Pantai Gondo Mayit, Esensinya Piknik Dadakan

8:58:00 AM



Piknik dadakan itu kayak main judi, kalau menang seneng banget, kalau kalah apes! Tapi seninya piknik dadakan itu bukan dari hasilnya, gimana esensinya kita nikmatin setiap keputusan yang kita ambil, menikmati perjalanan yang kita lalui walaupun pake nyasar dan akhirnya sadar, jangan sering pake google maps, tanya orang juga biar nggak kesasar.

Jadi, tanggal 15 Maret kemarin tepatnya saat pencanangan libur nasional baru, saya yang sejatinya wanita karir ini *kibas jilbab*, senengnya bukan main. Bawaannya pingin piknik, tapi nggak tahu kemana. Sampai akhirnya bangun subuh, lari pagi dilanjut renang, saya dan Deasy, mikir mau kemana abis ini, kalau balik ke kos mati gaya dong, ngemall? Ah apaan tuh? Sampai akhirnya kita mending sarapan dulu, karena perut lapar adalah kekejaman yang tidak termaafkan.


“Enaknya kemana Deas?”
“Mana ya?”, si Deasy malah balik nanya.
“Gini deh, kamu mau ke Gunung atau Pantai?”
“Gunung! Eh pantai!”
“Ish, jangan plin plan, gunung apa pantai?”
“Pantai!”
“OK Google, pantai terdekat dari sini dan ada pesta bikininya.”

Canda gengs, pokoknya kita menuju pantai dengan bantuan google awalnya, dan mulai tanya-tanya orang, sampai akhirnya kesasar, sampai akhirnya geje sendiri di jalan. Tapi kebahagiaan itu selalu ada yes,  ketika kesasar, kita tanggapi dengan santai, malah ketawa ngakak, ah.. emang yah sederhana banget. Sampai akhirnya kami sampai di wilayah Tambak Rejo, Kabupaten Blitar. Tak lupa bertanya pada bapak petugas loket, letak pantai yang kami tuju ada di sebelah mana.

Wilayah Tambak Rejo merupakan kawasan wisata pantai, tapi bukan Pantai Tambak Rejo yang kami tuju, ada sebuah pantai yang namanya horor kalau saya sebutkan.



Pantai Gondo Mayit, adalah pantai yang berlokasi di Tambak Rejo, Kabupaten Blitar. Nama Gondo Mayit sendiri berarti bau mayat, konon katanya dinamakan gondo mayit karena dulu banyak ditemukan banyak mayat di pantai ini, sampai akhirnya menimbulkan bau.

Serem? Kalau saya sih, nama hanya sebuah nama, kalau pun berarti seram sejatinya ada filosofi dibalik nama tersebut, ada tujuan tersendiri atas penamaannya. Nyatanya Pantai Gondo Mayit nggak seserem namanya.



Siapa sangka kalau pantai ini punya pasir putih yang cantik, ombaknya yang besar menunjukkan betapa besar kekuatan alam, dan angin lautnya, menebarkankan aroma asin yang khas, teriknya matahari dan birunya langit menyempurnakan lukisan Tuhan yang nggak ada duanya. Sumpah, perjalanan kesasar dan panas-panasan, terbayar sama indahnya pantai ini.



Sampai di pantai, saya dan Deasy duduk di tepi pantai, sambil makan roti. Sampai akhirnya Deasy memilih untuk tidur di depan warung dan saya, tetap duduk di tepi pantai. Merekam semua keindahan ini dalam memori. Ah.. rasanya tuh menenangkan, cuman ngedengerin deburan ombak dan wajah diterpa angin yang berisikan embun-embun kecil air laut, aroma terapi yang nggak ada duanya. Saya bisa betah berlama-lama di tepi pantai tanpa ngapa-ngapain.

Begitulah cerita piknik dadakan saya, disampaikan untuk dibaca dan menjadi maklum. Udah berasa kayak surat resmi aja ending-nya. Buat kalian yang sedang di Jawa Timur atau mungkin berada di wilayah Kabupaten Blitar, bisa banget main ke Pantai Gondo Mayit. Cukup merogoh kocek Rp. 10.000,- an aja, murah meriah apalagi buat anak kos-an.

