There's Something About Singapore

12:12:00 PM



Jadi bulan Maret kemarin saya ke Singapura!

Sombong amat nggak sih kalimatnya kalau kayak gitu? Tapi emang tujuannya buat ngasih tahu kalian kan yah? Ah bodo amat deh, ngetik pembukaan aja ribet banget.

Sebagai anak desa yang paling banter cuman main ke desa sebelah, dengan Kuasa-Nya akhirnya anak desa ini bisa menginjakkan kaki di negeri orang (asli kalimatnya udah kayak menang kontes D’ Academy). Saya nggak bakal banyak cincong, gimana perjalanan saya dan ngapain aja, NGGAK!  Wong saya pake agen travel, jadi ya you know lah, nggak ada yang menantang.


Inti dari postingan ini bukan soal menantang nggaknya, bukan! Saya yang hidup 25 tahun di Indonesia, penasaran dengan budaya di luar negara kita. Kayak apa sih Singapura? Negara tetangga yang dielu-elukan akan teknologi dan kemajuannya. Itulah yang membuat saya penasaran, masyarakatnya itu kayak apa sih? Yah walaupun dalam jangka waktu 3 x 24 jam nggak bakal bisa ngedapetin kesimpulan yang haqiqi, tapi setidaknya 9 hal yang akan saya jabarkan secara singkat ini, mampu mewakili perasaan saya terhadap negeri tempatnya Papa Merlion ini.



Transportasi Dimana-mana

Saat pertama kali menginjakkan kaki di Singapura, saya terkagum-kagum sama sarana trasportasinya. Edan tenan! Kalau kalian berkunjung ke daerah lain pasti kebanyakan bingungnya, kalau dari daerah A ke B naik apa ya? Eh nggak ada transportasinya? Jadi harus nyewa kendaraan? Gandol nek trek? Sejenis itu lah ya..

Tapi nggak di Singapura, cukup kalian siapkan Singapore Tourist Pass, kalian udah bisa kemana-mana (kalau saldonya mencukupi tentunya). Bahkan dari Bandara Changi mau ke pusat kota nggak pake heboh kudu nyari taksi, cukup naik MRT, dan kalian sampai di pusat kota. Nggak cuman MRT aja sih andalannya, masih ada bis dan juga LRT. Dan yang bikin takjub, nggak ada asep rokok dari penumpang atau bahkan supir bisnya, ini sih yang paling utama buat saya terkagum-kagum.

Banyak Pejalan Kaki

Kalau yang kedua ini berkaitan juga dengan yang pertama, kalau sarana transportasi umum memadai, aman, terus nyaman, pasti masyarakatnya lebih milih naik transportasi umum. Ditambah lagi, sarana pejalan kaki disediakan betul, trotoarnya lebar dan banyak pohon rindang, semakin memanjakan pejalan kaki. Jujur ya, liat pejalan kaki yang banyak aja udah bahagia, mungkin karena di daerah saya langka liat orang jalan kaki, soalnya dikit-dikit naik motor.



Bersih

Umumnya negara maju selalu mengedepankan kebersihan, iya nggak? Hal ini juga yang terlihat di Singapura. Bersih dan asri, karena banyak pohon yang tumbuh disepanjang jalan. Semakin enak buat dipakai jalan-jalan. Karena kebersihannya juga, rasanya malu kalau buang sampah sembarangan.

Tertib

Mungkin buat kalian, yang saya jabarkan sampai yang ke empat ini membosankan. Tapi percayalah, saya terkagum-kagum benar . Contoh kecil ketertiban yang saya lihat. Perokok di Singapura rata-rata sadar dan tahu, di mana mereka harus merokok, nggak asal sebal sebul bahkan di ruang publik sekalipun, salut!  Satu lagi, pas naik eskalator, semua orang mengambil tempat di sebelah kiri, karena sebelah kanan digunakan untuk orang yang terburu-buru. Sumpah ini keren beud!



Kicau Mania

Jadi orang Singapura tergila-gila juga sama lomba kicau mania? Nggak bukan itu maksud saya. Pas lagi di Orchard Road, suara kicauan burungnya nyaring dan bisa disimpulkan kalau banyak banget burung yang hidup disana. Dalam hati saya cuman membantin, ‘Kalau di desa saya, udah habis diburu para kicauers, beruntung kamu nggak hidup di desa ya, masih enak gini kan? Hidup bebas’.

