Ini Bukan Soal Uang, Tapi Kepuasan Batin

11:48:00 AM



Ciye… Udah Senin, belum gajian juga nih? *mendadak lemes*.  Pas sadar gaji belum turun masuk ke rekening, mendadak tiap Senin rubik No-Blog Day ngambek, soalnya dompet lagi lemes (apa hubungannya?). Kayaknya rubik No-Blog Day minggu ini nggak bakal yang serius-serius amat, saya lebih milih curhat aja deh buat minggu ini, tapi tenang, masih ada hubungannya ama ngeblog.

Jadi, kalau buat kita-kita sesama blogger, pasti udah tahu dunia ngeblog itu kayak apa, jadi nggak perlu dijelasin. Tapi gimana ceritanya dengan orang-orang awam yang nggak ngerti blog? Pastinya kalau ada keluarga, sahabat, gebetan, tetangga, ketua RT, kepala desa, pak camat, dsb yang nggak paham soal ngeblog, bisa jadi mereka itu emang kudet, mereka cuman paham fb doang, atau masa bodo? Jadi gini, semenjak lulus kuliah, saya kembali menggeluti blog setelah hampir setahun vakum. Tahu sendiri kan jadi blogger yang habis vakum lama itu kayak apa? Berasa jadi newbie dan mulai mencari cara untuk segera dikenal kembali setelah sekian lama menghilang.

Salah 1 hal yang saya lakukan adalah promo postingan di sosmed, terutama facebook dan twitter, line juga kadang-kadang. Sampai akhirnya temen-temen saya sadar kalau saya mulai ngeblog. Ada yang menyangka sama masih baru terjun, it’s OK kalau emang nyangkanya kayak gitu, emang sayanya nggak pernah kelihatan ngeblog sebelum-sebelumnya. Tapi yang agak sensitif muncul. Mereka mulai menerka saya ngeblog karena nyari sampingan buat dapet duit. Pertanyaan yang sering mereka lontarkan.

            “Wah, dapet duit berapa Pit?”
            “Enaknya ngeblog, nggak modal apa-apa bisa dapet duit.”

Alis saya naik sebelah, mereka ini kenapa? Apa karena kawan-kawan saya mulai mencari sampingan buat nambahin duit resepsi nikahan gaji? Emang nggak ada salahnya nyari duit tambahan di luar duit gaji, soalnya banyak temen-temen saya yang ikutan bisnis MLM, ada juga yang buka olshop, dan berbagai bisnis lainnya. Cuman apakah setiap tindak-tanduk yang dilakukan via jagad maya berarti selalu berhubungan dengan uang?

Jujur saya agak risih, karena tujuan saya ngeblog bukan buat monetasi, tapi karena suka nulis dan pingin share ke kawan-kawan semua. Saya sendiri nggak munafik pingin ngerasain dapet job review dan uang hasil ngeblog, cuman sekali lagi, saya ngeblog bukan buat monetasi semata. Jadi bolehkah pertanyaan macam gitu disingkirkan, saya berpikir, apakah setiap hal yang kita lakukan harus diimbali dengan uang? Apakah uang itu sebuah alat ukur atas sebuah kerja keras, atas sebuah pengabdian, atas sebuah kebahagiaan? Buat saya nggak. Saya tahu saya nggak dapet uang dari ngeblog, tapi kepuasan batin yang saya dapatkan nggak bakal bisa didapet sama yang namanya uang.


            

Baca Artikel Populer Lainnya

29 komentar

  1. Bener, setuju banget nih, kak.
    Saya juga gitu, kalo ketawan lagi ngeblong di kantor pasti pada bilang, "Wuih.. duitnya udah banyak dong, dari ngeblog gitu."
    Saya mah apa atuh, ngeblog cuma buat menyimpan kenangan aja, gak buat sampingan nyari duit.

    ReplyDelete
    Replies
    1. cup cup.. kok malah kamu yang sedih gini wi?

      Delete
  2. selagi masih ada jalan yang halal kita lanjutkan. tidak usah khawatir. salam sukses

    ReplyDelete
  3. kalau ngeblog tujuannya uang, akan stress. tapi kalau ngeblog dasarnya hobi nulis maka kita akan enjoy.

    ReplyDelete
  4. Bener nih, tujuan awal aku ngeblog juga bukan karena uang, aku cuma suka cerita-cerita lewat tulisan aja, dan itu ngasih kepuasan juga kesenangan tersendiri. Heheu.

    Semangat ngeblog \:D/

    ReplyDelete
  5. Toooos dulu dong, Mba.
    Samaan, saya juga baru banget di blogsphere dan agak terkaget2 dgn hiruk pikuknya. Kembali lagi, tujuan ngeblog saya untuk sharing dan mencari kepuasan setelah menulis.

    ReplyDelete
  6. Sipppp.. bener banget. Aku ngeblog juga gak bertujuan nyari duit, kalaupun dapet duit dari blog ya syukur. Ngeblog emang kepuasan batin tersendiri, disini kita bisa tau sejauh mana kualitas tulisan kita. Semangat terus ngeblognya.

