Komunitas Blogger, Sarana Jitu Buat Kita Para Blogger

10:01:00 AM



Happy Monday kawan-kawan blog semuanya! Hayo, jangan sok males dan ngersulo sama hari Senin, baca doa dan mulai usahanya, karena nikah butuh modal *baper*. Oke, di hari Senin ini saya mau berbagi soal komunitas, bukan komunitas MLM *oops*, tapi komunitas yang menunjang kegiatan ngeblog kita, apalagi kalau bukan Komunitas Blogger.

Sejak ngeblog menjadi salah satu gaya hidup masyarakat kekinian, ngeblog menjadi sarana untuk mengapresiasikan diri lewat tulisan-tulisan yang lebih banyak daripada hanya sekedar status di medsos. Adapun yang mendedikasikan sebagai blogger personal, beauty blogger, dan masih banyak lagi. Bahkan lewat ngeblog seseorag bisa sampai terkenal dan meraup keuntungan, misalnya Raditya Dika yang mengawali ketenarannya lewat ngeblog, sekarang dia udah terkenal sebagai penulis dan pemain film. Yah kalau ngebayangin sama si Radit sih kejauhan juga buat saya pribadi. Tapi nggak ada salahnya kita terpacu menulis karena Radit memberikan inspirasi buat semua blogger di Indonesia. Cuman bakal percuma kalau kita nggak punya usaha biar orang-orang pada tahu kita ini blogger.



Beberapa minggu lalu, saya sempat menulis tips biar blog kalian lebih dikenal. Salah satunya yaitu gabung komunitas blogger. Apa itu komunitas blogger? Kenapa kita harus gabung? Apa manfaatnya?

Komunitas blogger adalah komunitas yang diciptakan sebagai wadah berkumpulnya blogger-blogger di Indonesia (yaiyalah, kita kan blogger Indonesia). Tentu saja banyak faedah buat blogger yang ikutan gabung komunitas. Biar lebih afdol, saya sebutin deh faedahnya kita gabung komunitas blogger.


Blog kita tentu saja akan dikenal oleh blogger-blogger lainnya, soalnya ketika kita gabung, pasti tempat komunitas bakal jadi ajang promosi blog untuk semua blogger. 
 Saling berbagi ilmu. Lewat komunitas blog kita akan saling berinteraksi dan tentu saja ada tanya jawab yang mampu dilakukan lewat diskusi. Apalagi kalau kita belum paham betul soal blog, dengan ikutan komunitas kita bisa mengajukan pertanyaan lewat diskusi, dan pastinya suhu-suhu di komunitas bakal ngebantu kita.  
Silaturahmi dan menambah tali persaudaraan. Yang paling asoy dari ikutan komunitas itu kalian bisa mengenal orang-orang baru dari seluruh Indonesia. Biasanya, sebuah komunitas bakal ngadain kopdar (kopi darat) supaya antar anggota saling mengenal secara real, secara komunitas blogger mengandalkan dunia maya sebagai sarana berinteraksi.
 
 
Mendapatkan info blog bermanfaat lebih cepat. Yup, komunitas selalu mendahulukan anggota-anggotanya untuk mengetahui info-info terbaru mulai dari lomba blog sampai ngejob yang ngasilin duit jajan.  
Dapat gebeten? Kenapa nggak.. Salah 1 keunikan ikutan komunitas, ajang cari jodoh ~heu. Siapa tahu lewat komunitas, kalian bisa dapet pasangan idaman, apalagi sesama blogger pula. NTAAAP!



