Hotel Adhisthana, Staycation Perdana Hey! Pipit

6:00:00 AM



Bulan lalu saya mencoba hal baru dalam sejarah perpiknikan yang pernah saya lalui yaitu.. NGINEP DI HOTEL. Mungkin agak nyeleneh, soalnya buat kita-kita yang budget-nya terbatas, yang namanya nginep di hotel serasa pantang, karena sebisa mungkin meminimalisir pengeluaran untuk kebutuhan piknik yang lainnya. Kali ini beda, saya mau ngelakuin hal yang berbeda dari biasanya, dengan target penginapan yang punya desain unik, saya rasa staycation ini bakal asyik.


Pilihan perdana saya jatuh pada Hotel Adhisthana yang berlokasi di daerah Prawirotaman, Yogyakarta. Nggak dapet rekomendasi siapa-siapa sih, cuman search aja di google, eh ternyata banyak reviewer yang ngasih jempol buat hotel ini, dari banyaknya respon positif kayaknya meyakinkan nih. Nggak pake lama saya langsung booking kamarnya via traveloka untuk dua malam, disusul dengan tiket kereta api Jombang – Lempuyangan pulang pergi.

Berangkat dari Stasiun Jombang pukul 12.04 WIB, saya tiba di Stasiun Lempuyangan pukul 16.17 WIB. Keluar stasiun, jalan sebentar ke fly over, segera order gojek, dan meluncur ke Hotel Adhistana.



Sampai di Adhistana, kesan pertama yang saya dapat, desainnya lucu dan sederhana tapi ngena. Gimana nggak ngena coba, ada beberapa puluh daun jendela dan daun pintu yang menarik perhatian saat datang di sana. Dijamin kalian nggak bakal nyasar, karena desainnya yang unik, bikin beda.





Nggak mau terpana lama-lama, saya langsung check in. Resepsionis Adhistana mengarahkan saya beberapa pertanyaan, setelah itu dipandu untuk mengisi formulir. Sambil menunggu proses selesai, saya memperhatikan lobi Adhisthana yang unyu, suka dengan interiornya yang dominan kayu dan beberapa tanaman yang memberikan kesan hijau serta sejuk, ada beberapa tempat duduk yang nyaman serta permainan seperti dakon. Check in selesai, sebelum diantar ke kamar, saya dibekali dua voucher sarapan dan password wifi selama menginap di Adhistana.

R O O M




Adhisthana terdiri dari tiga lantai. Kamar yang saya tempati adalah kamar superior di lantai dua yang dilengkapi dengan tempat tidur queen size, luas kamarnya sendiri kira-kira 15 meter persegi. Kamarnya kecil tapi menurut saya pas, apalagi saya suka dengan desain yang simple dan ada sentuhan batiknya,jadi walaupun kecil  kesannya tetep nyaman dan homey.  Selain queen size bed, fasilitas lain yang bisa di dapat, TV, AC, kamar mandi dengan shower air panas dan dingin, serta meja rias.



Dua malam menginap di kamar superior, saya betah karena tempat tidurnya yang nyaman, ditambah dengan hembusan AC yang syahdu. Namun sayangnya saya agak terganggu dengan kamar mandinya karena mengeluarkan aroma yang tak sedap, walaupun aromanya nggak sampai kamar tapi tetep aja ganggu tiap kali masuk kamar mandi, selain itu kurangnya keset di kamar mandi, membuat lantai kamar basah sehabis mandi, ditambah perlengkapan mandi yang hanya terdiri dari sabun dan shampoo saja. Untunglah tiap pergi kemanapun saya selalu sedia perlatan mandi sendiri.

Selain kamar tipe superior, masih ada beberapa tipe kamar lagi di Adhisthana yaitu deluxe, suite, dan dormitory. Sebenernya penasaran sama yang tipe dormitory, kayaknya seru.

F O O D

Kalau ngomongin hotel nggak lengkap sama makanannya. Seperti hotel pada umumnya, sarapan di Adhistana bisa dipilih, mau makanan berat seperti nasi, atau ringan, seperti salad, buah, atau sereal. Untuk rasa lumayan, saya suka dengan olahan sosis dan kentangnya, gurihnya dapet.



Selain makanan, ada yang nggak kalah penting nih, desain ruang makan. Walaupun tempat makannya bukan disini (ada renovasi), tapi saya suka sekali dengan desainnya yang sekali lagi simple dan lucu. Ada satu spot yang saya suka di ruang makannya, jadi di dekat tangga ada tempat duduk untuk dua orang yang berdempetan dengan tembok bergambar kuda, lucu!



