4 Cara Jitu Merawat Bibir Kering & Pecah - Pecah ala Pipit

3:54:00 PM



Punya masalah bibir kering? Pecah-pecah? Terus jadi gatel pingin dikopek-kopek sampe akhirnya berdarah? Berarti kita sama, incess suka gemes sama kondisi bibir yang emang tergolong kering dan suka nggak nahan buat ngelupasin kulit keringnya ampe berdarah-darah. Kejadian kayak gini udah saya alamin dari jaman sekolah dulu, kayaknya SD deh udah suka ngelupasin kulit bibir yang kering, berlanjut hingga remaja, sekarang? Walaupun sudah menjadi wanita dewasa nan cantik *kibas jilbab*, kadang masih suka ngopekin kulit bibir kering kalau khilaf, walaupun nggak sesering dulu sih.

Keadaan ini bikin saya sebel, apalagi pas mulai kuliah semester 5, di mana incess mulai jatuh cinta sama lelipstikan, nggak pernah bisa tahan lama, soalnya apa? Tiap jam rawan (antara jam 9  sampai jam 10) bibir langsung kering dan bikin tangan gatel banget buat ngopekin kulit keringnya. Ini sungguh bencana buat para cewek yang mulai kenal makeup, setuju?

Akhirnya mau nggak mau incess puter otak, cari cara supaya bibir nggak kering biar lipstik bisa nemplok dengan sempurna. So, incess rangkum cara perawatan bibir biar nggak kering buat kalian semua, oh ya.. buat para cecowokan bisa juga lho, kan masalah bibir kering nggak cuman cewek aja yang alamin, karena sejatinya jaman udah berubah, mobilitas semakin tinggi, keadaan lingkungan pun membuat kebutuhan cowok udah mulai merawat diri, termasuk masalah bibir kering. Yuk ah kayaknya saya kebanyakan bacot,  langsung aja kita sambit.

#Cara1 : Gunakan  Lip Balm dan Lip Butter



Buat kalian yang punya masalah bibir kering, jangan sekali-kali menyepelekan lip balm dan  lip butter. Mereka-mereka ini partner kece yang bakal bantuin kamu survive dari bibir kering kerontang. Kalian bisa pilih sesuai kebutuhan, mau pakai lip balm atau lip butter, kalau keadaan bibir kering biasa aja cukup pake lip balm, tapi kalau keringnya disertai pecah-pecah pakailah lip butter, karena kandungan minyaknya yang tinggi bantu memulihkan bibir kamu pas kering dan pecah-pecah. Buat cowok-cowok nggak usah khawatir atau gengsi buat pakai lip balm atau lip butter, kedua benda ini diciptakan tanpa warna (walaupun di era sekarang udah banyak yang di double fungsikan sih), jadi nggak bikin kalian (para cowok) jadi pusat perhatian.


#Cara2 : Membersihkan Bibir



Pasti dari kalian banyak yang men-skip ritual membersihkan bibir atau bahkan nggak tahu soal membersihkan bibir.  Banyak yang beranggapan kalau menyikat gigi sama aja udah membersihkan bibir, jadi bibir nggak perlu dibersihkan lagi, inget lho kandungan pasta gigi itu buat gigi bukan buat bibir. “Buat apa dibersihkan? Kan bibir kita nggak kotor”, eits, jangan salah, membersihkan bibir itu penting lho. Sama halnya seperti tubuh yang perlu mandi, wajah yang perlu dibersihkan dengan pembersih atau facial foam, bibir pun perlu dibersihkan. Sisa makanan yang nempel di bibir, debu, dan juga polusi, ini salah tiga dari faktor-faktor yang bikin bibir kering, apalagi buat cewek yang pake lipstik, ini perlu banget dibersihin.

Incess ngerasin banget bedanya setalah tiap malam mau tidur ngebersihin bibir pake makeup remover yang khusus buat bibir dan mata, tingkat kekeringan bibir keesokan harinya berkurang. Selain make up remover yang khusus buat bibir dan mata, kalian bisa pakai baby oil atau minyak zaitun untuk membersihkan bibir. Cara pakainya gampang banget, tuang aja pembersih bibir (eye & lip makeup remover, baby oil, atau minyak zaitun) ke kapas, usapkan ke bibir kalian dengan lembut. Lakukan kegiatan ini sebelum tidur atau sesuai kebutuhan.

