Tahu Tahwa, Hangatnya Kembang Tahu dalam Kuah Jahe

7:00:00 AM



Piknik virtual kali ini saya nggak ngajak kawan-kawan blog ke tempat wisata, soalnya saya emang lagi nggak kemana-mana di musim hujan ini. Jadilah wisata kuliner bakal saya sodorin buat piknik virtual kali ini. Ada kuliner murah meriah, bisa juga kita sebut dengan jajanan tradisional. Ada yang pernah nyobain tahu tahwa? Kalau belum yuk piknik virtualnya disimak.




Keanekaragaman Indonesia nggak cuman dari berbagai suku yang yang di Indonesia, adapun pengaruh budaya luar yang akhirnya disadur oleh masyarakat Indonesia, salah satunya tahu tahwa. Tahu tahwa sendiri berasal dari Tionghoa, masyarakatnya sendiri menyebutnya dengan tauhue, namun di Indonesia kita mengenalnya dengan kembang tahu atau tahu tahwa. Mumpung kemarin lagi ke Pare, saya mampir sejenak ke satu-satunya penjual tahu tahwa di sini.



Tahu tahwa merupakan panganan yang memadukan kembang tahu dan kuah jahe hangat, biasanya ada kacang hijau dan kacang tanah sebagai pendamping tahu tahwa ini. Rasanya? Jangan ditanya deh, enak banget. Lembutnya kembang tahu melebur di lidah, ditambah dengan kuah jahe hangatnya yang sedap dan mampu menghangatkan tubuh. Kacang hijau yang gurih mendampingi manis hangatnya kuah jahe, klop deh pokoknya. Tahu tahwa cocok banget buat musim hujan kayakgini, kan dingin-dingin enaknya ama yang anget ya? Biar meresep.



Harganya? Nggak mahal kok, cuman Rp. 4.500,- aja kalian bisa menikmati semangkuk tahu tahwa. Oh ya tahu tahwa ini banyak banget lho manfaatnya seperti mencegah osteoporosis, mencegah penyakit jantung, masalah ginjal, dan buat yang diet makanan ini cocok buat kita-kita, soalnya kandungan proteinnya yang tinggi. Ok deh segitu aja piknik virtualnya, jangan lupa bersantai ya hari ini, selamat hari Minggu.

Baca Artikel Populer Lainnya

39 komentar

  1. Eh, tahu dipadu sama kuah jahe anget sama kacang ijo? seger buat musim hujan gini nih :3 bikiiin angeeet :3 tapi aku belum pernah ._.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya tahu tahwa ini dijual di jawa. Kayak surabaya sama malang. Cuman di daerahku juga ada, sayangnya tinggal bapak itu doang yg jual

      Delete
  2. Aku kira itu bubur sumsum, tau-taunya bukan -_- Baru tau ada yang namanya Tahu Tahwa, didaerah ku mah ga ada. Kayanya enak, seger-seger, anget gimana gitu, ntar kalau ada mau nyicip-nyiciplahh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya emang cuman daerah jawa deh tahu tahwa ini. Coba kalau kamu mampir ke surabaya atau malang jangan lupa beli tahu tahwa biar tau rasanya

      Delete
  3. wuaaaaaaaa enaaaaaaaaaaak ini mah anget anget pas hujan hujan. Tp masih enakan bakso sih haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha.. Kalau ini kan lebih ke unsur minuman g sih? Kalau bakso mah aku juga suka :3

      Delete
  4. Sumpah ga kebayang rasanya gimana ini x))

    ReplyDelete
  5. Serius harganya 4.500 ? Kalo udh masuk dki pasti bisa jadi 8 ribu atau kalo di tempat wisata bisa sampe 10 ribu. Duh udh lama ga makan kembang tahu, jadi pengen lagi deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Duarius deh vin.
      Yah namanye juga jekardah, ape2 mahal. Beda ama di jawa

      Delete
  6. Enak banget ini, tapi saya makannya di Hong Kong namanya taufu fa. Kalau disana makannya dikasih gula aren halus. Jadi rasanya manis :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wooow.. Makan versi aslinya ya? Gula aren? Aduh pasti sedep banget, kayaknya aku bisa ngebayangin deh gimana enaknya

      Delete
  7. wah, sinergi yang menyenangkan itu. hangat, dicampur tekstur yang lembut. dan.. ditambah dengan harga yang merakyat. jajanan yang asik banget tuh :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yok.. Kalau mampir ke sini dicobain

      Delete
  8. Ini cocok buat orang diet ini. Proteinnya asooy. Murah amat yah 4500. Di kalimantan mah gak dapat makanan semurah ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di jawa masih ada dan banyak yg murah2

      Delete
  9. Aku pernah makan ini pit, dan aku baru tahu ada jajanan ini baru-baru ini pas nggak sengaja ada paklik penjual Tauwa lewat depan rumah.

