Kampung Inggris Cool, Karena Nge-Vlog Nggak Semudah yang Kalian Bayangkan

12:57:00 PM



“Youtube lebih dari TV”, pasti kalian pernah mendengar kalimat yang sempet populer beberapa waktu lalu. Nggak usah princess jelaskan secara rinci apa itu Youtube, kalian pasti udah banyak yang tahu. Ngomong-ngomong soal Youtube, beberapa tahun belakangan, situs web berbagi video ini semakin populer khususnya di kalangan anak muda. Dan saya pun nggak nyangka kalau ada salah 1 kawan SMA ada yang mulai terjun ke dunia per-youtube-an .

Berawal dari facebook (berasa lagunya Gigi), kawan SMA saya ini nge-share vlognya. Tanpa ba bi bu langsung saya nonton dan nggak lupa ninggalin jejak, di komentar facebooknya. Saya sempet bilang, “Bisa lah kolab sama blogger”, dia pun menanggapi dengan senang hati karena tahu emang tampang saya juga menjual, hahahahaha.. *abaikan*. Jadilah kami ngobrol banyak di WA sambil dikit-dikit modus. Sampai akhirnya hari Sabtu kemarin kawan SMA saya ini ngajak, “Kita mau bikin vlog di Pride Coffee, kalau mau ikutan datang aja, jam 3”. Tentu saja princess jawab OK!

Buat princess selain kesempatan buat ikutan nampang *teteup*, sekalian pingin tahu sih, kayak apa tuh bikin video vlog, apalagi kalau saya lihat dari hasil video mereka, bukan ecek-ecek lho, keren lah pokoknya. Biar dapet ilmu baru juga tentang dunia per-youtube-an, siapa tahu nular (kode keras beralih profesi).

ki-ka : Domo, Randy, dan Budi


Kalian bisa memanggil mereka, Budi dan Randy, dua orang ini yang menggerakkan channel Kampung Inggris Cool. Ditambah sukarelawan yang bisa kalian sapa, Domo. Channel Kampung Inggris Cool ini didedikasikan untuk pembelajaran Bahasa Inggris khususnya speaking, namun tetap dibuat semenarik mungkin biar nggak monoton. Bisa dibilang mereka membuat video ini sekaligus untuk memperkenalkan dan mempromosikan Kampung Inggris yang menjadi salah 1 tempat terkenal di Kediri untuk belajar Bahasa Inggris.

Sabtu kemarin menjadi proses untuk pembuatan vlog keenam mereka. Saya yang emang buta sama pembuatan video memperhatikan dengan seksama, “Eh kalau kalian bikin video, pake konsep nggak sih?”, saya sempatkan bertanya. “Nggak, kita nggak pernah pake konsep.”, kata Budi. Nggak pernah pake konsep? Jadi spontan gitu? Hebat banget. Jadi mereka membuat video selama ini nggak pake konsep, skrip, atau semacamnya, alami dan ngalir gitu aja. Jujur aja, kalau saya nyerah dan angkat tangan, cuman kalau orang-orang macam Budi, Randy, dan Domo, saya perhatikan orangnya emang spontan dan ngalir, jadi ide yang muncul langsung diterapkan, kalau nggak cocok paling cari ide lain, kalau mentok, liat youtube buat cari refrensi.



Walaupun kesannya spontan, menurut saya selama memperhatikan pembuatan video, mereka emang udah punya kompetensi yang lumayan mumpuni. Budi dan Randy, membentuk suatu kerjasama disertai improvisasi yang baik, lalu Domo sebagai kameramen, mengarahkan gaya dan mencurahkan ide dengan Budi dan Randy. Saya yang hanya melihat hanya bisa mengangguk-ngangguk manja.

Ternyata membuat video tak semudah yang kebanyakan orang bayangkan. Walaupun spontan tanpa konsep, tetap saja ada kendala yang harus mereka hadapi, seperti keterbatasan sarana prasarana. Mereka harus take beberapa kali karena kamera yang agak rewel, lalu di bagian voice, mereka mengakalinya dengan sound recorder  yang tersedia di handphone, walaupun suaranya nggak bakal sejernih micorphone sih, tapi hal-hal yang kayak gini yang bikin saya salut sama mereka. Bikin video bukan karena popularitas dan trend semata, mereka emang mau berbagi ilmu sambil promosi potensi daerah.