#Cara3 : Terapi Bibir



Buat yang bibirnya sedang kering dan pecah-pecah atau mungkin ingin dirawat biar kelembaban bibir terjaga bisa banget pake terapi yang satu ini. Jadi setelah kalian membersihkan bibir, oleskan madu di bibir, diamkan. Baiknya sih sebelum tidur yah, jadi manfaat madu bisa terserap baik di saat kalian tidur. Selain madu, kalian bisa juga pakai lip serum (kalau yang satu ini optional yah).

#Cara4 : Jaga Daya Tahan Tubuh



Kalaupun tiga cara di atas nggak mempan, berarti masalah bibir keringmu berasal dari dalam tubuh. Kejadian bibir kering biasanya karena daya tahan tubuh lemah. Apalagi pas musim yang nggak nentu gini, kadang hujan, kadang panas, bikin badan gampang sakit, dan sinyal-sinyal sakit ini kadang muncul di bibir yang kering dan pecah. Kalau incess pribadi untuk menjaga daya tahan tubuh, setelah bangun tidur dalam keadaan perut kosong (belum makan apanpun), incess selalu minum air jeruk nipis hangat tanpa gula. Air jeruk nipis hangat ini membantu menjaga daya tahan tubuh karena kandungan vitamin C-nya yang bagus buat tubuh kita. Udah saya uji coba selama 10 bulan terakhir ini, dan alhamdulillah nggak gampang sakit. Ini cara saya, buat kalian, bisa juga mengkonsumsi vitamin atau buah-buahan dan makanan berserat lainnya untuk menjaga daya tahan tubuh. Oh ya dan jangan lupa konsumsi air putih minimal 8 gelas per hari, banyak banget dari kita-kita yang suka menyepelekan minum air putih, padahal air itu penting banget buat tubuh kita.


Empat cara di atas udah saya praktekan selama 10 bulan terakhir sampai sekarang, dan sejauh ini masalah bibir kering dan pecah-pecah lumayan teratasi. Dulu suka sebel kalau pakai lipstik karena bibir gampang kering dan pecah, sekarang lipstik bisa stay 6 jam di bibir, setelah empat cara tadi incess terapkan di keseharian. Buat kalian yang memiliki masalah yang sama dengan saya silakan dicoba, siapa tahu masalah bibir kering dan pecah-pecahnya teratasi. Oke deh, sekian dulu yah postingan kali ini, semoga bermanfaat.. Btw, bagi juga dong pengalaman kalian sama bibir kering dan pecah-pecah, incess tunggu di kolom komentar yah. ~Bye & Happy Weekend!

Baca Artikel Populer Lainnya

49 komentar

  1. waaaah menambah pengetahuan banget kak :))

    ReplyDelete
  2. Whaahaa :D kreatiiiiif niiih kamu Mbak :D hihihi sukak :D

    ReplyDelete
  3. wah jadi tahu nih, bisa nih dipraktekan juga :)
    thank ya :)

    ReplyDelete
  4. Waaaa, bener banget nih. Aku juga tukang ngopekin kulit bibir yang kering :(
    Udah coba pake lipbalm tapi ngerasa ga enak, pake madu juga gitu doang.
    Nanti dicoba deh pake yang ada di tips ini. Makasih yaaa :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenernya nih, buat dapetin manfaat lipbalm atau madu, membersihkan bibir tuh penting. Biar nutrisi lipbalm atau madu bisa meresap dengan baik. Percuma kalau kita pake lipbalm/madu tapi g pernah bersihin bibir, dia bakal numpuk doang

      Delete
  5. Dari dulu aku bermasalah sama bibir pecah-pecah, dan sampai hari ini sering dikopek-kopek. Tipsnya udah kucobain semua. Emang dasar akunya aja bandel hehe.
    Edit fotonya pake apa sih? Lucu-lucu banget :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah bersihin bibir juga teh? soalnya kalau aku, bersihin bibir tuh penting, biar g terjadi penumpukan kotoran (debu, sisa makanan, dsb) supaya manfaat lipblam atau madu bisa terserap dengan baik
      ini di edit pake photoshop teh

