TIPS, Dasar Merawat Kulit Wajah Buat Cowok dan Cewek

3:58:00 PM



Punya wajah mulus dan kinclong kayak porselen, siapa sih yang nggak mau? Apalagi noh wajah-wajah kayak artis koriya, buset dah, kecoa menclok di muka mereka, kepleset tuh pastinya. Tapi incess juga sadar diri, punya wajah seperti artis koriya mah mimpi, secara dari jenis kulit aja beda, warna kulit juga, keadaan iklim pun menentukan, yang paling utama perawatan berjuta-juta yang mereka pake nggak bakal sanggup saya lakoni karena saya bokek.

Walaupun punya wajah mulus dan kinclong kayak artis koriya cuman mimpi, nggak ada salahnya ini jadi motivasi buat kita untuk punya wajah bersih dan sehat. Buat kalian yang kemarin sempet main ke AVVENTURA pasti tahu kalau saya abis kena serangan jerawat yang parah pake banget, buat yang belum tahu bisa baca di sini. Maka dari itu di hari sabtu yang cerah ini, incess mau berbagi tiga cara mudah agar bersih dan sehat. Ini nggak cuman buat cewek, cowok juga perlu tahu dan menerapkannya, soalnya kebanyakan cowok masa bodo gitu buat urusan wajah. Oke deh, daripada kelamaan cing cong, langsung aja kita mulai yah.




Pertama, KENALI JENIS KULITMU. Banyak orang yang lupa kalau jenis kulit itu memiliki peranan penting dalam perawatan kulit. Rata-rata pada sembrono nih, misalnya kulitnya itu berminyak tapi pingin putih, alhasil pake perawatan whitening, padahal secara kodratnya, kulit berminyak tuh harus lebih waspada pada jerawat bukan memutihkan wajah. Walaupun ada beberapa kasus di mana aman-aman aja, tapi yang namanya buat kulit jangan coba-coba.  Jadi, kenali jenis kulitmu, apakah kulitmu termasuk kulit kering? Kulit berminyak? Kulit kombinasi? Ataukah normal?

Untuk sedikit membantu, incess bakal jelaskan secara sederhana ciri-ciri tipe atau jenis kulit. Untuk kulit berminyak, bisa dilihat dari pori-pori yang besar dan produksi minyak yang berlebihan di seluruh area wajah, sampai-sampai bisa jadi minyak goreng buat emak masak di rumah. Untuk kulit kering, pori-porinya malah nggak nampak, cuman karena namanya kulit kering, jadi kelembapan kulitnya kurang, udah kayak savana aja . Kulit kombinasi, kalau yang ini perpaduan kulit kering dan berminyak, umumnya kulit kombinasi memiliki daerah berminyak pada T Zone, dahi, hidung, dan dagu, nah di daerah pipi biasanya kering. Yang terakhir kulit normal, ini jenis kulit yang kelembapannya pas, nggak kering dan nggak kayak kilang minyak, pori-pori pun nggak besar.

Nah kalau kalian udah tahu jenis kulit yang kalian miliki sekarang tinggal disesuaikan aja perawatan wajah sesuai kebutuhan kulit kalian, kalau kulit kering berarti butuh perawatan yang melembabkan, untuk kulit berminyak butuh perawatan yang mengontrol minyak berlebih dan mencegah jerawat, begitu pula dengan jenis kulit lainnya.  Jadi kenali dulu yah jenis kulitmu.