Lalu bagaimana cara gabung komunitas blogger? Nggak usah pusing-pusing. Daftar komunitas blog nggak perlu pake dokumen-dokumen kayak KK, akte, dsb, kita nggak lagi bikin KTP soalnya, apalagi surat nikah. Gampang banget kalau kalian mau gabung, tinggal cari aja via mbah google, lalu ikuti persyaratannya. Temukan komunitas-komunitas blogger yang sesuai sama visi dan misi kalian dalam ngeblog. Ada banyak bertebaran di Indonesia ini. Kayak saya nih, ikutan 5 komunitas blogger *sombong*. Ada Blogger Energy, komunitas blogger personal yang selalu menciduk anggota baru tiap tanggal 9, ada Kancut Keblenger, komunitas blogger yang diprakarsai oleh Mpok Pina Panduwinata, eh Irvina Lioni maksud saya. Pokoknya banyak lagi deh. Kalau kurang tanya aja sama mbah google, dalam 0.03 detik pertanyaan kalian udah dijawab. Ntu orang emang sakti dah. Jadi kapan kalian bakal ikutan komunitas blogger? Jangan tunggu lama yah, biar faedahnya cepetan meresep.  

Baca Artikel Populer Lainnya

57 komentar

  1. Aku juga dong, udah ikutan di Blogger Perempuan dan Blogger Muslimah. Yihhhaaa :)

    ReplyDelete
  2. Wuihi iyaa penting nih ikutan komunitas blog. Dulu juga gue jajdi banyak kenal lewat komunitas-komunitas ini. Karena udah waktunya kolaborasi antar sesama temen blogger. \:D/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah wah.. Tau aja aku bikin GA kolaborasi

      Delete
  3. Ikutan komunitas blogger emang wadahnya deh, bisa buat share tips dan mengenal dunia per-bloggingan lebih jauh lagi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ratri aja tau, siapa hayoo yg belom ikut komunitas blogger?

      Delete
  4. Apah? Bisa cari jodoh juga di komunitas, Mbak?
    #GakSantai
    Hahahahhaa
    Tapi emang bener ya kenalan sama banyak blogger bikin nambah ilmu dan temen baru :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buat yg nyari pendamping hidup ada saya dan melisa *eh *jadipromosi

      Delete
  5. beneran tuh, saya ikut juga komunitas tapi yang nuansa lokal aja. Dan alhamduillah dari situ malah punya teman baru dan sering ikut kuis-kuis atau lombanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pokoknya disesuaikan ama visi dan misi kita ajah. Lanjutkan!

      Delete
  6. Emang harus banget deh gabung ke komunitas. Jadi ngga kudet masalah lomba blog

    ReplyDelete
  7. Wah artikel nenarik.. Saya udah bnyk gbung di komunitas bloger tp yg mau buka blog ku he he sepiiiii kalau ada yg berminat buka duniaartikel16 dan ninggalin coment makash banget deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah mungkin mbaknya cuma gabung doang. Interaksi juga mbak seperti blogwalking dan ninggalin jejak, penting loh

      Delete
  8. Lewat komunitas kita bisa jadi ketemu, terus saling kenal dan berbagi informasi. Nggak menutup kemungkinan ketemu jodoh lewat komunitas blog, hehe..

    Dari komunitas juga bikin blog terkenal, dulu sebelum BE blogku bukan apa-apa, nggak ada yang komen, nggak ada yang baca. Miris ye.. semenjak masuk BE jadi banyak yang berkunjung. Terima kasih BE :D

    Jadi kek iklan obat cina gitu ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berasa kayak berobat di klinik tong pang

      Delete
  9. Ikuta komunitas blogger emang bermanfaat banget... Bisa sharing ilmu & menjalin jejaring pertemanan dengan yang sama2 punya passion ngeblog :).

    ReplyDelete
  10. Gabung sama komunitas blogger emang salah satu hal wajib yang haru dilakukan blogger sih menurutku. Soalnya dengan mereka gabung dengan komunitas, jangkauan mereka juga akan semakin luas. istilahnya itu komunitas blogger itu kayak rumah maya buat para-para blogger gitu.

