Stranger Things Season 1 : First Impression

10:04:00 AM

sumber : en.wikipedia.org/wiki/Stranger_Things_(TV_series)


Judul : Stanger Things Season 1
Creator  : The Duffer Brothers
Genre : Supranatural, Horor, Misteri, Science Fiction
Negara : Amerika Serikat
Bahasa : Inggris
Total Episode Musim 1 : 8 Episode
Jaringan : Netflix
Tanggal Rilis : 15 Juli 2016

Pemain :
Gatern Matarazzo sebagai Dustin Henderson
Caleb McLaughlin sebagai Lucas Sinclair
Noah Schnapp sebagai Will Byers
Finn Wolfhard sebagai Mike Wheeler
Millie Bobby Brown sebagai Eleven
Winora Ryder sebagai Joyce Byers
David Harbour sebagai Chief Jim Hopper

Pas iseng-iseng blogwalking, incess mampir ke blog yang dulu sering banget saya samperin. Singkat cerita, yang punya blog abis ngereview serial barat, penasaran kan incess jadinya, akhirnya baca review dan tertarik buat nonton, tapi pas liat genrenya yang termasuk horor, jujur incess mundur selangkah, ‘Nonton nggak ya?’, begitulah kira-kira. Sampai akhirnya saya memberanikan diri karena penasaran. Dan inilah first impression incess tentang serial Stranger Things Season 1 episode pertama. Seru nggak sih? Yuk yah tonton teasernya dulu biar makin penasaran.


Storyline Episode 1



Indiana 1983, empat orang sahabat, Will Byers, Dustin Henderson, Lucas Sinclair, dan Mike Wheeler sedang asyik bermain Dungeons and Dragon di gudang bawah tanah rumah Mike. Pertarungan sengit ke empat anak-anak ini membuat mereka lupa waktu, sampai akhirnya ibu Mike menegur ke empat bocah ini. Waktu yang menunjukkan pukul delapan malam mengharuskan Will, Dustin, dan Lucas pulang dari rumah Mike dan melanjutkan kehebohan mereka esok pagi di sekolah.

Saat perjalanan pulang, Will melihat sesosok makhluk yang membuatnya ketakutan, hingga akhirnya ia membanting setir sepedanya menuju hutan dan lari terbirit-birit ke rumahnya. Will berpikir rumah akan menjadi tempat yang aman untuknya berlindung dari makhluk tersebut, tapi sayang, makhluk tersebut datang pada Will dan membawanya lenyap malam itu.



Keesokan paginya, ibu Will, Joyce Byers, bermaksud membangunkan Will dari tidurnya, tanpa ia tahu bahwa anaknya telah menghilang. Sampai akhirnya ia sadar bahwa Will tidak ada di mana pun, Joyce yang kalang kabut segera melaporkan kehilangan Will ke kantor polisi, namun sayangnya Chief Jim Hopper, tak percaya atas kehilangan Will (pada awalnya), Jim berpikir bahwa mungkin Will sedang membolos atau melakukan kenakalan-kenakalan  seperti bocah-bocah pada umumnya. Joyce bersikeras anaknya telah menghilang, ia memohon pada Jim untuk mencari Will segera.



Di lain pihak, di sebuah labotorium terjadi kegaduhan. Sekelompok orang datang dan menggunakan pakaian khusus serta membawa senjata, memasuki sebuah ruangan untuk mencari sesuatu. Sampai akhirnya mereka menemukan sesuatu. Salah seorang diantaranya berkata, “Gadis itu belum jauh”.

Seorang anak perempuan keluar dari hutan dan memasuki sebuah kafetaria, berharap ada makanan yang bisa ia makan. Sayang, pemilik kafetaria memergoki aksinya, tapi beruntung si pemilik berbaik hati pada anak perempuan tersebut, mungkin karena rasa ibanya pada bocah malang ini. Akhirnya diketahui bocah itu bernama Eleven, namun ia tak menjawab banyak hal yang dilontarkan pemilik kafetaria, sampai akhirnya diam-diam si pemilik menelepon dinas sosial untuk menjeput Eleven dan membawanya pergi.



Dinas sosial yang dihubungi pemilik kafetaria datang untuk menjemput Eleven, tapi malang, si pemilik ditembak mati di tempat saat itu juga. Eleven yang sadar segera berlari keluar, namun sayang ia dihadang oleh duo orang lelaki yang membawa senjata, siap menembakkan peluru pada Eleven apabila bocah ini melawan. Tapi siapa sangka, Eleven bukanlah bocah biasa, ia memiliki sebuah kekuatan yang membuatnya mampu lolos dari kepungan dua orang tadi.