Instagramable

Bagian ini emang nggak penting banget. Cuman buat saya yang suka sekali sama tempat-tempat yang berpotensi untuk dijadikan bahan foto instagram, ini FENTING! Setiap sudut kotanya punya keindahan tersendiri yang sayang banget kalau nggak dijepret dan di upload di instagram. Kalau nggak percaya, klik DI SINI



Tempat Impian untuk Jogging

Hampir sama sebenernya dengan poin pejalan kaki. Sebagai manusia yang cuman bisa olahraga lari, lingkungan dan sarana prasarana di Singapura memadai banget jogging cantik disana. Pas saya ke Merlion, banyak banget yang lagi jogging di sekitaran Merlion Park, nggak cuman pagi doang, sore pun banyak yang jogging di beberapa tempat seperti sekitaran Marina Bay. Mungkin kalau saya bisa kesana lagi, mau nyobain jogging cantik juga.

Less Motorcycle

Selama 3 x 24 jam di Singapura, ada perasaan mengganjal di hati. Tiap kali naik bis dan melihat jalan raya, seperti ada yang aneh, cuman nggak tahu anehnya itu di mana? Baru sadar pas hari terakhir di Singapura, di sini jarang ada sepeda motor.  Pantesan, tiap kali nengok ke jalan raya, kok aneh ya, rame tapi ada kurang, ternyata jawabannya sederhana banget. Mungkin karena hari-hari liat sepeda motor banyak banget, jadinya aneh pas nggak nemuin, kayak barang langka.



Air Minum Mahal

Kalau di Indonesia, kalian nggak bawa air mineral buat minum, bisa beli di warung atau indogenjreng, paling mahal tiga ribu sekian lah harganya. Sedangkan pas di Singapura? Nggak ngarep mau beli air mineral, mahalnya itu bikin dompet semakin sesak nafas.  Untungnya Pemerintah Singapura menyediakan water station gitu buat ngisi air gratis, yah walaupun rasanya rada-rada kaporit dan nggak disetiap tempat ada. Pokoknya kemana-mana selalu sedia botol kosong untuk tempat air minum deh. Celakanya kalau air minum habis dan ngga ada water station terdekat! Good bye money!

Misal diberikan kesempatan lagi buat ke Singapura, saya mau banget dan kalau bisa pingin tinggal lebih lama di sana, karena banyak hal yang masih membuat saya penasaran, nggak sekedar jalan-jalan ala pelancong, tapi melihat kehidupan masyarakat moderen di negara maju. Kumpul-kumpul duit lagi lah ya, atau mungkin ada yang mau jadi sponsor? Sini.. sini.. come to mama! *ngarep. Udahan dulu yes postingannya, saatnya kerja rodi, karena piknik butuh biaya.

NB :

Maaf ya kalau foto-foto yang saya lampirkan nggak relevan dengan tulisannya. Maklum, awalnya mau nulis perjalanan selama di Singapura, tapi akhirnya banting setir ke tulisan yang sekarang.  Hehehe..

Baca Artikel Populer Lainnya

36 komentar

  1. Hi! Nice article by the way. Bisa jadi bayangan/tolak ukur orang yg belom pernah dan atau yang mau pergi ke Singapore :)
    Yang bikin bagus lagi itu ada foto aku disitu, hehehehe
    Up! Up! Up!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah kamu mah modus doang komennya, wahai model fotoku

      Delete
  2. Indonesia juga gak kalah kok sama singapore :D

    ReplyDelete
  3. HUWEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEE
    nggak ngajak.....gak papa. Ntar aku berangkat sendiri. Kbye ka Pipit!
    /songong tingkat dewa, tabungan aja blm cukup -_-/


    Negara impian banget sumpeh. Bukan berarti gak cinta Indonesia. No! I love so damn Indonesia so much. Tapi apa ya, salut sama regulasi pemerintah dan kesadaran dengan lapang dada masyarakatnya. Misal masalah rokok, kebersihan, dll. Padahal yang kaya gitu kan sesuai bgt dg dasar negara, Pancasila. Tapi ngape susyeh banget diaplikasiinnya hiih! Seduh akutuh lihat ada yg bapabapa buang putung rokok dr jendela mobil pas lampu merah :/ pingin ku obong mobilnya /dikeplak wkwkwkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener sekali Ra!
      Setuju asli sama komenan kamu!
      Kita emang cinta Indonesia pake banget.
      Tapi ada rasa keingin tahuan yg lain atas budaya dan keadaan negara di luar Indonesia sana. Tos sip! Kita emang sepemikiran!