      Delete
  6. tanpa sadar ini baca sambil ngopekin kulit kering di bibir T_T

    Inilah alasan aku gak suka pake lipstik, apalagi lipstik matte yang lagi hits gitu, kering parah.
    Jadi aku lebih suka pak lip balm yang berwarna sekalian, lebih efisien, hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku semenjak kuliah g bisa kalau cuman pake lipbalm doang, kurang cetar wi :p

      Delete
  7. mungkin bibir pecah - pecah karna butuh ciuman. Wkwkwk... becanda kelewatan deng!. hihi ampun mba pit.

    Kalau aku alhamdulillah ngk ngalamin bibir pecah2. paling kalau kering dibasahin pake liur. Kkk

    ReplyDelete
    Replies
    1. enak dong, bibirnya bisa pake berbagai macam gincu tanpa khawatir kering

      Delete
  8. Saya mah biasa minum larutan. Kalau ngk itu ya C1000

    ReplyDelete
    Replies
    1. siap mas, disesuaikan kebutuhan aja :D

      Delete
  9. Baca 4 cara ini. Gue yg cukup tertarik nomor 3 Pit. Terapi bibir. XD Soalnya gue udah lama menerapkan yang tips ke-3 ini. Ya, nggak tau. Seneng aja mulut dikerubungin semut. XD

    Iya, soalnya pernah pas sebelum tidur diolesin, paginya kok pedes-pedes. Rupanya semu udah pada nempel di bibir. XD

    Kalo jaga kesehatan itu pasti dong.. Karena, kalo panas dalamkan, bibir jadi pecah-pecah gitu.

    Makasih tipsnya pit.

    ReplyDelete
    Replies
    1. lah, mulut dikerubungin semut kok seneng? -____-"

      Delete
  10. Alhamdulillah gue sejauh ini belum ada masalah tentang bibir gue, cuman terkadang bibir gue ini sering ceplas-ceplos.

    Intinya, klo bibir cepat kering, itu tandanya kurang minum air putih...eh bening

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini masalah yg g baik, ingat bibirmu harimaumu

      Delete
  11. Syukurlah hingga saat ini aku masih belum kena masalah bibir pecah-pecah. Aku sih biasanya emang selalu rutin minum air putih. Apalagi di kantor kan kerjanya juga duduk, jadi minum air putih penting, sekalian basahin bibir.

    Tapi keempat tips yang kamu bagikan di atas itu bener-bener bermanfaat banget buat ayng punya masalah bibir pecah-pecah Pit. Mungkin kebanyakan dari cewek pakai lipbalm aja yaa, biar simple.

    Btw, aku suka banget sama postinganmu sekarang, banyak foto-foto unyunya gituuu

    ReplyDelete
  12. wih, sharing dari seorang yang sudah berpengalaman selama 10 bulan menghadapi bibir kering, mantap. cewek-cewek yang sering kekeringan bibir harus belajar nih dari sini...

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan lupa like dan share ya jev, sekalian aminkan postingan ini

      Delete
  13. Aku juga sering ngalamin gangguan bibir kering.
    asli deh itu ngebetin banget.
    dan untuk mengatasinya aku ga pernah pake lip balm atau lip butter,
    bahkan aku baru tahu ada benda begituan haha.

    Kalo bibir aku pecah2 biasanya aku pake madu aja teh.

    btw kalo masalah minum air jeruk nipis abis bangun tidur kayaknya aku belum pernah deh teh, kayaknya aku mau coba, tapi kalo ga konsisten ga apa apa kan ya teh ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. gpp rul, air jeruk nipis hangat ini vit.c alami buat jaga daya tahan tubuh kita. emang rempong sih, tapi lebih murah dan jelasnya alami daripada minum vitamin yg dijual dalam bentuk siap minum atau tablet.

