Tutorial Mengurus E-FIN

2:50:00 PM



Pas dengar adek-adek sekolahan dan kuliah pingin cepet dewasa dan merasakan dunia orang dewasa, saya cuman nyinyir dan ketawa sekeras-kerasanya, ‘Dek, nikmatin aja enaknya dan gampangnya minta duit ama orang tua.’  Karena kenyataannya ketika saya memasuki dunia orang dewasa, ini nggak enak sama sekali, hahahaha… Pas jaman sekolah atau kuliah, itu saat semangat tinggi buat main dan mengeksplor segala hal, eh pas kerja, niatan main udah surut, bawaannya tiap weekend pingin guling-guling dikasur nggak ngapa-ngapain.


Oke, diawal tadi cuman curhatan aja, tapi inti postingan saya kali ini bukan itu cuman masih berhubungan dengan dunia dewasa (bukan bokep). Berawal ketika kuliah semester akhir, temen-temen satu angkatan diberi perintah untuk segera mengurus NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak) untuk kepentingan pemberkasan kepegawaian. Singkat cerita saya mengurus di KPP Pratama Pare di Kabupaten Kediri. Jujur saja saya ngerasa sok banget, gaji aja belom punya eh disuruh bikin NPWP. Dan seiring waktu ketika saya lulus kuliah dan mulai bekerja sekaligus mendapatkan gaji, di tahun 2016 tepatnya bulan Maret ini, teman-teman seangkatan saya pada heboh sama kode efin dan masalah e-filling.



Apaan tuh Pit? Kagak ngarti dah!

Electronic Filing Identification Number (e-FIN) adalah nomor identitas yang diterbitkan oleh Kantor Pelayanan Pajak kepada Wajib Pajak yang mengajukan permohonan untuk menyampaikan SPT Tahunan PPh secara e-Filing.  
e-Filing adalah suatu cara penyampaian SPT Tahunan PPh secara elektronik yang dilakukan secara online dan real time melalui internet pada website Direktorat Jenderal Pajak (http://efiling.pajak.go.id) atau Penyedia Jasa Aplikasi atau Application Service Provider (ASP).
 -pajak.go.id

Sudah paham? Nggak? Yaudah wasalam.. hahahaha. Jadi karena si epin sama ipiling ini, satu angkatan saya pada ribut. Saya sendiri masih woles, sampai ada pemberitahuan kalau angkatan saya nggak perlu ngisi ipiling. Ah.. senangnya, bahagianya, karena saya paling males sama yang rempong-rempong. Sayangnya ketenangan ini sirna ketika salah satu teman nge-share screenshoot-an dia habis ngisi e-Filling, ditambah berita buruk, bahwasanya senior saya pada kena denda 100rb karena nggak ngisi e-Filling. Amsyooong!! 100rb? Tidaaaak!! Sebagaimanapun saya nggak bakal rela buat kehilangan 100rb karena nggak ngisi e-Filling.



Dilihat dari waktu (sekarang tanggal 29 Maret), ini sudah waktu paling mefet, soalnya tenggat waktu cuman sampe 31 Maret aja buat ngurus e-Filling ini. Alamak, saya udah kalang kabut, aduh gimana nih? Pikiran saya cuman gini, NPWP saya ikut KTP di Kabupaten Kediri, sedangkan untuk saat ini saya bekerja di Kota Mojokerto. Duh gimana? Bisa nggak yah ngurus kode epin?

Modal mbah google saya nyari ulasan apa bisa ngurus epin lewat kantor pajak kota atau kabupaten lain diluar pendaftaran NPWP kita. Alhamdulillah yah *ala syahroni*, bisa rupanya. Pagi tadi saya langsung gas ke KPP Pratama Mojokerto. Buat kawan-kawan blog yang mau ngurus kode e-FIN gampang kok, caranya:



  • Datang ke kantor pajak terdekat.
  • Isi formulir pengajuan kode e-fin yang disediakan kantor pajak, isi selengkapnya dan sesuai dengan identitas serta NPWP kawan-kawan. Jangan lupa sertakan no.hp dan alamat e-mail kalian, penting!
  • Serahkan formulir yang telah diisi pada petugas.
  • Petugas pajak akan memanggil kawan-kawan dan memberikan secarik kertas yang berisi kode e-fin. Selain kertas tadi, cek e-mail kawan-kawan, karena e-mail pemberitahuan dari website pajak soal e-fin kalian. Segera lakukan registrasi untuk mengisi e-filling kalian.

Oke deh, gampang kan? Yuk yang belum nge- e-filling. Bantu negara dan jadi warga negara yang baik. Biar di akhirat kita nggak punya utang sama negara, hehehe..



Baca Artikel Populer Lainnya

28 komentar

  1. Belum maksud banget mbak.. hehe
    Intinya kita ngelaporin spt kit gitu iya?
    Iya gak sih...?

    Wah udah mepet banget,tapi untungnya selesai.