Kembali pada Mike, Lucas, dan Dustin. Ketiga sahabat ini berinisiatif mencari Will di hutan tempat sepeda Will ditemukan. Di malam hari dengan hujan yang lebat, mereka bertiga bertekad untuk menemukan Will malam itu, namun tak disangka Eleven muncul dihadapan mereka bertiga dan bersambung.

Kesan Incess

Melawan rasa takut pada film bergenre kehororan kayak gini rasanya mustahil bagi saya. Tapi rasa penasarannya itu lho, bikin saya melawan rasa takut, tapi tetep nyembuniin muka di balik kerupuk (btw, saya nonton Stranger Things pas makan siang di kantor, sengaja). Mungkin bagi penggemar film genre beginian, kehororan Stranger Things di episode pertama nggak ada apa-apanya, tapi suer saya teriak pas menit-menit pertama, sampe ibu-ibu kantor ngeliatin saya. Nasibnya wanita penakut, coba ada pundak oppa, incess kan bisa berlindung di ketek oppa.

Berlatarkan tahun 80-an, menurut saya Stranger Things sukses meramu jalan cerita menjadi semakin menarik. Kalian bisa lihat detail-detail tahun 80-an disini, dari telepon yang nomornya masih diputer-puter, terus handy talky yang segedhe ganjelan pintu, potongan rambut, dan fasyen ala 80-an. Menurut incess Stranger Things ini termasuk detail dalam menghadirkan setting 80-annya. Coba kalau  endonesah, sinetronnya kayak gini? Ngarep? Kagak deh..

Misteri yang dihadirkan di episode pertama udah bikin incess penasaran. Makhluk yang di liat Will, walaupun cuman keliatan bayangan doang, kayak monster dan mirip Venom (tokoh di Spiderman) gitu. Terus soal Eleven, ini bocah ujug-ujug muncul, kepalanya rada botak, penampilan lusuh, punya kekuatan, terus punya tato “011” di lengannya. Asli bikin penasaran, apalagi doi dikejar-kejar sama orang lab. Incess berspekulasi di episode pertama ini kalau Eleven ini semacam mutant atau mungkin makhluk ciptaan orang lab, eh bisa jadi juga dia punya hubungan sama monster yang nyulik Will. Ah.. entah lah, masih gelap, ini masih episode pertama.

ki-ka : Eleven, Dustin, Lucas, Will, dan Mike
Tapi yang bikin berkesan dari semua hal di Stranger Things, pemainnya itu lho yang kebanyakan anak-anak, bisa membawakan perannya dengan baik. Ini bocah-bocah emang udah punya bakat buat jadi aktor, sampe domble liat akting mereka yang menurut incess, “Hei, ini bukan film anak-anak lho! Mi apah? Mereka keren abist! Sadeeest!!”. Pemeran Mike, Dustin, dan Lucas, mampu membawakan peran dan menghadirkan kekuatan persahabatan yang erat, mereka total banget, apalagi pas adegan mereka nyari Will di hutan, miapah? Naik sepeda, malem-malem, hujan lebat, ke hutan lagi, Incess mah nonton drama koriya aja di kamar, ngeliat oppa-oppa kece. Oh ya dan lagi, Eleven, ini anak bisa banget meranin bocah yang tanpa banyak omong tapi dari raut mukanya udah kayak kebaca gitu, dia abis disiksa dan butuh perlindungan. Kalau incess yang akting paling udah digampar ama sutradaranya, soalnya muka udah kayak minta kawin pas disuruh akting melas.

Overall, serial ini keren. Baru episode pertama tapi udah bikin penasaran karena misteri-misterinya, terus konfliknya juga, akting dari aktor-aktor ciliknya yang nggak kalah kece dari aktor seniornya, wow lah pokoknya. Jujur incess penasaran  walaupun genrenya horor sih, tapi maju terus pantang mundur!  Nontonnya di kantor, biar ada temennya (cari tameng perlindungan). Btw ada yang udah nonton Stranger Things juga? Share juga dong pengalamannya di kolom komentar, incess tunggu ya. Oke deh segitu aja dulu ~bye..


Baca Artikel Populer Lainnya

22 komentar

  1. Seru-seru.. itu mba inces sampe teriak gitu.. Di pikir ibu2 kantor lagi ngapain ya :D

    Sepertinya memang keren filmya, penasaran juga pgen liat..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha, mereka langsung melototin gitu, tapi woles lah yah.. :D

      Delete
  2. Lumayam nih buat refrensi tontonan baru

    Salam kenal dr www.travellingaddict.com

    ReplyDelete
  3. serem banget ga sih? kalo TWD saya masih berani nonton sendiri hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku malah belum nonton TWD bund. eum.. kalau buat aku karena emang g suka genre horor ya g serem

      Delete
  4. Kalo diliat lebih ke horor action gitu ya mbak ? bukan hantu-hantu ?
    Seru nih kayanya film ini, gue juga udah penasaran. mau nonton quota nggak ada.

