Renungan ABL!! (Anak Baru Lulus)

7:47:00 PM

“Gimana gimana hasil UN-nya? Lo pada lulus nggak?”

“Iye gue lulus!!”

“Akika juga booo’!!”

sumber: google


Teringat kembali nostalgila tanggal 26 April 2010. Ngumpul di rumah temen, pesuruh sekolah datang bawa amplop putih. Abis itu kita buka dengan iringan sound “JREEEENG!” tulisan LULUS tertera dalam tinta hitam di atas kertas putih.


Kerasa nggak sih masa-masa itu? Masa-masa yang diibaratkan nyawa udah ada di ujung ubun-ubun. Jujur nih kawan saya nggak kaget waktu tahu kalau saya lulus, soalnya sehari sebelumnya saya sudah tahu dari salah seorang guru, malah guru saya itu ngasih tahunya nggak setengah-setengah, beliau juga kasih tahu kalau ada kawan saya yang nggak lulus. Ngenes banget kan?


Hari ini waktu saya ajojing bareng motor butut saya, jalanan pada rame, banyak banget tuh anak SMA yang baru lulus pada konvoi di jalanan. Seragam mereka pada dicoretin pake pilox dan spidol gedhe.

sumber: google


Syukur deh kalau mereka lulus, bahagia banget pastinya, apalagi kriteria kelulusan kali ini lebih berat ketimbang tahun lalu. Kriterian lulus tahun ajaran 2010/2011 ditentukan berdasarkan nilai UN sebesar 60% dan nilai rapor dari semester 3 s/d 5 sebesar 40%. Ujiannya aja dibuat semakin sulit dan rumit, dalam 1 kelas yang berisi 20 siswa soal dibagi menjadi 5 bagian, A, B, C, D, dan E. Jadi bisa diliat tuh, 1 kelas yang soalnya sama cuman 4 orang aja. Pusing nggak tuh cari contekan, apalagi kalau yang soalnya sama pada nggak bisa diarepin gara-gara pada pe’ak semua.. hihihi..

Wajarlah kalau mereka pada berbahagia semuanya, darah muda mereka yang dikata Bang Haji darahnya para remaja pada berapi-api deh. Tapi maaf nih adik-adikku tercinta setanah kusir, kalian sadar nggak sih perbuatan kalian itu mengganggu aktifitas pengguna jalan lainnya? Konvoi-konvoi begitu mengingatkan saya pada moge (baca: motor gendheng).

Ya sih, kita nggak bisa bandingin kalau soal level, pastinya berkelas banget tuh si pengendara moge, tapi intinya sama lah, mereka yang lewat benar-benar mengganggu jalan. Apalagi para ababil SMA yang baru lulus ini pada konvoinya nggak bener semua, udah naiknya ugal-ugalan, nggak pake helm lagi. Ampun deh!!

Bukannya saya murka dan melarang, seneng sih boleh tapi perlu adik-adik tahulah..

1. Berkendara berarti memperbekali diri dengan alat-alat keselamatan yang sudah dianjurkan om-om polisi. Pakai helm sesuai SNI jangan lupa di klik, spion lengkap, lampu motor menyala, dsb. Buat keselamatan siapa coba, ya adik-adik sendiri dong.

2. Berkendara bukan sekedar ngegas, prosneling, dan ngerem. Ada aturannya kan? Dilarang ugal-ugalan di jalan raya. Emang situ jalan nenek moyang lo? Terus kalau situ kecelakaan gimane? Amit-amit deh, bukannya masuk UGM jadi mahasiswa anyar, eh malah masuk UGD.
akibat ugal-ugalan


Nah lho! Kebanyakan ababil SMA yang konvoi tadi kayak gitu tuh, saya naik motor aja cuman 40km/jam, takut kesamber ababil SMA. Buat adik-adik nih, bukannya lebih bagus ngrayain kelulusan dengan begini:

1. Bersujud syukur atas rizki yang telah diberikan Tuhan YME, tanpa kehendaknya kalian nggak bakal lulus lho!


2. Salim, cipika cipiki, kalau perlu sungkem dah sama ortunya, karena kalian berhasil membuat mereka bangga atas apa yang kalian peroleh yaitu LULUS. Usaha ortu buat cari duit kalian sekolah nggak sia-sia kan?

