, ada jasa pemotretan juga di sini, pokoknya lengkap deh.




Kami pribadi hanya menyewa kacamata selam dan kaki katak saja. Untuk urusan foto, temen saya udah bawa kamera action-nya, lumayan, menghemat biaya kan. Pas nyebur, seger banget rasanya, mungkin karena masih jam ½ 8-an pagi, sinar matahari nggak panas terik, airnya pun masih dingin-dingin empuk. Selain berenang bareng ikan-ikan, kami mengincar foto underwater yang lagi ngehits itu lho, pose bareng motor, sepeda, nonton tv atau berkemah. Pas berenang menuju tengah kolam, kami nggak menemukan satu pun tempat foto yang ada sepeda atau motornya. Akhirnya kami sadar, semua benda-benda itu hanya digunakan oleh pihak fotografi di Umbul Ponggok. Jadi benda-benda itu turun ketika ada orang yang sudah memesan untuk berfoto ria. Kita nggak bisa mendekat selama proses pemotretan, jadinya mau curi-curi selalu gagal. Pinternya lagi pihak fotografi menaruh benda-benda ini di jam-jam rawan, dimana kami yang “fotografer amatir” nggak akan pernah dapet foto yang bagus dengan kamera seadanya di jam-jam rawan itu. Ya sudahlah, kami nyerah.




Buat kawan-kawan blog yang mau piknik di Umbul Ponggok, saya kasih beberapa tips  :
Datanglah di pagi hari sekitar pukul 07.00 – 09.00, karena di jam tersebut kawan-kawan masih bisa merasakan jernihnya air kolam dan juga kesegaran airnya yang dingin-dingin empuk. Di jam itu pula, kalian bisa memperoleh foto underwater yang nggak kalah bagus sama fotografer di Umbul Ponggok.  
Jangan datang saat weekend, serius! Kalian yang ingin berenang bakal keganggu dengan banyaknya pengunjung yang membeludak, ditambah buat kalian yang suka eksis, dijamin fotonya pada gagal semua gara-gara banyak penampakan.
Bawalah remah-remah roti, biskuit, atau nasi, bisa juga pelet, agar ikan-ikan di kolam mendekat, biar foto kalian semakin hits 

Demikian pengalaman piknik saya di Umbul Ponggok, pingin sih kesana lagi, tapi kalau berangkat dari Jawa Timur gini mending saya berenang di kenangan mantan ajah *eeaaa*. Btw, kawan-kawan blog pernah ke Umbul Ponggok, yuk ceritain juga pengalaman kalian disini? Oh ya, selamat bersantai di hari Minggu ya.


Umbul Ponggok
Desa Ponggok, Kec. Pulonharjo
Kab. Klaten, Jawa Tengah

Baca Artikel Populer Lainnya

38 komentar

  1. bisa nih jadi tujuan liburan selanjutnya...tapi itu air tawar kan mbak ? :D

    ReplyDelete
  2. Waaah keereeen. Hahaha. Dulu aku tau tmpat ini dari instagram. Terus sempet ngakak pas tau ternyata itu cuma begitu ya tempatnya kalau diliat dari atas, tp keren underwaternya itu lho.
    Pas ke jogja kemarin sempet mau mampir sini, tapi enggak sempet euy. Mungkin next time.

    Pipit sebenernya asli mana ?
    Kalau aku main jogja, ajakin aku kesini yaa *mau banget*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aslinya orang jawa timur laili. Tapi kemarin lagi LPJ di jogja sekitar 1 1/2 bulan gitu deh

      Delete
  3. yang bener 1.6 meter? rata-rata kedalamannya lebih dari 2 meter mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah itu dia mas, saya juga g tau yg mana yg 2 meter lebih itu. Soalnya pas nyelem kemarin, rata2 1.6m aja. Apa mungkin sayanya yg g tau yg mana 2 meter lebih?

      Delete
  4. Jadi pingin deh, suatu saat harus ke sini, lihat peta dulu dimana letaknya :-)
    Thanx !!!

