Uus "Melawak", Kpopers Bergejolak

1:44:00 PM



Uus, komika yang mulai terlihat gemilang karirnya di jagad dunia hiburan Indonesia, sempat menjadi tranding topic di twitter. Bukan karena prestasi gemilang yang Uus lakukan sehingga dirinya jadi bahan pembicaraan, tapi sebuah kicauan yang membuat kpopers (sebutan fans pecinta Korea) bergejolak. Uus menulis sebuah kicauan yang intinya Siwon Suju seorang gay dan G-Dragon Bigbang seorang pecandu. Selain itu Uus ngetwit soal kpopers berjilbab, Uus menyatakan yang intinya, lebih baik melihat cewek seksi mabok daripada lihat cewek berjilbab pada nonton konser kpop. Kpopers pun menjadi panas, Uus pun banyak menuai hujatan dari kpopers, sampai akhirnya menjadi trending topic #RIPuus


Indonesia Terbiasa Melawak Kejelekan Orang?

Kalau kawan-kawan blog melihat dunia hiburan kita saat ini, banyak sekali acara-acara tv yang memasukkan unsur komedi di dalamnya. Tapi pernah nggak sih kawan-kawan memperhatikan kalau kebanyakan komedi yang ditawarkan berupa lawakan menjelek-jelekkan orang lain. Uus yang awalnya komika dan mulai merambah dunia MC, mulai menyesuaikan diri dengan tren lawakan Indonesia yang lebih mengarah menjelekkan orang lain. Lalu apakah hal itu yang mendasari Uus untuk menulis status yang kontroversial?

Bisa jadi tidak, bisa jadi iya. Uus sudah menyatakan permintaan maafnya kepada para kpopers atas kicauannya di twitter, namun Uus tetap menyatakan bahwa dirinya masih merasa adanya batasan kepada fans kpop yang berhijab atas “perilaku” mereka yang membanjiri konser-konser boyband Korea.

Mengidolakan = Mentuhankan?



Saya sempat mendengar dan tahu dari beberapa situs tentang arti idola, ada yang menjabarkan sebagai pujaan, adapun yang mengatakan idola sebagai Tuhan palsu. Saya tidak menyunting langsung karena artikel dari internet belum tentu kejelasannya ditambah lagi sumbernya nggak jelas. Tapi kalau dilihat pada fenomena nyata, perkataan Uus ada benarnya.

Saya sempet baca di salah satu situs, seorang fans kpop berjilbab di Malaysia (kalau nggak salah), menangis kegirangan saat dipeluk salah satu personil boyband yang sedang mengadakan konser saat itu. Jujur saja saya kecewa, bukan atas sikapnya, tapi lebih ke “kasihan” jilbabnya. Untuk kawan-kawan blog yang muslim dan berjilbab tahu kan kalau jilbab ini kewajiban yang kita gunakan untuk melindungi diri kita. Saya sendiri bukanlah orang suci, namun dengan berjilbab saya sadar betul bahwa jilbab melindungi pemakaiannya dengan memberikan batasan-batasan tertentu, salah satu contoh yang paling kentara tidak melakukan banyak kontak fisik terhadap laki-laki.

Fans fanatik dikenal dengan omongannya yang pedas apabila idolanya disinggung. Mereka bakal balik menghujat pelaku penghina idola mereka. Sama seperti kasus Uus, kpopers mengerahkan seluruh jari-jari mereka untuk mengetik hujatan balasan terhadap aksi Uus, sampai akhirnya tercipta hastag #RIPuus.