      Delete
  4. Ooo jDi itu penyebabnya klo pergi ke singapura berasa keren banget......wkwkwkwkkw :v dulu aku mikirnya begitu

    Enak iya dapet minum gratis dan pemandangan asri. Asep rokok gk asal buang ada tempatnya. Tapi kita memiliki indonesia yang kaya akan budayanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Indonesia keren kok, tapi g ada salahnya melihat budaya dan kearifan lokal dari negara lain untuk menambah wawasan :)

      Delete
  5. Bukan Blogger teh namanya kalo ga sombong wk :)

    Teh Pit kira-kira kalo aku solo traveling bakal kesasar ga ya ?
    Ye walaupun bisa pake MRT langsung nyampe kota Singapure sih, tapi kan takut juga teh kalo tiba-tiba nyasar kemana gitu ya :(

    Tapi hey aku sangat suka Budaya jalan kaki Rakyat Singapor.
    Sama kayak di Bogor sekarang sudah banyak jalanan yang ramah pedestrian.
    Aku ikutan bahagia jadinya. asik buat Joging.

    Tapi Teh pipit ga foto sama singa mancur apa ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa banget solo traveling, g bakal nyasar! Suer deh..!!
      Kalau nyasar kan tanya orang, kamu tujuannya mau kemana, tapi demi apapun, kalau ke SG mending sendirian aja maksudku g usah pake agen perjalanan.

      Foto sama papa merlion ada, cuman g aestetik, jadi g aku pajang

      Delete
  6. Kalau di desa jangan ditanya mbk, dikit-dikit naik motor lah lha wong gak ada trotoar, mau jalan dipinggir juga bakalan diklaksonin, soalnya masih kurang budaya menghormati pejalan kaki hehe.

    Aku juga suka tempat yang akses kemana-mana mudah, dan gak banyak kendaraan bermotor, jadi bisa tenang deh.

    Emang disitu ada burung apa aja mbk?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sayangnya pas kesana aku g nyensus burung. -___-"

      Delete
  7. Seru tuh kayaknya ke Singapore. Banyak tempat seru pasti, ya, disana. Tempat olahraga buat Jogging juga ada. Apakah udaranya masih bersih di tempat itu? Instagramable banget pastinya, orang tempatnya bagus-bagus.

    Lah, air disana mahal? Kalo begitu, setiap mau ke Singapore bawa aja aqua dari Indonesia biar gak ribet beli disana. :D Water station, namanya gratis pasti belum tentu bagus airnya wkwk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udara di SG masih bersih kok, di sana emang panas, cuman bukan karena polusi udara, karena iklim.

      Lah.. ya g bisa bawa air mineral kalau dari Indonesia, kan kena dari petugas bandara -__-"

      Delete
  8. Itu kayaknya emang di sana gak boleh ngerokok sembarangan deh. Harusnya di tempat kita juga sih. Semua tempaat gak boleh ngerokok, kecuali di tempat-tempat khusus. Tapi masih kebalik aja gitu prakteknya. Semua tempat boleh, kecuali di tempat khusus. :/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha.. bener banget.
      Di kantor aku aja ada ruangan khusus merokok, tapi orang-orangnya pada merokok di sembarang tempat -___-"

      Delete
  9. Mending kalau ke Singapura bawa air satu galon trus di buat jualan di sana :D Keliatannya mungkin fasilitasnya enak enak disana. kalau di lihat dari suasananya emang cocok buat joging, tapi mungkin di sana panas karena dari fotonya kayak kurang pohon.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau di daerah sekitar merlion park pohon emang jarang, cuman di tempat lain banyak banget, sayang g aku fotoin tuh orchard road, itu pohonnya pada menjulang tinggi2.

      SG emang panas, tapi bukan panas polusi, karena emang keadaan iklimnya

      Delete
  10. Pengen deh ke Singapura, padahal deket tapi sama sekali belom nyoba. Temen-temenku juga rekomendasiin negeri ini buat travelling pertama kali, soalnya memang semuanya serba mudah, kayak salah satunya soal transportasi. Kalo air minum, mendingan memang refill di water station sih biar irit hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kecuali kalau kita pelancong yang duitnya banyak, buat beli air minum di SG, g masalah. Cuman apa daya, uang saku pas-pas an. Untung aja ada water station jadi nyelametin uang saku banget