    Kalo komunitas blogger paling nyaman sih menurutku Blogger Energy yaa, karena yaa, kamu tau sendiri lahh. Tapi masih banyak yang lain juga kok komunitas yang menjadi wadah buat kita para blogger. Tinggal googling aja deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buat kita2 emang wajib maz, tapi banyak lho yg belom tau strategi 1 ini. Kan kasihan mereka yah, punya blog tapi g ada gaungnya.

      Aku pun tau kamu kok *eeeeaaaaaa

      Delete
  11. Alhamdulillah sejak gabung di komunitas blogger keliatan sih bedanya, jadi lebih kece aja gitu blognya. Karena selain dikunjungi, juga ada feedbacknya melalui komentar.
    Yuk yuk yg belum gabung, buruan gabung juga. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Testimoni salah satu pelanggan aku nih, eh salah.. Member komunitas blogger *berasa iklan MLM*

      Delete
  12. Bener banget tuh.. yuk gabung di komunitas. Gue beberapa bulan gabung, kerasa banget lho.. nambah semangat ngeblog.

    Eh iya.. kita satu komunitas lho mbak.. hihi
    Semoga kau tidak pernah melupakanku. *apaain si... malah baper

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lho, apa iya? Aku kenalnya banyolnesia, kamu siapah?

      Delete
  13. Dapet gebetan, duh mau dong *radar jomblo nergejolak*
    Tapi karena ini komunitasn nasional, laju gebetan di papua guenya di aceh. Jauh bingittt, kopdar serasa mustahil. Baper lagi. Duhh

    Mungkin karena sifat dasar manusia yg makhluk sosial kali ya, demen kumpul kumpul. Entah kumpul kebo. Tah kumpul blogger. Pokoknya kumpul aja. Jadi berasa seru kalo punya teman sesama. Maksudnya sesama blogger gitu. Duhh jadi ambigu.

    Ya gitulah yang jelas kalo ada komunitas minimal bisa saling berbagi semangat ngeblog. Seru

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tuh.. Udah dikodein latifah. Mana nih yg lagi pdkt sama latifah asal papua :p asal jangan kumpul kebo ama latifah yah kaka, harom..

      Delete
  14. yoiii, setuju banget kalau komunitas blogger itu berguna banget. sebagai kendaraan untuk blogwalking dan silaturahmi ke sesama temnan blogger tentnunya. dan selain buat blogwalking, ada juga kelebihan2 lainnya. seperti... bikin buku atau nyari jodoh contohnya :)

    ReplyDelete
  15. Ikutan komunitas emang membantu banget kok. ^^

    ReplyDelete
  16. WOW ikut komunitas bisa dapet jodoh? tips keren buat para jomblo nih.. hmm...
    semngat ngeblog adalah karena dukungan dari orang orang yang senasib.. sama seperti aku, semangat ngeblog karena dapet dukungan oleh kamu, iya kamu :)

    ReplyDelete
  17. iya seru gabung di komunitas blogger, apalagi ikut kopdar nambah temen, nambah gebetan juga, hahaha..
    Baru pertama nih nongkrong di blog ini, salam kenal, kak ^^

    ReplyDelete
  18. Yeay setuju! Aku ngerasain banget manfaat dari gabung komunitas blogger. Selain nambah temen, nambah pengetahuan dan motivasi ngeblog juga hihi jd tambah semangat :D

    ReplyDelete
  19. emang gabung komunita blog itu banyak manfaatnya.
    aku kemarin diajakin nulis sama temen blog, sama bikin web gitu deh.
    yah, siapa tau nanti ketemu jodoh juga disitu, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiiin.. Semoga dapet jodohnya yah *aku juga pingin dapet jodoh*

      Delete
  20. wah setuju banget.
    dengan masuk ke komunitas blogger, kita bakal nambah temen. dengan banyak temen kita bakal panjang umur atau panjang rezeki hehehe.
    gue udah ngerasain manfaat selama gue gabung di komunitas blogger di daerah gue (banjarmasin)
    gue jadi dapat pengalaman yang belum pernah gue rasakan sebelumnya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. pengalaman apaan tuh? mencurigakan.. :p