Saya tidak memihak baik Uus ataupun kpopers. Yang saya sayangkan, sikap Uus yang asal koar aja, bener kata orang dulu “Mulutmu Harimaumu”, sebenernya niatan Uus hanya menyampaikan pendapat atas fenomena kpopers berhijab, namun cara yang Uus sampaikan salah, malah terkesan menyatakan perang, bukannya mengingatkan. Sedangkan dari sisi kpopers sendiri, saya menanggapinya seperti ini, jaman sekarang seseorang yang memuja sesuatu sampai kesannya fanatik langsung gampang panas, kayak senggol bacok. Boleh-boleh aja kita kagum sama artis, mau yang di dalam negeri ataupun luar negeri, tapi mbok yo jangan berlebihan. Kesannya idol bagaikan Tuhan yang kalian sembah, kalau ada yang mengoloknya seakan-akan kenyakinan mereka bagai dihina. Wajar sebagai manusia punya rasa kesal kalau yang dikagumi jadi bahan hinaan, tapi kalau ditanggapi berlebihan nggak baik juga kan. Bagaimana menurut kalian?


Baca Artikel Populer Lainnya

43 komentar

  1. Wah ini yang rame di twitter kemarin nih, aku pikir apaan sampai HT #RIPUus jadi TTI, ternyata tweetnya yang menyinggung.

    Menurut aku sih sudah bagus ngingetinnya, cuma perumpamaannya itu lho yang bikin gak sreg. Masa ngebandingin cewe berjilbab kpopers sama cewe dugem gitu. Cowok baik-baik juga jelas kali bakal pilih yang mana.

    Jadi intinya "sesuatu yang berlebihan itu gak baik"

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener, motif dibalik ngtwitnya uus, aku g tw pasti, apa emang ngingetin atau cuman cari sensasi. Cuman yah kalau salah ngomong gitu mending mah diem ajah yah.

      Delete
  2. Memang terkadang jujur itu menyakitkan, soalnya banyak juga orang yang bebel banget dikasih tau yang bener ehh malah nggak nanggep nanggep dan malah cendrung di acuhkan. Jadi kalo udah begitu sih ibaratkata musti di jedotin dulu biar langsung ngerti hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha.. Boleh boleh
      Cuman si uus nih ngomongnya termasuk keterlaluan.

      Delete
  3. Gue baru dengar ini beritanya. Gue jujur udah malas ngeliat komedian-komedian Indonesia zaman sekarang lebih mentingin uang dan menghina orang demi ketenarannya. Gue walaupun bukan lahir di tahun 80an-90an alias tahun 2000, masih demem nonton warkop daripada nonton acara alay-alay di tv sekarang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ciye anak milenium ya?
      Kalau warkop emang legenda humor di indonesia lah.. Aku juga masih suka sama mereka sampe sekarang.

      Delete
  4. wah jadi penisirin, twitnya uus kayak apa.. hihihi
    hm.. tapi ya gimana yah.. suka agak kasian juga sama kpopers.. kayaknya candu banget sama budaya asing.. ke budaya sendiri? yaa begitulah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Suka sama budaya luar boleh, tapi jangan lupakan budaya sendiri, kan kita yg harus jaga budaya kita, bukan negara lain, malu atuh. Padahal budaya kita lebih keren loh

      Delete
  5. uus padahal apik sih ngehostnya. tapi, ya... terkadang blunder itu nggak bisa ditebak. niatnya ngelawak, malah blunder. udah blunder, ketemu fans yang baper. abis dah tu. dulu kemal juga pernah ada kasus begini, blunder tentang JKT48

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah wah.. Wota mana wota garis keras!

      Delete
  6. ribet juga yaa kalo semisal ada topik yang dikit-dikit bikin sensi kayak gitu. saya sebenernya juga netral aja sih soalnya sama-sama bener dan salah. harusnya Uus juga nggak langsung to the point gitu ngritiknya, soalnya kan jelas-jelas udah sensi banget topik yang dibahas eh malah dibikin bahan lawakan di twitter.

    bener juga kata kamu, punya idola sih boleh-boleh aja, tapi jangan sampe tergila-gila gitu. nggak baik juga bisa merusak citra mereka sendiri nantinya.

    kalo bahas idola gini emang ribet dahh, bahkan suporter bola aja kalo idola tim mereka disinggung juga langsung tawuran. untung kalo kasus diatas tawurannya cuman di sosial media hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pokoknya semua fans fanatik mau apapun itu pasti berujung anarkis. Mulai dari hujata balik sampe yg kayak kamu omongin maz, tawuran yg makan korban