Sebenernya, selain hotel, Adhistana punya kafe juga, Kafe Lawas namanya, sayangnya pas saya datang kesana, kafenya sedang direnovasi untuk beberapa saat.

F A S I L I T A S   L A I N



Walaupun Adhistana berdiri di lahan yang tidak luas, tapi disini ada kolam renangnya. Bukan kolam renang yang besar sih, tapi bisa dibilang cukup.


P L U S


  1. Desainnya yang simple dan homey, nyenengin banget dan bikin betah
  2. Adhisthana instagramable abist!
  3. Ada kamar tipe dormitory, cocok buat rame-rame (sekamar isi 6 orang).
  4. Wifinya kenceng
  5. Lokasinya di Prawirotaman
  6. Harganya terjangkau, dengan harga terendah  Rp. 150.000,-/malam, sudah dapat fasilitas AC, kamar mandi, wifi, dan sarapan.


M I N U S
  1. Aroma nggak sedap di kamar mandi
  2. Untuk tipe kamar superior dan dormitory nggak ada lemari atau loker penyimpanan.
  3. Lahan parkir sempit
  4. Nggak ada lift, buat yang bawa keluarga mending pilih kamar di lantai dasar.

R A T E

Saya beri nilai 3/5 untuk Adhisthana, mungkin kalau kamar mandinya wangi bisa 4.


C O A S T
  1. Tiket PP Jombang – Yogyakarta KA. Logawa Rp. 163.000,- (termasuk pajak)
  2. Menginap di Adhistana  tipe kamar superior untuk 2 malam Rp. 600.000,- (termasuk pajak, dsb)
  3. Ongkos gojek PP Lempuyangan – Adhistana Rp. 14.000,-


L O C A T I O N

Hotel Adhistana
Jl. Prawirotaman 2 No. 613, Kota Yogyakarta - DIY


Jangan lupa follow fanpage HEY! PIPIT dan instagram @pipit1992 untuk update terbaru

Baca Artikel Populer Lainnya

28 komentar

  1. Ahey akupun kalo mau bepergian suka mikir-mikir kalo mau nginep di hotel.
    Mending akumah cari rumah temnen yang bisa di pake nginep secara gratis hhh.
    E tapi itu desainya cute dah, banyak jendela nempel. Jadi inget musem laskar pelangi :)

    btw Destinasi wisata yang dekat dari HOTEL ADHISTHANA apa aja ya ?
    Kayaknya ga akan rugi nginep disitu kalo dekat dengan tempat main :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Prawirotaman sendiri menurutku salah satu destinasi wisata juga Rul, tempatnya para bule nongkrong. Ke Malioboro, keraton, masih deket dari sini.

      Sekali-kali nyobain piknik yang beda, biar ada variasi :)

      Delete
  2. kadang juga suka merasa pengen staycation kalo lagi piknik, kalo sekarang lagi sering diajak nginep di hotel ngabisin voucher akhir tahun. so far paling nyaman plus-plus dan makanannya paling top itu di hotel ambarukmo, boleh nih jadi inspirasi review hotel :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hotel ambarukmo, nanti cari reviewnya deh, siapa tahu cucok, biar staycation berikutnya kesana juga

      Delete
  3. Aku belum pernah staycation karena rasanya tidur kayaknya enak di rumah aja lol. Tapi desain hotel ini beneran beda sama yang biasanya, ya.

    Btw yang dormitory dipisah gak cewek-cowok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau di rumah emang paling top deh XD
      Sekali-kali gitu fir, nyobain yang beda.
      Pisah kok, jadi aman

      Delete
  4. destinasi wisatanya deket hotel apa mba?boleh nih coba2 kesini :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ke Malioboro dan Keraton deket kok :)

      Delete
  5. aduh masalahnya saya gk bisa sewa hotel nih, soalnya saya cuman anak kos. solusi dong hahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku juga anak kos kok, tapi berpenghasilan :p

      Delete
  6. Ya, sekali2 nginep di hotel boleh juga, lumayan banget buat refreshing asal budget cukup aja sih. Oh ia, itu nginapnya sendirian ya?