    Aduh.. kata2 yg terakhir itu lho, bantu negara jadi warga negara yg baik. Biar kit gak punya utang sama negara. Ngeri ah.. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya lupa nyantumin kata2 SPTnya nyol, makasih ya udah diingetin :)

      Delete
  2. Saya juga agak pusing nih sama epin dan efiling ini, apalagi kabarnya lapor pajak udah harus online semua. Untungnya kemaren masih bisa lapor secara manual di KPP.
    Dan sekalian udah daftar epin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya emang. akupun baru punya NPWP tahun lalu, dan agak syok dapat kabar soal ginian, secara masih awam Y__Y

      Delete
  3. Sebenarnya paling enak ya online karena nggak perlu repot-repot ke kantornya langsung. Tinggal duduk di depan komputer yang terkoneksi sama jaringan internet, buka situs yang ingin dituju, isi data, TARAA! Selesai deh. Oya, btw makasih buat tutorialnnya, mbak. *padahal belum waktunya buat ngurusin pajak*

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau untuk ngurus kode efin g bisa online za (buat sekarang), kita kudu dateng ke kantor pajak buat dapet kodenya. kalau kasusku, aku g dapat efin otomatis kayak temen2ku, jadinya harus ngurus deh

      Delete
  4. baru baca juga kalau setiap mahasiswa harus npwp. terus mampir disini dijelasin lagi epin sama ipiling. amsyongg!! jadi bingung gue pit. hehe

    gitu dung pit. gpp kan rempong dikit biar jadi warga negara yg baik. hidup pipit! eh

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang mahasiswa sekarang harus bikin npwp juga? woow.. gampang di bikin npwp, katanya sekarang bisa onlen juga.

      Delete
  5. NPWP? Dari mulai kerja sampai sekarang belum pernah punya. Hehehe... Oiya, mbak manfaat buat NPWP itu apa sih? Khususnya buat kita secara langsung. Ini bisa bahan postingan di artikel selanjutnya juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. masuk list dulu lah ya, akupun baru 1 tahun ini punya NPWP :)

      Delete
    2. kabarnya npwp buat syarat nikah, hahaha.. bener gak, ya?
      yang saya tau npwp itu mempermudah proses administrasi pembelian properti atau barang-barang mewah dan untuk kredit di bank juga.

      Delete
    3. Huuuiiii.. Hahahaha kalau udah dipake syarat nikah banyak yg pada ngantri pastinya di KPP

      Delete
  6. saya juga udah kelar pit.. :D
    belajar buat jadi warga negara yg baik.. hehehe :)
    tinggal hari ini sama besok kan ya? lewat dari itu kena denda ya kalo ngak salah? hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. tos dulu gin! XD
      iya, biar kita g punya utang sama negara.
      yup, batasnya tinggal besok aja

      Delete
  7. Tau bangettttttt... heraannn deeehhh.. saya memang lagi dikejar2 bagian HRD untuk bikin NPWP.. yang belum keurus2 juga sama saya sampe sekarang. Postinganmu ini mencerahkan. Ngurus NPWP online aja aaaahhhh.. hahaha

    Pit kerja di perusahaan apa sekarang? di divisi apa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ngurus online aja gih, yang penting pas menghadap buat nyetak kartu KPPnya udah sesuai KTP ya dip.
      aku g kerja di perusahaan dip. pegawai pemerintahan :D

      Delete
  8. gue nggak begitu ngerti sih tentang ini padahal gue juga kerja...apa mungkin yang diurusin sama bos gue tempo hari itu ya seoal ini ya...gue harusnya lebih melek ya sebagai warga negara yang lebih baik..hmmm

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah punya npwp blm? Kalau mau dapet kode efin terus ngisi efilling buat spt online harus punya npwp dulu. Oh ya setau aku npwp untuk pribadi ngurus sendiri di KPP daerah sesuai KTP

      Delete
  9. Ternyata hidup dewasa tidak semenyenangkan yang kupikirkan ya.. >.<
    Harus lebih banyak bersyukur dengan keadaan saat ini.. :)
    Oya, salam kenal kak Pipit..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal aisyah. :)
      Nikmatin dulu masa sekolah dan kuliah, dunia orang dewasa ribet

      Delete
  10. Belum ngerti banget tentang perpajakan, karna ada postingan ini, gue jadi lebih tau apa itu upin ipin eh E-FIN da E-FILLING.

    Sekarang apa-apa serba online yaa, sangat memudahkan kita. Bukankah begitu mba pit? Kenapa malas ngurusnya? HAHAHA mangat mangaat :p. Tuh kan kalo gak ngurus 100rb pun melayang, 100rb? Bisa makan kenyang tuh :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang udah serba online sih, cuman tau sendiri lah fif gimana online ala endonesah? Masih terbatas. Kalau ngurus NPWP emang bisa via online, tapi buat dapetin kode efin harus dateng langsung ke KPP terdekat

      Delete
  11. Apalah gue kagak ngerti efilling atau apaan yang serba online itu.. Gila zaman semakin maju, jangan jangan besok bikin anak juga online, jadi bisa lewat komen blogger. Eksperimennya aku sama mbak pipit, gimana.?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu ngomen pake sperma data ya? Kali aja bisa yon.

      Delete
  12. Infonya bermanfaat banget nih. Moga-moga ke depannya online semua deh,jadi nggak ribet harus ke KPP dulu. Salam kenal Pipit :)

    ReplyDelete

If you have no critics you'll likely have no succes ~Malcolm X

Parf Of


Blogger Perempuan Blogger Kekinian Warung Blogger Photobucket

Daftar Bacaan