Jadi buat kawan-kawan blogger semua yang mau nyobain dunia youtube, semangat ya, karena bikin video nggak semudah ngambil upil. Jangan lupa tonton video mereka yah (saya cantumkan di akhir postingan) dan juga berikan dukungan kalian buat Kampung Inggris Cool, dengan subscribe, like, comment, and share video mereka. Dukungan kalian sangat berharga buat mereka. Ok deh, sampai jumpa besok yah, di postingan berikutnya, semoga Seninmu menyenangkan.




ps : princess juga nongol disindang lho :*

Baca Artikel Populer Lainnya

35 komentar

  1. Cieee jadi youtuber sekarang, cieeee... hehe

    Wah, sapa ya yang mau ajak gue projek youtube atau projek apaan gitu. Wkwkwk *ngarep*

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang mau ngajak rifqi, silakan silakan

      Delete
  2. Keren juga mereka yah.
    Tapi sayang jarang buka youtube euy..
    Sukses terus lah :)

    ReplyDelete
  3. Vlognya bermanfaat :')
    Kok dikit banget di videonya (?)

    *jejak : kupingkucing.wordpress.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya masih baru mulai mereka, jangan lupa dukungannya ya :)

      Delete
  4. Ciee, nongol di youtube nih akhirnya, meskipun cuma diundang collab aja hehe. Harusnya nanti lain waktu kamu harus mendirikan channel youtube mu sendiri pit!

    Keren juga ya mereka, bikin vlog tanpa konsep gitu. sedangkan kita saja kalau mau bikin postingan kan harus bikin konsep, outline, dan lain sebagainya.

    Aku juga salut sama niat mereka yang menggunakan media vlog untuk berbagi ilmu tentang bahasa inggris. Yaa, semoga semakin banyak creator yang niat utamanya berbagi ilmu kayak mereka.

    ReplyDelete
    Replies
    1. dulu udah pernah bikin kok maz, sebelum orang-orang pada bilang youtube lebih dari TV, hahahaha
      jangan lupa dukung mereka yah! :)

      Delete
  5. Aku juga lagi kepikiran buat seriusin Youtube nih.. Semoga lancar jaya deh~ xD
    Langsung meluncur ke channelnya~

    ReplyDelete
    Replies
    1. thank you safira, kamu juga yg semangat ngeyoutube-nya

      Delete
  6. (((karena tampang saya menjual)))
    Hahaha. Wah asik tuh ke sana emang pas lagi main apa gimana? Vlognya mantap euy! \(w)/

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenernya sih g pas gimana2, sebelumnya sempet kontek2an sama Budi yang notabene temen SMA, jadilah pas mereka nge-vlog sekalian ngajak deh

      Delete
  7. mantep dari yang dulunya bogger udah naik level jadi vlogger nih

    ReplyDelete
  8. Agak sedikit kecewa ni, pit. Lo cuman kelihatan pundak doang di awal dan pas ending cuman senyum2 sendiri sambil nyebutin akun IG lo. Udah, terus tu. Celingak-celinguk. hahaha. Dasar pipit. Kata-kata lo cuman nyebutin IG sih, jadi medhoknya gak keluar.. XD

    Btw. Kalo soal Angle Shootnya udah bagus. Tapi rada goyang, sih. Harusnya diperhalus waktu ngedit. Untuk semuanya keren...

    Sukses ya pit..

    ReplyDelete
    Replies
    1. ah heru mah yang dicari kesalahan aku aja ih! :p

      Delete
    2. Hahahaha. Biar seru pit. Kan kalo gitu lo Makin Sensasional...

      Delete
    3. nanti kapan2 bikin edisi medok yg panjang, biar heru seneng

      Delete
  9. jadi sekarang kamu mau jadi youtuber atau blogger, atau keduanya? kamu bikin chanel sendiri aja pasti bagus

    ReplyDelete
    Replies
    1. jadi blogge ajah.
      udah punya channel kok di youtube, tapi g dilanjutin lagi

      Delete
  10. Wahhh incess udah pernah nampang di youtube, ga kepikiran buat nampang di tv juga nih sama princess yg ada ditv?

