Howl's Moving Castle, Gadis yang Dikutuk dan Penyihir Termasyur

9:13:00 AM

source via https://id.wikipedia.org/wiki/Howl%27s_Moving_Castle_(film)


Judul : ハウルの動く城
Judul (Romaji) : Hauru No Ugoku Shiro
Judul Inggris : Howl's Moving Castle
Sutradara : Hayao Miyazaki
Negara : Jepang
Bahasa : Inggris 
Tanggal Rilis : 5 September 2004
Durasi : 119 Menit


Film animasi dari karya-karya indah Studio Ghibli emang nggak pernah ada matinya. Dari sekian banyak studio animasi di Jepang, buat saya pribadi, sampai saat ini hanya Studio Ghibli yang mampu membuat saya terpana dengan setiap karya indahnya dan saya akui, belum ada studio animasi lain yang membuat saya jatuh cinta dan menonton berkali-kali film animasi layaknya produksi Studio Ghibli. Karyanya yang disejajarkan dengan Walt Disney, memang patut diapresiasi, bahkan dunia mengakuinya lewat Spirited Away yang memenangkan penghargaan bergengsi Piala Oscar. Sebenarnya nggak cuman Spirited Away aja, masih ada karya-karya Studio Ghibli lainya yang berhasil masuk nominasi Oscar. Howl’s Moving Castle (HMC), menjadi salah 1 master piece dan masuk nominasi Oscar pada tahun 2006. Penasaran? Simak juga video di bawah ini biar semakin sip!

Gadis yang Dikutuk


Sophie, gadis muda yang bekerja sebagai pengerajin topi berniat mengunjungi Lettie, sang adik yang bekerja pada sebuah bar(?). Niatan itu hampir musnah ketika prajurit-prajurit kerajaan mengganggu Sophie dalam perjalanannya. Selamatnya, seorang lelaki tampan datang dan menyelamatkan Sophie dari gangguan genit prajurit-prajurit tersebut, namun masalah baru datang ketika manusia lumpur yang merupakan suruhan Witch of the Waste  mengejar mereka berdua. Sophie yang terkejut ikut berlari bersama lelaki tampan itu, sampai akhirnya ia dibawa terbang dan melayang di angkasa, yang tanpa disadari Sophie, ia telah diantar menuju balkon tempat adiknya bekerja. Bertemu Lettie, Sophie akhirnya bercerita bahwa sepertinya dia baru saja bertemu Howl, salah 1 penyihir termasyur di negerinya. Betapa terkejutnya Lettie dan merasa kakaknya sungguh beruntung, namun dirundung pula ketakutan karena desas desus bahwa Howl mengambil hati setiap gadis muda yang ia temui. Sophie meyakinkan, dia baik-baik saja, tak ada yang dicuri darinya.



Pertemuan dengan sang adik berakhir, Sophie kembali ke toko topi miliknya, tanpa disadari bahwa nasibnya akan berubah saat ia pulang nanti. Kedatangan seorang wanita di toko topinya membuat Sophie kaget. Sophie memperingatkan wanita tersebut bahwa tokonya telah tutup, namun si wanita itu semakin getol mengolok-ngolok topi-topi buatan Sophie. Sophie yang nampaknya emosi segera membuka pintu dan mengusir wanita itu. Akhirnya sebuah mantra sihir yang kuat dilayangkan pada Sophie oleh wanita itu, yang tidak lain adalah Witch of the Waste. Sophie pun berubah menjadi nenek-nenek tua. Ia merasa sedih dan keesokan harinya segera meninggalkan toko topinya karena ia tak ingin ada yang tahu kalau dirinya telah dikutuk menjadi nenek-nenek tua. Kemana perginya Sophie? Apakah Sophie akan kembali pada wujudnya yang semula? Apa maksud Witch of the Waste yang telah menyihir Sophie dengan sihir yang kuat? Kalau mau tahu, sini flashdisknya, aku kasih file-nya gratis..

Howl’s Moving Castle merupakan sebuah novel karya Diana Wynne Jones yang diadaptasi menjadi sebuah film animasi oleh Studio Ghibli dengan judul yang sama di tahun 2004. Saya sendiri belum pernah membaca novelnya, namun menurut wikipedia, antara novel dan animasinya dibuat berbeda, hanya saja secara garis besar masih tetap sama. Ini dikarenakan Hayao Miyazaki ingin memberikan sentuhan khas miliknya di film ini. Kalau kawan-kawan blog sering mengikuti film animasi Studio Ghibli, pasti tahu gimana fantasinya Hayao Miyazaki dan rekan-rekan lainnya di Studio Ghibli. Buat yang belum pernah atau nggak kebiasa nonton karya mereka pasti agak bingung atau mungkin kaget karena fantasi milik Studio Ghibli yang bakal bikin kalian mlongo.



