Puncak B-29, Nekat Membawa Berkah

4:43:00 PM



“Gimana Put? Udah dapet belum motornya?”

“Belum Pit, kata adeknya nggak ada.”

“Terus gimana nih kita? Tetep jadi ke Lumajang?”

“Udahlah jadi aja, aku coba hubungi angkatan kita yang di Lumajang, siapa tahu ada pencerahan.”

Esok harinya..

“Pit ada kabar gembira?”

Naon? Kulit manggis ada ekstraknya?”

“Serius nih! Pokoknya kabar tergembira!”

“Apaan emang?”

“Jadi kemarin si Nopi nanyain ke Mas Ricko soal perjalanan kita ke Lumajang. Nah, kabar baiknya, kita bakal dikasih fasilitas buat ke B-29 sama Mas Riko!”

“Duarius?”

“Serius keleus!”

Jujur saja, ini pertama kalinya kami ke Lumajang. Masih buta dengan keadaan kabupaten penghasil pisang ini. Yang kami tahu, untuk menuju ke Lumajang, bisa ditempuh dengan menggunakan kereta api. Setelah itu, buta! Nggak tahu lagi harus sewa kendaraan dimana, nginep pun belum dirancanakan, cuman udah beli tiket kereta aja dan modal nekat. Tanpa disangka-sangka Mas Ricko dkk mau membantu akomodasi kami selama di Lumajang. Ya Allah, rejeki anak sholelah ini takkan kami sia-siakan..

Kami berangkat hari Jumat dari lokasi masing-masing dan akan bertemu di Stasiun Gubeng, Surabaya. Dian dari Bojonegoro, Nopi langsung ke Stasiun Gubeng, sedangkan saya, mengejar kereta ke Stasiun Jombang dari Kediri. FYI, kenapa saya harus ke Stasiun Jombang? Apa di Kediri tidak ada stasiun? Stasiun tentu saja ada, namun untuk menuju Stasiun Klakah di Lumajang, perlintasan Stasiun Kediri tidak dilewati. Jadi saya harus berangkat dari stasiun lain, yaitu Stasiun Jombang.

Perjalanan yang harus kami tempuh kurang lebih 2 jam 49 menit dari Stasiun Gubeng, Surabaya menuju Stasiun Klakah, Lumajang. Pukul 18.19 WIB kami tiba di Stasiun Klakah, saya jujur agak terkejut, sepi banget ya. Apalagi Stasiun Klakah ini memiliki riwayat sebagai stasiun yang pernah di non aktifkan, jadi kesan bangunan lama yang sudah tidak terpakai masih terasa, walaupun stasiun ini sudah dioperasikan kembali per tahun 2015 kemarin. Jaraknya pun lumayan jauh dari Kota Lumajang, kurang lebih 30 menit untuk sampai ke Stasiun Klakah.

Perjalan segera kami lanjutkan bersama Mas Yusuf, guide yang akan mengantarkan kami selama di Lumajang. Dari Stasiun Klakah, kami segera melaju ke Kecamatan Senduro untuk menuju homestay tempat kami menginap. Kecamatan Senduro sendiri merupakan kecamatan yang menjadi letak wisata B-29.

Pukul 22.30 WIB kami tiba di homestay. Saat pertama kali menginjakkan kaki di lantai homestay, bbrrr!! Dingin banget, kayak jalan di atas es. Apalagi saat cuci muka di kamar mandi, airnya super duper dingin! Kayak ditusuk-tusuk jarum gitu rasanya saking dingin airnya. Alamat besok nggak bakal ada yang mandi.

Istirahat sebentar, jam 03.00 WIB kami bangun, menguatkan diri untuk cuci muka dan bebersih sedikit di kamar mandi yang airnya semakin dingin. Jam 04.00 WIB kami berangkat menuju B-29 dengan ojek yang telah Mas Yusuf pesankan sebelumnya.

Selama perjalanan, saya takjub sama mas-mas ojeknya. Medannya termasuk berat untuk kita-kita yang tidak terbiasa dengan tanjakan curam dan jalanan setapak disertai jurang di satu sisinya. Pokoknya sensasi naik ojek disini itu syahdu-syahdu syerem.

Kami berhenti di tempat parkir dan melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki menuju puncak B-29. Tidak perlu lama, hanya beberapa menit saja dari tempat parkir, cuman lumayan ngos-ngosan juga karena kita sudah berada di ketinggian 2900 meter dari permukaan laut.




