20th Century Boys, Konspirasi dari Hasil Imajinasi

3:29:00 PM

sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/20th_Century_Boys

Judul : 20世紀少年
Judul Romaji : Nijusseiki Shonen
Judul Inggris : 20th Century Boys
Mangaka : Naoki Urasawa
Genre : Fiksi Ilmiah, Misteri
Volume : 22
Penerbit : Shogakukan (1999)
Penerbit Indonesia : Level Comics (2005)

Pernah dengar kalau di era modern ini, perang bukan hanya melalui genjatan senjata saja, negara-negara adidaya mulai mengembangkan virus mematikan sebagai senjata biologis dan menciptakan pula vaksinnya agar negara yang diserang tunduk padanya. Bagaimana kalau cerita semacam ini ada dalam komik? Pasti semakin seru, jadi apakah kawan-kawan siap dengan Rabu Review kali ini? Karena manga (komik Jepang)  20th Century Boys akan menemani Rabu Review minggu ini.


Storyline

sumber : 20thcenturyboys.wikia.com
Manga 20th Century Boys bercerita tentang Kenji, laki-laki yang mencurigai sebuah organisasi misterius bernama “Sahabat”. Kenji berasumsi bahwa Sahabat menjadi dalang di balik kejadian misterius yang ada di Jepang. Asumsi Kenji muncul ketika semua aksi Sahabat terasa sangat familiar baginya. Sampai akhirnya Kenji sadar bahwa kejadian misterius ini berdasarkan ramalan yang ia tulis saat kecil dulu dalam “Buku Ramalan”.

Masa kecil Kenji-lah yang telah menciptakan Buku Ramalan tersebut. Kenji kecil dan teman-temannya membuat sebuah khayalan yang akan terjadi di tahun 2000, dalam khayalan yang mereka tuliskan di Buku Ramalan, nantinya akan terjadi serangan virus di kota-kota besar dunia, lalu muncul raksasa yang menghancurkan menghancurkan Tokyo di malam tahun baru. Menyadari hal tersebut, Kenji segera mengumpulkan teman-teman masa kecilnya untuk melawan Sahabat. Apakah Kenji sanggup menghentikan aksi gila Sahabat? Akankah gagal? Silakan kawan-kawan blog beli manga-nya, kalau princess nyewa aja udah cukup.

Salah satu manga yang ceritanya paling berkesan buat saya, 20th Century Boys karya Naoki Urasawa. Naoki Urasawa menghadirkan cerita kompleks khasnya, sebuah manga fiksi ilmiah dalam karyanya ini. Kesan pertama saat membaca manga ini tuh ruwet rodok njlimet. Saya tidak terlalu suka dengan alur cerita flash back karena memusingkan, dan seakan-akan dibuat pusing. Namun Naoki Urasawa secara jenius bisa merangkai cerita manga ini dengan apik, dan saya nggak pusing banget mikirin maju mundurnya waktu yang selalu hadir dalam ceritanya. Yang ada malah semakin penasaran dan penasaran. Dan tahu-tahunya, potongan waktu yang muncul dalam cerita menjadi salah 1 kunci untuk mengungkapkan identitas Sahabat.

sumber : www.forbiddenplanet.co.uk

Penokohan yang kuat juga dihadirkan dalam manga ini, Kenji diciptakan sebagai tokoh yang memiliki andil besar atas terciptanya Sahabat, ia tak pernah menyangka, kekuatan saat ia kecil dulu telah membentuk sebuah pribadi paling psiko dari Sahabat. Tokoh Sahabat diciptakan dengan sangat apik oleh Naoki Urasawa, seorang tokoh yang digambarkan tenang namun menghanyutkan, pengaruh yang ia tebar mampu membuat seluruh manusia memujanya layaknya Tuhan. Selain penokohan yang kuat, cerita bertema konspirasi pasti memiliki daya tarik tersendiri, betul nggak? Cerita tentang senjata biologis, UFO, dan hal-hal yang belum kita ketahui kebenarannya secara langsung, dihadirkan Naoki Urasawa dalam 20th Century Boys.