Kedua, MENGETAHUI AKAR PERMASALAHAN KULIT WAJAH. Nggak cuman hidup yang selalu bermasalah, kulit juga gitu. Kalian pernah nggak sih merhatiin kenapa kulit wajah kalian kusam, berjerawat, dan sebagainya. Ada baiknya kalian cek tubuh dan lingkungan kalian, siapa tahu akar masalah yang muncul di kulit wajah ada di sana. Misalnya nih kayak saya, kulit muka gampang sekali bereaksi ketika saya makan kacang dan telur, hanya dalam beberapa menit, langsung muncul jerawat kecil di muka. Itu contoh pada diri incess, beda orang pasti beda juga akar masalahnya. Bisa jadi permasalah kulit wajah kalian bukan dari makanan, tapi dari stres, kurang tidur, lingkungan yang penuh polusi, atau hormon mungkin? Kalau kalian sudah tahu akar masalahnya, maka penyelesaiannya juga mudah. Karena incess mudah berjerawat setelah makan telur dan kacang, sekarang kedua makanan tersebut hanya bisa saya nikmati saat kepingin banget, kalau nggak ya nggak makan, supaya muka nggak jerawatan.



Ketiga, GUNAKAN TABIR SURYA. Banyak yang nyepelein sinar matahari karena dikiranya sinar matahari akan merangsang tubuh untuk memproduksi vitamin D. Padahal nih ya, kalau kelamaan terpapar sinar matahari kulit bisa terbakar, keriput, dan yang paling parah adalah kanker kulit. Nggak ada salahnya dari sekarang kita udah waspada dengan sinar matahari yang saya rasa udah nggak sebegitu bersahabat seperti dulu. Caranya? Ya pakai tabir surya.  Jadi mulai sekarang biasakan menggunakan tabir surya ya.


Gimana? Tips dari incess nih nggak muluk-muluk perawatannya, semua bisa praktekin kok, nggak cuman cewek, cowok juga bisa. Yuk mulai merawat kulit wajah, jangan sampai nyesel di kemudian hari kayak incess kemarin, diserang jerawat nggak pake kata ampun. Biar kulit kalian bersih dan sehat, gebetanmu pun senang. Selamat berakhir pekan yah, peace, love, and gaul!

Baca Artikel Populer Lainnya

59 komentar

  1. Gue udah kenalan sama kulit gue, tapi dia nggak mau. Dia sombong :'')

    Di kampung gue sedang musim layangan, gue ikut aja main2 padahal udh tua :) ya mulai sekarang gue bakal ati2 aja, serem juga kena kanker kulit.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini fix, jomblo akut, kulitnya sendiri sampe ogah kenalan. Sehina itukah dirimu? *peace
      Yuk mulai pake sunblock, biar mukanya terlindungi dari pengaruh buruk sinar matahari

      Delete
  2. Makasih incess tipnya..tapi yang susah tuh ngindarin makanan yang jadi penyebab jerawat misalnya..huooo kalau lihat coklat kacang dan penyebab munculnya jerawat lainnya suka kagak nahan.hehe...nah kalaupoin tabir surya ini kadang males kadang lupa *tutup mata* :'D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama mbak vita, daku jugah gitu, banyak makanan enak yang pake kacang sama telur sebagai pelengkapnya. Duh g bisa nolak, yaudah tuing2 jerawatnya :'D

      Delete
  3. Teh kenapa ga jadi Beauty Vlogger aja ?
    iapa hari pasti aku pantengin vlognya teteh wqwq.

    kalo ngomongin masalah kulit kayaknya aku ga terlalu peduli amat teh, nanti kalo udah jerawatan baru deh aku nangis kejer

    coba aja ada produk kulit yang ga bikin repot ya teh, ga usah pake ini lah, itulah, lalu untuk mendapatkan hasil terbaik harus dilanjutkan lagi menggunakan produk anulah.

    capek :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buseeet.. Make up an aja kagak bisa, incess bukan wanita sejati :(
      Yah buat orang yang g pernah ngalamin masalah kulit mah enak, tapi sayangnya kayak masa bodo gitu akhirnya. Lupa kalau kulit tuh perlu dijaga.