      Delete
  21. Udah gabung kok. Heu. Ada beberapa komunitas yang menurut gue aturannya ketat banget seketat jeans mantan. Eh. Gara-gara aturan yang terlalu ketat itu, gue jadi males gabung. Hue. Tapi gue udah join kok di dua komunitas blog seperti KK dan WB, hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya aku tau deh, apaan tuh yg dimaksud. Yah setiap komunitas pasti punya plus minus, makanya kita harus nyari juga yg sesuai visi misi

      Delete
  22. Komunitas itu bisa nambah motivasi mbak Pipit kalau emang lagi down saat nulis. Sekaligus mendorong kita untuk terus memperbaiki konten tulisan yang kita punya. Intinha sih, selama komunitas itu isinya orang2 yang aktif dan sering berbalas masukan, ya pasti bagus LH buat anggota. Termasuk kita.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maka dari itu, kitapun sebagai blogger memilih komunitas sesuai dengan visi dan misi kita dalam ngeblog

      Delete
  23. Pipit... aku baru bisa bW nih ke blog mu.. minggu ini ya ampyuun itu kerjaan udah kayak gunung sangking numpuknya.. hahaha.
    Topikmu menarik nih. bikin ingin bertanya...
    Menurutmu blog apa lagi yang cocok untuk kuikuti? Saran dong pit... makasih ditunggu sarannya... transferannya juga sekalian gpp kok.. hahahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Woles dip, woles.. Kayaknya dipi butuh piknik biar g panik
      Banyak dip, kalau menurutku kamu cocok deh ikut blogger perempuan, soalnya kamu aktif banget dan banyak lifestylemu yg patut buat dibagi ke perempuan2nya lainnya

      Delete
    2. oh blogger perempuan ya pit. site nya yang www.bloggerperempuan.com bukan? Pipit jadi member disana ga selain jadi member jekate pat lapan..?

      Oh aku aktif ya... oh ya pit? serius aku ga nyadar... hahaha
      makasih sarannya yak

      Delete
    3. Hahaha.. Emang kadang diri sendiri g nyadar sih

      Delete
  24. Komunitas itu ibarat rumahnya para blogger.
    jadi wadah untuk kumpul dan sharing memang pas nya di komunitas.
    Jadi setuju sama postingannya ini. :-)

    ReplyDelete
  25. bikinnya cuma butuh jaringan internet..klik-klik gabung deh... banyak manfaatnya gabung dengan komunitas...

    ReplyDelete
  26. Eh. Tenyata ada link in ke sini...

    Alhamdulillah sudah ikutan komunitas juga. Beberapa kasus jadi lebih asik dibandingkan jadi pemain oneman show

    ReplyDelete
  27. Betul banget, gabung komunitas berasa banget dampaknya. Dapat teman/kenalan yg sama minatnya sudah pasti, untuk pengunjung blog yg masih sepi kayak aku jadi ada yg komentar, setidaknya ini bisa bikin nambah motivasi untuk tetap nulis :D

    ReplyDelete
  28. iyap komunitas emang salah satu cara jitu supaya blog kita pengen diketahui banyak orang. aku ikut bebrapa komunitas blog, tapi sayang baru bisa aktif lagi setelah hampir setahun hiatus T^T

    semoga bisa terus ngeblog :)
    salam kenal

    ReplyDelete
  29. Sudah bergabung dengan beberapa komunitas blogger. Karena blog baru dibuat, ya baru sedikit pengunjungnya. hahaha

    Terima kasih tipsnya.

    ReplyDelete

If you have no critics you'll likely have no succes ~Malcolm X

Parf Of


Blogger Perempuan Blogger Kekinian Warung Blogger Photobucket

Daftar Bacaan