Dendeng Ragi Ontong on Njajan Time

7:00:00 AM



Minggu kemarin absen Njajan Time, demi apa incess ngerasa dosa banget, padahal di rumah lagi banyak jajanan, soalnya emak abis belanja gitu deh. Tapi, kalau nggak ada mood buat jepret-jepret, foto-foto incess pasti jelek, alhasil minggu kemarin incess urungkan, nggak ngeposting soal Njajan Time *ngeles*. Berbahagialah, karena minggu ini incess telah hadir bersama jajanan baru.

Jadi, minggu ini ada makanan khas daerah, eum.. lebih tepatnya makanan khas daerah dari hasil inovasi dendeng ragi. Pada umumnya dendeng berarti daging iris tipis yang sudah diberi bumbu-bumbu, tergantung daerah-daerahnya, kalau di Jawa terkenal dengan dendeng ragi, daging iris tipis dengan parutan kelapa yang telah dibumbui. Terus apa inovasinya? Jadi Bu Diah Srikandi membuat inovasi dendeng ragi dengan bahan utama bukan daging, melainkan jantung pisang atau dalam bahasa Jawanya disebut ontong. Akhirnya terciptalah produk baru yaitu Dendeng Ragi Ontong dari Bu Diah Srikandi. Penasaran rasanya gimana? Cus kita incipin.


Bentuk, Tekstur, dan Rasa


Dendeng ragi tapi dari jantung pisang, hem.. bakal kayak apa yah rasanya? Akhirnya incess buka bungkus dari Dendeng Ragi Ontong. Wooow.. bentuknya mirip sama dendeng ragi yang dari daging. Jadi bentuk jantung pisangnya mirip daging dendeng gitu, bahkan warnanya juga hampir sama, cuman agak lebih gelap aja. Semakin penasaran sama rasanya.



Setelah incess potong menjadi lebih kecil, tekstur dari dendeng ontong mirip daging juga, berserat gitu, cuman yang membedakan jantung pisangnya lebih kenyal dan kesat gitu, pas ditelen berasa ganjel di tenggorokan gitu deh. Terus gimana rasanya? Akhirnya incess harus mengatakan, rasa dari dendeng jantung pisangnya nggak sesuai selera saya. Rasanya condong ke manis dan lurus gitu, mungkin kalau misalnya lebih gurih dan pedas, pasti enak banget.

Kemasan dan Harga



Kemasannya biasa aja sih, nggak ada yang istimewa tapi terlihat higienis, nah kalau harganya, Rp. 27.000,- per  bungkus. Cocok buat oleh-oleh kalau kalian lagi main ke Kediri dan bawain makanan-makanan khasnya.

Kesimpulan
Nilai : 1.5
+ Inovatif
+ Bisa buat oleh-oleh
- Rasanya manis dan kurang nendang
- Harganya kurang bersahabat
Beli lagi? Nggak deh kayaknya



Baca Artikel Populer Lainnya

35 komentar

  1. Waahhhh ternyata ontong bisa dibuat dendeng ragi juga?
    Waahhh...
    Dan ini bisa yaaa jadi pilihan oleh-oleh dari Kediri selain Tahu.. :D

    Tapi berhubung aku pertama, gak begitu suka dendeng ragi dan kedua, aku juga gak suka sama ontong..... aku gak tertarik buat nyicip Mbak Piitt.....

    Btw, aku salfok sama nasi merahnya.
    Mbak Pit kalau makan pake nasi merah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kebetulan beli ini tuh soalnya mama aku penasaran fit, kan pernah dendeng ragi ontong ini masuk tipi, jadi mama nyari-nyari di supermarket dan ketemu deh.
      Yes, aku kalau makan g pake nasi putih fit, yah mungkin disaat tertentu sih baru makan nasi putih. Tapi kalau di rumah ya nasi merah ini makanan pokokku

      Delete
  2. Jujur Gue mikir keras,,,
    Ontong apa'an ya,,,?? Gak taunya jantung pisang...

    Salam Kenal Dari Blogger Pulau Seribu....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ontong tuh bahasa jawa bang wahab :D
      Salam kenal juga dari Jawa Timur

      Delete
  3. Oh, ini saya pernah nonton proses pembuatannya di acara Laptop Si Unyil! Memang inovatif banget ya~ XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang beberapa kali udah masuk tipi :D

      Delete
  4. kalo makanan2 asal daerah begini cocoknya sih emang buat oleh2, makanya kadang harganya gak manusiawi :')

    btw, fotonya pake kamera apa? bagus euy.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, harganya emang gitu sih kalau jajanan khas daerah, tapi salah 1 tujuannya kan buat naikin penghasilan dan ngangkat ekonomi daerah juga :)
      Ini cuman pake smartphone

      Delete
  5. Maafkan aku mbak incess. Aku sempat salah paham dengan kata "Ontong" *iykwim lah
    Ternyata itu artinya jantung pisang. Baru tau pisang punya jantung. Hahahahha

    Mungkin mbak incess bisa datang gitu ke mbak diahnya, suruh buatin rasa pedes biar makin nendang buat mbak incess

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasa salah paham, soalnya kata ontong agak nyrempet-nyrempet gitu sama anu, woleees..