Dengan setting benua Eropa di abad pertengahan, keadaan peperangan mampu digabungkan dengan dunia magic oleh Hayao Miyazaki. Banyak sekali hal-hal yang sepertinya lebih nyantol ke fairy tales seperti orang-orang sawah yang hidup, kastil milik Howl yang bergerak kemana saja, api yang bisa bicara, dan bahkan ada pintu kemana saja. Namun keadaan ini nggak bakal bikin nuansa perang yang bersenjata menjadi aneh karena adanya unsur magic, malah semakin seru, apalagi dunia ala Hayao Miyazaki pasti beda. Saya sendiri selalu memperhatikan sentuhan unik beliau yang selalu terletak pada desain pesawat yang hadir hampir disetiap karyanya, desainnya tuh beda, nggak kayak pesawat pada umumnya, terus tokoh-tokoh fantasi yang selalu diwujudkan dengan wujud yang aneh(?), pokoknya nggak kebayang aja gitu sama bentuk-bentuknya. Didukung pula dengan alunan musik orkestra yang membuat film ini mampu mengaduk emosi penonton. Cucok banget deh sama settingnya yang benua Eropa itu, berasa eksklusif lah.

Tapi ada beberapa hal yang bakal membuat kalian bertanya-tanya dengan film animasi ini. Semenjak pertama menonton sampai saya ulang-ulang lagi, ada beberapa hal yang kurang diperjelas, seperti beberapa tokoh yang seharusnya punya andil penting, tapi diceritakan sekilas saja, lalu penyebab-penyebab yang melengkapi cerita seperti keadaan perang yang terjadi, tidak terlalu dijelaskan dengan jelas sehingga ada sesuatu yang ngganjel. Namun hal-hal itu masih bisa ditolelir, karena saya sudah terlanjur jatuh cinta sama karya Studio Ghibli, hehehehe..


Kalau ditanya nilai, rentang 1 sampai 5, saya bakal  ngasih 3.7 buat Howl’s Moving Castle. Cerita yang berlatar di benua Eropa disertai fantasi-fantasi khas Studio Ghibli bakal bikin saya betah untuk nonton berulang-ulang, walaupun ada beberapa hal yang bikin saya garuk-garuk kepala karena kehilangan sesuatu di cerita film ini, tapi tetep cucok dan bakal saya rekomendasikan buat kawan-kawan blog semuanya. Happy watching yah.. 

Baca Artikel Populer Lainnya

11 komentar

  1. Hiyak, begitu baca blog post kamu theme song-nya Howl's Moving Castle langsung 'main' di kepala. Pernah nonton versi english dubbed-nya dan ternyata pengisi suara Howl adalah Christian Bale, si mantan Batman.
    Walau ada 'bolong'nya di beberapa cerita, Howl's Moving Castle memang quirky, tapi dreamy.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kamu udah nonton yang dubbing bahasa jepang rat? Aaaahsss.. Aku nyari yg bahasa jepang susah euy, padahal penasaran kayak apa suara si howl kalau pake bahasa jepang, secara dubbing bahasa inggrisnya bikin ati ser ser an, suara itu lho, greget bingits

      Delete
    2. Belomaaan, nanti cari ah dubbing bahasa Jepangnya. YAEYALAH GIMANA KAGAK GREGET YANG NGISI CHRISTIAN BALE *tetep ga nyante*, aura Batmannya keluar #eh

      Delete
    3. hahahaha.. emang beda ya rat, plus didukung sama setting eropa abad2 pertengahan gitu, jadi suara om chris bisa mak seeeer..
      jadi agak pesimis sama versi jepangnya, soalnya yg versi om chris suara laki banget!

      Delete
  2. Tiap kali main kesini berasa ketemu sahabat SMK aku, maaf lho bukan maksud untuk nyama-nyamain tapi beneran sih wajah kalian ada kemiripan kalau ketemu pasti di kira kembar nanti. Padahal sahabatku juga kembar tapi nggak identik hehehe.

    ReplyDelete
  3. Selera kita samma yaa! Aku udah nonton ^__^

    ReplyDelete
    Replies
    1. eh ketemu juga sama yg suka dan udah nonton *peluk*

      Delete
  4. makasih infonya, nambah pengetahuan

    ReplyDelete
  5. aakk aku jugaa suka banget kartun2 studio ghibli mbakk pitt,,,, ga nyangkaaaaaaaaaaaaaaaaaaa :D

    ReplyDelete
  6. ceritanya terlihat menarik ya, jadi penasaran sama film animasinya.

    ReplyDelete

If you have no critics you'll likely have no succes ~Malcolm X

Parf Of


Blogger Perempuan Blogger Kekinian Warung Blogger Photobucket