    Jajanan ini emang udah dari dulu banget, dari jaman penjajahan kayaknya, soalnya nenek aku pun juga tahu jajanan itu. Kalo makannya cocok banget pas sehabis hujan, soalnya ngangetin banget. Jahenya juga kerasa banget di tenggorokan, apalagi kalo ditambah kacang, hmm mantep!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya emang jajanan ini udah lama banget. Di pare, tahun 80-an yg jual jajan ini banyak kata bapaknya, tapi sekarang tinggal bapak itu satu2nya yg jualan tahu tahwa disini :(

      Delete
  10. Kalo dimakan pasti kenyal kenyal gitu ya kayak pipi kamu, iya kamuu :)
    Widih, harganya, itu bisa didiskon gak? Gimana kalo 3.200 aja? Dollar tapi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sini deh kasih aku aja 3.200 dollarnya *matre*

      Delete
  11. Baru kali ini Pit denger tentang tahu tahwa.. di Bandung belum ada pastinya. Kalo dari deskripsinya sih rasanya pasti enak.. aku suka yang manis2 jahe gitu soalnya. Udah pernah nyobain minuman mojito ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang g ada kayaknya dip, ini tahu cuman di jawa aja kayaknya. Sempet kemarin liat di tipi ngeliput bazar gitu dan ada yg jualan kayak tahu tahwa gini, semangkuk harganya 10rb, mahaaaaal cyiin

      Udin dip, tapi aku g suka. Mending mah combro ajah :D

      Delete
  12. Tauhue atau tahu tahwa, komposisi nya dari kembang tahu dan kuah jahe hangat. Njaaayy... percuma ngebayangin.
    Kapan-kapan gue harus coba nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha.. silakan silakan, kalau mampir ke sini silakan dicoba. di Malang sama surabaya juga ada :)

      Delete
  13. Namanya unik, ya pit. Tahu Tahwa Hampir gue kebaca Tahu Takwa Hahaha. Maafkeun. Ternyata, komposisinya gak terlalu banyak, ya. Ada 3 kombinasi antara Kembang Tahu, Kuah Jahe, dan Kacang Ijo. Keknya gue perlu nyoba, ni pit. Kira2 di Riau udah ada yg jual, belum ya? Penasaran sama makanan kek gini. Di sini seringnya nemu makanan berat semua. Daging + Lemak. Mungkin, kapan2 kalo gue ke tempat lo, bisalah anterin gue makan Tahu Tahwa ini, pit..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tahu Takwa ada juga loh her.. di Kediri banyak banget tahu takwa. Gampang, penting kasih tau aja kalau mau kesini :D

      Delete
  14. belum pernah nyoba jadi mupeng euy

    ReplyDelete
  15. Tahu Tahwa?

    Minuman hangat yang sepertinya pas diseruput saat musim hujan.

    Brrrrr.

    Mbak Pipit pernah nyobain angsle?

    Ting ting ting ting.

    Hmmmmmm.

    Lezaaat :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah pernah, angsle dan ronde di tempatku juga ada. tapi lebih mantep tahu tahwa :D

      Delete
  16. ini favoritku. paling enak kembang tahu di dekat rumah.
    udah murah, enak lagi. Pagi pagi ke pasar, buat beli kembang tahu. Nyam nyam... akunya jadi ngiler kalau ngebayanginya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang sip deh si manis anget 1 ini :)

      Delete
  17. Kembang tahu tu yang kaya gimana ya? Masih sodaraan sama tahu nggak sih?
    Tahu Tahwa ini cuma ada disitu kali ya, gue nyari di warung sebelah ko nggak ada sih... ahahahha... :D Peace ya.

    Tapi kayanya enak banget tuh, kayanya. Soalnya gue sendiri kan belom coba. Di makan sambil hujan anget-anget jahe pasti nikmat, tiada ampun tuh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi kembang tahu itu, tahu yg berbunga2 layaknya hatiku *eeaaaa

      So pasti enak beud!

      Delete
  18. Gue taunya kembang tahubya doang nggak pake tahwa. Dan nggak ada tambahan toping kayak yg km jelasin(kacang ijo dll)..
    .
    Enak yah kayaknya, kembang tahunya ajah lembut

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enak dong, selembut belaian kekasih *baper*

      Delete
  19. waahh.. murah meriah, bisa mencegaj osteoporosis pula.

    kalo aku liat bentuknya kok kaak bubr sum sum yaaa... putih lembut dan berkuah coklat.

    kebayang itu rasanya pake kuah jahe gimana. slurrrpppp

    ReplyDelete
    Replies
    1. sekilas emang kayak bubur sumsum, cuman beda banget. kalau bubur sumsum warnanya lebih putih lagi dan tekturnya lengket. kalau kembang tahu warnanya putih tulang gitu, dan tekturnya g lengket, kayak tahu gitu lah, cuman gampang hancur.

      Delete
  20. penasaran banget sama rasanya ihh, kelihatannya enak..

    ReplyDelete

If you have no critics you'll likely have no succes ~Malcolm X

Parf Of


Blogger Perempuan Blogger Kekinian Warung Blogger Photobucket

Daftar Bacaan