Jadi, mau kemana kalian long weekend kali ini? Apapun itu semoga senantiasa menyenangkan dan membawa kebahagian untuk kalian semua. Selamat menikmati akhir pekan yang panjang dan have a nice Friday!

Lokasi :
Pantai Gondo Mayit
Tambak Rejo, Kabupaten Blitar
Jawa Timur

Baca Artikel Populer Lainnya

36 komentar

  1. Mbak Pit, postingannya berbau liburan mulu... kan jadi pengen liburan juga jadinya...
    Hehehehee....

    ReplyDelete
    Replies
    1. yuk lah gas fit, piknik di ringin contong

      Delete
  2. Ajakin ke sini dong kak Pipit! >_<

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayok ayok, kayaknya kamu sering ke blitar kan?

      Delete
  3. Asyik banget nih piknik dadakan ke pantai Apalagi kayaknya pantainya masih gak rame gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. pantai ini tergolong pantai baru, jadi masih sepi dan asyik buat kita yang suka pantai tapi butuh suasana sepi

      Delete
  4. O yaa ini pantai mayit yang ga ada mayyitnya :)
    ada kawasan untuk divingnya tidak teh ini ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau di daerah pesisir jawa kamu pasti tau lah rul, g bisa buat diving, tenggelem nanti

      Delete
  5. berangkat kuy lah kalo ada pesta bikini-nya *astaga-astaga XD

    iya euy, namanya ngga seserem tempatnya. syantiq banget....pantainya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. nama boleh syerem, biar sepi kali XD

      Delete
  6. Wah ... namanya serem bener. Sepi atau ramai di sana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. masih sepi disini, soalnya tergolong pantai baru

      Delete
  7. Ngeri banget kalo misalkan bener-bener banyak mayat disitu, pas lagi asik berenang, tiba-tiba air nya ke minum, yang artinya minum air mayat, wadaw haha

    mampir juga yuk:)
    diansaurs.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. btw disini g boleh berenang, jadi g bakal minum air lautnya :p

      Delete
  8. Di Jakarta malah kebalikannya. Nanya orang malah nyasar, soalnya nggak semua orang tau nama gedungnya. Huhuhu. Udah dua minggu terakhir nggak tau jalan, nanya Google Maps hasilnya akurat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin karena jekardah kan kota besar. Kalau di sini masih kampung, jadi jangan ngandelin google sepenuhnya

      Delete
  9. Jalan-jalan juga ke kalimantan kak. Mampir-mampir juga yah ke blog saya kak hehe http://namaguerizal.blogspot.co.id/2017/04/keberagaman-masyarakat-hingga-capaian.html

    ReplyDelete
  10. wah wah liburan ke Pantai nih .......

    ReplyDelete
  11. Huhuhu!
    Cuacanya cerah banget! Kolaborasi langit biru sama awan putih yang berserak absurd tapi keceh abis! Keren bangetttt >.<
    Saya dulu kesini pas waktu subuh sampe jam 9 an doang, jadi ga dapet matahari yang terik gitu. Enak sih buat main pasir, tapi ombaknya dah bikin keki duluan xDDDD

    Enak yahh, gabut gitu langsung cus main di Pantai wkwkw xD

    ReplyDelete
  12. Kadang aku juga gitu. Dari rumah udah siap, gaya dan rapi. Pas ketemu teman, malah pada tanya mau kemana. Dan itu gak cuma mau pergi jalan-jalan aja, begitu pun makan..haha

    Tapi sekarang mah gampang ya, udah fix mau kemana tinggal ngomong "OK Google" .. hehe

    Cuacanya cerah banget ya, keren. Aku suka banget dengan pantai :)
    Di pantai itu selain bisa menghilangkan penat, salah satunya bisa memunculkan ide untuk ditulis di blog :)

    ReplyDelete
  13. Iya, aku setuju, namanya horor bgt tuh. Pas baca judulnya aja udah kerasa horornya.. ahahaha. Tapi sepertinya bagus banget sih. Aku juga kayak gitu kalo dipantai, dengerin deburan ombak, riak2 air yang kebawa angin. Berasa kayak me time gituuu..

    Oh yha, Sama pantai Jawa timur, pantai klayar bagus mana yha? Dulu pernah ke situ tuh. Bagus baget.

