Balada Nona Muda Dipanggil "IBU"

7:00:00 AM



Menjadi nona-nona muda dan belum menikah, bikin saya agak geram tiap kali ada yang memanggil dengan sahutan “IBU”.  Asli.. bikin dongkol hati ini. Tiap kali ada yang manggil gitu, saya merasa seperti bensin yang dikasih api, ‘WOOOK!’  *sound api menyala* api tersulut dari tatapan mata, nada suara saya berubah, berubah jadi mengerikan.

Semenjak bekerja, sering telinga saya mendengar sahutan ibu. Jengkel, dongkol, pingin ngentutin orang yang manggil saya ibu langsung di mukanya. ‘Saya masih muda lho! Badan masih yahud. Nggak kelihatan apa masih cantik gini?’ seperti itulah sura hati saya. Bahkan kalau saya nggak tahan, orang yang biasanya (laki-laki) berusia masih 20-an sekian saya panggil “PAK” aja sekalian, nadanya yang keras penuh penekanan tanda orang marah. Biar impas dan hati saya puas.



Sebenernya sih hal sepele banget, kalau dipikir baik-baik, saya pun akan menjadi ibu nantinya. Tapi buat perempuan yang masih single (belum menikah), dipanggil ibu itu seperti malapetaka, seperti tidak dimengerti oleh kaum-kaum berbatang yang asal nyeplos, emang kaum berbatang selalu salah yah, hahaha.. Cuman bener lho, salah memberikan panggilan buat perempuan itu bikin kitanya gondok. Mungkin kedepannya kaum batangan ini lebih peka lah ya, biar nggak salah terus di mata perempuan.

Adapun hal-hal yang membuat saya berpikir kenapa nona-nona muda dipanggil “IBU”. Berikut yang saya simpulkan.

Wajah Terlihat Lebih “Dewasa” Daripada Umur Aslinya 
Dewasa atau tua? Yah biar nggak kesinggung dewasa aja ya. Jaman sekarang ini banyak banget nona-nona muda yang BERMUTU alias BERMUka Tua. Efek pakai make up berlebihan, cara pakai baju, atau mungkin bentuk tubuh yang bongsor, emang bisa bikin orang salah paham sama penampilan nona-nona muda dan akhirnya manggil ibu. Solusinya? Operasi plastik. 
 Dikira IBU-IBU karena Seragam Kantor 
Semenjak bekerja, setiap harinya pasti pake baju seragam, apalagi seragam kekhi, efeknya bener-bener bikin saya dipanggil IBU. Bekerja di pemerintahan, ditambah saya berjilbab, rasanya nggak pantas pakai baju ketat (baca: jilboobs), jadi seragam kekhi saya longgar dan panjang. Dari situ saya selalu dipanggil ibu.


Dari hal-hal yang saya simpulkan itu, saya belajar buat nerimo, ambil positifnya aja, itu doa orang-orang biar saya jadi ibu yang baik buat anak-anakmu kelak *halah*. Tapi ada 1 saran dari saya, perempuan yang seumuran saya gini lebih suka kalau dipanggil mbak, memberikan kesan masih muda, nggak ada salah dan susah kan manggil mbak? *nada ngancam*. Gimana pengalaman kalian? 

Baca Artikel Populer Lainnya

31 komentar

  1. Jadi keingetan kalo lagi bareng sama Reza suka berantem masalah panggil memanggil ini. Kalo ada yang manggil aku 'Bu'; kasir, tukang jualan dll dia ketawain dan ledekin. Kalo ada yang bilang aku kak, mbak, atau yg bukan ibu dia pasti nyaut 'Lah itu kan karena liat aku yang baby face jadi ke kamu nyangkanya masih muda juga'.

