Pantai Watu Leter, Thailandnya Malang Selatan

12:27:00 PM



“Tong, pokoknya jangan sampai zonk lagi!”
“Tenang Kak, nggak bakal zonk kayak dulu itu, dijamin, pantainya keren..”.
Berawal karena zonk, rasa-rasa ada trauma tipis yang melekat di memori. Yang sudah pernah menyambangi pantai di Kabupaten Malang pasti tahu, jauhnya pantai disana kayak apa, bahkan ketika kalian memulai perjalanan dari Kota Malang, setidaknya butuh tiga jam untuk mencapainya. Jadi wajar, kalau saya mewanti-wanti si adik, menyakinkan diri kalau pantai yang saya kunjungi kali ini waras, daripada yang dulu itu.


Sempat nyasar sampai ke Kecamatan Kepanjen, saya nggak gentar, sudah esensinya kalau piknik itu nggak lengkap tanpa nyasar. Yang penting pake google maps sama tanya-tanya warga sekitar, supaya sampai tujuan. Selain nyasar, problematika lain yang teramat bikin deg-deg an, bahan bakar mau abis. Tinggal dua strip dan saya komat-kamit, semoga Tuhan menguatkan vario merah yang saya bawa ini hingga bertemu dengan pom bensin, oasis yang indah untuk keberlangsungan hidup si merah.



Jadi kali ini kami ke mana? Mari saya perkenalkan, Pantai Watu Leter namanya, terletak di Dusun Rowotrate, Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang. Kalian bisa menggunakan Pantai Sendangbiru atau Pantai Goa Cina sebagai acuan via google maps. Butuh waktu kurang lebih tiga jam untuk mencapai Pantai Watu Leter dari Kota Malang. Akses jalannya mudah dan nyaman karena sudah beraspal, pastinya kendaraan roda empat atau lebih bisa melewatinya. Saya saja sampai terkesima, karena aksesnya benar-benar mulus, lebar kayak jalan tol, dan pastinya instagramable, sayangnya, kok nggak saya foto.  Selain itu, yang paling istimewa, kalian bisa melihat laut lepas dari jalanan, mantap bukan?

Ini pertama kalinya saya pergi berwisata ke pantai di wilayah Malang Selatan. Ternyata letak pantai-pantai disini bertetangga, seperti pantai di wilayah Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Jujur saja, saya tergiur, ingin mampir disetiap pantai yang berserakan disepanjang jalan. Tapi karena adik saya menjamin Pantai Watu Leter, baiklah.. saya menurut pada guide-nya kali ini.

Seingat saya, tidak ada penunjuk arah yang mengarah ke Pantai Watu Leter saat itu. Jadi ketika kalian kesana jangan bingung. Masuk saja ke wilayah Pantai Goa Cina dan parkir disana. Lalu jalan kaki sebentar untuk menuju Pantai Watu Leter, kalau masih bingung tanya saja sama tukang parkir atau penjual di warung-warung sepanjang Pantai Goa Cina, mereka akan menunjukkan arah menuju Pantai Watu Leter.

Sampai di Pantai Goa Cina, kami segera berjalan menuju warung yang menyediakan fasilitas toilet. Karena sejak awal sudah berniat renang ecek-ecek disini.  Jadi buat kalian yang mau basah-basahan nggak usah khawatir mau berbilas dimana, disini banyak banget warung yang menyediakan fasilitas toilet bahkan mushola.




Ketika berjalan kaki menuju Pantai Watu Leter, nggak tahu kenapa kayak berasa lagi di Thailand. Iya, saya tahu saya belum pernah kesana, cuman visualnya pantai-pantai di Thailand udah merasuk di memori, jadinya nggak asing gitu. Dan bener aja, ini mah kece banget pantainya. Pasirnya Putih, bersih, disertai pemandangan bukit karang yang gagah, air lautnya berwarna hijau tosca, dan pastinya lebih sepi daripada pantai yang lain, semakin syahdu dan nyiur-nyiur melambai. Ombaknya tidak seberapa ganas karena perlindungan dari bukit-bukit karang, tapi tetep ya kawan-kawan, keselamatan itu yang utama.




Sambil berteduh di bawah pohon, kami menunggu teriknya matahari sedikit meredup dan air laut yang agak surut. Dan kami siap gulung cantik bersama ombak di Pantai Watu Leter.