      Delete
  4. Tiap hari sebelum keluar rumah, aku selalu pakai tabir surya. Ngeri sih kalo berhadapan sama matahari. Nyengat gitu..
    Kalo soal jerawat, belakangan ini aku juga jerawatan deh. Khususnya kalo lagi dapet. Aku kasih acne lotion aja. Nanti lama-lama juga mengecil :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya teh waya, sinar matahari jaman sekarang jahat!
      Brati jerawat karena hormon pas PMS ya teh, sama juga sih kayak aku. Kalau pas lagi dapet mah cuek aja, emang kayak gini hormonnya

      Delete
  5. Alhamdulillah pit. Sejak kecil, kulit gue boleh dibilang gak suka neko-neko gitu. Dia adem ayem aja. Mau gue ke mana, ngapain, tetep gitu-gitu aja. :D

    Cuman... Kulit wajah gue sendiri akan jerawatan kalo misalnya gue sering panasan gak pake penutup kepala. Atau, sering keluar malam tanpa helm. Itukan debu luar biasa, ya. Nah, cuman gue bersyukur mulai membiasakan membersihkan wajah gue sebelum tidur dan sesudah.

    Memang, sih, sejak kebiasaan itu gue lakukan, banyak yg bilang, muka gue kinclong gitu. Jarang jerawatan. Alhamdulillah. Tapi, kalo gak gue rawat (alias bodo amat) 1 bulan aja. udah, deh. Muncul tuh, kecil2 jerawatnya dan kamfretnya jerawat gue sakitnya ampun banget.

    Btw, makasih lho tips and tutorialnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tuh kan, cowok juga kalau males ngrawat muka pasti bermasalah. Kondisi kulit wajah emang harus diperhatikan, ya itu tadi jaga kebersihan.
      Salut deh heru juga mulai menjaga kesehatan kulit wajah, kalau muka kinclong yang seneng juga siapa kalau bukan diri sendiri. Apalagi kalau kita ketemuan dengan klien pastilah muka kinclong jadi nilai plus, seger diliatinnya

      Delete
    2. Hehehe. Iya, pit. Beberapa hari kemaren shooting dan kelar gak dibersihkan. Sekarang saatnya jerawatan. :'( Mudah-mudahan bisa segera sembuh. :)

      Iya, sih. Banyak yg bilang gitu. "Ru, seger bener mukanya sekarang. Kinclong gitu."

      Delete
  6. Aku kalau makan kacang sama telur, gak berpengaruh apa-apa sama kulit wajah, tapi kalau lupa cuci muka sebelum tidur, besoknya langsung muncul jerawat, walaupun gak banyak, tapi ngengganggu juga sih heheu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau masalah kayak kamu rata2 gitu sih. Aku juga kok. Wajar tuh, soalnya aktivitas seharian, udah berdebu dan kena kotoran lainnya, pasti deh kalau g dibersihin, tuing ada jerawatnya.

      Delete
  7. Sebenernya ada cara yang lebih simpel lagi buat ngerawat kulit wajah, rutin ambil wudhu aja 5 kali sehari, selain bersihin muka, bisa menjaga kelembaban tanpa campur tangan bahan kimia, dan bisa mendekatkan kita ke sang maha kuasa. Subhanallah, gue bisa kepikiran sampe situ.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Subhanallah, sungguh tiada tara solusimu. Abis kesurupan apa ampe ngomongnya kayak alim ulama? :p

      Jujur aja, aku g stuju 100%. Jaman modern kayak gini beberapa aspek kehidupan udah bersinggungan langsung sama bahan kimia. Yah kalau kamu tinggal di desa kayak aku, aku yakin kamu bisa menikmati air tanpa kaporit. Tapi bagaimana ceritanya mereka yang hidup di kota besar? Airnya udah dipakein kaporit semua. So g bersinggungan 100% sama kimia? G mungkin.

      Delete
    2. gue pake air dari samudera hindia kok..

      Delete
  8. Salam kenal kak, terimakasih tipsnya.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh juga kak maen ke blogku, andinugraha[dot]com

      Delete
  9. Makasih Teh Pit solusinya. Tapi... Tabir surya itu apa ya? ._.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tabur surya itu zat yang melindungi kulit dari radiasi sinar UV matahari. Gampangnya sih sunblock

      Delete
  10. Waduw Pit, kamu udah ngobrolin soal perawatan gini, bikin aku deg degan trus langsung ambil kaca trus ngetes, ini jenis kulit aku apa ya?