      Delete
  7. Karena banyak kemungkinan, bisa aja dia sengaja bilang gt. Karena ini teknik juga untuk meraup banyak attensi dr masyarakat. Entah aku ga follow twitternya Uus tp kemungkinan besar gara2 masalah ini. Follower uus itu akan bertambah banyak. Dan tentu meningkatkan popularitas dgn cepat dan gratis :)

    Dan ambil positifnya, sepatutnya kpoper itu instropeksi diri jg. Jgn terlalu mengagungkan org korea2 itu, ampe rela di cium bahkan dipeluk segampang itu. Uus bs menyinggung kpoper berhijab di twitter krna pnya dasar foto yg dr malaysia itu...

    Tapi mau cewek seksi dugem atau cewek berhijab yg rela dipeluk cium ama idolanya ya sama2 salah.. Tidak ada yg mending. Keduanya contoh buruk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa jadi apa yg kamu bilang cit. Kita g tau pasti apa motif dibalik twitnya uus, mau sekedar komentar atau emang cari sensasi dan popularitas.

      Mengidolakan berlebihan g cuman buat kpopers aja cit. Kayak komennya reyza, ini terjadi di banyak fans fanatik lainnya. Kalau kpopers masih menghujat balik, kalau fans bola sampe tawuran makan korban

      Nah itu dia, g ada yg prrlu dibenarkan dibalik perbandingan uus. Semuanya sama buruk

      Delete
  8. Buat aku sebagai kpopers, tweet Uus dan kehebohan itu pengingat diri dalam mengagumi artis-artis korea. Apalagi cewek berhijab harus tahu batasan mengagumi idola.

    ReplyDelete
  9. *Yang pertama di hapus soalnya banyak TYPO :3*

    ngohahahaha gw ngikutin neh waktu di twitter, kalau kagak salah kejadiannya malam minggu yang lalu. seru banget petjahhh wtwtwtwtwtwtwt.

    satu kata "berlebihan". Ntah Uusnya yang berlebihan atau Kpopeers tulisnnya pecinta koreanya udah bener ngak sih ?) yang berlebihan, atau Gw-nya yang berlebihan. Atau mungkin bisa jadi kalau mb pipitnya yang kelebihan lemak #MaafkanAkuMbPipit.

    masalah ngidol sih, gw juga ngidol. tapi nga sampai berlebihan gitu sampe ngehujat orang, atau ngerendahin idol orang juga. Idol gw yah idol gw, idol gw salah yang di salahin, idol gw bener yah di belain tapi nga sampai ngehujat juga. Jadi intinya nga usah berlebihan dah, nga baek #IzharLagiBijak. Tapi bodo amatlah sebenarnya, ngapain gw pake belain idol gw yah, kan dia bukan pasangan gw. Kalau dia mau jadi pasangan saya, nah baru.. tapi,.. hmmm alah bodo amat dah yang penting Hanna JKT48 canti #IzharBodoAmat #Izhar2016 #IzharAdalahKita #IzharForIndonesian #IndonesianLeader #IzharKampret #IzharHanna #MenujuIndonesiaYangBerMartabak #MartabakManis #Wtwtwtwtwtwtwtwtwt #MbaPipitNggakGendut

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya zhar, aku kelebihan lemak nih zhar.. Hiks :(

      Bagus zhar, tapi menurutku kamu itu ngidol buat ngeliatin paha mulusnya melody XD

      Delete
  10. Uus tuh kalo ngomong emng suka spontan gitu, ini bukan jadi komedi cerdas tapi malah jadi kaya komedi jadul yang suka menghina-hina kejelekan orang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Uus uus.. Gaulnya ama MC yg suka ngolok2 orang sih, jadinya ketularan

      Delete
  11. iya aq sbg k popers juga kesel bagt sm uus itu. sebelumny ga kenal dia. krn berita ny jd terkenal dia. *terkenal dgn cara yg salah

    iya bener. org indo sering ngelawak dgn menjelek2an orang lain.. cobalah tiru stand up comedian barat. lawak tp g jelekin org lain

    korea juga bagus lawakannya, bikin mikir gitu.. ga kayak indo.

