Kenyataan Terburuk Industri Hiburan Korea

5:33:00 PM

sumber: photobucket
Annyonghaseo chingu! http://www.emocutez.comAigoo, aigoo, Pipit Kuripit bin Siripit meong meong pake bahasa Korea. Yah walau bisanya gitu doang, hihi.. Jelas saja apalagi kalau ceman-ceman membaca judulnya. Masak saya nyapa pake bahasa isyarat, kagak nyambung.




Kembali ke topik. Kenapa saya membahas tentang Korea khususnya industri hiburannya. Jelas dong yuaa http://www.emocutez.com, secara geto, ini jamannya Korean Wave, Korean Hallyu, gimana nggak, tengok deh TV. Sejak tahun 2000-an, drama asal negeri gingseng mulai merambah Indonesia. Masih ingat sama drama lawas, Winter Sonata atau Endless Love, lalu setelah itu drama-drama yang lain mulai menyerbu, sampai kesadaran kita akan negeri gingseng ini muncul saat k-dramanya yang berjudul Full House (drama paporit saya) disusul pula oleh Dae Jang Geum (Jewel in The Palace), drama saegeuk (sejarah) pertama Korea. Dan tebak apa reaksi masyarakat? Kyaaaaaaaaaaaaaaaaaaa!! Sarangheyo!! http://www.emocutez.com

drama Korea yg sukses meraup keuntungan
sekilas info saja, salah satu pemainnya Park Yong Ha,
mati bunuh diri pula, tragis.


Well, masa-masa infect drama mulai menyeruak, namun genjatan senjata negeri gingseng belum selesai, sampai saat dimana k-drama yang satu ini (jujur saja saya nggak suka drama ini http://www.emocutez.com) Boys Before Flower (BBF), barulah setelah itu penjajahan Korea dimulai.

drama Korea yang menjadi cikal bakal
penjajahan industri hiburan Korea di Indonesia

BBF memberikan dampak besar di Indonesia, sejak saat itu lihatlah bagaimana media internet dan massa khususnya, pada ngomongin Korea. Perlahan namun pasti, musik K-pop mulai menjalangi kita.

Wh$@A$@aaaat??!!?? http://www.emocutez.com

Biar dramatis dikit ah..

Sejak itu sampai sekarang, pantengin deh iklan salah satu tabloid anak muda, isinya Korea semua, padahal dulu? Nggak kan? Tapi yang bikin saya nyesek nih pingin nyekek leher, si narator yang bacain isi tabloid itu sotoy bener, belajar dong mbak baca ejaan Korea yang benar! Geram nih!! Udah baca salah sok imut lagi http://www.emocutez.com.

Lalu tengoklah acara musik pagi disalah satu stasiun TV, disana juga tiap seminggu sekali ada chart K-popnya, woow, baru kali ini ada yang berani, secara apa nggak bikin ketar-ketir buat para BB dan GB indo edan yang sok plagiat (mulai deh Pit, bacot lu tuh!). Oke, lupakan kata-kata hina saya, lagi PMS.

Namun tidak semua yang kita lihat tentang artis Korea itu indah, oke mereka ganteng dan cantik, tapi siapa tahu dibalik semua itu? Yeah, namanya baik pasti ada buruknya, ya nggak? Menjadi seorang aktris atau penyanyi di Korea itu sangat berat. Sebelumnya mereka debut bibit-bibit artis ini harus dipupuk dengan training. Nah itu salah satu usaha berat mereka untuk menjadi artis seperti sekarang ini. Bahkan setelah diorbitkan, tidak semulus itu mereka dapet duit atau hidup enak. Dibalik gemerlapnya industri hiburan Korea tersimpan pula sisi gelapnya. Bila seseorang ingin menjadi artis ternama, mereka harus rela mengorbankan segalanya.

Kasus yang paling sering melanda artis Korea adalah BUNUH DIRI http://www.emocutez.com. Mereka mudah sekali mengalami depresi karena tuntutan profesi. Namun yang paling mencengangkan adalah kasus bunuh diri yang menimpa Jang Ja Yeon. Dari kasus ini terungkap bagaimana kelamnya industri hiburan Korea.

Jang Ja Yeon bunuh diri pada 7 Maret 2009. Namun fakta mengenai faktor pendukung kematiannya baru terungkap beberapa waktu lalu. Dikatakan dalam sebuah berita distasiun TV Korea, Ja Yeon bunuh diri akibat depresi atas perlakuan yang didapatinya. Ia menjadi budak seks dan harus melayani para petinggi di industri hiburan Korea.