    Soalnya aku tuh ga bisa kena panas panasan dan main main keliling Jakarta sampe lengket trus lupa mandi, soalnya biasanya aku bakalan langsung butek dan jerawatan besoknya.

    Makasih banyak tipsnya ya Pit.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini perawatan sederhana aja kok cha. Semua orang bisa menerapkannya baik cowok ataupun cewek.

      Yuk mulai sekarang aware sama kulit. Kalau sadarnya pas udah parah nanti nyesel lho cha

      Delete
  11. Mmm... berdasarakan ciri ciri di atas, kayaknya kulit aku termasuk kulit kombinasi deh ya. Cuma bagian T zone aja yg berminyak. Tapi alhamdulillaah muka aku jarang banget jerawatan. Paling kalo mau dateng bulan aja, baru deh tuh jerawat pada bermunculan.
    Btw, makasih kak pit tipsnya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama, aku juga kalau mau, lagi, dan selesai haid jerawat muncul juga. Tapi bodo amat sih, soalnya udah hormonnya gitu

      Delete
  12. Inces keknya sekarang lagi rajin post yang berbau kecantikan deh, mau jadi beuty blogger nih? Aku dukung sekarang jugaaaa!!!

    Kulit mukaku kayanya yg area T nya doang deh yang berminyak, apalagi kalau misalnya udah keringetan dekil banget kek anak ilang dipasar induk. Kalau pakai tabir surya itu bentuknya yang kaya gimana sih? Aku taunya handbody, ga mungkin kan dipake di muka -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beauty blogger? My God, yum canggup nad :(
      Tabir surya tuh sublock itu loh nad. Ada yang krim ada yang gel, sesuaikan aja sama kebutuhanmu

      Delete
  13. Walaupun cowok terkenal cuek terhadap penampilan, tapi jangan sampai cuek terhadap kesehatan kulit.
    Merawat kulit seperti yang Incess tulis ini memang harus diterapin, minimal rajin-rajin dah buat jaga kebersihan badan, asal jangan melebihi cewek aja hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha..
      Buat cowok mah sewajarnya aja, kalau berlebihan malah dipertanyakan nanti :p

      Delete
  14. Kalo diliat dari akar masalahnya, ini wajah kering gegara kurang tidur, makanan yg berminyak, stres... tapi buat ninggalin itu susah banget. T.T nunggu ada yg merhatiin dan suka maksa buat ngerawat muka ajalah. eh, tapi kalo mukanya gak kerawat, gada yg mau mendekat buat ngingetin yak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nyahahahaha.. Ngapa jadi curhat gini? :p

      Delete
  15. kalau saya makan kacang, dijamin kulit nih muka gatal2 :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makan kacang muka gatel2, apalagi dikacangin? :p

      Delete
  16. Makasih tipsnya inces. Boleh banget nih. Kebetulan mukaku tuh banyak banget ditumbuhi jerawat putih. Siapa tahu setelah praktek nantinya kulit mukaku bakal putih mulus dan bersih. Jadi pusat perhatian deh. Eaaa. Hahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu kalau g salah komedo putih tuh. Ada beberapa bahan alami yang membantu mengurangi, kayak kunyit dan tomat, kalau mau coba aja pake, diolesin ke komedo putihnya.

      Delete
  17. Yang ku tau, kulit wajah ku ini berminyak, hehe jd klo beli sabun muka yg ada tulisan oil controlnya :D

    Eh klo tiap waktu selalu ada di ruangan apakah msh perlu tabir surya jg? Karena diriku ini kerja nya di dlm kantor

    Trus klo kita wudlu efek tabir surya nya apakah bakal hilang? Hehe skali kali kepo msalah perawatan :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sip, citra udah kece nih, milih sabun muka sesuai perawatan.
      Untuk tabir surya, walaupun kamu didalam ruangan masih perlu cit. Tapi pakenya tipis-tipis aja.
      kalau wudhu pasti ilang cit, kecuali kamu pake tabir surya yang waterproof, kalau yang biasa mah harus pake lagi abis solat.