    Dengan nginap di hotel jg kita bisa dapet suasan baru dan yg pasti jadi pengalaman tersendiri. Kayak tulisa ini nih... okelah reviewnya. Bisa jadi bahan pertimbangan bagi pembaca, kali aja ada yg cari tempat nginap, hotel Adhistana ini bisa jadi pilihan๐Ÿ˜Š



    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau nginep malam pertama sendiri, baru pas malam keduanya ada temen dateng.
      Yup bener, apalagi siska kan bisa sekalian honeymoon

      Delete
  7. That's! Masalah kamar mandi~~ fatal banget menurut aku. Maksudnya, kan kamar mandi itu harusnya jadi tempat yang syahdu untuk kontemplasi. Dan kan tempat untuk ngeluarin ekskresi. Kalau bau, jadinya gak konsen dan lancar :( /apaaaan sihh xD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau yang kamar mandi, akunya aku emang pas zonk Ra
      Soalnya kalau baca review2, g ada masalah sama kamar mandinya

      Delete
  8. Wah cakep sekali hotelnya. Nistagramable banget. Harus dinoted ini. Besok kalo ke yogya bisa jadi pilihan menginap. Harganya juga oke.

    Kalo kamarnya gitu bikin betah pasti minepnya dan males ke mana mana, keenakan sama fasilitas hotelnya. Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha..
      Iyap, apalagi kalau duit terbatas, tapi pingin nginep ditempat nyaman, 150rb udah dapet tuh di adhithana

      Delete
  9. Wah, pas banget nih Pit...rencana aku juga mau liburan ke Jogja bareng sama suami karena kita mau pulkam di Ambarawa, Semarang. Ke Jogja cuman naik motor berdua aja tapi pingin nginep juga. Bisa jadi referensi nih kaykanya..cuman nggak au sih itu daerahnya dimana. hehehe..

    Tapi kalau masalah bau emang aku juga sensitif banget..mungkin bisa kali complain sama petugasnya buat dikasih pengharum kamar mandi/ minta disemprotin dulu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa dicoba mbak mey :)
      Kalau urusan kamar mandi, kayaknya emang harus negur juga, biar g jadi masalah yang sama dengan orang lain

      Delete
  10. 800 ribu buat dua malem, ya lord buang duit gampang amet yak wkwk

    Tapi, emang bener banget nih ka, point terpenting itu sebenernya kamar mandinya, walaupun simple wangi kamar mandi ganggu banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gampang, soalnya duit aing tinggal petik dikebon wkwkwkwkwkwk

      Delete
  11. Pit, itu staycation sendirian banget? ๐Ÿ˜‚

    Eh aku akhir bulan ini ke Jogja trs udah booking nginep disini, high season dapetnya agak mahal. Ndak sabar ingin cepetan foto-foto disini ๐Ÿ˜†

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mau melatih diri teh, pingin belajar solo travelling gitu, cuman kok ya gatot juga, temen dateng pas malam kedua XD
      Ha? Teteh mau nginep di Adhisthana juga?
      Jelas dong teh mehong, ini waktunya arus liburan.
      Semoga liburannya menyenangkan yah...

      Delete
  12. Waaah bagus tempatnya, foto-fotonya juga keren. Mungkin suatu saat harus coba juga staycation, abisan kalo nginep di hotel itu enggak liat tempatnya juga sih yang penting nyaman,soalnya dipake cuma buat numpang tidur aja sisanya ya jalan-jalan ke luar.. Trus juga bingung kalo menetap di sana tuh enaknya ngapain ya? hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau aku pribadi selain tempat yang nyaman, menikmati keindahan interior tuh bikin betah dan asik, ada nilai plusnya gitu.
      Buat jaga-jaga juga, misalnya pas kita piknik, terus ujan, kan jadi males tuh kemana-mana. Stay di hotel yang kece bisa jadi pengobat hati, bisa jelajah tiap sudutnya

      Delete
  13. gue suka banget sama konsepnya. daun pintu yang buanyak memberikan kesan unik dan bikin betah dilihat. betul katalo, homey. hihi. entah gue suka aja gitu sama hotel yang bersuasana homey (kayak pernah ke hotel aja lo Yog).

    waduh sayang sekali jambannya bau. itu ibarat ngerjain soal yang nilainya sempurna tapi satu nomor lupa enggak dijawab. nyebelin!

    review yang bermanfaat kak. thanks ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekali-kali nyobain kan g ada salahnya Yog, biar beda sensasinya

      Delete
  14. Kalo pas ke jogja mau cobain ah nginep di Hotel Adhisthana :D

    ReplyDelete

If you have no critics you'll likely have no succes ~Malcolm X

Parf Of


Blogger Perempuan Blogger Kekinian Warung Blogger Photobucket