Etika Mencantumkan Sumber Ilustrasi pada Postingan Blog

2:42:00 PM



Kata orang walaupun kita sudah berhati-hati, belum  tentu orang-orang disekitar kita berhati-hati pula, jadi yang namanya sebuah “kecelakaan” bisa saja terjadi dan menimpa diri kita. Itu yang saya alami beberapa minggu kemarin. Sebenernya sih bukan kecelakaan yang mengakibatkan jatuhnya korban, tapi sebuah kecelakaan yang lebih membuat saya waspada saat ini.

Jadi begini, beberapa minggu lalu, mbah google nyapa saya via email, di email itu, mbah bilang kalau ada laporan terkait hak cipta yang terdapat di blog saya.  Jujur saja saya kaget, apalagi masalah kayak gini baru pertama kali saya alami selama ngeblog. Bingung harus ngapain, akhirnya saya bertanya pada teman yang benar-benar mengerti masalah ini. Untunglah Heru (authornya Tulisan Wortel), mau membantu saya dan memberi arahan serta saran atas surat peringatan dari mbah google.


Masalah mulai teratasi, namun saya mulai mikir, kenapa saya bisa kena peringatan si mbah? Apa saya salah? Saya tahu mengambil gambar via google itu nggak bisa sembarangan karena bisa melanggar hak cipta, maka dari itu saya selalu mencantumkan alamat website dari penyedia gambar agar jelas dari mana sumber asal muasal gambar yang saya pakai di blog ini.  Eh nyatanya saya tetep kena peringatan si mbah (mungkin ada yang mau bantu jawab, bisa tinggalkan pesan di kolom komentar).

Walaupun syok karena kejadian nggak enak ini, saya dapat pelajaran baru, bahwa ilmu saya di dunia perblogan masih cetek banget. Ternyata mencantumkan sumber gambar pun sepertinya nggak cukup dan nggak luput dari surat peringatan mbah google. Beruntungnya saya masih punya teman sesama blogger yang mau membantu (terima kasih buat Heru Arya).

Saya nggak kapok buat memasang gambar atau foto dari google, apalagi untuk kebutuhan di rubik Rabu Review, yang mana di rubik tersebut saya membutuhkan gambar atau foto yang berkaitan dengan serial drama atau film yang sedang saya review. Kan nggak mungkin tuh saya gambar sendiri, tapi nggak berarti juga saya bisa seenaknya aja nyomot terus majang di blog sesuka hati tanpa tahu tata krama yang perlu diperhatikan. Maka dari itu saya mencoba berbagi hal-hal yang perlu diperhatikan saat mencantumkan gambar atau foto dari google, kalaupun ada yang salah silakan dikoreksi dan apabila kawan-kawan blogger ingin menambahkan saya pun akan turut senang, karena saya tidak ingin kawan-kawan blogger bernasib sama seperti yang saya alami.

Mencantumkan Sumber dengan Benar

Masih banyak kawan-kawan blogger yang saya lihat kurang memperhatikan hal yang 1 ini, mencantumkan sumber ilustrasi dengan baik, bahkan ada yang lebih parah, tidak mencantumkannya sama sekali. Kebanyakan sih cuman mencantumkan “google.co.id” atau “google.com” padahal google bukanlah pemilik ilustrasi tersebut, namun hanya sebatas mesin “penemu”.  Maka dari itu mulai sekarang, ganti kebiasaan mencantumkan sumber dari google. Teliti baik-baik dari mana ilustrasi yang kalian gunakan. Cantumkan alamat website, blog, atau jika perlu nama pemilik ilustrasi tersebut, untuk menghindari pelanggaran hak cipta.


Pilih Ilustrasi yang Free

Saat ini banyak website yang menyediakan ilustrasi gratis yang bisa kalian unduh dan gunakan untuk mempercantik postingan, misalnya di picjumbo.com. Ilustrasi ini bisa digunakan untuk kepentingan pribadi ataupun komersil tergantung tujuannya. Saya sendiri mulai merubah haluan pada website-website penyedia jasa tersebut. Walaupun tidak semenyenangkan mencari via google yang super mudah, tapi mendapatkan ilustrasi yang gratis seperti ini lebih baik agar kita terhindar dari surat peringatannya mbah google.

Belajar Bikin Ilustrasi Sendiri

Bikin ilustrasi sendiri itu nggak mudah, tapi bukan berarti nggak bisa. Walaupun bukan orang pro dibidang edit gambar atau foto, kita bisa mulai belajar membuat dan mengedit ilustrasi untuk kepentingan blog. Sekalian ngasah kemampuan edit foto. Nggak ada salahnya buat kita mencobanya mulai sekarang, demi terwujudnya dunia blog yang aman dan tentram.


