Yakult - Njajan Time

12:27:00 PM



Hari Kamis telah tiba, saatnya Njajan Time! Kalau udah nulis sesuai tema harian mah seneng banget, apalagi soal njajan gini *suka makan*. Berhubung minggu lalu saya study tour bareng ibu-ibu PKK ke pabrik Yakult, maka minggu ini di Njajan Time, Yakult saya pilih buat jajanan minggu ini.

Siapa sih yang nggak tahu Yakult, produk minuman probiotik pertama yang udah lama sliweran di Indonesia. Yakult merupakan produk dari negeri sakura yang lisensinya dipegang oleh PT Yakult Indah Persada untuk diproduksi di Indonesia. Pabriknya sendiri ada 2 lho, pabrik pertama berada di Sukabumi, Jawa Barat dan pabrik kedua yang baru beroprasi di tahun 2014 berada di Mojokerto, Jawa Timur. Oke, biar nggak lama-lama, yuk kita sambit si Yakult bareng-bareng.



Rasa, Tektur, dan Aroma



Yakult merupakan minuman probiotik pertama yang menggunakan bakteri Lactobacillus casei, buat yang belum paham sama minuman ini, pasti ada yang ngira kalau Yakult terbuat dari yogurt, padahal nggak lho. Bahannya yang berupa susu skim dan gula, ditambah si bakteri baik. Dari segi rasa, Yakult ini asem-asem gitu, tapi nggak seasem kalau kita makan atau minum yogurt, pas pokoknya. Asemnya itu ngebaur sama rasa manisnya Yakult, jadi nggak eneg dan diminum berapa kali pun tetep enak. Teksturnya sendiri encer, nggak kentel kayak susu ataupun yogurt. Aromanya sendiri asem-asem seger gitu. Cucok deh pokoknya.


Packaging dan Harga



Dari segi kemasan, Yakult dijual dengan sistem pack, jadi 1 pack isinya 5. Nggak ada yang spesial sih dari kemasannya, dari jaman baheula, kemasan Yakult ya gitu-gitu aja, plastik dengan tulisan Yakult berlatar merah, paling-paling ada pelanginya aja biar kesannya nggak monoton. Kalau dulu kan merah doang ya.




Untuk kemasan satuannya, masih sama seperti dulu kala. Botol plastik kecil unyu yang bikin gemes. Ditambah tutup dari alumunium foil buat ngejaga kehigienisannya. Tutupnya sendiri mudah banget buat dibuka, tinggal tarik dan siap dinikmati. Kalau soal harga tergantung toko-toko yah. Di pabriknya sendiri, 1 pack Yakult harganya Rp. 7.500,-, sedangkan di indogenjreng tempat saya harganya Rp. 8.000,-.


Sekilas Tentang Yakult

Lactobacillus casei Shirota strain merupakan bakteri yang ditemukan oleh Dr. Minoru Shirota pada tahun 1930. Bakteri inilah yang digunakan Yakult untuk menciptakan minuman probiotik. Banyak banget manfaat dari bakteri baik ini seperti, mencegah gangguan pada pencernaan, meningkatkan daya tahan tubuh, meningkatkan jumlah bakteri baik dalam usus, dan masih banyak lagi. Bahkan ilmuwan Belanda menjelaskan bahwa bakteri probiotik mampu menangkal penyakit eksim (gejala peradangan pada kulit)



Oh ya, saat mengunjungi pabrik Yakult, pabriknya bersih banget, bahkan tidur di toiletnya pabrik Yakult bisa tuh, soalnya bersihnya itu lho kebangetan. Wajar sih, secara produk begini kan emang harus steril dan higienis, masak kotor, lah ya kita bisa penyakitan. Ditambah lagi sistem produksinya yang menggunakan alat-alat canggih, jadi kontak tangan manusia saat proses produksi minim banget. Sayangnya nggak boleh memotret, yaudah deh pasrah. Btw, berkunjung ke pabrik Yakult ini gratis lho, bisa banget buat kawan-kawan blog kesini buat ngisi waktu luang, lumayan kan apalagi dapet ilmu baru.


Overall, jajan yang satu ini saya rekomendasikan buat kawan-kawan blog karena selain enak manfaatnya juga yang baik buat kesehatan, harganya pun murah meriah lagi. Jadi njajan apa kalian hari ini?

Baca Artikel Populer Lainnya

39 komentar

  1. yaampun jadi mau minum yakult hahahha. :D

    ReplyDelete
  2. Suka banget sama si yakult ini. Favorite banget pokoknya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya emang favorit semua orang

      Delete
  3. Puluhan tahun pun gak pernah bosen minum yakult ya,Mbak.
    *ups
    *ketauan tuanya :D

    ReplyDelete
  4. Setiap hari di rumahku selalu tersedia Yakult, mba. Enak, menyehatkan dan banyak digemari :)

    ReplyDelete
  5. Gue juga suka bgt nih mbak... rasanya asem2 gimana gitu.. nyampe ngiler bacanya.. haha

    Eh iya. Konsisten lho sekarang ngeblog nya. Keren mbak! Lanjutkan ya..