    pokoknya gue ikutan sebel sama si uus itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yg penting risa g anarkis kayak fans fanatik, g baik kalau berlebihan :)

      Delete
  12. pas kasus ini lagi booming2nya aku sempet kepikiran pengen kutulis juga di blog, cuma aku pikir2 lagi soalnya dalam kasus ini aku (mungkin) gak akan bisa adil karena aku salah satu yg suka sama yg berbau2 Korea juga meski nggak begitu fanatik.

    kalau menurutku yang jadi sorotan sebenernya adalah pertama kenapa Uus cuma nyerang fans KPop aja. padahal mungkin juga banyak di luar sana fans2 artis lain misal artis2 Barat yang juga nangis2 waktu nonton konser si artis. Gak usah jauh2 artis KPop atau artis Barat deehh.... fans2nya artis2 cowok Indonesia seperti Aliando, Steven William atau yang lain juga ada kok yang berhijab. Ada juga yang kegirangan sampe nangis2 waktu bisa ketemu mereka, ada yang seneng dan pengen dipeluk juga sama mereka ini. Kenapa nggak dipermasalahin juga? Apa mungkin karena KPop sekarang sedang booming banget?

    Kedua, tentang perbandingan cewek berhijab nonton konser dan cewek sexy dugem mabok.
    Ini (menurutku) bukan perbandingan yang sepadan.
    Cewek berhijab nonton konser nangis. Nangisnya ini mungkin cuma ekspresi dari betapa senengnya dia akhirnya bisa nonton idolanya langsung. Mbak Pipit pasti mungkin bisa bayangin gimana rasanya ngefans sama seseorang, pengen banget liat/ketemu, trus pas bisa liat/ketemu langsung.. pasti senengnya gak kekira. Pas konser selesai, kalau gak ada urusan lain yaa mereka pulang.
    Aku setuju sih sama pendapat Mbak Pipit yang bilang kalau udah berhijab itu kita harus melindungi diri dan melindungi pemakaiannya dengan memberikan batasan-batasan tertentu, salah satu contoh yang paling kentara tidak melakukan banyak kontak fisik terhadap laki-laki. Cuma kadang fans itu kalau udah seneng suka lupambak. Heheheeeee......
    Tapi yaaa nggak harus dibandingkan sama cewek sexy dugem mabok pula.
    Cewek sexy dugem mabok? Udah umbar2 aurot, mabok pula. Dosanya numpuk2 Mbak. Nudzubillah.

    Sebenernya, kalau mau positif thinking dan ngelihat dari sudut pandangnya Uus, sebenernya niat Uus itu baik. Ngingetin para pecinta KPop buat nggak berlebihan dalam ngefans. Sewajarnya aja. Cuma yaaa ituuu.... pemilihan katanya dia bikin orang lain salah paham dan sakit hati. Jadi yaa akhirnya terjadilah cyber war itu sampe ada hashtag #RIPUus.

    Mungkin dari kasus Uus ini, baik Uus atau fans KPop juga harus sama2 belajar dan introspeksi diri sendiri masing2.
    Uus entah itu mau ngingetin orang atau cuma mau ngelucu/nge-stand up harusnya dipikirin lagi materinya. Jangan asal ngomong dan jangan sampai nyinggung perasaan orang/pihak lain atau bahkan sampai menjelek-jelekkan. Harus pinter milih2 kata, milih perbandingan.

    Buat fans Kpop juga.... jangan berlebihan dalam mengidolakan seseorang. Sewajarnya aja. Dalam menanggapi kritikan dari orang lain juga harus bijak, jangan langsung kebawa sensi.

    Gitu siihh Mbaakkk...

    Aahh.... jadi panjang banget gini komenku.
    Maaf yaa Mbaaakkk....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asli fit, kamu emang kpopers, komennya sepanjang ini.Hahahaha..