    Sebenernya buat video itu susah banget, apalagi pas bagian editingnya itu harus super sabar banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. g ada yg nawarin incess nad buat tampil di tipi :(

      Delete
  11. Cieeeee mbak pipit masuk youtube. Mukanya kaya kebingungan. Hahahahhaha
    Bebas mah mbak pipit kalau mau ganti profesi. Jujur kalau youtuber's itu bagian tersulit yah editing. Mulai dari cut, sound, timing (biar orang ngerti). Rendernya belum juga (lama beuh) :3 Syedihh dah pokoknya. Kesabaran yang paling utama menjadi youtuber

    ReplyDelete
    Replies
    1. aduh.. g sanggup princess merubah haluan. buat sekarang jadi blogger ajah, lebih enyoy! tapi kalau diajak syuting g nolak sih :p

      Delete
  12. nah yutuber2 yang bikin konten bermanfaat begini yang musti diberdayakan. Gak buang2 kuota dengan percuma, tapi dapet ilmu juga hmmm...

    btw, serius gak pake konsep? pasti ada dong konsep dasar, misal, "oh kita bahas past tense yuk" atau apa gitu, kalo gak ada konsep menurut gue takutnya malah kemana2 hoho

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan lupa dukung mreka yah :)
      ada kok kalau konsep dasar, tapi cuman sekedar omongan doang

      Delete
  13. kamu ini salah satu penghuni kampung inggris atau emang rumah kamu disana ?


    wah pengen lah ngevlog, cuman tampang saya nggak menjual bluas dan ndak punya kamera... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukan keduanya, cuman kalau ke kampung inggris g jauh lah, 15 menit dari rumah

      Delete
  14. Waaahhh kereeeennn. Niat banget ya Kak bikinnya sampe semua dipersiapkan dengan mateng. Tapi kalo mau bikin video emang ribet sih yang prepare-nya. Dulu aku sempet juga gabung di komunitas seni. Dan ada bagian pembuatan film. Bahkan syutingnya aja bisa beberapa hari dari pagi sampe subuh. Padahal film pendek. Tapi semua rasa capek itu pasti kebayar kalo udah ada hasilnya. Apalagi yutuber. Saat viewernya banyak, liker dan subscribernya juga udah melejit. Pasti ketagihan ya bikin video lagi dan lagi :D

    ReplyDelete
  15. yapp, bikin vlo9g memang nggak gampang. dulu waktu kelas 11 gue pernah nyoba, kendalanya ya begitu lah. take beberapa kali, terus waktu masuk editing video ada masalah lagi. waktu videonya selesai, harus di kompress lagi biar nggak kegedan mb nya. astaga..

    ReplyDelete
  16. iyaa emang agak gampang-gampang susah sih. mikir materi dulu, terus pengambilan video, editing, publishing. panjang prosesnya.

    ReplyDelete
  17. gak gampang emang bikin konten video, setiap kali gue bikin konten video masalahanya ya ga jauh-jauh dari sarana prasarana, kalo masalah editing itu sih biasanya tergantung konsep, dan gue salut sama randy, budy, dan domo yang bikin video tanpa konsep, menurut gue itu susah hehe..

    btw, gue pernah denger tentang kampung inggris di kediri dari guru SMA gue, pengen kesana buat belajar bahasa inggris :v

    ReplyDelete
  18. Itu mukamu mbak serius amat merhatiinnya whahaha. Eren juga yah mereka bikin vlog tanpa konsep gitu. Kok bisa ya ngalirinnya. Jadi penasaran sama chenel youtubenya.
    Berati rumah mbak pipit deket deket kampung inggris ya? Asik dong

    ReplyDelete
  19. Thanks a million buat si Incess yg ng-Up channel kami lewat blog kereen mu. Hope you guys like it. One thing for sure, like, share and subscribe... #kampunginggriscool Vlog

    ReplyDelete
  20. kaau soal bahasa inggris, ane cm bisa nangkep kata-kata doang....itu jga kalau pelan, kalau yang ngomong udah ngebut juga gak bakal masuk ke otak. kkwkwkwkw

    ReplyDelete

If you have no critics you'll likely have no succes ~Malcolm X

Parf Of


Blogger Perempuan Blogger Kekinian Warung Blogger Photobucket