Semoga beberapa hal di atas dapat membantu kawan-kawan dalam mengelola ilustrasi di blog. Sekali lagi apabila ada yang ingin menambahkan atau mungkin mengoreksi bisa kalian taruh di kolom komentar ya. 

Baca Artikel Populer Lainnya

38 komentar

  1. wah, sampai dikasih peringatan gitu, kak :O
    Harus lebih hati-hati lagi kalo gitu.
    Kalo aku biasanya kunjungin laman asal gambarnya, terus ambil url dari laman itu, kayak gitu udah aman belom ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kurang tahu wi, kalau aku ambil dari kasusku kayaknya ku lagi zonk. ilustrasi yang aku ambil (walaupun udah aku cantumin sumbernya) kena peringatan sama google atas laporan pemilik aslinya, jadi aku simpulkan kalau ada beberapa ilustrasi yg g bisa kita publish di blog kita walaupun kita udah nyantumin sumbernya

      Delete
  2. serius pit sampe dapat surat peringatan dari google?
    wah, emang harus lebih hati-hati dalam memilih gambar atau apapun dari internet..
    dulu saya juga sempet asal-asalan juga ngambil gambar dari internet.. ngak saya cantumin juga sumbernya..
    sekarang udah saya cantumin sumbernya..
    tapi emang yang lebih aman sih buat ilustrasi sendiri..
    intinya, buat pelajaran untuk kita para blogger.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. duarius gin. iya buat pelajaran juga, sekalian ngasah kemampuan buat bikin ilustrasi sendiri

      Delete
  3. Hah iya Teh? Yaarabb...
    Alhamdulillah sih Teh, selama aku posting kalo nyomot gambar bukan dari aku, aku suka cantum webnya langsung malah. Abis yaaa ngikutin postingan blog lain yang aku baca hehe.
    Yaa berarti google-nya baik Teh. Biar teteh nggak ngelakuin itu lagi dan nggak mengulangnya. :)
    Hah? Aku baru tau lho picjumbo. Waaahhh makasih infonya!! X))

    ReplyDelete
    Replies
    1. sorry nih kalau salah tangkep komentar kamu, tapi setiap kali aku posting gambar dari google aku cantumin sumbernya langsung bukan dari google ya. dipostingan ini aku juga ceritain keherananku kenapa bisa kena peringatan google padahal sumber asli udah aku cantumin, tapi tetep kena peringatan. so, buat kamu dan semua blogger yang lain biar g kena masalah kayak aku, mending lebih jeli lagi, sekalipun sudah mencantumkan sumber asli, kayaknya ada beberapa pemilik ilustrasi yg g mengijinkan ilustrasinya dipake orang lain. Mungkin kemarin aku lagi zonk, soalnya g jeli dan g ngeliat apakah gambar ini diperbolehkan untuk dipublish di blog kita hanya dengan mencantumkan sumbernya saja.

      Delete
  4. Waahhhh aku baru tau lhoo Mbak Piitt...
    Iihhh aku kok jadi ikutan parno yaa klo mau ngambil2 gambar dari Google trus dipasang di blog. Takut kena teguran juga. Hihiii....

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang penting jelas ngasih sumber dan jeli plus mau cari tahu, gambar yang dipake boleh kita publikasikan lagi atau g

      Delete
  5. Wuaduh, aku juga bakal panik deh sepertinya kalo dapet surat peringatan dr mbah google. Selanjutnya bagaimana kah mak? Kurang detail nih ceritanya disini, hihi. apa mengirimkan permohonan maaf tertulis ke si pemilik gambar kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehehe.. g kok mbak, jadi surat dari si mbah cuman berupa peringatan, dan tindakan yang aku ambil adalah mengganti gambar dari si pemilik ilustrasinya dengan gambar yang free

      Delete
  6. Wah, aku alhamdulillah belum pernah dapet peringatan dari mbah google. Padahal selama ini pun sering sekali mengambil gambar dari google. Btw, makasih tipsnya kak :)

    ReplyDelete
  7. Di postingan awal gue kayaknya ada beberapa yang nganggur cantumin sumber nyomot deh. Jadi sebuah pelajaran bagi gue juga, karya itu mahal. Jangan seenaknya ambil karya orang demi kepentingan pribadi kita ya. Kedepan gue mulai lebih hati2 juga lah... takutnya kena tegur. Kan ngeri...

    ReplyDelete
  8. Wah, Alhamdulillah dari dulu tiap ngambil gambar selalu mencantumkan gambar dari sumbernya.
    Jadi pelajaran aja deh buat blogger lain, kalau mau ngambil gambar cantumkan sumbernya. Kan gak susah kalau cuma copy link gambarnya aja.

