Kuliner : Yuk Makan SEPEDA

4:11:00 AM

Hai ceman-ceman setanah kusir, pripun kabare pun?http://www.emocutez.com Sae-sae nggeh? Nggeh.. betewe saya mau tanya nih, apa sih makan siang poro panjenengan hari ini? Pasti deh nggak sedasyat punya saya. Hohoho..http://www.emocutez.com

Dasyat gimana Pit?http://www.emocutez.com

Nih saya ceritain ya, pernah ke Papua nggak? Nah makan siang saya kali ini berasal dari kuliner Indonesia Timur. Sudah biasa mungkin kalau makan kuliner daerah kayak soto, pempek, atau rujak cingur. Yah jawa-jawa sumatra geto, nah kalau daerah Indonesia Timur kayak Papua? Pasti pada jarang nyoba, apalagi tahu.

Kuliner yang satu ini maknyoos, ajib bin wahid, semuanya deh http://www.emocutez.com. Mau tahu? Mau tahu? Jamaah.. oo.. jamaah.. alhamdu... lillah.

Jeng jeng kuliner ini namanya SEPEDA *kring kring kring*

Buset yang bener Pit? Ini acara makan apa debus?http://www.emocutez.com


ini papeda dari mbah google

yang ini asli buatan mak saya :3


Wkakakaka, ember cyin, bercanda.. hehehe, soalnya kata-katanya bisa diplesetin. Nama asli kuliner ini PAPEDA. Terbuat dari sagu (emak saya lebih suka bikinnya dari tepung kanji) yang dibuat dengan mencampurkan air panas sehingga hasil akhirnya seperti lem kastol, setelah itu sebagai pelengkap utama berupa ikan masak kuah kuning (harus pakai ikan laut biar ajib), lalu ada oseng-oseng kangkung sama sambal bawang. Slurup.. ajib..



it's time to eat papeda


valaa.. papeda ala kadarnya.. :D


Bagi orang-orang yang belum pernah tahu makanan ini pasti aneh, pasti podo nggumun, opoan seh kuwi? Wajarlah, saya jadi ingat waktu orang-orang Jakarta pada singgah ke rumah saya saat masih tinggal di Biak dulu. Mereka penasaran pingin nyoba papeda, nah emak saya bikinin deh, waktu jadi.. eh nggak dimakan papedanya, cuman ikan kuah kuningnya aja. Helo, bapak-bapak kota, yang namanya papeda bukan ikan kuah kuningnya tapi sagu yang dijadikan jenang lem itu. Hadeee.. rempong http://www.emocutez.com.

Terus Pit gimana rasanya?

Baaah, ko tra tau ka? Enak sampe, sa suka sekali ini. Rasanya, perpaduan gurih ikan, pedasnya sambal, dan ini nih asemnya kuah. Cocok sekali buat orang-orang yang lagi sakit, flu, batuk, demam apalah, bahkan buat orang yang sakit hati cocok banget lho. Saya jadi ingat waktu tinggal di Papua dulu, kalau lagi malaria (bukan malarindu) suka dibikinin papeda sama emak, dan untungnya kemarin siang emak bikin makan siangnya papeda. Asooy, mak saya emang pinter deh, akhirnya setelah 7 tahun lamanya saya bisa makan papeda sebelum puasa.

Sumpah deh, makanan ini lebih enak dari indomih, hihihi.. walaupun kawan-kawan nggak bisa ke Papua, yuk cobain kulinernyahttp://www.emocutez.comhttp://www.emocutez.com.

Baca Artikel Populer Lainnya

15 komentar

  1. untung engga makan sepeda beneran :hammer hahaha
    betewe itu papeda kayaknya bisa buat nge-lem juga ya?

    ReplyDelete
  2. kalo emak saya suka bikin jenang dari semacam tepung umbi2an, kuahnya santan rebus, jadinya kayak makan lem :3

    ReplyDelete
  3. besok pas lamaran dibuatin nitu aja ya makkk :D

    ReplyDelete
  4. Gue pernah dibikinin papeda sama bokap gue, dan gue ga kuat makan banyak-banyak. Ampun DJ~~~

    ReplyDelete
  5. nyummm.. pasti enak banget rasanya! jadi ngiler *drooling*

    ReplyDelete
  6. @reza : bisa dong, ini makanan serba guna lho! hoho..

    @mas mufid : wah jenang sumsum tah?

    @mas habib : gaweo dewe mas!

    @stevanus : sumpe lo? padahal endang bambang cyiiin..

    ReplyDelete
  7. nggak pernah makan papeda.. kok seperti lem ya (liat dari fotonya)? :D

    ReplyDelete
  8. Yuhuuu..enak banget ni makanan :D
    Makannya pake ikan kuah kuning + kangkung + sambel, wuihhh...
    Seger banget rasanya :D
    Bersyukur tinggal di Papua, jadi masih bisa makan Papeda sepuasnya :))
    Orang yang tra tau makan barang ini rugi skali ya, hahahah...

    ReplyDelete
  9. Kayak lem. Hahaha.
    Dulu aku tinggal di Ambon. Dan aku nggak seberapa suka makanan khas daerah, maklum orang kota. :p
    aaku nggak seberapa suka makanan khas daerah, aku nggak suka pizza, hamburger, dsb. Aku cuma suka makanan home-made. *sok inggris, padahal gatau artinya*

    Tapi abis lliat komen di atas, kok jadi penasran ya --'

    ReplyDelete
  10. kayak lem dan UMBEL :D hihi
    enak nggak tuh kakaak? :o

    ReplyDelete
  11. kayaknya menarik utk dicoba :)
    ah ya, ikutan yuk giveawat kami dini:
    http://kabarbuku.blogspot.com/2011/07/giveaway-gretongan-novel-dan-mug-cantik.html

    ReplyDelete
  12. kirain makan sepeda beneran haha xD
    belom pernah nyoba tuh makanan asal papua , hihiw

    ReplyDelete
  13. papedanya pasti kenyal-kenyal gimana gitu..

    ReplyDelete
  14. Kita orang suka papeda :D

    Salam,
    Senya

    ReplyDelete

If you have no critics you'll likely have no succes ~Malcolm X

Parf Of


Blogger Perempuan Blogger Kekinian Warung Blogger Photobucket