    ReplyDelete
  5. Haha kenangan mantan. Jadi inget.. Ah sudahlah. Saya belum pernah ke Umbul Ponggok ini dan baru taunya sekarang. Melihat gambaran yang kamu ceritakan saya jadi penasaran ingin melihatnya. Terlebih wisata ini sangat terjangkau ongkosnya hehe maklum mahasiswa.

    ReplyDelete
  6. wah keren juga tuh. terlihat natural

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bang, kolamnya emang sengaja digituin

      Delete
  7. Dasar laut Umbul Ponggok-nya keren abis. Bening banget, apalagi di padu dengan binatang2 yang hidup di dalamnya. Cadas!

    ReplyDelete
  8. Hallo mbk, Pit. "Rasain, gue panggil mbak-mbak." :D

    TApi, gue nyambung pertanyaan mas Maw : beneran cuman kedalaman 1.6 meter? Cetek banget kalo gitu. Paling, kalo gue yang nyebur, baru sampe leher. Kepala gak ikut. Gak lucukan...

    Ini emang solusi, bgt, ya. Soalnya, gak udah repot2 harus nyebur ke laut, tapi tetep bisa merasakan sensasi yg sama seperti sedang di Laut. Tapi... kemurniannya tetep keren di Laut, sih. :) Cuman... usaha yg buat tempat ini keren banget menurut gue.. Kreatif.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah biasa aja sih om pangeran. Emang guenya udah mbak2 juga, mbak2 imut :p

      Nah itu dia om pangeran, masalahnya pas renang dan nyelem g kerasa ada 2 meter lebih. Apa guenya yg g bisa ngukur ato gimana g tw juga deh.

      Lumayan lah. Soalnya di jawa susah banget nyari tempat buat senorkeling, kalaupun ada lautnya jarang yg jernih

      Delete
  9. Hmm andai di kota saya Surabaya ada kolam yang kayak gini mbak, pasti saya demen banget berenang di kolam tersebut untuk menghilangkan stres karena hiruk pikuknya kota Surabaya.

    Umbul ponggok keren banget yaa, walaupun sebuah kolam tapi sensasinya udah kayak snorkling di lautan beneran. kedalamannya juga nggak dalam-dalam amat sehingga masih bisa lah kita kembali ke permukaan dengan gampang. sensasi bebatuan dan ikan-ikannya itu loh yang bikin keren banget dan terasa nyata. apalagi kalo ditambah lumpa-lumba gitu hahaha

    ternyata meskipun tempat sekeren ini biaya untuk kesana nggak terlalu merogoh kocek ya mbak. yaa semoga lain waktu saya bisa kesana lah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah orang surabaya yah, g jauh lah dari tempat kerjaku. Cuman buat aku surabaya yg udah padet jingkrak macete ra kaprah g usah ada ginian juga, kasian.. Ruamenya itu yg g nahan, tambah macet aja nanti.
      Silakan kalo masnya ada waktu ke umbul ponggok ini

      Delete
  10. Tempatnya keren banget mba Pipit. Itu seriusan masuknya cuma 8.000 doang? itu sih murah banget, cocok banget buat aku remaja bokek.

    Tapi satu kendalanya, itu jauh banget. aku di bogor, dan ubul ponggoknya di Jogja. Tapi recommended banget, siapa tau nanti ke jogja gitu pasti mampir kesini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Serius nad, cuman 8000 aja kok. Murah meriah deh wisata di jawa.

      Nanti kalo ada libur panjang mampir2lah ke jogja biar sekalian ke klaten

      Delete
  11. Keren banget tempatnya ya, Mbak. Yang gue suka, walaupun tmpatnya kayak kolam, tapi dibawahnya itu masih alami banget. Ternyata ada yak yang bginian. Hahaha.