Puncak B-29 masih gelap, saya rasa masih banyak waktu untuk mengeksplor wilayah lain disekitar puncak. Karena Dian dan Nopi enggan saya ajak turun ke wilayah perkebunan. Mas Yusuf dengan senang hati (sekaligus agak saya paksa), turun ke wilayah perkebunan. Ternyata nggak sia-sia turun. Warna hijau dari daun bawang yang terkena sinar oranye tipis-tipis indah banget, apalagi pemandangan di gunung dan rumah penduduknya lebih kece dibandingkan dari puncak. Aaarrgghh!! Surga buat feed instagram yang haqiqi. 




Setelah puas dengan kebun bawang, saya dan Mas Yusuf segera bergegas ke puncak, karena sebentar lagi sunrise tiba. Akhirnya bisa juga dapat sunrise setelah gagal kemarin waktu di penanjakan Bromo. Indah banget ya ngeliat matahari malu-malu keluar, warna oranye dan perpaduan biru tua menyatu, membuat suatu perpaduan yang harmonis.







Sunrise berakhir, tapi eksplor puncak B-29 belum usai. Saatnya beralih tempat, melihat keindahan Bromo dan Semeru dalam satu frame. Kece parah!! Walaupun kami harus gagal lagi, tidak bisa melihat selimut awan di kawasan Bromo, tapi keindahan ini sudah cukup memanjakan mata. Tidak cukup sampai disitu. Dibalik tulisan raksasa B-29, tersembunyi pula keindahan gunung yang berlapis-lapis dan tertutup awan. Mantap!




T I P S :
  1. Karena sarana transportasi di Lumajang masih minim, persiapkan betul transportasi apa yang akan kalian gunakan selama berada di Lumajang, khususnya bagi kalian yang dari luar kota. 
  2. Utamakan keselamatan saat ke B-29. Saya sarankan naik ojek daripada bawa sepeda motor sendiri. Selain medan yang berat, keahlian berkendara juga perlu. Banyak mahasiswa yang datang kesini dengan membawa sepeda motor sendiri, tapi sayangnya banyak pula yang lalai dengan keadaan kendaraan yang mereka bawa. Pernah saya lihat ada yang membawa sepeda motor tapi bannya slip, tetap dipaksakan naik ke B-29. Meminimalisir biaya boleh, tapi keselamatan tetap yang utama.
  3. Bawa masker dan kacamata, karena angin yang kencang dan menerbangkan pasir di area B-29.
  4. Untuk mendapatkan view yang sempurna (terang disertai hamparan awan), datanglah disaat peralihan musim penghujan ke musim kemarau. Karena saya datang saat musim kemarau, alhasil saya gagal mendapat hamparan awan.


C O A S T :
  1. Kereta Api Logawa PP Jombang – Lumajang Rp. 163.000,- (sudah termasuk pajak)
  2. Sewa mobil Rp. 260.000,-/hari
  3. Sewa ojek di kawasan B-29 PP Rp. 60.000,-
  4. Sewa ojek untuk mengantarkan ke Stasiun Klakah Rp. 50.000,-


L O C A T I O N :

Puncak B-29
Kecamatan Senduro, Kab. Lumajang
Jawa Timur

Follow fanpage @heypipit and instagram @pipit1992 for the latest updates

Baca Artikel Populer Lainnya

43 komentar

  1. WAKS! BAGUS BANGET! Alamak, pengen banget kesana T.T Tanpa awan aja udah keren banget gitu..

    B-29 seperti merk krim pencuci piring itu yah? wahahahah

    izin bookmark gan!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dulu sebelum paham makna b-29, kirain yang namain tempat ini fanatik sama sabun cuci merek b-29, eh ternyata ini kode buat ketinggian tempat ini

      Delete
    2. jadi B-29 itu artinya ketinggian 29 Km kah?

      *kabur*

      Delete
  2. Ini tempat sih emang bagian yang harus banget dijelajahin dari sekian luasnya kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru [?]