Princess menyarankan banget buat kawan-kawan blog yang suka cerita fiksi ilmiah dibumbui dengan konspirasi buat baca manga ini. Walaupun kesannya berat dan njilmet, manga ini bakal bikin kalian penasaran dengan sepak terjang Sahabat dan perjuangan Kenji dalam melawan keinginan Sahabat menjalankan aksi dalam Buku Ramalan. Pokoknya percaya apa kata princess deh, ok..? Ya udah princess pamit dulu ye, bye~



Baca Artikel Populer Lainnya

17 komentar

  1. Kirain sahabat disini itu emang beneran sahabat, ternyata suatu organisasi. Terus itu yang menciptakan masalahnya kenji kecil? Keren banget ya. Tapi aku kok kayanya pusing ya sama alurnya, ga ngerti, lagian emang dasarnya ga suka baca manga sih ;D

    ReplyDelete
    Replies
    1. princess malah g suka baca novel :(

      Delete
  2. wahh, sekarang princess reviewnya komik gini yaa, makin keren ajaa hehe.

    aduh, kalau baca komik itu entah kenapa daridulu aku kurang suka ya pit. masih seru baca novel soalnya imajinasinya bisa kita timbulkan sendiri. kalau baca komik kan bisa dibantu dengan gambar-gambarnya gitu.

    tapi kayaknya komik 20th century boys ini keren juga. yang bikin aku penasaran itu sama setting waktunya, pasti seru banget tuh kalau dibikin maju mundur gitu. selain itu ceritanya semacam fiksi ilmiah juga. apalagi konflik yang dihadirkan juga asik banget yaa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih partner :)
      mungkin perbedaan inilah yang bikin kita dekat *eeaaa
      princess g suka novel soalnya :(

      Delete
  3. wah, konfliknya ada di kenji banget tuh ya. jadii.. apakah kenji berhasil? fiksi ilmiah ya? hmm, genre gue masih non fiksi thriller sih.. ahahaha. tapi nggak apa-apa, selama ada "mysterynya", gue suka..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau mau spoiler, bisa kok princess ceritakan :p

      Delete
  4. wah kebetulan banget saya suka sama cerita yang berbau bau sains fiksi begini... tapi cuman agak males sih kalau komik mending anime nya langsung ajah hahahhahaha...


    dilihat dari alur cerita mungkin sama kayak robotic notes sama steins gate kali ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. cmiiw, animenya setau princess g ada, tapi ada movie live actionnya

      Delete
  5. Aku ga tau caranya baca komiik ahahah. Jadi bingung sendiri
    Mending novel ajadeh kalo baca2 gitu

    Kalo ada film ato manganya pengen nonton. Alurnya keren sepertinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. princess malah g suka baca novel, pusiang :(

      Delete
  6. Duluuu.... Pernah baca reviewnya, ini udah ada animenya kan kalo nggak salah ? "Sahabat" tuh emng dari jepangnya namanya sahabat kan ? heran ya, kok orang jepang tau kata "sahabat", apa karena Indonesia udah dianggep "Sahabat"nya Jepang ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. cmiiw, setahuku animenya g ada, tapi live actionnya ada dan diproduksi tahun 2008.
      sebenernya sih, kalau pakai versi asli nama musuh utama itu Tomodachi yang kalau diartikan ke bahasa indonesia jadi sahabat.

      Delete
  7. Naoki Urasawa memang mangaka keren! Baca juga "Monster", deh. Itu juga tulisannya Naoki Urasawa. Itu juga banyak kejutan-kejutan di dalam alur ceritanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. setuju!
      beliau emang keren abis!
      aku sempet baca monster, tapi berhenti soalnya dipersewaan belum ada lanjutannya

      Delete
  8. Sahabat itu sebuah organisasi ya? Awalnya ya sahabat kayak biasanya. Hehe

    Eh komik ya? Entah kenapa gue belum pernah bisa baca komik. Gak nyaman aja sampe saat ini klo baca komik. Cupu bgt imajinasi gue ya princess. Hehe

    Yaudah ah... nyimak aja dulu kali ya. Klo udah selesai biar di review lagi.. hihi

    ReplyDelete
  9. Pernah nonton live-action nya, sekali. Kalo Manga-nya belum pernah sih. Even though I'm a big fan of anime, I don't really like manga hehe. Eh Kecuali genre detective kaya Kindaichi/Kudo

    ReplyDelete

If you have no critics you'll likely have no succes ~Malcolm X

Parf Of


Blogger Perempuan Blogger Kekinian Warung Blogger Photobucket