      Delete
  6. Sekilas baca judul... Ragi Ontong???? :D kata ontongnya itu bikin... Ih apaaaaa ini kok ontong :'D ternyata, jantung pisang hehehe
    Aku setuju kalo rasanya gurih dan pedas. Karena aku pecinta gurih-pedas sih :'D
    Itu berat isinya berapa, Teh Pit?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tuh kan udah pada salting semua baca kata ontong. Padahal ini mah jantung pisang doang :p
      Tos dulu, emang paling sip yah ris :D
      Hehehehe, lupa beratnya berapa :D

      Delete
  7. Ini dijual di supermarket atau dimana ya ? Jujur gue baru tau ! . Di Samarinda , kayaknya belum ada yang jual deh . Dendeng itu dari daging ya kalo gak salah ? lah ini kok dari jantung pisang ? haha ha ha unik + aneh + keren lah . Bisa ngundang rasa penasaran orang .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini makanan oleh-oleh khas daerah gitu. Kalau di luar Kediri aku g tau juga dimana belinya, coba aja cek toko yang jual makanan oleh-oleh kalau g di supermarket gedhe kayak karfer atau jayen, dsb kayaknya ada deh.

      Delete
  8. eh.....gue gagal fokus ama namanya "ontong", dari kediri iya, cocok dijadiin oleh-oleh kelampung nih, iya cuma harganya enggk bersahabat sama saya *_*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau buat nak sekolah emang g cocok :p

      Delete
  9. Kalau dendeng sih aku biasanya makan yang daging pit, tapi kalau dendeng dari ontong ini kayaknya patut dicoba deh. Soalnya aku juga suka banget ontong btw. biasanya mamaku masak ontong buat disayur gitu dan itu rasanya enak banget. kayaknya kalau dijadiin dendeng gitu pasti maknyus juga. tapi kok harganya mahal banget -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau "Jangan Ontong" emang enak Maz, apalagi kalau dibuat pedes gitu, syedaaap!!! Tapi kalau dendeng ini agak gimana gitu Maz, dan juga harganya yah.. you know lah harga oleh-oleh tuh g murah

      Delete
  10. YAAAAY! udah pernah nyobain dan rasanya emang enak. Sumpah itu foto-fotonya bikin laper yak wkwkw

    ReplyDelete
  11. jadi lapar. tau aja kalau baru pulang ngampus :D
    sebelumnya salam kenal mba :)

    ReplyDelete
  12. 27 ribu tapi kok kayaknya kecil gitu ya. Hmmmm mendingan beli kitkat green tea deh. Muehehehehe. *kabur naik gojek

    ReplyDelete
  13. pengen nyoba deh mbak, keknya enak.
    iya tapi kok mahal ya 27.000 :'

    btw makannya pake nasi merah, maaaaauuuk

    ReplyDelete
  14. Hmmmm... di tempatku namanya apa ya.... kayaknya belum pernah makan dendeng deh. hahaha. jadi gak tau dendeng aslinya tuh kayak gimana.

    sehat banget makan nasi merah. eh gw juga belum pernah makan nasi merah. yawla... gue cuma bisa makan tahu sama tempe doang. :(

    ReplyDelete
  15. iiiihhhh suka dendeng!!! Mauuuuuukkkkk.
    Dulu waktu masih kecil suka dibikinin Oma dendeng.
    *Ngiler

    ReplyDelete
  16. Wah itu ternyata namanya dendeng toh...
    sudah bertahun tahun makan gak tau namanya...hahah

    ReplyDelete
  17. Mirip bikinan rumah nggak itu rasanya?
    Sometimes lebih suka makanan bikinan warung sih. Hhehe...

    Terus belinya itu camilan di mana ya?

    ReplyDelete
  18. gambarnya bagus. jadi pengin nyobain dah tuh dendengnya.

    ReplyDelete
  19. Dendeng ontong ya Pit? Keren juga kalo ontong bisa dijadikan dendeng gini. Tapi score nilainya kok cuman 1.5 ya?

    Pengen beli juga kalo ada di sini.

    ReplyDelete
  20. aku malah suka bikin tumis/oseng jantung pisang atau dibuat gulai mbaa...lebih mantep! hehehe

    ReplyDelete
  21. Aku kira ini daging lhoooo...
    :D
    ternyata bukan hiihi
    ini oleh oleh khas kediri toh.. aku baru tau

    Btw foto fotomu bagus pit.. pake kamera apakah ?

    ReplyDelete
  22. Ternyata Jantung Pisang, ada yang bisalng kalau otong itu

    ReplyDelete
  23. Owalah jantung pisang to :D
    kalau disini nyebutnya jantung doang sih. Hehehe
    salam kenal dari Blogger Kendal..

    ReplyDelete

If you have no critics you'll likely have no succes ~Malcolm X

Parf Of


Blogger Perempuan Blogger Kekinian Warung Blogger Photobucket