    Usul dong, cari dong review jajanan yg asli produk indonesia. Sejarah2 nya juga. Biar kita cinta produk lokal. Kayaknya keren mbak, tapi cuma sekedar usul aja.. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh2, sabar yah.. Nanti aku bikin review juga soal jajanan lokal

      Delete
  6. Ah, andai lidahku bisa menerima rasa yakult anget...

    ReplyDelete
  7. Waaaah, favorit niiih...
    Kalau lagi iseng, saya suka bikin dessert pake yakult..
    Yang sederhana sih dicampur buah, jadi sop buah yakult gitu..
    Atau pake leci dan teh, jadi teh leci yakult..
    Atau dijadiin pengganti vla agar dan puding..
    Maknyuuussss... :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaaaah.. Belum pernah nyobain, kayaknya enak nih

      Delete
  8. Selesai baca ini, jadi pengen beli Yakult terus nyanyi cintai ususmu minum Yakult tiap hari. Aku suka sama nama bakterinya tuh, kalau gak salah semester 1 aku pelajari tentang bakteri ini. Sampai aku plesetin ini bakteri, jadi Lactobacillus protiktus proksimal. Hahahahha

    Memang cocok banget, apalagi emak gue. Yang kadang ada gangguan dengan Ususnya. Minuman inilah satu-satunya jalan. Khasiatnya terjamin deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa aja ampe diplesetin.
      Kalau rutin minum emang kerasa khasiatnya, udah kayak terapi pengobatan juga ya

      Delete
  9. wahhh.. saluuttt.. kamu konsisten banget ngepos jajanan nya yaa..

    keren review nya.. foto foto nya keren jg... udh cucok bgt dah jd food fotografer..
    aq ga nyangka sebotol yakult bisa jadi sekeren itu di foto.

    keren keren..

    btw aq sering konsumsi jg. dibgin lebih enak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih :)
      Masih belajar ris, yuk kalau mau ikutan juga

      Delete
  10. Kebetulan gue dirumah langganan yakult nih, kira-kira 3-4 packs gitu deh :D. Gue sih sering minum nya pas abis makan, entah kenapa enak aja pas diminum pas siap makan. slrrp, ger seger...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku ngebayangin ceritamu aja udah ngiler

      Delete
  11. owalah...ini yakult yang dulu tagline iklannya booming banget: "saya minum dua... saya minum tiga..." (mungkin ada yang "saya baru mau nyoba").
    kadang bingung juga itu yakult tergolong susu atau yoghurt. posisinya tengah-tengah gitu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi setauku yakult bukan kedua2nya deh. Emang berbahan susu cuman ada tambahan bakteri baiknya

      Delete
  12. cintai ususmu minum Yakult tiap hari :D

    ReplyDelete
  13. Wah yakult, udah lama gak minum yakult. Tapi rasanya masih tercetak jelas di memori otak (?)
    Aku pikir sama yakult kek yoghurt, ternyata beda ya.

    Eh kak bikin tulisan juga dong tentang pabrik yakultnya, penasaran nih kayak apa dalamnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maunya sih ki, cuman kan g asoy banget bikin cerita soal pabrik yakult tapi g ada dokumentasinya. G boleh motret sih, hiks..

      Delete
  14. bisa dibilang, ini seperti laptop si unyil, cuma versi blogger...heheh

    ReplyDelete
  15. hampir setiap minggu pagi absen sama mbak-mbak berbaju merah putih cuman buat bilang : "Saya minum 2" :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahahaha... Saya belum minum lagi malahan

      Delete
  16. Salah satu minuman yang oldskool banget nih, dari jaman gue masih TK sampe sekarang udah kuliah, rasa dan kemasannya ga berubah, cuma harga dan SPGnya doang yang berubah hehe.. Sayang banget ga bisa foto-foto di dalem pabriknya, padahal pengen banget liat produksinya.

    Btw, blognya udah dapet sponsor dari yakult ya? Hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. G ada.. Ini mah emang udah kesepakatan aku bikin tema njajan tiap minggunya

      Delete
  17. wah enak mbak ya dapat yakult gratis langsung dari pabriknya :D
    salam kenal blogger jombang :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah rejeki anak solehah.. :)
      Salam kenal juga

      Delete
  18. Kalau kata bos saya.. Jangan cuma kerja dan ngobrol terus.. Sekali kali jajan.. :)

    Btw memang yakult sudah teruji dan bertahan lama semenjak hadirnya beberapa tahun lalu ke Indonesia

    ReplyDelete
  19. Wah reviewnya keren dan niat banget sos, jdi pingin rutin beli yakult di indomare* biar sehat krena yakult mengandung bakteri baik dan aku kan orang baik. Hehehehehe

    ReplyDelete
  20. Mbak Pipit, saya adalah salah satu orang yang terpengaruh iklan propaganda Yakult.

    Setiap meminum sebotol Yakult, saya selalu berimajinasi, membayangkan bagimana si bakteri baik yang terkadung dalam Yakult bertempur melawan bakteri jahat di usus saya :D

    Dan akhirnya, pertempuran itu dimenangkan oleh bakteri Yakult :D

    ReplyDelete

If you have no critics you'll likely have no succes ~Malcolm X

Parf Of


Blogger Perempuan Blogger Kekinian Warung Blogger Photobucket

Daftar Bacaan