    Bagian ada yg bilang 'pak' ke dia, e dia malah bilang 'itu liat kamu duluan sih kayak ibu-ibu'
    YAELA
    #malahtjurhat

    Ya meskipun emang orang lain mah ga kenal kita dan ga tau kita rasanya dipanggil gak sesuai status itu ga enak aja dan bikin dongkol. Apalagi kalo PMS, gitu XD
    Kalo aku sih, kalo lagi santai dan pengen sok asyik suka bilang aja ke orang yang manggil: 'bukan ibu-ibu!' XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. yah.. *minggir perlahan* *urusan rumah tangga orang* *apalah aku cuman obat nyamuk*

      Delete
  2. Wkwkwkkk.... aseli emang ngeselin banget tuh dipanggil Ibu.
    Padahal kan masih perawan ting-ting. Nikah aja belom udah dipanggil-panggil Ibu. Kan sensi yak.... >.<

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya fit, sensi banget :( tapi yaudah deh, nyoba iklas kalau sekarang. tapi kalau yg panggil ibu orangnya masih muda gitu, akunya nyolot aja :D

      Delete
  3. Emang ya kadang-kadang wajah terlihat lebih dewasa dibanding umur. Aku aja kadang manggil ke temen sekelas pake sebutan pak lah, tante lah, karena ada yang mukanya tuh keliatan tua gitu hahaha.

    Kalo pengalaman sih, aku telepon customer service gitu sering di bilang "Ibu" sama CS-nya. Ya emang sih kata temen-temen suara aku kalo di telepon emang kayak cewe. Muahaha, ngehe emang. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha.. yg bener den? alus bener suaramu, ampe yang dengerin salah tanggep :p

      Delete
  4. hahaha aku juga kadang, kadang sih kalau pas mau ngantor. Padahal aku juga masih anak bawang lulusan smk yang merantau. Btw tos dulu kita senasiip piit.

    ReplyDelete
  5. setuju banget.. hahaha
    ngeselin banget emang kalo di panggil ibu.. apalagi kalo di tempat umum.. hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha, iya gin. padahal g bawa anak juga, eh dipanggilnya ibu

      Delete
  6. Gue kalo ga cukur kumis sama jenggot pasti dipanggil bapak kalo nyetir atau bayar di kasir alfamart (kadang suka langsung ngaca di display rokok alfamart kalo mereka panggil bapak) =___=
    apalagi pake baju formal sedikit.
    Mungkin mereka juga bingung mau manggil apa dan menggeneralisasi orang yang mereka sahut adalah semuanya sama, daripada gagu dan bingung buat manggil apa. tapi ya kadang kita punya kebahagiaan sendiri kalau dipanggil dengan sesuai, ya. haku juga masih muda :((

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau cowok nih kur, menurutku pas kalian g cukur kumis atau jenggot kalian emang keliatan tua kur, bahkan aku suka kaget ngeliat anak SMA yang kumisan, aku kira bapak-bapak juga

      Delete
  7. Kok sama kaya pengalaman gue yah? Gue masih umur 16 tahun kelas 10 SMA. Dikarenakan tinggi gue yang udah mencapai 170 cm -+ sampai dikatain sama keluarga "Kamu itu udah kaya kelas 3 SMA" Lebih parahnya gue dikira udah Kuliah. Sakitnyaaaa itu badan. Au ahhh gelaaaap

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha.. kalau pas sekolah aku sendiri g pernah dikirain lebih tua dari usia. malah pas kelas 3 SMA dikira kelas 1 SMA, pas lulus SMA aja masih dikira kelas 2 SMA

      Delete
  8. Kaum berbatang? apa ya maksudnya? *masihpolos hehe
    Jangankan mbak Pipit yang baru-baru ini dibilang Bu. Saya pas SD dikira udah SMP. Pas SMP dikira udah SMA. Pas SMA dikira udah kerja wkwk. Emang orang kalo belom kenal ngeliat penampilan luarnya bongsor atau apalah pasti dia manggil Pak atau Bu. Sakit sih ya emang dalem hati

    ReplyDelete
    Replies
    1. ah, uly sok polos :p
      iya, biasanya perawakan bongsor emang bikin orang salah kira

      Delete
  9. Aku udah dipanggil ibu waktu masih kuliah mbak. Maklum kuliah di jurusan pendidikan & sudah ngajar :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau jadi guru mah aneh dipanggil mbak sama anak didiknya. temen-temen aku banyak yg dipanggil bunda soalnya ngajar di PAUD

      Delete
  10. oke deh buu, eh sori, mbak. nanti kedepannya semoga dipanggil mbak aja yaa.

