Bantul, Jembatan aja Jadi Tempat Wisata

8:00:00 AM



Bukit sudah, pantai sudah, mau kemana lagi kita di Bantul? Gimana kalau ke jembatan?

Jembatan? Nggak salah Pit?

Nggak kok, kali ini saya bakal ajak kawan-kawan blog semua ke jembatan yang lagi hits di Bantul. Yang namanya provinsi istimewa itu.. semua hal bisa dijadiin tempat wisata, begitu juga dengan jembatan. Yakinlah kawan-kawanku sekalian, jembatan yang ada di Bantul ini hits beud deh, sampai jadi tempat syuting iklan, cius!

Sebenarnya ada banyak jembatan hits di Bantul, sayangnya saya cuman sempat ke 2 tempat aja, mana aja sih? Yuk sini sini..



Jembatan Gantung Selopamioro



Jembatan Gantung Selopamioro (JGS) terletak di Kecamatan Imogiri, Bantul. Berfungsi menghubungkan 2 desa yaitu Desa Selopamioro dan Desa Sriharjo, karena itu JGS ini sangat penting karena perekonomian 2 desa dilancarkan dengan adanya jembatan ini. Memiliki panjang 70 meter dan dibangun sejak 2004, JGS juga dikenal dengan nama Jembatan Siluk.

Saat ini JGS tak hanya sebagai penghubung, banyak wisatawan yang datang kesini untuk mengabadikan momen alias poto-poto eksis termasuk saya. Kalau saya tangkap kenapa jembatan kayak gini bisa jadi objek wisata, soalnya jembatan gantung begini tidak semua daerah punya. Apalagi, nuansa jembatan gantung itu jadul –jadul unyu, cepet-cepatan foto deh. Kalau kalian mengunjungi Kebun Buah Mangunan, dari puncaknya jembatan ini keliatan lho.

sumber


Btw, mohon maaf kalau foto di jembatan ini cuman 1 yang saya cantumkan yang lain ngambil dari mbah google, selain kondisinya habis pulang kantor jadinya kesorean hampir magrib pas kesini, ditambah jembatan ini nggak serta merta nyaman untuk foto-foto, kenapa? Soalnya banyak motor lalu lalang lewat sini yang berakibat sensasi gempa di jembatan, goyang-goyang gitu deh. Tapi worth it  kok, pemandangan indah dengan hamparan sawah dan kali, bikin suasana romantis gitu, ditambah GRATIS kawan-kawan, hahaha.. oh ya, JGS ini jadi tempat syuting iklan dan ftv juga lho.



Jembatan Pundong



Jembatan Pundong (JP) terletak di Kecamatan Pundong, Bantul. JP berfungsi sebagai jembatan pertolongan yang dipakai untuk menghubungkan Desa Srihardono dan Desa Seloharjo, dikarenakan jembatan utamanya hancur diterjang lahar Gunung Merapi yang melewati Sungai Opak.



Karena jembatan utama sudah dibangun dan dioperasikan, JP menjadi objek wisata favorit kawula muda yang tentunya nggak boleh dilewatkan. Buat foto-foto sip banget, tapi ada 1 tantangan yang ngeri-ngeri sedap kalau kesini. Coba deh kawan-kawan dateng pas sore-sore gitu, angin kencengnya bikin merinding tapi seru, asli deh nagih buat pecinta sesuatu yang ekstrim. Buat kesini nggak perlu merogoh kocek alias GRATIS.


Cukup sekian wisata virtual kita minggu ini, nggak kerasa udah 3 episode aja kurang 1 episode lagi, jangan bosen ya kawan-kawan blog, hehehe.. Happy Sunday all!

Baca Artikel Populer Lainnya

53 komentar

  1. pertamax aman mb pipit, wih jembatannya keren (y). di tempat ane juga banyak jembatan gantung. sama yang tukang gantungin perasaan juga banyak disini mb :'v

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yaelah zhar, gue lagi g mau dengerin kengenesan hati lu

      Delete
  2. Yaampun Bantul, Imogiri pulak. Perasaan tiap taun pulang kampung kesono kagak pernah tau ada jembatan hitz dah!

    Lebaran taun ini kudu kesono berarti XDDD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha.. Wajar sih, biasanya orang asli daerah jarang menjelajah daerahnya sendiri. Beda kayak pendatang yg harus mengexplore, soalnya kapan lagi kita bisa kesana

      Delete
  3. Jembatannya keren, gokil. Kalau gue kesana, hal pertama yang gue lakukan adalah foto2, soalnya sayang kalau ga di abadikan~

    ReplyDelete
  4. Mbakkk.. Jangan dipublish ke sosial mediaa pliss.. Ntar abegeh-abegeh pada kesanaaa.. Rubuh lagi dah ntar tu jembatan mbak T.T Liatin komen izhar ngapa dia pake curcol pula dsini hahaha..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yaelah ga, nggak ngarug nih postingan. Secara kalo lu cari di google ama ig, udah bertebaran di mana2 postingan jembatan ini

      Delete
  5. di kotaku Banjarnegara juga ada jembatan kayak gini, dan juga sering buat foto-foto -_-"