    Picjumbo, baru tau tuh kalau ada situs yang kayak gitu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. lanjutkan, karena karya2 setiap orang harus dihargai.

      Delete
  9. Btw gue masih ngambil gambar buat postingan di blog di google sih, tapi gue telah mencantumkan alamat web/blog si pemilik gambar di gambar tersebut.

    Jangan sampe deh google "menyapa" kita karna kita ngelanggar ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku juga masih kok fif, cuman sekarang lebih ati2 dan jeli. sekalipun kita udah nyantumin sumber, belum tentu kita bisa dianggap selamat dari pemilik ilustrasi itu. kalau aku perhatikan, ada beberapa pemilik yang memang tidak memperbolehkan ilustrasinya digunakan orang lain sekalipun kita sudah mencantumkan sumbernya

      Delete
  10. Wah isi peringatannya apa tuh kak? :o

    ReplyDelete
    Replies
    1. google ngasih peringatan kalau ada pelanggaran hak cipta atas ilustrasi gambar yg saya pakai di blog. tapi sebelumnya, saya udah nyantumin sumbernya kok, saya masih bingung kenapa bisa kena peringatan, tapi karena saya juga g mau ambil pusing dan bikin panjang masalah (nanti blog ini bisa di cap jelek sama google), akhirnya saya hapus aja gambarnya

      Delete
  11. beneran pit? terus kaget gitu kah ekspresimu??

    untung banget punya teman kaya heru yaa. jadi terbantu buat ngatasin masalah kayak gini. eh pit boleh minta contact mu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Syok lebih tepatnya.
      Iya di, alhamdulillah ada heru yg mau bantuin.
      Boleh aja, tapi kalau mau via inbox fb aja

      Delete
  12. waduh kayanya harus lebih hati hati sekarang nih, soalnya aku juga suka ngutip gambar dari google gak bikin sendiri haha. Tapi Alhamdulillah belum pernah dapet peringatan dari google nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan sampai deh pokoknya, waspadalah!

      Delete
  13. pit, mungkin authornya ngga mau dipublish di web lain? ada author/pemilik gambar yang nyebar ilustrasi atau gambar di web dia tapi dia tidak mengizinkan kalau dipublish di web lain (?)

    yang jelas, makasih udah sharing. pelajaran berharga banget nih :D
    makasih juga tips dan sarannya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah itu han, kayaknya alasan yg paling nyantol alasanmu ini. Soalnya aku sempet mikir kayak gini juga. Mungkin pas kemarin aku emang zonk, salah pinjem ilustrasi :(

      Delete
  14. makasih informasinya ya mba pit. jadi lebih hati2 lagi. semoga tidak terjadi lagi ya mba. :)

    ReplyDelete
  15. Selama ngeblog sih gue belum pernah dapet peringatan dari Google kayak kasus lo ini.

    Waktu awal-awal ngeblog, gue cuma nyomot-nyomot hore doang di google tanpa mencantumkan sumbernya, makin ke sini mulai menuliskan sumber dari gambar tersebut. Setelah baca postingannya Arif Munandar (Author Jungjawa.com) gue jadi nambah ilmu perihal gimana caranya menggunakan ilustrasi di blog. Salah satu caranya ya menggunakan ilustrasi dari gambar-gambar yang free license atau CC0-license. Sampe sekarang gue selalu pake ilustrasi untuk postingan blog dari sana.

    Biasanya gue suka pake dari pixabay, picjumbo sama pexels. Lengkapnya bisa liat di tulisan ini aja http://www.jurnalweb.com/website-stok-foto-video-gratis/

    CMIIW :D

    Salam, Aa Indra

    ReplyDelete
  16. wah, nice share mba. Thanks banget buat infonya :)

    ReplyDelete
  17. Terimakasih infonya, kalau ukuran gambar (panjangxlebar) ada ketentuan dari google adsense nggak?

    ReplyDelete
  18. Kok serem ya sampe diperingatkan sama gugel :o

    Mungkin pemilik gambarnya gamau ilustrasinya dipakai, jadi biarpun udah nyantumin sumber, tetep aja diprotes huhu

    ReplyDelete
  19. Sebenernya kadang kudu ijin sih ya :"(
    semoga ga kejadian lagi ya ^^
    btw, makanya aku lebih seneng bikin gambar sendiri ^^ lebih personal menurutku

    ReplyDelete
  20. makasih sudah di kasih tahu, informasinya sangat membantu sekali.

    ReplyDelete
  21. Alhamdulillah sejauh ini belum pernah dapet teguran dari google ._.
    *lalu gak berani asal nyomot gambar dari google*

    ReplyDelete

If you have no critics you'll likely have no succes ~Malcolm X

Parf Of


Blogger Perempuan Blogger Kekinian Warung Blogger Photobucket