    Sama saran, daripada pake google maps mending waze, lebih akurat*bukanpromosi*

    Postingan ini juga mengajarkan kalo proses lebih seru daripada hasil.
    Sekian, salam cilubbbb bhhaaa (?)

    ReplyDelete
  14. Ah, sepertinya sudah lama gak maen ke blog ini. Dan sepertinya berubah nama domain. Hehe

    Ngomongin Pantai Gondo Mayit mungkin cuma sekedar nama. Tapi serem juga sih menurut gue. Hehe
    Bukan penakut loh, cuma ya gitu. Namanya serem aja. HAHAHA

    ReplyDelete
  15. Pas baca judulnya nyeremin. Kebayang macam macam.
    ternyata emang mitos pantai nya gitu ya... jadi tambah serem euy. Hahaha

    kebayang dulu nya mayat2 bergelimpangan di tepi pantai. Aih makk..

    Tp klo d liat dari foto sih kayaknya ga serem ya. Kayak pantai lain. Udah gitu agak sepi kayaknya.. sedap klo pantai sepi..

    ReplyDelete
  16. Enak yang ada temen kesasar bareng, rencana dadakan dan berhasil. Nah aku susah cari temen, pada sibuk masing2 huhu *jadi curcol

    Dilihat dari poto2 pantainya masih perawan, blm banyak wisatawan kesana, atau memang lagi sepi? semoga bisa berkunjung kesana, hai pantai gondo mayit :D

    ReplyDelete
  17. Dosenku selalu bilang, "Sering-sering aja menyasarkan diri biar bisa belajar hal-hal baru," dan aku sudah menerapkan beberapa kali. Pergi entah kemana gak ada tujuan. Memang kesasar itu hal yang menyenangkan, pergi ke suatu tempat secara acak dan kita bakal nemuin hal yang baru, dan bagiku, sesuatu yang baru itu menyenangkan :D

    ReplyDelete
  18. emang deh yang namanya liburan dadakan itu seru abis apalagi pas lagi bokek, kebayang kan gimana serunya. oke, bercanda doang kok. Saya setuju banget nih, biasanya ngetrip dadakan tuh berasa ngejar jodoh banget, awalnya bingung, susah ketemu, ehh pas udah didapet senengnya minta ampun.

    Dari fotonya aja keliatan banget keren nih pantai apalagi gak terlalu banyak orang jemur badan. so, boleh nih jadi tempat rekomendasi untuk liburan.

    ReplyDelete
  19. wah pantai gondo mayit, baru tau sih.. saking banyaknya pantai di Jawa ya
    pantai itu memang salah satu tempta paling asik untuk mengupas esensi atau bereksperimen perihal piknik dadakan. Soalnya nggak se-beresiko piknik2 di alam lainnya, kayak piknik di gunung yang butuh persiapan yang benar2 matang :)

    ReplyDelete
  20. Waaaah dengan Rp10.000 udah bisa menikmati pantai seindah itu. Walopun namanya serem tapi keliatannya gak ada serem-seremnya. Yang jelas piknik dadakan itu lebih seru, kalo direncanain malah biasanya batal.

    ReplyDelete
  21. Mba pit ini pantainya bagus banget. Aku kira waktu itu liat post IG mba pipit yg pantai itu di luar negri, tau-taunya di jawa. Ga nyangka bagus banget gitu, bersih, sepi, enak banget asli. Kalau misalnya udah rame pasti banyak sampahnya jelek, mending sepi aja deh.

    ReplyDelete
  22. pingin ke pantaaaaaai. ga pernah kesampaian huhuhu. daerah gue jauh dari pantai sih. btw enak ya liburan dadakan gitu. Lebih challenging. Leh ugha

    ReplyDelete
  23. mari piknik lagi sistah , i need vitamin sea

    ReplyDelete
  24. Jika saja, saya bisa menulis artikel sekeren ini, saya pasti deh akan punya banyak uang dan banyak rumah dimana-mana :D buahahaa ngimpi kali yaa kak ^^, tapi saya akui kalo tulisan dan atau ulasan kakak yang satu ini sungguh mempesona dan sangat menginspiratif sekali loh!

    ReplyDelete
  25. Roman-romannya pantainya masih sepi ya?

    ReplyDelete

If you have no critics you'll likely have no succes ~Malcolm X

Parf Of


Blogger Perempuan Blogger Kekinian Warung Blogger Photobucket