    ReplyDelete
  6. Salam kenal Mbak Pipit. Saya terus terang belom banyak kenal Bantul dan baca postingan ini jadi penasaran deh. Setiap kali ke Jogja muternya ya sekitaran objek wisata yang mainstream. Makasih ya Mbak (udah bikin penasaran sama Bantul). Hehehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga :)
      Sok atuh keliling bantul lebih dalam. Jogja itu g cuman malioboro sama parangtritisnya, banyak wisata asik lainnya

      Delete
  7. lumayan juga panjang jembatan gantung nya...70 meter, smoga jembatannya tetap awet
    keep happy blogging always...salam dari makassar - banjarbaru :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya pak, penyokong ekonomi orang2 disana. Happy blogging juga pak, terimakasih buat kunjungannya :)

      Delete
  8. wih, keren. viewnya bagus juga ya mbak jembatan di bantul, kayak view di jembatan yang ada di film crzy little thing called love..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masak sih? Belum pernah nonton film itu

      Delete
  9. Wah, dari sebuah jembatan saja bisa mejadi salah satu tempat yang direkomendasikan untuk dikunjungi dan jadi sebuah tulisan seperti ini ya, Mbak. Pemandangannya sih cukup bahkan indah kalau dilihat dari fotonya. Semoga bisa dilestarikan masyarakat ya.
    Saya sendiri terakhir kali berkunjung ke jembatan yang ada di Taman hutan raya Ir. H. Juanda di Bandung.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada banyaj jembatan yg jadi hits di bantul, kalau mau explore lagi ada yg unik juga

      Kalau bandung g pernah tau dimana ada jembatannya, taunya nge mall sama nongki di kafe :p

      Delete
  10. Wih, jembatan gantung. Cuman di Bantul situ. Deketlah. Recommended banget, ntar kalo gue bisa kuliah di Jogja.

    Pacitan juga punya jembatan gantung sih. Tapi sampe sekarang masih dipake buat menyambung dua desa. Jadi kalo mau foto-foto disitu siap-siap dibuang ke sungai sama warga setempat gara-gara ganggu perjalanan.

    Pacitan pernah punya jembatan yang jadi tempat wisata. Jembatan Soge namanya. Mulai populer pas proyek JLS (Jalur Lintas Selatan) selesai dibangun. daya tariknya ada di lampunya pas malam hari. tapi sekarang udah gak lagi. Udah pada bosen.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pacitan tinggal ke gunung kidul terus lewat jalan trabasan ke bukit becici sampe deh di bantul

      Belum pernah ke pacitan, pingin sih kesana, tertarik sama wisata pantainya

      Delete
  11. di indonesia, semuanya bisa dijadiin pariwisata. emang kreatip.
    dulu sempet ke bendungan yg ada d bojonegoro. iya, bendungan gitu aja. rame'' dateng kesana, cuman buat liat kali. waaw.

    tapi inih jembatan, beneran ada singkatannya gitu yak? jgs. wih, gue juga pengen dapet singkatan ah. jembatan aja ada, masa gue kga.
    katanya bnyak para pengendara motor, ga minta foto bareng sekalian aja gitu? yg motoin kmu, jg sharusnya d masukin aja. biar rame, bnyak foto''nya. kan kasian, yg motoin kmu, tpi dia ga masuk d blog.

    lah
    udh berani nyuruh''

    pas kecil, lumayan takut sih, kalo harus lewatin jembatan gantung kayak gitu. ga tau deh, tiba'' goyang sendiri trus jatoh kan serem juga. bayangan gue itu aja sih. wahahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bentar deh, kayaknya gue tau itu bendungan apaan. Gue lupa namanya, gue juga pernah kesana diajak temen pas main ke bojonegoro. Cuman heran juga, apaan yg bagus, kata orang2 sing bendungannya bergerak

      Delete
  12. Wuih!! mantep banget tuh pemandangannya...
    kalo gue udah gemeteran di atas jembatan kayak gitu... :v
    secara gue takut ketinggian...
    btw, di Batam (kampung gue) ada jembatan keren juga lho...
    jembatan barelang namanya, coba liat di google gambar...
    mudah2an kapan2 mbak bisa ke sana... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin, semoga dapet rejeki ke batam lagi. Dulu ke batam dalam rangka ngisi acara mtq nasional, jadi g punya waktu buat jalan2

      Delete
  13. ini nih liburan ngak selamanya harus naik gunung atau pergi pantai tapi jembatan juga bisa diexplore keindahnnya, apalagi pas lagi sore jadi makin sejuk dengan terpaan angin yang tenang, asal ngak baper terus inget mantan gitu ajah.

    kalo lihat foto gue masih suka yang jembatan pundong, mungkin pemilihan tempat foto yang pas jadi bagus kelihatannya. selain sebagai penghubung, jembatan juga bisa dijadiin destinasi wisata, udah gratis tapi harus hati-hati kalo ada yang lagi nyebrang nanti bisa kesenggol terus kejebur deh kesungai.

    ehh hati-hati ada anak alay dateng, gue takut kayag diberita-berita itu kalo ada jembatan yang roboh gara-gara di buat foto sama orang banyak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betuk sekali, liburan itu g musti ke gunung atau pantai.