Jang Ja Yeon, mati bunuh diri karena depresi
atas perilaku yang ia terima dalam industri
hiburan Korea. Ja Yeon sendiri sempat bermain dalam
BBF

Dalam berita 8 O'clock News SBS dikatakan :
"Dokumen sebanyak 230 lembar dalam 50 amplop/kontainer yang sudah ditulis dan dikirim langsung oleh mendiang Jang Ja Yeon, yang bunuh diri pada Maret 2009 berhasil diperoleh. Dalam dokumen itu, seseorang yang disebut 'Snow' menulis cerita tentang bagaimana seorang selebriti yang tidak dikenal telah dipaksa masuk dalam bagian buruk industri hiburan."

Program 8 O'clock News mengutip dokumen itu, mengatakan kalau "Polisi yang menyelidiki kasus Jang Ja Yeon tahu fakta-fakta ini tapi memilih mengabaikan-nya. Jang Ja Yeon menuntut 'pembalasan' dalam dokumen itu."

Mereka menambahkan , "Jang Ja Yeon dipaksa memberikan pelayanan seksual untuk 31 orang, sebanyak 100 kali. Tapi Tuan Kim, perwakilan kantor agensi Jang yang lama memberikan cerita yang sama sekali berbeda. Jang Ja Yeon sudah menyimpan catatan dari pekerjaan mereka dan dalam catatan itu, ada banyak petinggi perusahaan, keuangan, media dll yang terlibat."

Ngeri nggak sih? Kalau kawan ingin tahu lebih jelasnya klik (disini). Saya sertakan pula beberapa fakta yang akan membuat teman-teman agaknya tercengang dengan industri hiburan Korea. Saya copaskan dari yeppopo.wordpress.com

salah satu GB yg cepat memperoleh popularitas di Korea

★  Untuk dapat mengikuti trainee artis suatu manajemen artis di korea, ada 3 tahap yang harus dilalui .

★  Usia ‘calon artis’ yg dicari biasanya antara 12-17tahun.. dengan waktu trainee yg panjang . Hal ini juga bisa dilihat dari hasil yang diperoleh setelah masa trainee. Tapi ga semua artis berkualitas harus d trainee lama-lama. ya kembali ke SKILL masing-masing calon artis itu

★  Untuk para trainer (calon artis yg belum debut) semua kebutuhan ditanggung manajemen tapi pas udah debut biasanya sistem pembagian hasilnya kurang fair, lebih banyak ke pihak manajemen.. itungannya bayar biaya selama si artis di trainee gitu

★  3 Manajemen terbesar di korea : JYP Entertainment, YG Entertainment, SM Entertainment

★  penyanyi korea yg masih muda-muda (kayak kpop grup gitu) disebut IDOL disana

★ Kalau grup-grup yang baru debut disebut rookie group dan biasanya ga terlalu di gubris orang korea sana

★  Rookie grup biasa debut di acara music populer di korea, MNet Countdown, Inkigayo, Music Bank, dan Music Core

★  Kalau suatu grup/artis bisa menang 3 award dari acara music yang populer tersebut, mereka disebut Triple Crown

★  Artis wajib mengikuti semua schedule yg udah dibuat manajemen selama 24 jam per 7 hari! makanya mereka harus tinggal di dorm / asrama khusus yang udah disediain

★. Katanya nih wajah-wajah melayu susah kalo mau debut di korea soalnya orang korea kurang suka muka melayu.  >< orang indonesia kan hampir semua wajahnya begtu ><

★. Menjadi penyanyi adalah harapan hampir 80% orang tua di korea, karena kesuksesannya pasti luar biasa

★ Korean fans itu loyal banget! mereka rela ngabisin uang buat beli CD, poster, dan barang2 lainnya yg berhubungan dengan idol mereka

★. CD/Calendar/dan merchandise KPOP lainnya adalah barang yg paling laris di korea. justru produk-produk kayak kosmetik, baju, dll adalah nomer kesekian buat mereka alias ga penting-penting banget!

★. kebanyakan korean fans cuma punya 1 fandom / fanbase / fansclub, ga lebih! paling banyak 2-3 lha. Mereka konsisten! Kalau udah dari awal suka sama satu grup, sampe kapanpun ga bakal ganti tapi tetep ada pengecualian.. Misal fandom awal mereka ELF, sampe kapanpun mereka adalah ELF.. kalau misalnya mereka juga suka SHINee, mereka ga akan menyebut diri mereka Shawol. paling kalo sekedar suka mereka cuma nyebut diri mereka Shinee’s fans atau SNSD’s fans bukan fandom! fandom mereka cuma 1. Konsisten !