3. Bikin acara yang berguna, kayak gini nih. Bila kalian lulus, kalian akan patungan duit buat pesen catering atau nasi kotakan yang akan dibagikan ke panti asuhan. Gimana? Lebih sip kan, udah gitu dapat pahala lagi. Apalagi kalau acara kalian itu dibarengi doa bersama anak yatim, minta didoain semoga kalian bisa tembus ke universitas idaman kalian, kan doa anak yatim doa yang paling manjur.

Lebih berguna kan? Dan buat adik-adik nih saya ingetin, jangan terlalu senang dulu, dunia yang sesungguhnya baru akan dimulai setelah ini. Bagi orang tua yang berkecukupan pasti masih mampu menyekolahkan anaknya sampai ke jenjang kuliah, nah kalau orang tua kalian cuman bisanya sampai SMA bagaimana? Pikirkan baik-baik, mau cari kerja atau berwirausaha juga bisa kan. Mungkin juga ada yang mau masuk ke pelaminan dan siap menimang anak, pikir-pikir dulu deh, jangan asal main enjus-enjusan aja, enjusnya enak, tapi punya anak itu susah.

Okelah kawan, sekian dari saya, terimakasih sudah membaca artikel ini, jangan lupa komen yuaa, tunggu artikel akika selanjutnya, capcyuus booo’!!


Baca Artikel Populer Lainnya

12 komentar

  1. saya suka foto pertama :p
    #digebukinmassa

    ReplyDelete
  2. @farid: pasti pingin nyoretin di situ juga.. xixixi..

    ReplyDelete
  3. Eh, gambar yg paling atas aku suka, Julia Peresnya kliatan :-p
    Seger boooooooooookkkkkkkkkkkkk.............. :p
    Ngahahahahahaahaha..........

    ReplyDelete
  4. YA MGA MEREKA NGK HANYUT DALAM KESENANGAN BELAKA TRUS MAJU ............... BTW KO GMBR PIPITNYA NGK ADA YA LOL PASTI KEREN TU

    ReplyDelete
  5. @mas habib: helo situ seneng bener sama yang sueger2 macam depe!!

    @mama id: yuaa.. akika udah lulus mama sayang..

    ReplyDelete
  6. ya aku juga gak suka ama anak² yang konvoi² gitu...
    untungnya kelasku tadi gak pada mau konvoi.. maunya malah makan²..
    perut mulu yang dipikirin.. haha

    ReplyDelete
  7. betul deh tuh. gue gak suka juga sama acara konvoi2 apalagi coret2 baju. mending makan-makan deh, apalagi kalo ditraktir #eaaaa

    ReplyDelete
  8. ckckck...

    mending kayak gini >> http://kask.us/8571675

    ReplyDelete
  9. untung tadi di sekolah gue pada pake baju bebas, dan yg pake seragam pun engga ada yg coret-coretan haha

    ReplyDelete
  10. kekeke~ sekolah aku perpisahannya diluar bandung,jadi sekolah yang memberitahu kita pas hari-H. Tradisi sekolah saya setelah pemberitahuan kelulusan oleh kepsek,pembagiaan booklet tahunan,foto bersama per-kelas dengan wali kelas dan penyerahan kemeja seragam putih pada sekolah untuk disumbangkan. (pas acara di hari-h pake baju putih abu :3 )
    jadi gak ada tradisi coret-coret,wah kalo ada yg gitu sanksinya tegas sekali dari sekolah. penahanan ijazah! wedew~ niat mau seneng malah cilaka..haha

    ReplyDelete
  11. horeee...mau coret coret disitu.. #jogetkayang

    mampir yaak
    http://uwaneky.blogspot.com

    ReplyDelete
  12. haduh, sepertinya udah kayak tradisi aja ini corat coret..ckckck

    inget dunia kuliah tak seindah yang kalian lihat lho nak,.. hihihihi #korbankekejamankuliah T_T

    ReplyDelete

If you have no critics you'll likely have no succes ~Malcolm X

Parf Of


Blogger Perempuan Blogger Kekinian Warung Blogger Photobucket