      Aku sempet takut baca komenmu, takut kalau2 kamu membenarkan apa yg dilakukan kpops (dalam artian fans berhijab yg melakukan kontak fisik berlebihan dengan idola). Alhamdulillah ternyata g.

      Kebablasan tetep g baik. Bahkan menurutku sampe nangis2 ketemu idola itu juga g baik kok. Semoga buat fans2 lainnya (bukan cuman kpop aja) g usah lebay dan fanatik atas kekaguman sama idolanya.

      Delete
    2. Aku cuma fans biasa kok Mbak...
      yang seneng dan menikmati karya2 mereka yg yaaa (harus diakui) keren-keren.
      hehehee....

      Aku sih gak mau membenarkan atau menyalahkan mbak..
      Karena aku gak berhak buat ngelakuin itu.
      Daripada membenarkan atau menyalahkan orang lain, mending kita introspeksi diri sendiri aja. Memperbaiki sifat dan kelakuan diri sendiri.

      Dan setuju, apapun yang berlebihan itu enggak baik.
      Sewajarnya aja...

      Semoga dari kasus Uus dan KPopers ini bisa jadi bahan renungan dan pelajaran buat semuanya.

      Heheheeeeee......

      *Aaahhh jadi serius gini sih aku komennya* :D

      Delete
    3. Yg bagian nangis2 ya? Yah gimana pandangan kamu aja. Kalau menurutmu emang masih wajar, monggo.. Akupun g berhak supaya kamu ngikutin apa yg sekarang aku anggap. :)

      Sekali lagi, yg penting kita g jadi orang yg merugikan orang lain karena kekaguman kita sama idola2. (Akunya jadi kayak orang kampanye)

      Delete
  13. Wah uus, salah satu komika favorite gue yang akhir akhir ini lagi nanjak banget popularitasnya. Mungkin ada saatnya seseorang itu merasakan hal yang tidak mengenakkan. Contohnya ya yg akhir akhir ini duel sama kpopers. Entah Uus cuman becandaan atau gimana gue gak tau persis. Ya taulah uus gaya ngelawaknya agak gimana gitu, mungkin oleh kpopers merasa tidak mengenakkan apa yang di katakan Uus. Hmmm gue gak tau lagi mau bilang apa, semoga ya masalahnya cepat selesaii~

    ReplyDelete
    Replies
    1. duel? berasa kayak pertarungan di atas ring? :D
      semoga pihak Uus sendiri lebih introspeksi diri, biar ngomongnya lebih ditata lagi, biar yg namanya becandaan g bikin sakit hati kaum banyak.

      Delete
  14. Gue sih, yakin aja. Tujuan UUS buat SENSASIONAL. Lah, emang udah zamannya kok, sekarang yang terkenal itu, lihat aja buku lamanya. Gue sempet kaget juga. "EH, UUS udah mati aja." Pikir gue.

    TErnyata lagi nyari sensasi. Karena udah jadi TTI, guepun males buka twitter lagi. Sekarang gitu, welcome to Indonesia. Ramaikan saja sampah negeri ini. "ENTAHLAH."

    Gue ya, bingung apa yang harus dibesar2kan. udah tau dia nyari sensasi, malah dipancing. Yaudah, selamat datang ajalah.

    Gue males banyak koment soal ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. apakah pangeran memiliki masa lalu bersama uus? atau mantannya pangeran adalah kpopers berjilbab? entahlah.. hanya pangeran yg tau sampai g mau banyak komentar

      Delete
  15. gue sempat berkicau juga tuh hha. gue setuju banget kalau komedi di Indonesia yg mengarah menjelekkan org lain. dan gak suka banget itu.

    banyak juga fans, trlalu berlebihan mengidolakan idola nya. kayak lo tadi kalau mengidolakan=tuhan palsu. ada bener nya juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ciye yg ikutan kicau cinta buat uus.. Apdet banget brati