★. Karena ke konsistenan mereka itu, walopun ada artis terkenal dihadapan mereka, mereka ga bakal peduli kalau itu bukan bias / artis idola mereka! gitu juga dengan K-Drama, mereka katanya cuma mau nonton kalo yg main itu salah satu dari kpop grup favorit mereka. jadi jangan heran kalo ketemu orang korea trus kamu tanya “kenal sama artis …. ga?” trus dia jawab ga kenal pdhl artis famous. Hmmm @@ beda banget sama fans d indonesia. hahahhaa #plak

★. penjualan album KPOP juga pasti melunjak kalo lagi comeback! biasanya 1 orang fans bisa beli lebih dari 5 CD KPOP yg sama!! alasannya? karena penjualan album kpop itu yg menentukan peringkat kpop idol favorit mereka di chart seperti dosirak, soribada, dll! menurut Korean Fans bukan fans beneran kalo ga bela-belain beli album idol favorite mereka krn masuk korean chart penting bgt!!

★. Dikorea, ga cuma anak muda yg demen kpop, kalo lagi fanmeeting jangan kaget tiba2 liat ahjumma / ibu-ibu ikutan ngantri. Bahkan kakek/nenek pun ada.

★ Orang korea cinta banget sama budaya mereka. dan artis-artisnya diwajibkan mempromosikan apa aja ttg korea, tentang negara mereka.

★ kalo di SM audisi menuntut Skill dan Fisik, kalo di JYP.. Selain 2 hal tersebut, nilai rapot juga ikut menentukan lolos gak nya. waktu mau audisi di JYP mereka wajib menunjukan rapot mereka, dan harus ranking! Misalnya udah lolos audisi di JYP, tapi beberapa waktu kemudian nilai rapotnya turun drastis, bakal dapet peringatan, setelah dapat peringatan dan nilai rapot tetap rendah, maka siap-siap dikeluarin deh dari jyp

★ di korea pernah ada pepatah “kalau kamu ga bisa sukses dibawah SM Ent, berarti dibawah manajemen manapun ga akan pernah sukses”

★ Persaingan para idol di korea itu kuat banget loh, makanya mereka ga takut buat oplas sana-sini biar ga kalah saingan. ga jarang ada artis yg bunuh diri karena ga mampu bersaing dengan artis-artis lainnya O.O

★ SM Entertainment adalah salah satu perusahaan yang berpengaruh di korea! karena artis dibawah manajemen mereka biasanya slalu sukses

★ Ada bebrapa manajemen yg mewajibkan artisnya tinggal di dorm, kalo asli dr luar daerah, mereka harus mau pindah ke seoul.

★ Korean fans suka ngasih hadiah bintang buat artisnya karena menurut mereka bintang itu abadi dan bakal diingat terus :’)

★ Fans di korea ga peduli idolanya oplas atau enggak. Menurut mereka yang penting adalah bagaimana idolnya sekarang bukan bagaimana idolnya dulu

★ YG Entertainment ga peduli penampilan seseorang, yang terpenting bagi manajemen itu adalah skill-nya bukan sekedar bagus tapi harus Luar Biasa dan orang tersebut adalah type pekerja keras

★ Perbandingan artis yg debut dan artis yg gagal disaat bersamaan adalah 1:10 . Maksudnya kalau hari ini ada 1 artis yg debut di suatu manajemen, berarti disaat yg sama ada 10 artis yg gagal atau dikeluarin dr manajemennya

★ Fans di korea ga ragu buat mendonasikan uang mereka dalam jumlah besar untuk fandom mereka.

Dan saya tambahkan beberapa fakta lainya, di Korea sendiri karena sangat memperhatikan face mereka rela melakukan operasi untuk membentuk face beauty sesuai keinginnya dan management utamanya. Menurut survei, gadis yang baru lulus sekolah banyak yang menginginkan hadiah berupa oplas dari pada gadget-gadget ternama.

Mungkin ceman-ceman mau oplas juga? Biar bisa merintis karir di Korea? Saran saya nih, mending kawan bawa plastik sendiri dari rumah, entah itu plastik ember atau sendal jepit (merk apa saja), itung-itung ngirit ongkos *plak, ditampar pembaca*. Baiklah sekilas info dari saya semoga bermanfaat, ditunggu komennya ya? Salam sayang dari Pipit, muaaaach.. :*



artikel terkait : 
http://kadorama-recaps.blogspot.com/2011/06/jang-ja-yeons-letters.html
http://yeppopo.wordpress.com/2011/05/22/fakta-tentang-artis-dan-manajemen-artis-di-korea/









Baca Artikel Populer Lainnya

16 komentar

  1. Makanya ga perlu lah jadi artis segala. With great fame, comes greater hardship.

    ReplyDelete
  2. awalnya bingung maksudnya oplas apaan. ternyata operasi plastik tho,.

    infonya keren nihh :)

