Il Mare, Kisah Cinta Beda Waktu

11:27:00 AM

Judul : 시월애
Judul (Romaji) : Siworae
Judul (Inggris) : Il Mare
Genre : Romansa, Drama, Fantasi
Sutradara : Lee Hyun-Seung
Bahasa : Korea
Tanggal Rilis : 9 September 2000
Durasi : 96 menit

Alhamdulillah udah hari Rabu aja, dan emang jadwal hari ini Rabu Review. Nggak bakal ada isi postingan yang ngotot ampe urat keluar kayak postingan kemarin, hahahahaha… Saya sendiri sampe dlongop kesurupan apa kemaren sampe nulis kayak gitu, ada wali lewat kali ya? Iya, wali murid, wali kelas, wali nikah.. duh nikah lagi, jadi baper kan. Ok kembali ke topik utama di Rabu Review. Kali ini ada rekomendasi film lawas yang recommended buat ditonton. Apaan tuh? Yuk disambit dulu pidionya, monggo…




Cerita Cinta Sederhana Dalam Seuntai Surat


sumber

Il Mare, bercerita tentang sebuah rumah yang diberi nama Il Mare yang berarti laut, karena letaknya sendiri berada di laut. Rumah indah ini dihuni oleh Kim Eun-joo (diperankan oleh Jun Ji-hyun) pada awalnya, namun karena suatu hal, Eun-joo akhirnya pindah dari Il Mare. Sebelum meninggalkan rumah indah itu, Eun-joo menulis sebuah pesan untuk pemilik baru yang nantinya akan menghuni Il Mare, dalam pesan itu Eun-joo meminta tolong, apabila nantinya ada surat yang datang ke Il Mare dan ditujukan untuk dirinya, mohon untuk segera dikirimkan ke alamat Eun-joo yang baru. Dan kartu natal berisi pesan itu Eun-joo tinggalkan di kotak surat Il Mare.


sumber

Han Sung-hyun (diperankan oleh Lee Jung-jae) seorang mahasiswa arsitektur, menemukan kartu natal milik Eun-joo di kotak surat Il Mare. Awalnya Sung-hyun hanya menganggap surat Eun-joo sebagai guyonan, karena bagi Sung-hyun ialah penghuni pertama di Il Mare, karena Il Mare baru saja dibangun oleh bibinya. Lalu siapa Eun-joo? Hal itu membuatnya bertanya. Hubungan mereka berlanjut lewat surat menyurat dan dari sanalah Sung-hyun dan Eun-joo sadar bahwa mereka hidup di dua waktu yang berbeda, Sung-hyun hidup ditahun 1998 dan Eun-joo hidup di tahun 2000. Berarti selama ini mereka terhubung oleh sesuatu yang membuat suratnya melintasi waktu. Lalu bagaimana kelanjutan hubungan Sung-hyun dan Eun-joo? Yuk cari link download-annya terus disedot yah..

Selama menonton Il Mare yang berdurasi 96 menit, kalian akan disuguhkan kisah sederhana sepasang manusia yang merajut hubungan lewat sebuah surat, namun kisah yang sederhana ini menjadi indah karena keajaiban waktu yang terjadi pada Sung-hyun dan Eun-joo. Sepanjang film ini kalian nggak akan disuguhkan adegan memadu kasih sejenis pelukan, cipokan, dan nganuan. Il Mare seperti menyampaikan pesan, bahwa cinta bukan sekedar kontak fisik, tapi bagaimana hati yang saling terpaut dan saling mendoakan diam-diam, indah kan? Ditambah lagi ending yang nggak terbayangkan di akhir film Il Mare, sampe sedih.. hiks hiks.

Diadaptasi Hollywood  Lewat The Lake House


Versi Hollywood (sumber)

Kesuksesannya di Korea membuat Hollywood  tertarik untuk me-remake Il Mare. The Lake Hause diproduksi pada tahun 2006, dibintangi oleh Keanu Reeves dan Sandra Bullock. Saya sendiri sudah menonton versi Hollywoodnya, tapi bila dibandingkan dengan yang asli, saya rasa remake-annya nggak se-ngena Il Mare, bahkan The Lake House pake ending jalur aman ketimbang Il Mare yang bikin orang-orang sedih atas akhir kisah cinta Eun-joo dan Sung-hyun.