    ReplyDelete
  7. Sepertinya orang kaya gitu nggak tahu apa itu blog, dan gaptek hehe
    Dulu pas saya di kampung juga sering di ejek seperti itu, dikirain ngeblog selalu menghasilkan uang, padahal sebenarnya kebanyakan blogger mereka ngelog karena hobby, seperti saya juga karena hobby.
    Salam kenal ya dari blogrudhi.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. karena semua tergantung pada pribadi masing2 yg menjalankan. mas rudi dan saya ngeblog karena hobby, g masalah. kalau ada orang yang ngeblog karena uang, g masalah juga, asalkan caranya bener :)
      salam kenal juga

      Delete
    2. Iya betul mbak pipit, syukur-syukur kalau hobby juga dapat menghasilkan uang mbak, kan mantep tuh hehe
      ada istilah sambil menyelam sambil minum air hehehe :)

      Delete
  8. Tapi seandainyapun ngeblog/nulis utuk cari uang, no problem kok, menurut saya =)

    ReplyDelete
  9. Pengen juga sesekali merasakan job review. Tapi nggak ada yang nawarin huhuhu :(
    Tapi sebelum tawaran tersebut gue terima, gue harus berpikir ulang terlebih dahulu. Kira-kira job review tersebut sesuai gak ya sama blog gue? Sesuai gak ya sama interest gue? Kalau gak sesuai ya bakal gue tolak. Sekali lagi tujuan gue ngeblog bukan untuk dapetin uang, tapi untuk sekedar nyalurin hobi, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. g beda jauh za, aku juga gitu kok :3

      Delete
  10. Sama mbak pit, ngeblog untuk sharing apa yang kita pikirkan dan rasanya bermanfaat dan kalo syukur-syukur, bisa dapet tawaran job review dan recehan, gak munafik lah kalo seorang blogger gitu. Tapi ya intinya sharing.

    ReplyDelete
  11. Hihihi problem yang sama kayak aku, Pit :D

    Temen-temen kampusku kadang sering nanyain gini :
    'Emang ngeblog dapet duit? kok semangat banget sih kamu feb?'

    Aku cuma geleng-geleng kepala aja :D dan membenarkan.
    'Enggak juga sih. tapi yang bikin semangat karena tulisan kita dibaca orang dan direspon dengan baik'

    uwuwuw :D

    ReplyDelete
  12. sama Mba, ngeblog bisa memberi kepuasan batin :)
    dapat materi dari ngeblog? itu adalah bonus :)

    ReplyDelete
  13. bener bangett!! ngeblog itu soal kepuasan batin, kalau soal kepuasan dompet itu bisa jadi bonus aja..walo kadang gue juga ngarep dapet job reviewwww hehehehe..tapi kalo gue sih bisa dapet duit selain gaji mah artinya kita kreatipp..jadi sumber uang nggak cumandari satu lubang saja...hehehe..gue juga olshop dan ngelesin juga..apapun lah buat cari duit selama masih muda dan nggak jual diri. hahaha. semangat ngeblog yaaa..alexanya rampiiing gilak!

    ReplyDelete
  14. ahahaha, sama, kadang saya juga ditanya "udah dapet berapa duit dari ngeblog?". :))
    ah, buat saya sih ngeblog ya cuma sekedar pelampiasan keinginan nulis dan berbagi aja. kalau bisa menghasilkan uang, ya anggap itu sekedar bonus~ :)

    ReplyDelete
  15. Soal kepuasan batin ini orang-orang emang susah ngerti. Jadi kalo saya mending biarin aja. Saya saja masih gak ngerti dengan orang-orang yang suka foto selfie berulang-ulang-ulang-ulang kali. Mereka juga gak dapet uang dari selfie, kepuasan batin aja, apalagi kalo udah dipamerin. beuh...

    ngeblog itu kalo saya soal melepaskan pikirian-pikiran yang mengganjal, berbagi tentang apa yang saya pikirkan. kali aja ketemu dengan orang-orang yang punya pemikiran yang sama....#halah

    ReplyDelete
  16. Saya setuju.. tergantung ke masing2 orang2 si. kalo saya pribadi saya memang suka ngeblog, blog for fun dan sekaligus ingin membranding diri sebagai seorang blogger / penulis. tapi kalo dapet job + uang dr ngeblog pasti gak nolak, krna itu merupakan salah satu apresiasi bagi blogger yang berarti karya kita dipandang unik dan punya value di mata klien.. hehe

    ReplyDelete
  17. tergantung tujuan kitanya aja kali ya ngeblog itu buat apa, yang penting kan gak nyusahin orang dan kreasi sendiri. hmm

    ReplyDelete
  18. iyaa deh sippp,

    BTW, tulisannya enak dibaca nya nihhh

    ReplyDelete

If you have no critics you'll likely have no succes ~Malcolm X

Parf Of


Blogger Perempuan Blogger Kekinian Warung Blogger Photobucket