    Huwee pingin kesana lagi :(

    Wih si kakak mah emang top begitu ya fotonya xD ih kakak nih ga pingin apa bener2 merencanakan kita main bareng (?) /ngarep banget diajakin ya Allah wkwkw xD

    Eh tapi sebenernya bisa loh kak naik kendaraan pribadi, dan ga ngoyo. Jadi ke puncak tuh ada 2 jalan emang. Nah.....pengalaman aku, sama tukang ojek kami diarahin ke jalan yg ga bagus :( pdhl ada jalan bagus udah di aspal loh. Tapiiii alhamdulillah wkwkw. Kan akhirnya kami jalan, trus awalnya gamau gitu naik ojek.....tapi akhirnya digratisin wkwkwk xD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini nih, kita piknik bareng sekalian meet up yuk Ra. Kemana gitu, janjian terus jalan-jalan dan hunting foto bareng

      Aku kurang tahu ya Ra tentang jalan lain menuju puncaknya B-29. Yang aku tahu emang ada bapak-bapak naik motor ke puncak B-29, tapi lewat kebun brambang. Setahuku juga, aspal ke arah puncak belum full, cuman berapa ratus meter aja, abis itu pasir. Jujur aja mungkin karena faktor umur juga, ngeri aja kalau sendirian bawa motor sampai parkiran di puncaknya itu. Keselamatan tetep yang utama. Itu sih

      Delete
  3. Save tipsnya nih, beuh pemandangannya Indonesia banget. Begitu indahhh..
    Semoga bisa ke tempat ini, biar bisa bercerita tentang Bromo seperti, Teh Pipit..

    Sempat gagal dulu waktu mau kesini bersama sahabatku, meskipun dulu sahabatku sempat berangkat, tapi ada yang kurang karena aku gak bisa ikut..he

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang baca postingan ini baik-baik semoga bisa kesini juga. Aamiiin..
      Kamu pasti kesini juga Di!

      Delete
  4. wah pengalaman yang bikin asyik ya dan alamnya yang indah

    ReplyDelete
  5. Itu bisa sampai ke puncak naik apa mb?

    Maklum aku ini anak darat, bukan anak gunung yang suka muncak wkwkwk.

    Juga bukan anak pantai yang suka main air.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah mas-nya g baca secara seksama nih. Sudah saya jelaskan kok, naik ojek mas.

      Delete
  6. Wow.. Keren fotonya..
    Pas dapet cuaca cerah juga..

    Puncak Mahameru dari sini g kelihatan kah mbak..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau untuj sekedar melihat puncak mahameru dari kejauhan keliatan kok. Soalnya desa tempat B-29 sendiri dikenal sebagai desa diatas awan

      Delete
  7. keren banget pemandangannya dan membuat ingin pergi ke sana

    ReplyDelete
  8. Ya Lord keceeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeee parah!
    di add ke wishlist rekomen banget nih...
    btw ini pake kamera apa yah mba pit ? clean pisan euy

    ReplyDelete
  9. Pit, Fotonya bagus-bagus. APalagi foto pembukanya. DAKU KEPINCUT.............

    Meskipun entah kapan ke situ, paling nggak udah tau seberapa keren Merk Sabun B29 ini di dalam rekam jejakmu pit.

    Btw, untuk biaya perjalananya lumayan juga ya. Ya, tapi gak apalah. Terbayar banget dengan pemandangan indah seperti itu.

    Mataku yg tadi ngantuk, jadi melek lagi pit.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih pange..
      Dibuat wishlist aja dulu, siapa tau besoknya pange nyusul kesini.

      Delete
  10. Apa cuma aku yang gak tau kalo B-29 itu merk sabun?

    Halo mbak, aku lama gak ngeblog, sekalinya ngeblog mbak Pipit udah ganti domain aja. Btw nama domainnya bagusan ini.

    B-29, untung namanya B-29, bukan 29B (tuh kan jadi mikir yang enggak2). Aku baru denger di Lumajang ada tempat seasoy ini. Iya, asoy karena liat fotonya mbak Pipit keren-keren gitu. Jadi pingin mbak Pip... eh, kesana..

    Pingin ke 29B (sengaja diganti namanya biar inget), tapi gak ada temennya. Next time aja deh, nunggu ada temennya, lagian ini udah masuk musim hujan. Oh iya, makasih sarannya yang kemarin..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau g salah nih, b-29 itu udah g produksi lagi, cuman di eranya sabun cuci ini terkenal banget. Mungkin kamu anak milenial jaman now.

      Bisa dong dari pacitan nanti naik kreta dari jogja apa solo gitu dengan tujuan stasiun klakah. Nanti kesininya pas peralihan musim aja, biar semakin top pemandangannya

      Delete
    2. mungkin 2 atau 3 tahun lagi (kok kayak lagu ya). Karena tahun depan udah harus mikirin KTI -_-
      Ternyata sabun cuci, kirain sabun mandi. Mungkin inspirasi orang-orang sana menamai begitu karena mereka bukan kidz jaman now. Aku teen jaman now mbak, bukan kidz jaman now. tahun 98 aja baru lahir kok.