rumah Il Mare yang unik (sumber)


Overall, Il Mare cocok buat kalian yang pingin menikmati kisah cinta sederhana bagaikan doa-doa ditiap malam *halah*. Film ini cocok juga buat kalian yang suka dengan sesuatu yang sendiri *lah saya banget*, nggak ding.. maksud saya keindahan rumah Il Mare yang dibangun dengan desain apik dan unik di laut. Selamat menonton yah J

Baca Artikel Populer Lainnya

14 komentar

  1. Korea top abis. Mulai dari musik sampe filmnya keren semua nih. Sampe di remake segala.

    Kisah cinta tanpa ada kontak fisik?? Penasaran. Jaman sekarang kayaknya jarang ada film ginian.

    Mereka hidup di dua waktu yang berbeda? Hmm.. ini tukang posnya mie traveler. Sukses buat gue jadi penasaran.

    ReplyDelete
    Replies
    1. G semuanya keren sih menurutku, tapi kalau dari segi film, korea g kalah ama holiwud

      Delete
  2. Maksudnya apaan nih kisah cinta tanpa kontak fisik? Hmm mungkin LDRan, tapi LDR an kan ada kontak teleponnya, duh jadi bingung nih, jelasin dong

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah yon, ngomong ama ente isinya salah paham mulu :p

      Delete
  3. Menariiiikkk..
    Saya suka film romans yang ga terlalu mengutamakan kontak fisik..
    Udah jarang soalnya.. (Jaman sekarang, animasi macam frozen aja pake ciuman)

    Agak spoiler endingnya sih, tapi untungnya saya masih tetap tertarik..
    (Biasanya kalau udah tahu akhirnya happy atau bad jadi males nonton)

    Okay, thanks for review!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe.. Sorry kalau agak spoiler. Tapi ceritanya g ngarjs banyak kok kan cuman tau sad ending doang :D

      Delete
  4. Ooh, jadi cowo sama cewe nya ini nggak pernah ketemuan yah? eh, Nggak tau juga sih, endingnya nggak diceritain :D

    Tapi gimana mereka bisa jatuh cinta kalau nggak tahu satu sama lain, apa mereka punya Facebook atau Instagram kali ya? Menarik banget sih trailernya, kayaknya wajib ditonton nih!

    ReplyDelete
    Replies
    1. nonton aja mas, hehehe.. kalau aku ceritain jadi spoiler dong, aku aja udah keceplosan soal endingnya :p
      kalau cinta jaman dulu, hanya butuh sepucuk surat dan rangkaian kata indah, pasti udah bikin jatuh cinta

      Delete
  5. Wah wah wah, jadi penasaran ini. Kayaknya pak posnya yang time traveler deh. Rumahnya juga unik gitu, kirain pesawat kamping UFO. Untung ini film, bukan tv series. Untuk cerita menyayat hati kayak gitu, lebih cocok jadi film. Soalnya pengen cepet-cepet tau endingnya. Cuman, suka ribet aja sama nama Korea. Bingung yang mana cewek mana cowok. Mending nonton biar lebih paham kayaknya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyo, menyayat hati, soale.. Ah mau cerita jadi spoiler. Pokoknya nonton aja sendiri.

      Iyo luh, aku sampe sekarang g bisa membandingkan mana nama cowok sama cewek di korea

      Delete
  6. Ini keknya pernah liat sekilas gitu judulnya, atau pernah denger ya. Ah lupaa, pokoknya pas baca judulnya kayak gak asing deh
    keren ya mbak filmnya? Kayaknya sih keren, iya si jarang banget ya film cinta2an yg ga ada nganu2nya.
    Eh korea mah emang paling bisa sih bikin yg romantis2an gitu.
    Mau nonton tapi nanti takut baper :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. walaupun film jadul tapi bagus kok, romansanya itu dapet justru bukan karena kontak fisiknya tapi karena saling mengabari hanya lewat sebuah surat. coba deh nonton.. emang sih efeknya baper juga pas udah selesai

      Delete
  7. meskipun sebentar tapi filmnya terlihat seru ya, sbenarnya film durasi pendek juga banyak yang seru..

    ReplyDelete

If you have no critics you'll likely have no succes ~Malcolm X

Parf Of


Blogger Perempuan Blogger Kekinian Warung Blogger Photobucket

Daftar Bacaan