Dari yang 5 Menit Sampai Mabok!!

5:38:00 PM



Tema minggu ini, travelling yang paling berkesan, deadline postingan Kamis, 16 November 2017. Begitulah kira-kira woro-woro dari Ros di grup Enchanting Lady. Ini tema yang menurut saya sulit, karena setiap perjalanan punya ceritanya masing-masing. Tapi karena susahnya ada rasa tertantang untuk mengeksekusinya.

Sampai Rabu malam kemarin, saya mencoba memilah dan memilih, mau cerita senang atau sedih yang harus saya bagi? Kayaknya kalau seneng udah banyak, asyikan yang sedih nih buat dibagi-bagi. Yah walaupun dokumentasinya bakal nggak ada, tapi nggak ada salahnya dicoba.

Kalau saya ingat kembali, Bulan April 2017 kemarin, nggak tahu kenapa, saya menggebu-gebu pingin nyebur dan main air di pantai. Ditemani adek saya yang kuliah di Malang, awalnya kami ingin menuju Pantai Watu Leter. Tapi.. entah setan mana yang tiba-tiba menghasut si Adek..
“Kak, gimana kalau kita kesini aja”, sambil menunjukkan foto intagram temannya.
“Ini Watu Leter?”
“Bukan, ini Pantai Sipelot, kayaknya bagus deh kalau dari foto temenku ini.”
“Terserah, yang penting bisa nyebur dan main di pantai, aku oke aja.”
Entah kesurupan apa, saya iyain aja ajakan si adek buat pergi ke Pantai Sipelot. Mungkin yang ada didalam otak, saya pingin mantai, saya pingin nyebur, pokoknya I need vitamin sea, tanpa kroscek keadaan pantai tersebut.

Berangkat dari Kota Malang jam delapan pagi, saya dan adek menanam ekspektasi yang sangat tinggi untuk Pantai Sipelot. Bernyanyi sepanjang jalan, ngobrol, pokoknya suasana hati seneng banget, kayak mau ketemu oppa, sampai akhirnya, ekspektasi hanyalah sebuah ekpektasi.

HANYA 5 MENIT DI PANTAI




Pantai Sipelot terletak di Desa Pujiharjo, Kecamatan Tirtoyudo, Kabupaten Malang. Butuh waktu tiga jam dari Kota Malang untuk menuju pantai ini. Kami yang sepanjang jalan bahagia, tak menaruh kecurigaan, dan malah bernyanyi, tidak menyangka atas apa yang akan kami hadapi disana. Saat sampai di pantai, kami berdua terdiam, dan sama-sama cengok, kayak nggak percaya aja gitu. Setelah perjalan panjang dan melelahkan, ternyata kondisi Pantai Sipelot tidak sesuai dengan harapan yang kami pupuk sepanjang jalan.

Kondisi pantainya bisa dikategorikan kotor karena ada sampah yang berserakan dan pasir pantainya yang hitam membuat kesan kumuh, banyak kapal nelayan yang bersandar di tepian, membuatnya semakin meyakinkan kami kalau pantai ini bukan pantai asri yang cocok untuk berenang dan bermain air. Ditambah lagi, ombak yang besar dan terlihat mengancam, fix.. ini bukan pantai harapan kami.

Alih-alih mencari celah, siapa tahu ada pantai lain yang lebih baik, kami bertanya pada warga sekitar. Sayangnya nihil, karena jarak untuk menuju pantai yang kami inginkan, sangat jauh, bisa dibilang harus putar jalan. Apalah daya, rasa senang sudah hilang, sekalian aja deh pulang, jam 11.00 kami sampai, jam 11.05 kami segera pulang. Dan enam jam kami, sia-sia begitu saja.

MABOK DI JALAN




Pernah mengalami hal seperti ini? Mengendarai kendaraan tapi malah mabok perjalan? Nyatanya perjalan pulang dari Pantai Sipelot membuat saya mabok dijalan, padahal saya yang nyetir sepeda motornya. Mungkin ini gara-gara saya masih menggunakan baju renang sejak berangkat dari Kota Malang. Rasanya pusing dan mual, ditambah banyak jalan yang bekelok-kelok. Jaraknya pun termasuk jauh dari Desa Pujiharjo ke jalan provinsi, semakin menjadi-jadi saja mualnya. Akhirnya kami berhenti di salah satu mushola untuk istirahat dan solat sekaligus melepas baju renang yang sudah kami gunakan selama empat jam tanpa masuk ke dalam air.

