Makanan Ringan Cianjur "MARICI" on Njajan Time

3:22:00 PM



Setiap kali rubik Njajan Time hadir, pasti banyak yang ngasih saran, “Pit, sekali-kali review jajanan khas daerah dong..”, seperti itulah permintaan kawan-kawan blog yang sering mampir khususnya di rubik Njajan Time. Dan hari ini, patutlah kawan-kawan bersorak sorai gembira, karena princess akan mengabulkan permohonan kalian, sesuatuh banget kan?

Kalau kalian dengar kata rengginang, apa yang akan kalian pikirkan? Sebuah jajanan ndeso? Ataukah makanan favorit kalian? Yang namanya rengginang gampang banget ditemukan di mana-mana, bahkan di saat hari raya, jajanan yang 1 ini tetep nongol diantara banyaknya jajanan modern yang disuguhkan di meja, hal ini membuktikan bahwa popularitas rengginang, nggak kalah sama jajanan modern yang mulai menggeser panganan khas Indonesia.


Kemarin princess mendapatkan produk dari produsen rengginang bernama MaRiCi, lucu ya namanya? Pas liat bungkusnya, ternyata ada kepanjangannya loh, Makanan Ringan Cianjur disingkat jadi MaRiCi, emang orang Sunda pinter banget yah bikin singkatan-singkatan gini.  Nggak cuman rengginang doang, ada ranggining, dan juga putumayang dari MaRiCi ini.



MaRiCi memiliki 3 varian produk, ada rengginang, ranggining, dan putumayang. Mungkin kawan-kawan semua sudah sangat familiar dengan rengginang, bagaimana dengan ranggining dan putumayang? Saya sendiri belum pernah mencoba keduanya, bahkan merasa takjub dengan nama ranggining, apakah dia saudara jauh rengginang, atau kah ia telah tertukar saat lahir dulu? Berasa kayak sinetron Kerupuk yang Tertukar yah? Setelah princess cari tahu di websitenya Marici  (maricisnaks.com), akhirnya terkuak sudah siapakah ranggining ini.

Ranggining adalah sejenis kerupuk berbentuk seperti Rengginang yaitu bulat dan tebal, tapi terbuat dari tepung beras dan tepung tapioka yang dihaluskan. Untuk bahan-bahan dan bumbu sama percis seperti Putumayang tapi meski begitu rasa jauh berbeda dengan putumayang. Ada ciri khas tersendiri rasa dari Ranggining ini yang sulit dijabarkan dan hanya bisa diketahui setelah dinikmati sendiri ;) proses pembuatannya pun lebih rumit dari Putumayang dan Rengginang sehingga berpengaruh ke rasanya yang exclusif. Tampilannya pun berwarna-warni. Ini yang mejadikan ciri khas Ranggining.

Lalu bagaimana dengan putumayang, sekali lagi, princess mencari tahu di website-nya MaRiCi, dan mendapatkan pencerahan.

Putumayang By MaRiCi Berbeda dengan Putumayang lainnya yang terbuat dari tepung beras berbentuk seperti Mie yang biasanya setelah dikukus langsung dinikmati dengan Santan dan Saus Gula. Putumayang By MaRiCi sama seperti produk MaRiCi lainnya yaitu Rengginang dan Ranggining setelah dikukus melewati proses penjemuran dibawah terik matahari hingga kering dan berbentuk seperti kerupuk. Agar bisa dinikmati dengan makanan lainnya seperti Bakso, Mie, Nasi, dll. Setelahnya baru digoreng. Ini yang mejadikan ciri khas Putumayang By MaRiCi. 

Jadi sudah jelas tentang rangginang dan putu mayang? Sudah siap kalian semua mencicipinya? Yuk mari kita sambit bersama-sama.

Tekstur dan Rasa



Princess mencoba ketiga jajanan dari MaRiCi, secara keseluruhan ketiga jajanan ini memiliki tekstur yang sama yaitu renyah. Kerenyahan 3 jajanan ini nggak bakal menyakiti gigi atau mulut kalian, karena sekali gigit, “KRIIUUUK!!”. Kalau soal rasa, ketiga jajanan ini punya ciri khas masing-masing. Putumayang memiliki rasa yang paling gurih daripada ranggining dan rengginang. Kalau menurut princess, putu mayang ini cocok banget dimakan sendiri tanpa pendamping karena rasa gurihnya yang kuat. Beralih ke ranggining, rasa ranggining ini gurihnya selevel di bawah putu mayang. Ada 1 hal yang membuat ranggining khas, yaitu rasa singkong yang samar-samar, mungkin rasa singkong yang samar-samar ini hadir karena salah 1 bahan utama ranggining adalah tepung tapioka.