      Delete
  18. Wah sya kulitnya kering nih, tp untungnya jarang kena jerawat.
    Pengen kulit putih kaya org koriya. Tapi takut diculik dan dijadiin anak boybend.
    Emang banyak org yg kurang merhatiin sama wajah, apalagi cowo. Bahkan ada temwn sya yang mukanya penuh dengan jerawat batu yg kerasnya kaya biji kurma. Tp dia enjoy2 aja gitu -,-
    Tipsnya keren. Nice post :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ichsan bisa aja ih, tapi pertanyaannya apa agensi koriya mau sama situ buat diorbitin jadi artes? :p
      buset, jerawat batu dibiarin? emejing temenmu itu, itu sakit lho.

      Delete
    2. Lah sya di indonesia hasil export dr koriya loh. Ktanya biar di indo ada yg ketjeeh dikit wkwkwk

      Tak tau lah biarin aja. Mungkin itu asesoris biar muka nya gak polos2 amat. Kalo terlalu polos ntar diculik.

      Delete
  19. Klo jenis kulit sya bda pit. Klo dikulit muka jnis kulitnya brminyak, dipunggung klit snsitiv, dikaki kulit kolaborasi, blum lgi didengkul, jnisnya kulit manggis. Hahahahh

    Tpi jujur, jnis klit sy brminyak, awalnya si di derah T kyak yg incess bilang, tpi lama2 udh nyerang pipi, edehh, sngat mnganggu mimpi sya jdi kyk orng kolera, ehh koreya.

    Kta kakek sya sih nyembuhin nya dngan cara cari pacar. Tapi....ah, sdahlah..

    Bdw, postnya sngat brmanfaat pit, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tips kakek kamu kurang sip, yang bener tuh cari calon buat dinikahin terus jadi istri deh, baru ntaps

      Delete
    2. Nah itu mksudnya Pit, cari calon istri yang awalnya dijadiin pacar trus dinikahin deh jadi istri.

      Delete
  20. kulit wajah saya kayaknya normal deh... saya gak pernah kesulitan pake pelembab atau bedak, selama ini selalu cocok :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah yah..
      Itu kulit idaman semua wanita. Jangan dimacem2in yah, biar kulit muka bersih dan sehat

      Delete
  21. kulit kadang berminyak, kadang kering, kadang kering sambil berminyak, gimana dong?

    Soalnya sih sering banget gitu ngikut kegiatan yang kena sinar matahari. jadi kering sambil berminyak gitu.

    Gak pinter juga nih masalah ngerawat muka hehehe.. yang penting muka gak ada jerawat aja udah seneng, bagi cowok mah.


    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau cowok mah emang yang penting bersih.
      Kalau kulitnya berubah2 gitu kayaknya kamu ini titisan bunglon

      Delete
  22. Kadang ketika gue lagi ngaca ada sedikit jengkel dengan jerawat yang udah sering bersarang di wajah gue.Itu bener bener nge ganggu banget.Gue aja yang ngaca sangat terganggu apalagi yang ngeliat llangsung muka gue ? wah pasti pada mual*.

    Pengen ngilangin jerawat gue ini.Tahap tahap lagi gue jalanin sampai sekarang .Semoga aja jerawat aneh ini lama lama cepet menciut .Kalo gue gak perlu muka putih , yang penting bersih.Itu aja sih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semangat vroh!
      Yup emang tujuan utama postingan ini tuh lebih ke punya muka bersih dan sehat. Kalau nanti jadi kinclong dan mulus, itu mah bonus

      Delete
  23. Hmm, bisa-bisa kamu jadi duta kecantikan loh pit, habis kemarin posting tentang jerawat, sekarang perawatan kulitnya.

    kalau tips pertama dan kedua aku udah kaluin sih. yaa seperti milih sabun muka yang cocok sama jenis kulit juga perlu. tapi kalau kacang dan telur kayaknya aku nggak bisa nahan hehe. tapi kalau yang pake tabir surya itu aku nggak pernah sama sekali hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nyahahahaha.. Duta kecantikan yah? :D
      Aku juga kadang masih makan kacang sama telur. Yah mau gimana lagi, pinginan sih. :p
      Pake dong sunblock, apalagi di surabaya puanas kayak gitu, buseeet...