    ReplyDelete
  3. kemaren gue nonton di trans 7 soal suka duka Kpop. dan ternyata 65% tingkat stress itu dimiliki oleh artis2 korea. disana mau jadi artis susah bgt ya ternyata. tapi hasilnya jadi maksimal.

    tapi enakan jadi artis dimari lah, gampang cari duitnye :p . kalo di korea mah katanya si artis gak boleh pacaran dulu ampe umur 30 tahun. belom lagi yg cowo2nya musti wajib militer segala hingga 2 tahun jadi mau ga mau musti vakum dr dunia entertain. ribetnyaaaaa T.T

    oh iya btw gue miris bgt sama cewe2 korea, katanya 78% mukanya udeh oplasan semua -_______________-'

    ReplyDelete
  4. nice info kak . Keunyuan (?) fans-fans disana tuh yg bikin aku penasaran sama korea, hahaha. Soalnya mereka bener-bener setia gitu :D

    Kalau manajemen gitu aku sukanya sih sama YG hehe~~

    ReplyDelete
  5. huwaaaa...akika jadi inget perjuangan para akang-akang di suju pas lagi debut. mengahrukan sekali..kesian banget. yap,emang gitu kerasnya dunia hiburan di korea. disana tuh idol tuh udah sama kaya ormas-ormas kali yak. fandom tuh dah jadi semacam ideologi. makanya,aampe banyak fan yg cenderung obessif sama artinya. (maniak)
    kalo soal manajemen,saya emang salute sama YG ENT. soale mereka bener-bener ngasih kesemptan buat artis binaan mereka berkata sendiri. yang ane tau kaya si GD dari Bigbang,dia suka aransemen sendiri and it;s okay no problemo. yah ada beberapa yg masih "komersil" dalam menilai karya. pekerjaan sebagai idol udah dianggap luhur layaknya menjadi atlet (kalo disini mah kebalik yah,artis lebih nguntung daripada atlet)

    ReplyDelete
  6. Terima kasih atas infonya :D

    (kirain bahas pendapat kedatangan k-pop di indonesia *wajah kecewa)

    ReplyDelete
  7. wow 0.0
    Seberat itu ya ? ngeri juga._.

    ReplyDelete
  8. wah unik juga yah artis JYP mesti dilihat juga dari nilai rapor.
    nice post pipit, buat saya yang baru saja jadi penggemar korea-koreaan. jadi dapet info deh..

    tapi ada loh satu syarat unik biar bisa jadi idol korea, mesti ada eyelid ganda di mata. hahaha cuma denger dari sodara juga sih..

    ReplyDelete
  9. trenyata rahasia ke cakepan mereka,. Oplas toh ,, hmmm

    ReplyDelete
  10. terima kasi infonya... di balik gemerlap hallyu wave ada sisi yang lain.

    saya udah lama merhatiin wajah2 artis2 korea kalau sedang di acara live.. muka mereka 'meling-meling' gitu... dan saya sekarang menjadi lumayan jago memprediksi di bagian wajah mana saja mereka melakukan oplas, haha #banggaUntukHalYangTidakPenting

    o, ya, salam kenal.. :)

    ReplyDelete
  11. Kirain bahas drama2 korea.... ternyataaaaaaaaaa.... serem banget ya di sana... speechless

    ReplyDelete
  12. Ini posting yang keren banget buat para pecinta korea...

    ReplyDelete
  13. ya ampyuunn sereemm bgt yah , pantesan aja yah , kemaren saya baca di http://asianfansclub.wordpress.com/2010/08/11/artis-artis-korea-yang-bunuh-diri/ , saya bingung-bingung gitu , kok segampang itu yah mereka ngambil keputusan buat bunuh diri , padahal kae nya mereka itu uda punya segalanya deh . sayang bgt kan . ehhhh .. ternyata .. ada udang di balik bakwan ( salah ) hehe

    ReplyDelete
  14. euuhh agak gemes sih kalo nonton tivi, kok mukanya pada tipenya sama-sama semua, perfect abis cakep-cakep... ehhhhhh sumpel plastik ternyata. -___-'

    tapi ngeri juga sih setelah tau satu2 artis korea pada bunuh diri. serem. kasian juga kita sebagai fans ga tau ternyata di balik kesenengan kita nontonin ato dengerin lagunya mereka, ternyata mereka banting tulang sampe mampus dan depresi. hiii.

    salam kenal yah
    http://audreysubrata.blogspot.com :)

    ReplyDelete
  15. hmm.. korea x suka org berwajah melayu?? sedih yer..

    ReplyDelete

If you have no critics you'll likely have no succes ~Malcolm X

Parf Of


Blogger Perempuan Blogger Kekinian Warung Blogger Photobucket