Yang terakhir, rengginang. Sebenernya MaRiCi rengginang memiliki 3 varian rasa, ada udang rebon, terasi, dan ketan hitam. Namun di Njajan Time kali ini, MaRiCi rengginang rasa udang rebon yang akan saya review. Rengginang MaRiCi nggak segurih putumayang dan ranggining, tapi rengginang MaRiCi punya ciri khas rasa dari udang rebon. Udang rebonnya ini yang bikin rengginang MaRiCi lebih istimewa.

Kemasan dan Harga


Kemasan MaRiCi bakal bikin kalian pangling, soalnya desainnya itu nggak kayak kemasan rengginang kebanyakan. Desainnya itu unik, dan cocok banget buat kalian bawa sebagai buah tangan buat mama di rumah, atau mungkin calon mama mertua. MaRiCi-nya pun dibungkus dengan rapi dan kuat, karena ada bubble wrap sebagai pelindung produk MaRiCi. Untuk harganya, kalian bisa mendapatkan MaRiCi dengan harga Rp. 45.000,- / 400 gram-nya, masih bersahabat buat kantong. Apalagi per 400 gram-nya bisa sampai 3 toples kalau kalian udah goreng si MaRiCi ini.

Kesimpulan
Nilai : 3.5 / 5
+Rasanya enyoy dan nagih
+Cocok buat camilan dan lauk
+Cocok buat oleh-oleh
-Seret, jangan lupa sediakan minum
Kalau mau beli di mana?








Baca Artikel Populer Lainnya

14 komentar

  1. Wahh, akhirnya njajan time review makanan khas daerah nih. dapet sponsor pula haha.

    Rengginang itu udah nggak asing lagi memang bagi penikmat jajanan daerah. Tapi sepertinya Marici itu kreatif banget ya, bisa bikin sejenis rengginang tapi beraneka rasa. namanya lucu-lucu pula, udah kayak saudara haha.

    Eh, pit, aku kok penasaran sama rengginang yang rasa terasi itu yaa? apa jangan-jangan baunya nanti juga mirip terasi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah itu dia, aku juga penasaran sama rasa terasi maz. cuman jujur aja, rasa udang rebon aja udah kayak terasi gitu aromanya, nah gimana kalau yg terasi? hm...

      Delete
  2. Loh selama ini aku taunya ranggining itu rengginang yang manis loh xD
    Putumayang sama kerupuk mie itu sama gak sih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku g pernah tau ranggining fir, rengginang doang yang aku kenal.
      btw kerupuk mie itu yg mana yah? hehehe

      Delete
  3. Rengginan ternyata jajanan yang masuk daftar Ngejajan time kali ini ya pit? Bagusnya gitu. Makanan tradisional yang dibahas. Jadi, biar lebih kenal semua orang sama makanan daerah kek gini.

    Jujur, gue belum pernah makan rengginan. Cuman, sering tau di channelnya Bayu Skak yang bahas ini.. Gak nyangkan, gegera reviewmu, gue kok jadi tertarik beli ya pit. Kalo pembelian pengiriman Pekanbaru bisakan ni? Cuman.. Harganya agak-agak, ya.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehehe.. ini udah dijawab her. btw kalau kamu mau, bisa juga kirimin aku makanan khas bengkalis atau riau :p

      wajar sih belum pernah makan, kayaknya rengginang ini emang lebih populer di jawa, makanya cobain dongs, gurih gurih enyoy!

      Delete
  4. jadi ngiler mbak baca postingan ini :)

    ReplyDelete
  5. aku suka headermu btw mb pipit , lucuuuuuw

    rengginang aku suka yang merah putih, warna original

    ReplyDelete
  6. rangginang jadi keren yah kalau di packaging dengn tepat. terus gue baru tahu tuh ranggining sama putumaya asl baru denger

    btw, kemarin gue baru ajah sariawan dan obatnya adalah rangginang! haha sembuh gue pit

    ReplyDelete
  7. sering coba sih tapi yang original. dan belum nyoba kalau merek yang ini hihi. rengginang rasa terasi kayak gimana ya rasanya? hmm jadi penasaran

    ReplyDelete
  8. Alhamdulillah saya udah pernah nyobain tiga-tiganya, oleh-oleh dari temen yang orang Cianjur.
    Tapi baru tahu deh ternyata ada juga yah yang ngajual berupa kemasan gini. Soalnya dulu saya dapetnya yang buatan rumah.

    Yah.. Kalo udah begini, biasanya para pedagang tradisional akan ....... Oleh para ........ Haha
    Btw, Keren kakak, review jajanan nya :)

    ReplyDelete
  9. kalau rengginag saya suka banget.. hhe ranggining juga suka sih..

    ReplyDelete
  10. Oke, kali ini aku penasaran dan bikin ngerogoh kantong buat beliii, pengeeen nyobaaa

    Salam,
    Pink

    ReplyDelete

If you have no critics you'll likely have no succes ~Malcolm X

Parf Of


Blogger Perempuan Blogger Kekinian Warung Blogger Photobucket