      Delete
  24. "misalnya kulitnya itu berminyak tapi pingin putih, alhasil pake perawatan whitening, padahal secara kodratnya, kulit berminyak tuh harus lebih waspada pada jerawat bukan memutihkan wajah" jadi kalo kulit berminyak itu enggak boleh putih? atau gimana sih penjelasannya? haha soalnya kulit gue berminyak tapi pengen putih juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan g boleh putih, jadi gini.
      Untuk kulit berminyak, ada bahan2 yang harus dihindari dari suatu produk perawatan/skincare. Jadi yang aku tahu bahan yang harus dihindari kulit berminyak itu, bahan yang mengandung whitening dan vit.e
      Dua bahan ini kalau g cocok bisa menimbulkan reaksi seperti jerawat pada orang yang punya jenis kulit berminyak, walaupun ada kasus tertentu dimana ada orang yang kulitnya berminyak tapi aman2 aja pakr produk whitening dan vit.e
      Kalau di aku (kulitku termasuk berminyak), aku g cocok pake kedua bahan perawatan tadi. Langsung jerawatan

      Delete
  25. jenis kulitku berminyak, dan sampai saat ini sepertinya yang menjadi penyebab munculnya jerawat pada wajah biasanya setelah memakai bedak padat.. padahal makenya sekali kapan tahu (misalnya pas kondangan) hehe.. anyway, thanks for sharing

    ReplyDelete
  26. Bener nih kak, penting banget rawat kulit wajah. Dua tahun terakhir aku baru mulai mikirin perawatan kulit wajah coba, gara-gara kulit gosong terkelupas karena abis maen di gunung, haha. Tapi gak pernah pake tabir surya, kulitnya sensi kalo pake gituan, jadi perawatanku cuma rajin cuci muka sama maskeran air jeruk nipis kalo lagi jerawatan.

    ReplyDelete
  27. Tipsnya oke juga ni mbak, bisa dicoba dah..

    ReplyDelete
  28. Dulu pernah coba-coba pake sabun muka, dan hasilnya jelek :3
    Begitu pemakaiannya dihentiin, kulit gue bagus-bagus aja walaupun terkadang agak sedikit kusam. Ya, mungkin kusamnya karena terpapar polusi dan pengaruh kurang tidur.
    Masalahnya sekarang adalah bagaimana caranya memilih tabir surya yang cocok untuk kulit wajah?

    ReplyDelete
  29. Aku sih kl jerawatan itu pas lg kecapean, stress, atau pms. Itu pun kecil-kecil doang. Jadi kl pas cuci muka pakai clean&clear, ntar selesai itu baru diolesin pakai acnes sealing jell. Hahaha aku juga udah biasain diri utk lap muka pakai acnes oil control film krn emg muka aku minyakan gitu.

    #curhat #nyebutmerk #dapatkomisi #gakya?

    Cara cocokkin sunblock utk kulit kita gimana ya, kak?

    ReplyDelete
  30. Kalau buat muka, yang penting juga adalah jaga kebersihan ...
    Kalau saya pakai tabir surya, yang ada malahan bikin jerawat karena minyaknya terhambat keluar. Katanya kalau tabir surya yang spray tidak menutupi pori-pori sih, tapi belum pernah coba. Pernah coba yang spray gak?

    ReplyDelete

If you have no critics you'll likely have no succes ~Malcolm X

Parf Of


Blogger Perempuan Blogger Kekinian Warung Blogger Photobucket