      Delete
  11. Saya jatuh cinta, iya jatuh cinta sama foto ka pipit. Ih alig banget kayanya :(

    Belum akomodasi biaya rebahan di penginapan ya? Tapi boleh juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau biaya akomodasi rebahan aku g tau Sep, soalnya gratis. Hehe.. Sebagian biaya ini pun aku tulis karena sempet ada pembicaraan sama Mas Yusuf, jadi sepersekiaannya tahu berapa yang dikeluarin. Aslinya mah gratis, hehe

      Delete
  12. Oh B29 itu ga harus trekkin jauh to wkwk.
    Stasiun klakah termasuk pinggiran lumajang sih, jadi ga terlalu rame yg naik kereta.

    ReplyDelete
    Replies
    1. G perlu ini mah, naik ojek juga nyampe. Jadi sensasinya naik motor dipinggiran jurang

      Delete
  13. WAW Puncak B29 keren, negeri diatas awan lah iya kk, Lihat photo2 jadi ngiler pengen kesana juga,pengen lihat secara langsung.

    BTW itu jam 4 pagi untung ada ojeknya iya kak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. memang di kawasan b-29 ada ojek khususnya buat nganterin kita sampe kawasan puncaknya

      Delete
  14. Sumpah keren banget, apalagi itu pas sunrisenya...

    Puncak B-29, masuk salah satu list tempat buat jalan-jalan nanti. Hehe

    ReplyDelete
  15. aku pikir itu merek sabun, sumpah hahaha. ternyata tingginya. itu serius kebun bawang. hiyekkk bau bawang mendominasi dong. i don't like it hahaha.

    etapi itu poto-potonya keren abis lho kak. ini harus dibokmark, bisa nih kalo ke jawa lagi main ke situ. Duh ngilerrr

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau masalah bau bawang, g ada baunya kalau masih tanaman gitu.

      Delete
  16. B-29 itu apaan ya mbak? Memang nama gunungnya seperti itu ya?
    Berangkatnya pagi banget ya mbak. Emang pengen ngejar supaya dapat pemandangan matahari terbitnya ya? Hehe :D

    Keren-keren fotonya mbak ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukan gunung, tapi bukit dengan ketinggian 2900 mdpl. aku kesana pagi-pagi soalnya ada lee min ho juga, biar bisa ketemu

      Delete
  17. Setahu saya, tempat ini memang salah satu spot memotret lanskap indah di Jatim. Dan nyatanya memang indah.

    ReplyDelete
  18. OK Pipit ini tuh keren abissss ya...dari kemarin gue juga pingiiiin banget bisa ke Bromo tapi sampai sekarang belum terlaksana. Jalan jalan mulu enak banget yaa..mana sama temen temen begitu. Kapan ya bisa ke Bromo?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau dari kawasan b-29 ke bromo deket aja, tinggal terjun dari pinggiran jurangnya nyampe.. just kidding mbak mey :p
      Mumpung ada kesempatan mbak mey. Yuk lah bulan madu sama suami ke sini

      Delete
  19. Waaah fotonya cakep bangeeeeet, detail gitu yah, langsung berasa pengen kesini lagi. Dulu pas kesini mikirnya bukit biasa jadi lupa ga bawa jaket, jadilah disana kurang menikmati karena bingung kedinginan sendiri -,- Karena dulu kesananya masih belum hitz gitu jadi ulasannya masih dikit... (atau aku aja yang kurang cari info yaaa)

    ReplyDelete
    Replies
    1. mirip sama temenku, dia malah pake sendal jaman ke bromo, sama jaket tipis, sok tegar aslinya kedinginan XD

      Delete
  20. Subhaanallah, pemandangannnya indah tak terkira. Andaikan saja bunda dilahirkan 50 tahun yang lalu dan sudah ada dunia online, pastilah bunda berpartisipasi dalam travel yang bikin adrenalin terpacu ini.

    ReplyDelete
  21. Wah masih masuk area BTS yah. viewnya keren banget, beda sama yang sudah bertaburan di para traveller...
    Kapan2 mau kesini ah.. sendiri asik gak ya?

    ReplyDelete

If you have no critics you'll likely have no succes ~Malcolm X

Parf Of


Blogger Perempuan Blogger Kekinian Warung Blogger Photobucket