Kapok buat travelling? NGGAK!

Ibarat kata, jalan tol aja nggak ada yang mulus 100%, setiap perjalan nggak selalu sukses, ada kalanya gagal nggak sesuai ekspektasi. Buat saya ini pengalaman dan pembelajaran baru yang bisa diambil hikmahnya. Travelling itu mau deket atau jauh, harus ada persiapannya, nggak bisa nol putul, tetep harus ada bekal yang kita bawa, biar hasilnya maksimal. Tapi yang lebih penting lagi, semaksimal apapun persiapan travelling kita, jangan lupa untuk selalu legowo, karena kita hanya bisa berencana dan berdoa, yang menentukan tetap Tuhan *etdah.. kayak si Mamah*


Baiklah, sekian postingan saya kali ini, jangan lupa kawan-kawan semuanya cek juga postingan dibawah ini yak, karena selain incess, masih ada pengalam seru lainnya dari Enchanting Ladies~

Ini Hadiah Dari Mimpi-mimpi Saya : Quality Time Bersama Adek ~oleh Rhos

Papuma, Cerita Perjalananku yang Paling Berkesan ~oleh Teh Dian

Pengalaman Jalan-jalan yang Berkesan ~oleh Mude 

Resiko Melakukan Perjalanan Jauh, Orang Asing ~oleh Zahrah

Baca Artikel Populer Lainnya

35 komentar

  1. Kemungkinan mabok itu ada empat faktor:

    Masuk angin, belom makan, guncangan, hamil. Kirain saya ka pit itu...

    Haaa

    Terguncang tidak bisa melihat pantai yang indah dan bersih :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin salah 1 faktor aku mabok karena terguncang dengan keadaan pantai sipelot :(

      Delete
  2. Waduuhh..
    Kurang info mendetail tentang pantainya tuh.. Sosmed seringkali kejam dan menipu, bikin ekspektasi runtuh seketika.. hehe

    Emang kadang kalo travelling musti ada bagian kecewanya juga..
    Kalau saia ibaratnya "ketika perjalanan, tidak semua lampu lalu-lintas yang dilewati berwarna hijau".

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yes, makanya harus legowo, jaga2 kalau ternyata tempat yang kita tuju tidak sesuai ekspektasi

      Delete
  3. Hihihi... Nggondok gitu ya rasanya 😆😆
    Cuma 5 menit, terus pulang, gara2 gak sesuai ekspektasi
    Heyyongalaaaaah
    Aku belum pernah ngalamin sih kalo kayak gini 😁😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kali-kali Rhos rasain juga, biar tahu sensasinya :p

      Delete
  4. Huehehehehehhehehhehehehehe xDDDDD

    Aku jadi mikiir. Tempat mana yang pernah kukunjungi dan jauh dari ekspektasi.....belum nemu sih. Yang ada malah awalnya ogah2an dan underestimate, tapi malah geleng2 kagum dan mauu balik lagi; waktu ke Balekambang.

    Duhai kakakku, seperti yang kita semua tahu......IG memang racun wkwkw. Ya ngga juga sih hehe. Aku barusan cek di google pantai Sipelot. Rasio foto yang bagus dan yang 'biasa'memang gitu deh .__. ya gitu pokoknya xD

    Tapi serius deh, tulisan ini informatif sekali, terimakasih ya kak.....aku mau ke Watu Leter aja xD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali Ra, g usah belok kemana-mana deh, main ke Watu Leter aja, lebih cucok dan muasin ati. 6 jam mu g akan terbuang begitu aja XD

      Delete
  5. Waduh, bakal nyesek banget kalau gitu, Mbak. :(

    ReplyDelete
  6. bhahahaha
    anjir, beneran pakai pakaian renang dari berangkat? masuk angin lah itu mah. enam jam perjalanan, posisinya yang bawa motor, lebih duluan kena angin. mantap jiwa.
    yah begitulah sebuah foto. kadang kalau mudah percaya langsung tertipu. kalau udah kejadian kayak gini, gue rasa kayaknya besok'' bakalan kroscek dulu, sebelum jalan ke tempat tujuannya. tapi kalau mau nyoba lagi, gpp sih.
    tapi itu beneran cuman lima menit doang abis itu langsung cabut? buang'' bensin doang. total perjalanan enam jam. goks!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kan mikirnya sampai pantai g usah babibu ke kamar mandi, buka jaket langsung nyebur, eeeh.. ya gitu lah!