      Delete
    2. Ternyata vitamin yang dijual instan itu juga tidak terlalu memeberi dampak kesehatan teh,
      *Katanya sih gitu, audah kata siapa

      Delete
  14. Gue termasuk yg sering kering nih. Kebiasaan basahin pake lidah eh ternyata katanya gak boleh, malah bikin makin kering, karena gue gak mungkin pake lip balm, jadinya pake madu doang kalo kering banget :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. gpp, ditelateni aja, tapi jangan lupa bersihin bibir, biar khasiat madunya meresap

      Delete
  15. Kadang bibir aku juga kering gitu, pecah pecah juga. Tapi aku nggak pernah pakai lil lip apa gitu huehe.

    Tips nya berguna banget sih buat para cewe, buat cowo juga bikin aku tau fungsi fungsi lip diatas._.

    Cara ke 3 boleh juga, diolesin madu kan manis juga kalo dimakan:3

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan dicoba dan semoga bisa mengatasi masalah bibir pecah2mu ya

      Delete
  16. Aku punya masalah kulit bibir pecah-pecah aku sering lakuin tips nomor 1 itu lumayan ampuh banget di bibir aku hihihi

    ReplyDelete
  17. Ada lagi salah satu tips dari pengalaman gua pribadi : jangan sering dijilatin. Di saat bibir kering, di bawah sadar kita jadi sering ngejilatin dan ngebasahin dia pake ludah, padahal hal ini sebaliknya malah membuat bibir kita tambah kering. Logikanya, di musim dingin kita boleh sering mandi karena sering mandi akan membuat kelembaban alami kulit kita hilang dan kulit kita malah jadi kering dan pecah2. Begitu pula dengan bibir.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ko, bener banget. makasih ya udah ditambahin :D

      Delete
  18. Kok gue malah fokus ke gambar-gambarnya, ya? Hahaha. Menarik. Btw, gue termasuk orang yang punya masalah sama bibir. Bibir gue pecah-pecah. Alasannya sih gue sendiri udah tau, gue sering gigitin bibir. Hahaha.
    Btw, nice tips.

    ReplyDelete
  19. Hahah ilustrasinya makin kece deh ah...kerenlah...

    ReplyDelete
  20. HAHAHA bener tuh ilustrasinya kocak. Tipsnya bagus juga sih. Tapi, untungnya gue gak pernah ngerasain bibir pecah-pecah. :D

    Gue kira terapi bibir, bibir kita digerak-gerakin. Gak taunya gitu toh. :D

    ReplyDelete
  21. Lucu banget editingnyaaa xD Samaaa deh bibirku juga kering bangeeeet. Kudu rajin2 diberi pelembab. Tapi belum sempat beli si lip butter yang hits ini ;(

    ReplyDelete
  22. Ohhh jadi begituu, saatnya aku sebagai lelaki macho untuk merawat bibirku :D

    ReplyDelete
  23. Mba Pipit, makasih lho tips-nya. sekarang-sekarang aku juga udah pake lip balm. tapi mba, punya tips tersendiri nggak sih biar bibir terlihat merah gitu? soalnya aku punya warna bibir rasa item gitu. lah malah minta tips lain :(

    ReplyDelete
  24. yes. akhirnya dapet juga cara jitu buat masalah bibir kering saya. Tararengkyu sis buat tipsnya.

    eh itu yang no 4 takarannya gimana ?

    ReplyDelete
  25. I think your blog is very impressive to me and thank you for your blog
    domino qiu qiu

    ReplyDelete
  26. NAAAAAH!!!!!!!!!!!!! Ini nih PENTING!!!!
    Tips keren...! Pengen beli niveanya ah..

    ReplyDelete
  27. Iya banget deh, yang pecah-pecah sama yang kering emang mesti dirawat. Thanks for sharing, mbak.

    Salam,
    Syanu.

    ReplyDelete
  28. Duh, aku banget deh ini, bibir suka kering sampe pecah-pecah, huhuhu

    Salam,
    Rasya

    ReplyDelete
  29. Diolesin maduu mbaak terapi bibir yg sering aku pakaai. 😁😁

    ReplyDelete

If you have no critics you'll likely have no succes ~Malcolm X

Parf Of


Blogger Perempuan Blogger Kekinian Warung Blogger Photobucket