    Hahaha. gue juga takut, kalo fim horor hantu. lah laki kok takut. nggak, gue takut aja kalo hantunya takut ngeliat gue takut, kan sama-sama takut jadinya. Lah ngomong opo to

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukan hantu sih, tapi ada supranaturalnya juga. ini masih episode 1, jadi belum bisa nebak lebih banyak

      Delete
  5. Sama nih aku juga takut horror, tapi yang ginian bikin penasaran juga sih. Semacam ada teka-tekinya gitu.

    Jadi ini baru episode pertama ya? Kirain sudah masuk episode belasan gitu jadi bisa cari bocorannya di internet. aku tipe orang pencari spoiler sebelum nonton sesuatu.

    Mungkin si Will diculik sama yg pake baju putih itu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. teka teki silang? :D
      ih kok sama, aku juga suka spoiler tau, tapi yah orang-orang banyak yang g suka, jadi yah main aman aja.
      ye.. jangan sotoy ih, masih episode 1

      Delete
  6. Pit, ini ada 8 episode dan kamu jangan review keseluruhan episodenya yaa. soalnya aku baca yang season pertama ini aja udah takut. aku emang cemen banget kalau sama film horror karena benci banget, takut lihat hantu haha.

    meskipun film ini bikin penasaran tapi aku tetep ogah lah nontonnya, daripada ntar nggak bisa tidur. mungkin bagi yang penyuka film horror, ini bisa jadi santapan yang lezat.

    btw, kamu nonton film itu di kantor? yaa nggak ada kesan seremnya keleess haha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. buseeet.. ini cowok-cowok kirain pada brani nonton beginian, eh ternyata pada ketakutan semua :p
      ya g lah maz, capek keleus ngetiknya, 1 episode aja cukup buat mengira-ngira.
      emang sengaja keles nonton di kantor, kalau nonton dirumah bisa kebawa mimpi :p

      Delete
  7. Font posternya rada2 mirip doctor strange ya sekilas haha.

    Hmmmm dari ulasannya gue masih blm penasaran sih, apa karena gak ditulis apa hubungan antara hilangnya will sama kemunculan eleven? Takut spoiler ya haha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sumpah ga, ini udah keseluruhan cerita episode 1, ciyus deh..

      Delete
  8. Okeh juga nih mbak filmnya kebetulan belum sempat nonton juga boleh lah dicoba ditonton.

    ReplyDelete
  9. Ganteng juga ya si will itu. Haha

    Entah kenapa gue agak bingung jalan ceritanya. Kurang minum air putih kayaknya mah. Hehe

    Yang gue pengen liat dari film ini bukan horornya. Tapi... suasana tahun 80an. Gue penasaran.. hahah

    ReplyDelete
  10. Woooooooaaaaaaaahhhh..... kayaknya serial ini seru juga yah!
    Nggak apa-apa teriak-teriak sendiri. Gue juga pernah nonton di ipad gue di bis transjakarta, spontan teriak sampai diliatin penumpang satu bis.

    *tepok jidat

    ReplyDelete
  11. Kirain langsung abis ces, lihat sinopsisnya seru. Siap masuk list buat ditonton

    ReplyDelete
  12. Gue kira ini bukan series, eh ternyata...

    kalo gue sendiri sih, suka nonton film horor yang langsung selesai mb, jadi merindingnya cuman sekali hahaha... tapi ini seru sih keknya, walopun baru awalan.

    ReplyDelete
  13. abis incess ceritain ini,. aku jadi penasaran sama ini film..apalagi dibalut dengan nuansa misteri dab horror...itu genre aku banget...cuman belum pernah juga sih nonton yang mostly pemainnya itu anak..mana pake ilang ilangan segala..kapan kapan nonton deh Inces :D

    ReplyDelete
  14. Tonton horror thailand dong kak inces hahaha.

    ReplyDelete
  15. gue lummayan penasaran nih sama filmnya, gue selama ini belom tertarik sama film horor yang serial, karena ya emang kebanyakan zombie''an gitu sih.
    thank you lah, bisa jadi rekomendasi film buat d tonton, mumpung masih libur juga.
    hahaha

    ReplyDelete

If you have no critics you'll likely have no succes ~Malcolm X

Parf Of


Blogger Perempuan Blogger Kekinian Warung Blogger Photobucket