      Iya sih, gue juga lebih suka jembatan pundong, soalnya emang jembatan ini bukan jembatan utama, jadi aman buat pejalan kaki yg lalu lalang. Beda sama selopamioro, nih jembatan emang jembatan utama, yah pas kesini aja motor2 lalu lalang, ampe kerasa kayak gempa.

      Hehehe.. Insyaallah gpp, soalnya di jogja jembatan gantung gini banyak. Kalaupun ada anak2 muda yg dateng g seheboh yg kejadian jembatan ambruk itu.

      Delete
  14. Daerah istimewa, saking istimewanya semua tempat disana bisa jadi spot foto yang menarik. Kalau gak salah yang kebun bunga yang rusak itu dari Yogya juga kan? Kalau lagi galau dan banyak masalah sebaiknya jangan ke jembatan deh takutnya entar lompat gara-gara gak kuat menahan beban hidup.

    Aku tiap hari pulang sekolah lewat jembatan, tapi pemandangannya gak sebagus yang disitu.
    Salam kenal ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, DIY emang istimewa banget, g bakal bosen buat menjelajah semua tempat di provinsi ini. Tempat seindah ini meringankan bebam hidup ki.

      Mungkin kalau aku kesana jadi indah pemandangannya
      Salam kenal juga

      Delete
  15. Aku pernah sih ngelewatin jembatan gantung dan di bawahnya ada sungai.. tapi panjangnya gak nyampe 70meter amat kali ah serem :')

    Dan Jembatan Pundong itu.. bener-bener deh keliatan kayaknya kalo angin gede langsung goyang. Strukturnya keliatan lebih ringan XD
    (sotoy amat ya aku wkwk)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha.. emang sih jembatan pundong ini anginnya semriwing dahsyat ngeri sedep, pas kita mau foto aja kalau ada angin gedhe pada jongkok semua, takut nyemplung ke sungai

      Delete
  16. Suka agak deg-degan nih kalau lewat jembatan meskipun masih kokoh hahaha

    ReplyDelete
  17. dari pundong kekanan trus lanjut goa jepang lihat pantai depok dari ketinggian bukit

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belum nyoba kesana, keburu pulang dari jogja

      Delete
  18. Jembatannya bagus gitu. Pantas aja jadi tempat wisata :D

    ReplyDelete
  19. Ditempatku juga banyak sih jembatan gantung kayak gini, nggak kalah keren malah. *ceritanya nggak mau kalah*

    Tapi bagus mbak jembatannya. Apalagi yang jembatan Pundong itu. Kayaknya itu lebih bagus dari jembatan Selopamioro. Pemandangannya kelihatannya lebih bagus.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang lebih bagus yg pundong, soalnya view pemandangannya lebig luas ketimbang selopamioro

      Delete
  20. gile yah jembatan doang bisa seterkenal itu, nggak beda jauh sama jembatan ancol yang dipakek setan gunudul syuting film.. ckckck... *big applause

    kalau gue main kesana anter yah ke jembatan itu. kita foto bareng hehehe

    ReplyDelete
  21. jembatan gantung bikin serem ya. takut kalo jatuh apalagi tiap mtotor lewat jadi goyang2 gtu.

    tapi emang kece. bisa sampe terkenal gtu. jembatan di tempat gue gk nyampe gt. yg ada malah bau pesing dan bnyak sdmpah bertebran.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau selopamioro emang jembatan penghubung jadi motor2 lewat situ, kalau pundong cuman jembatan pembantu aja. Ada jembatan utamanya yg buat jalan motor ama mobil

      Bersiin gih, siapa tahu tambah bersih terua bisa buat foto2 :D

      Delete
  22. Wah wah aku yang asli bantul aja belum pernah kesono malahan akakakak .
    tapi itu udah masuk list buat dikunjungi termasuk mau liat sunrise dari kebun buah mangunan juga haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. lah lah, wong bantul ternyata, silakan menikmati piknik di jembatan :D

      Delete
  23. walah...
    5 tahun saya tinggal di jogja malah tidak pernah tahu ada jembatan indah di bantul mbak...

    sayang sekali ya??

    ReplyDelete
  24. Pas jembatan Selopamioro keren mbak, airnya bening :-D

    ReplyDelete
  25. Di Bantul banyak sungai ya Mba? Jembatannya banyak banget ya? Foto2 di jembatan keren juga ternyata..

    ReplyDelete
  26. Keren nih Mba foto2nya... Kayaknya itu jembatan gantung ya Mba?

    ReplyDelete
  27. jembatannya keren abiss.. pantes aja jadi bahan postingan hehehe

    ReplyDelete
  28. jembatannya bagus, pemandangannya juga jadi ya pantas kalau buat tujuan wisata apalagi bagus buat berfoto.. hehe

    ReplyDelete

If you have no critics you'll likely have no succes ~Malcolm X

Parf Of


Blogger Perempuan Blogger Kekinian Warung Blogger Photobucket

Daftar Bacaan