      Delete
  16. Wah, aebenarnya kalo urusannya kayak gini sih, aku bingung mau ngasi pendapatnya apa. Soale udah nyangkut perang di dunia maya, dimana orang bebas berpendapat,cuma dengan modal kuota, jaringan internet, dan gabung di salah satu platform social media. Mau ngoceh apapun, jaman sekarang, bebas banget. Tapi ya ... emang sih, segala sesuatu yang berlebihan itu nggak baik. Jadi ya ... yang wajar wajar aja lah ya kalo nanggapin sesuatu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, efek berkembangnya internet khususnya di sosmed bikin orang bisa suka hati menyampaikan pendapat. Tinggal diri kita sendiri bisa menaham diri buat g ikut berlebihan kayak orang2 itu

      Delete
  17. Jujur gue kpoper hahahha
    tpi bukan exo, gue lebih suka big bang,
    ngomong2 soal uus kemrn dia jadi trending topik, menurut gue si uus yang salah, kalau emg dia ga suka dengan kpop, setidaknya dia mengunakan bahasa yang baik, jangan gunakan bahasa yang ga pantas, jujur walaupun saya non muslim, melihat status uus yang singghng hijab, saya merasa itu ga pantas sama sekali

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ciye ciye.. VIP nih ye..
      Ak sih g bela keduanya. Walaupun uus ada benernya, tetep aja uus salah, g ada pembenaran atas perbandingan yg uus jabarin.

      Delete
  18. Gue tau sih ini anak imajinasi emang tinggi dan liar.

    Dan lagian ini kan pelawak mungkin tujuannya untuk menghibur cuman caranya aja yang salah. Lain ceritanya kalo si UUS adalah pejabat terus ngomong kayak gini, kan beda??

    Soto gue yah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ehm kalo melawak tapi mencari pembenaran atas cewek mabok dan cewek berjilbab, aku rasa g deh ya

      Delete
  19. Komik emang suka bikin sensasi walau awal-awalnya cuma buat iseng-iseng doang. Gue yakin UUS awalnya lagi iseng aja. Lah, kejadian kayak gini juga ngga bakal UUS bayangin sebelumnya. Bagaimanapun juga, gue tetap penikmat SUC UUS. XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iseng dg membandingkan jilbab ama cewek mabok kayaknya g deh

      Delete
  20. Wah Kak Pipit udah ganti domain nih? Apa ini beda blog ya?

    Hmm, setuju sih. Kalo dari segi setuju, aku lebih setuju sama Uus. Ya bedanya 51:49 lah. Maksudnya Uus emang bener. Kpop yang fanatik itu terlalu berlebihan menurutku. Dan di Indonesia, mostly kpop itu kayaknya fanatik ya. Kayaknya, hehe. Dan ya... aku sempet juga ada di posisi mereka. Bedanya aku ngefans sama Justin Bieber. Aku histeris, sama. Aku jingkrak-jingkrak, sama. Tapi setelah dipikir-pikir lagi, kok aku berlebihan ya. Apalagi yang kpop itu sampe dipeluk-peluk. Aduh, agak gimana gitu ya...

    Mungkin Uus kalo mau cari materi stand up cari yang nggak begitu menyinggung banyak pihak kali ya, biar dia gak diserang hujatan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. G kok, ini tetep blogku si AVVENTURA :))

      Kalau kita diposisi fans *dulu* dan pikirkan kayak sekarang emang g pantes yah, apalagi kita memakai jilbab. Miris aja gitu ampe rela dipeluk sambil nangis sama cowok yg bukan "halalnya"

      Yah.. Uus mulutnya disekolahin dulu aja, biar ngelawak sesuai EYD :D

      Delete
  21. setuju banget saya, ya kita sebagai orang muslim dan khususnya wanita yang berjilbab seharusnya memiliki batasan terhadap lelaki, meskipun idola ya cukup sekedar suka aja, kalau ketemu cukup minta tanda tangan, berfoto atau berjabat tangan aja.. hehe

    ReplyDelete

If you have no critics you'll likely have no succes ~Malcolm X

Parf Of


Blogger Perempuan Blogger Kekinian Warung Blogger Photobucket

Daftar Bacaan