    Dan juga, biayanya itu loh, tergolong murah banget untuk orang yang hobby dengan hal beginian. Sayangnya, gu di Pekanbaru jauh bangt kalau mau kesana. Haha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. eh belum tau ya? padahal di jagad instagram bertebaran foto2 umbul ponggok.

      iya, untuk ke umbul ponggok murah kok, g perlu mahal-mahal, wisata jawa mah gitu

      Delete
  12. Pas!.. saya memang lagi ngumpulin info tempat wisata untuk rencana tahun ini. Sebenernya udah diputuskan mau ke Dieng sih, tapi ntar dibicarain lagi sama keluarga deh. Menarik ya kalo lihat dari fotonya. Trus tiket dan biaya2 nya juga relatif murah kalo segitu. Soal kamera, ah saya minta fotografer disana aja khusus untuk yang underwater, itu juga paling saya nyelem sebentar karena ga kuat lama ada pengalaman trauma.. hahahaha. Tips nya sangat berguna. Memang itu tujuan pembaca seperti saya yang berharap tau situasi terbaik untuk berkunjung. Rata-rata tempat wisata memang ramai yang kalo wiken, kalo niatannya untuk lebih banyak dapat spot foto memang jangan di akhir pekan. ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. ember, tapi kalau ama keluarga pastinya sih weekend ya?
      sewa aja dip, kan bareng keluarga, biar bagus juga fotonya.

      Delete
  13. Tapi agak sedih ih sama Ponggok. Sering banget dijadiin objek foto underwater. Macem-macem properti dimasukin ke dalam air. Ya, mungkin kasus tertentu buat foto prewedding atau apalah. Tapi, dipikir lagi, kalo motor dsb masuk ke air, apa nggak mencemari. Apa blok mesinnya dicopot dulu gitu? Ah ribet, mau foto aja ribet. Hehehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau itu kurang tahu sih, yang kemarin masuk kolam cuman sepeda doang. mungkin pihak pengelola sudah mencopot printilan2 motor, biar air sumbernya g tercemar

      Delete
  14. Ini juga nih tempat hits yang banyaaaak banget orang foto didalem air gitu -_- aku mau kesitu percuma juga, nggak bisa renang apalagi nyelem :' *FEBRILEMAAAAAAAAH :(

    ReplyDelete
  15. Berkali-kali diajakin kesitu, tapi apa daya hehehe... aku bisa berenang, tapi cuma sekedar ngambang melambai aja, kalo nyelem-nyelem gitu kagak bisa, dan dulu pernah dikasih lihat ada video temenku yang nggk bisa berenang sok sokan ikut kesitu malah jadi awkward gimana gitu hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha.. Kasian. Belajar dulu gih

      Delete
  16. Oh ternyata properti itu berbayar ya, kirain bebas aja haha. Anyway fotonya bagus banget yg didepannya ikan-ikan, nice angle :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bayar mbak, tapi g mahal kok, murah meriah. Makasih banyak :)

      Delete
  17. wiiih kereeen masya Allah ^^ ini tempatnya lagi hitz banget yaa, instagram-able. hahaha
    semoga tempat-tempat keren kayak begini gak di rusak sama anak alay. Udah sering banget kejadian, sekalinya ada tempat yang lagi hitz langsung deh didatengin buat ajang jeprat jepret. Tapi malah gak ngejaga kebersihan, dan akhirnya rusak -__-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Insha Allah bakal terjaga dengan baik soalnya dikelola baik sama masyarakatnya dan dijadikan salah 1 pendapatan daerah.

      Delete
  18. Terimakasih atas artikel anda yang menarik dan bermanfaat.
    Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis yang bisa anda kunjungi di
    Pariwisata

    ReplyDelete
  19. wahh keren sekali ya, kita jadi gak perlu kelaut toh ada umbul ponggok yang jadi solusi liburannya..

    ReplyDelete

If you have no critics you'll likely have no succes ~Malcolm X

Parf Of


Blogger Perempuan Blogger Kekinian Warung Blogger Photobucket

Daftar Bacaan