      Delete
  11. Udah sampe di singapore aja ya mba pipit. Singapore itu kecil namun keren banget. Ibarat sebuah hal yang kecil namun berharga sekali. Lebih gedean jakarta daripada singapore CMIIW tapi singapore lebih maju. Mungkin karena dengan kecilnya pulau singapore, jadi ngurus negara yang satu ini memang mudah. Kebersihannya udah enggak diragukan lagi deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kamu g salah kok, emang SG ini lebih maju dari JKT.
      Luas wilayah juga menentukan sih, jadi untuk menatanya lebih mudah ketimbang Indonesia yang lebih luas dan negara kepualauan

      Delete
  12. Keren pemandangannya, bersih ya. Baca ini jadi teringat pemberangkatanku yang gagal ke Singapore.. Karena ada suatu hal yang tak bisa ditinggalkan jadi aku batalin dulu ke SIngaporenya..he
    Semoga next time bisa seperti teh Pipit nih, bisa halan-halan ke situ :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Loh loh, ada hal apa sampai gagal ke SG?
      Next time pasti bisa kesana. Akupun kalau ada waktu dan duit mau banget ke SG lagi :D

      Delete
  13. Tapi serba mahal ya, gosipnya?

    Envy abis hiksss
    Aku dong gapernah keluar negri
    Jangankan luar negri, luar pulau aja baru sekali -______-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mahal? ember..
      Sebenernya g mahal kalau kurs Rp dan SGD g beda jauh. Tapi 1 SGD hampir 10ribu rupiah, ya nyesek pula.

      Delete
  14. tahun lalu gue juga ke sana. Marin bay emang asik banget buat foto, entah di garden bay atay di dalam mallnya. Jalanannya emang bersih abis, dan motor mungkin bukannya less.. tapi nggak ada kali ya. Yang paling nyesek tapi disana adalah harga aqua 30.000-an kalau nggak salah :")

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pokoknya instagramable banget kan yah..

      iya jev, aqua di SG harganya 30rb, nyesek dah kalau cuman mau beli minum kudu ngeluarin 30rb Y__Y

      Delete
  15. Gak pernah ke luar negeri, pengen banget gitu ngerasain gimana sih luar Indonesia, dimanapun itu. Hehe.

    Kayaknya Singapura keren ya, emang sih di Indonesia keluar bandara itu mesti mikir dulu mau kemana. Terus kalau di tempat umum pasti mesti bawa motor gitu, jarang ada yang nyediain trotoar. Kalaupun ada susah... banget dan gak pejalan-kaki-able banget, hehe

    ReplyDelete
  16. Mantapp Mba semoga saya bisa kesana juga aamiin

    ReplyDelete
  17. Yang paling gw kangenin dari Singapura adalah, kemudahan transportasinya...

    Ampun, Indonesia lewat.....

    ReplyDelete
  18. Ketika orang-orang pajang Profile pic di US Singapore, aku hanya bisa melihat dari kejauhan. Belom kesampean kesini dong :(
    Keren ya negaranya tertata rapi dan tertib. Tapi nggak repot juga sih orang negaranya kecil bingit. Coba kalo Endonesa repot hhhh

    Kece foto-fotonya, pake kamera apa Pit?
    #BaladaMauBeliKameraTapiMasihBingung :))

    ReplyDelete
  19. pantesan kagak keliatan update di dashboard ganti alamat blog, toh..

    kota tanpa asap rokok (diruang publik) dan transportasi publiknya gampang? kota impianku banget!
    ceritain juga atuh perjalanan ke sana dan cerita-cerita selama di sana, kepo nih..

    ReplyDelete
  20. Yuhuu aku pun kemarin mau bawa motor ke jakarta jadi pikir lagi, nanti aku jadi penyumbang kemacetan di jakarta gimana dong. Tapi kalau ga bawa motor sendiri naik ojek itu mahal. Trus kalau naik busway lamanya minta ampoon.

    Yha inilah dilema warga indonesia yang mager jalan kaki.
    Mau jalan kaki polusinya masyaallahh!

    Lha malah curhat

    Foto fotomu asik2 kok pit.. ndak papa ndak nyambung mah.
    Btw aku suka tone foto fotomu. Konsisten gitu waranya
    Edit pake pa sii?
    Wkwkwkw spik spik padahal ujung ujungnya mau nanya. Hahahah

    Btw aku jadi pengen keluar negri juga, tapi bikin paspor kenapa mager abis ya.

    ReplyDelete
  21. enak ya di indonesia, meski gak semaju tetangga sebelah tapi kalau masalah air minum harganya masih terjangkau dan berkualitas tentunya.. hehe

    ReplyDelete

If you have no critics you'll likely have no succes ~Malcolm X

Parf Of


Blogger Perempuan Blogger Kekinian Warung Blogger Photobucket