T I P S
1. Cek kendaraan yang akan kalian gunakan sebelum berangkat, terutama bahan bakar. Soalnya jarang banget ada pom bensin dan penjual bensin eceran.
2. Bawa alas duduk bila perlu, kalau mau praktis pakai aja perlak.
3. Wajib bawa air minum, supaya kamu nggak dehidrasi.
4. Bawalah alas kaki seperti sandal.
5. Bawalah baju ganti, rugi kalau kalian nggak nyebur.
6. Parkirlah di area warung Pantai Goa Cina yang paling ujung (dekat dengan jalan setapak Pantai Watu Leter), supaya jalan kakinya tidak terlalu jauh

C O S T
1. Retribusi dan parkir roda dua Rp. 20.000,- (Untuk 2 orang pengunjung)
2. Toilet Rp. 5.000,-/orang (Total akumulasi 2 kali masuk toilet. Yang pertama waktu datang buat ganti baju sama buang air kecil, yang kedua mandi sehabis main air)

L O C A T I O N
Pantai Watu Leter
Dusun Rowotrate, Desa Sitiarjo
Kec. Sumbermanjing Wetan, Kab. Malang
Jawa Timur



Follow HEY! PIPIT fanpage  and instagram @pipit1992 for latest updates

Baca Artikel Populer Lainnya

34 komentar

  1. Toiletnya kok mahal :(
    kalau di Goa Cina, mandi cuma 2 ribu ._.

    Tapi yaudah sih, itu soalnya keren banget *.*

    Dari 3 tahun lalu aku pingin kesini huweeeee T_T kakak kenapa gak ajak? Kak.....aku serius ngajak kenalan dan main bareng loh [?] /loh mwehehe.

    Itu langitnya ya Allah................sungguh indah ciptaan-Mu T_T bagusss cerahhh biruuuu!! Love banget pokonya <3
    sama kakak love juga <3 hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sorry maksud aku 5rb itu udah pas pake pipis sana ganti baju pas pertama kali datang sama mandi bilasan pas pulang. Nanti deh aku edit lagi.

      Nanti deh kalau aku ke malang aku kabarin ya Ra. Mau ke Malang tapi nungguin adek aku selesai magang dulu biar enakeun.

      Delete
  2. Cakep pantainya. Pengen main-main. Aduh dari Malang masih 3 jam. Lumayan jauh juga ya. Belum pernah explore pantainya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang bikin lama itu macet mbak apalagi pas di malang kota. Kalau udah keluar dari wilayah malang kota udah enakeun jalannya, lancar.
      Silakan mbak, kalau ke malang mampir deh kesini

      Delete
  3. woooaaaa! Bagus dan bersih, terus sepi lagi asik bangett!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buat yg suka piknik ke tempat yg g terlalu ramai bisa kesini :)

      Delete
  4. Hey, Teh Pipit ..
    Sekilas kok pantainya hampir sama dengan pantai-pantai di Gunung Kidul Jogja ya. Bagi aku yang penyuka pantai, ini keren dan suka, bersih juga pantainya.. Tapi kok, itu toilet mahal ya, Teh.. apa iya, sekarang sudah segitu harganya..

    Terakhir aku di pantai udah naik sih, 3k kalau gak salah..
    Bisa jadi referensi nih kalau ke Malang, makin penasaran aja aku sama Malang..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sorry buat harga toiletnya itu totalan. Soalnya aku mampir ke toilet umumnya 2 kali, pas dateng sama pulangnya. Jadi sekitaran 5rb gitu.

      Mari mari..
      Kalau datang ke malang, wajib kesini

      Delete
  5. Pit, emang suka pantai? Gak mau nyobain pantai sembilan di madura? *Yaelapromosi..
    Sempat bingung nyari tujuan pantai selain madura, pengen ke malang tapi ya tadi itu, ja-uh, takut zonk pula. Ga percaya foto2 google sama instagram soalnya wkwk.. Mungkin ke pantai ini worth kali yah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mau..
      Udah liat di youtube, dan keren banget. Udah masuk list mau nyambangin pantai itu, hehe
      Kalau aku research, g cuman dari google sama instagram doang, buka youtube perlu banget, biar bisa lihat secara keseluruhan tempat yang mau kita datangi

      Delete
  6. Eh, aku kok baru sadar, ya pit. THeme Blogmu udah ganti aja. hahahahaha. BAGUS..

    Ini serius pit. Aku pernah lihat di salah satu film judulnya : Nonton Mechanic- Resurrection (2016) dan ternyata mirip banget sama yang Thailand.

    Kapanlah aku bisa ke tempat ini Pit. Eh, tapi gak usahlah. Kan Thailand sama tempatku deketan aja. hahaha.

    Jadi, aku pengen nabung ajalah, biar bisa ke tempat ini.. Semoga bisa, ya pit..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aiisshh aiish pange..
      tahu g sih siapa yang ngeredesign? itu tuh heru arya, kece kan?