      Iya, cuman 5 menit doang saking BT liat pantainya yang diluar ekspektasi.

      Delete
  7. Heipipit, salam kenal Aku dari Blogger Pekanbaru *mau coba sksd aja*

    beakakaka, gagal fokus, kirain 5 menit apaan ternyata -_-
    tapi Aku pernah gitu, tapi perjalanannya juga sekitaran 6 jam. tapi, tujuan lokasi ini nggak yang utama jadi ga ketemu lokasinya nggak terlalu kecewe, sih. mhuehehehe

    betewe itu kenapa maksudnya pake baju renang :3 seriusan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi, aku tuh punya kebiasaan, kalau mau berenang disuatu tempat langsung pake baju renang dari rumah, terus ditutupin jaket, biar sampai pantainya tuh praktis g perlu ke kamar mandi

      Delete
  8. Itu baru namanya jalan2, ya cuma dijalan aja wkwk
    btw kalau mau ke tempat wisata yang baru cari infonya dulu supaya tidak kecewaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. waktu ke sipelot emang kesalahan besar, g kroscek dulu, cuman ngandelin foto IG :(

      Delete
  9. Waduh,, padahal yg mengendarai ya? Tapi bisa mabok juga.. baru kali ini tahu yg begini hehe.. Fix masuk angin berarti tuh..

    -Traveler Paruh Waktu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selain masuk angin, menahan kekecewaan hati yang mendalam atas keadaan pantai yang tidak sesuai ekspektasi

      Delete
  10. Padahal yg bawa motornya bisa mabok jg
    Tp saya jarang2 denger orang naik motor mabok, biasanya mah mobil

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang, ini langka banget, naik motor tapi mabok. mungkin karena masuk angin, campur pakai pakaian renang yang gerah, dan memendam kekecewaan

      Delete
  11. Wah... perjalanan sampai 3 jam, tapi cuma 5 menit di pantainya. Gelo, tapi emang harus legowo, wong udah terjadi 😁

    ReplyDelete
  12. Nyesek bgt tuh gk bs nikmatin pantai..
    Next time ya mba..
    Mdh2n travelling berikutnya sesuai dg Rencana..hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karena kejadian ke sipelot ini saya jadi ati-ati kalau mau travelling, bener-bener nyari infonya sedetail mungkin biar g zonk

      Delete
  13. Setuju, sekecil apapun dan sedekat apapun perjalanan yang akan ditempuh haruslah selalu ada persiapan.

    ReplyDelete
  14. 6 jam hanya untuk 5 menit, dan 5 menit itu jadi 5 menit yang tidak berharga hehe,itu tuh kayak udah ikutan acara reality show buat nyatain cinta dengan persiapan seabrek tapi malah ditolak hehe

    ReplyDelete
  15. *ngebayangin 2 orang pake baju renang di motor selama 6 jam perjalanan*
    ITU KENAPA GAK PAKE PAS SAMPE LOKASI AJA....!!!!

    Itulah kenapa saya gak percaya sama foto-foto di instagram, kadang mereka foto spot yang oke doang, padahal dibaliknya mah amburadul. hahah. Tapi saya juga kalo emang ngebet banget liat pantai, apapun dilakuin sih. Vitamin sea itu moodboster juga. :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi gini bang, aku nih punya kebiasaan pake baju renang dari rumah biar sampe pantainya langsung nyebur, g pake ribet ke kamar mandi. Maklumin bang.. :(

      Kalau mau yang beneran (hampir mendekati real), nonton di youtube, secara garis besar tempat tujuan kita tuh 11:12 lah dari pada liat foto instagram

      Delete
  16. Waaa, kesel banget yak. Enam jam nggak dapet apa2, eh tp dapet pengalaman dan pembelajaran ya.. Sepakat banget tuh, nggak bakal kapok buat travelling

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apapun yang terjadi travelling tetep jalan, kalau mulus dan lancar terus g ada ceritanya nanti

      Delete
  17. nyesek banget tuh pastinya, semoga travelling selanjutnya lancar ya mbak..

    ReplyDelete
  18. seru yah jalan jalan sama adek. adek gue cewek, kalo mau jalan ditemenin dia malu rasanya.

    well, laut emang tempat yang asik. gue suka laut. mau bagaimana pun juga. bnanyak biota di sana. semangat terus travelling nyaa. hahaha

    ReplyDelete

If you have no critics you'll likely have no succes ~Malcolm X

Parf Of


Blogger Perempuan Blogger Kekinian Warung Blogger Photobucket