    pengalaman kamu ini nggak jauh beda dengan aku sih. cuman bedanya aku dipanggil pak gitu. isi bensin dipanggil pak, ke indomaret dipanggil pak, semuanya manggil aku pak. padahal kan umru juga belum berkepala dua hehe. kayaknya aku bakalan bikin postingan khusus juga nih tentang keresahanku dipanggil pak.

    yaa mungkin muka kamu emang bener-bener udah dewasa, makanya dipanggil, Bu. ditambah lagi kamu kerjanya make seragam yang modelnya gitu, wah, ya nggak salah kalo dipanggil begitu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya maz, emang gitu, sedih :( cuman yaudah deh, kalau yg bilang ibu seumuran bapak-bapak atau ibu-ibu akunya cuman bisa pasrah, tapi kalau yang manggil kayak seumuran atau lebih mudah, jadi garang nih

      Delete
  11. Mirip sama Reyza diatas, aku juga ada pengalaman dipanggil pak. Ini terjadi sejak jadi pendamping tim robot anak SD. Nah pas perkenalan ke anak2 itu, aku bilang 'panggil aja mas icang'. Kyknya setuju2 aja tuh bocah. Nah pas udah maen robot ada yg panggil pak icaaaaanng ini gimana cara masangnya? Deg. Mampus gw dipanggil pak. Belum punya bini, belum punya anak juga.
    Mas aja dek, jangan panggil pak. 'Oke mas'. Smenit kemudian teriak lagi 'pak icaaaanggg ini robot gak jalan'.
    Wanjir, untung anak sd

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha.. lah kamunya cuman pendamping apa jadi guru juga? kalau kerja dilingkungan pendidikan emang gitu, temen-temenku yang kerja jadi guru pada dipanggil pak, ibu, bahkan bunda

      Delete
  12. Gak enak kali ya dipanggil "Ibu" kalo bagi perempuan. Iya juga sih masih muda, masih yahud, dan masih cantik uhuk masak dipanggil "Ibu".

    Mungkin kalo udah kesel sekali, boleh aja tuh ditampol pake high heels :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha.. akunya g pake heels fif, pakenya sandal kroks

      Delete
  13. Kalau di sini emang biasanya kalo udah kerja dipanggil Ibu untuk menghormati..karena kalau dipanggil Mbak suka diasumsikan sebagai pembantu..atau mbak mbak..jdi kalau formal manggilnya Ibu..tapi...tapi gue dipanghilnya DEK. -.-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gitu ya? Tapi belum bisa terima.. Hiks! Iklas itu emang cucah

      Delete
  14. Waaa nyesekkk bgt emang nyesekk di panggil ibu.. Aku sering bgt di panggil ibu.. Sedihnya lg ada org yg lebih tua dr aku mlah di panggi mbak. Aku sk langsung ngaca aja, apa mukaku ketuaan yak. Sk jd lemes n ga pd gt klo udah dipanggil ibu.

    Di sunda ada tingkatan paggilan
    Neng. Teteh. ibu
    Parah bgt waktu ak jalan sm tmen. Temenku di panggil neng, wehh aku? Ibu aargkk emang bikin panas sebadan badan hiksss

    ReplyDelete
  15. Waaa nyesekkk bgt emang nyesekk di panggil ibu.. Aku sering bgt di panggil ibu.. Sedihnya lg ada org yg lebih tua dr aku mlah di panggi mbak. Aku sk langsung ngaca aja, apa mukaku ketuaan yak. Sk jd lemes n ga pd gt klo udah dipanggil ibu.

    Di sunda ada tingkatan paggilan
    Neng. Teteh. ibu
    Parah bgt waktu ak jalan sm tmen. Temenku di panggil neng, wehh aku? Ibu aargkk emang bikin panas sebadan badan hiksss

    ReplyDelete
  16. namanya juga anak muda ya, jelaslah kalau dipanggil ibu agak kaget dan aneh soalnya belum nikah dan belum punya anak.. hmm

    ReplyDelete

If you have no critics you'll likely have no succes ~Malcolm X

Parf Of


Blogger Perempuan Blogger Kekinian Warung Blogger Photobucket

Daftar Bacaan