      Tuh kan, tuh kan.. emang vibe nya itu thailand banget. Nggak salah emang ngasil judul.
      Aamiiin.. semoga pange bisa kesini juga, sekalian ke Thailand beneran

      Delete
  7. Meski tempat tinggal sy dikelilingi pantai dan laut,,, tetap saja suka antusias sama tempat-tempat wisata yg punya pantai yg ok kayak gini...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asik bener.. berarti tinggal di daerah pesisir dong. Daerah mana nih? Kalau pantai bagus dan masih asri beruntung banget

      Delete
  8. Kecenyaa.. Beneran kayak pantai2 yang ada di Thailand loh.. Suka banget sama vibes nya 😍
    Beberapa kali ke Malang tapi belum pernah ke pantainya. Hmm nanti harus kesini..
    Btw kenapa toiletnya mahal banget yhaa 😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pokoknya kalau jalan2 ke malang lagi, sempetin ke Malang selatan teh, tinggal pilih mau ke pantai mana..
      Sorry baru aku tambahin penjelasan buat harga toiletnya teh, maksudnya 5rb itu buat 2 kali masuk toilet. hehehe

      Delete
  9. Mahal ya parkir sama toiletnya -_-
    Bagus banget pemandangannya mbak. Pantainya juga lumayan sepi. Saya belum pernah ke Malang, tapi ini jadi referensi tempat wisata jika suatu saat bisa kesana. Terima kasih sharing nya mbak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau ada tempat wisata yang sudah dikelola pemda, konsekuensinya kita harus bayar retribusi. Hitung2 kita juga membantu perekonomian masyarkat sekitar, bukan begitu?
      Oke sama-sama

      Delete
  10. Aduduuuh pantainya cakep banget 😍 Ke Malang aja belom kesampaian nih. Pokoknya kalo ke Malang pantai ini wajib masuk itinerary deh!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masukin list, wajib mampir daerah Malang selatan

      Delete
  11. Keren bener pantainya.. Sekian kainya saya menyesal karena ke Malang kemarin tp ngak sempet buat jalan2 ke pantainya.. Hiks..
    Oh ya pit, domisili kamu di malang ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wajar kok Gin kamu g sempet ke pantai, pantai di malang nih jauh jaraknya, dari kota aja 3 jam. Kalau emang ke Malang pure buat liburan, masukin aja daerah Malang selatan ke list.
      Domisiliku kediri Gin

      Delete
  12. Duh jadi kangen mantai. Di sini deket sih ke pantai anyer, tapi ya tau lah anyer bentukannya macam mana. Kalau mau agak kerenan paling ke tanjung lesung, itu pun butuh effort lagi.

    bTw, kalo jalannya difoto, ntar di instagram pake hestek #folk wkwkw mantap jiwa lah fotonya makin keren aja. #Terfujilah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah bisa aku bayangkan a' maksudmu seperti apah.. Disini juga kalau mau mantai paling deket ke Blitar, cuman kalau mau ke pantai yang kece-kece kayak gini effortnya emang g diragukan.

      Thank you aa', hashtag terfujilah

      Delete
  13. nggak nggak, kapok. kemarin ke pantai apa ya namanya lupa. kudu naik turun tebing. hih, ternyata hasilnya zonk... sejauh ini yang memesona hanya balinya malang. hahaha.

    ReplyDelete
  14. Surga yang jatuh ke Indonesia, kalo dilihat dari foto emang keren itu mba kaya di Thailand.

    Mungkin, yang kurang dari tempat wisata di Indonesia yaitu, akses, promo dan perawatan. Padahal bisa jadi potensi pendapatan bagi masyarakat terutama pemerintah daerah.

    Btw, itu orang ngapung ga ditolongin? Wkwk

    ReplyDelete
  15. Tuhkan lagi-lagi Malang punya tempat keren.
    Pantai yang kayak gini nih yang kusuka,
    pasir dan airnya bersih :)

    kalo diliat sekilas memang kayak Thailand ini teh,
    kalo ga salah di Phiphi island, Phuket.
    Aku kalo kesini bakal uploud di IG terus locationya Thailand wakakak

    ReplyDelete
  16. Wahhh biaya masuknua lumayan juga ya, tapi sebanding lah sama isinya indah banget

    ReplyDelete
  17. Aku baru tahu pantai ini, padahal aku selama hiduo mudiknya ke Malang. Kemana aja aku ya? Haha..
    Keren juga. Cuma aku agak bosan juga sama pantai. Di Jember ya banyak pantai ��

    ReplyDelete
  18. Malang ini mirip2 gunung kidul ya, pantainya ajib-ajib dan seakan ada aja yg baru. Padahal mah udh dr dulu ada. Cuma booming sekarang ini karena medsos jugak! Kangen malang euy.

    ReplyDelete
  19. Piknik belum lengkap tanpa nyasar. Pake Google maps ya kadang juga eror. Hehe

    Pantainya keren kok, apalagi tarif masuk Yo murah. Jadi top bgt.

    ReplyDelete
  20. Wow.. Pantainya keren banget..
    Tapi lokasinya di Malang ya..??

    Semoga suatu saat bisa main ke sana...

    ReplyDelete

If you have no critics you'll likely have no succes ~Malcolm X

Parf Of


Blogger Perempuan Blogger Kekinian Warung Blogger Photobucket