Berkenalan dengan Nona Alexa Rank

8:41:00 AM



Walaupun ngeblog dari jaman dahulu kala (baca:2008), pemahaman saya tentang blog masih bisa dibilang cetek. Yang saya ketahui dari blog itu bagaimana menulis dan tetap semangat menulis. Kalau dibandingin sama blogger yang lebih muda dari saya, wah.. saya bakal sendiko dawuh sama mereka, soalnya mereka lebih ahli ketimbang saya.

Sekitar 2 minggu lalu, pas lagi BW ke blognya Mbak Nisa, ada sebuah postingan yang ngebahas dikit tentang nona alexa. Pastinya si nona satu ini udah nggak asing buat para blogger. Saya sendiri sudah tahu sama si nona ini, cuman saya anggap saya belum butuh sama dia. Tapi pas baca postingannya Mbak Nisa saya jadi kayak berubah pikiran, ‘Kenapa nggak dicoba aja Pit?’

Akhirnya habis BW, saya kenalan sama nona alexa lebih dalam. Yah anggep aja kayak kamu yang lagi deketin calon istri *eeaa. Ternyata habis nanya-nanya mbah google soal nona alexa, saya agaknya (sedikit) paham soal dia.



Salah Satu Perhitungan atas Peringkatmu

Alexa Rank adalah peringkat yang diberikan untuk sebuah blog atau website berdasarkan banyaknya pengunjung yang dilakukan oleh alexa.com. Peringkat dihitung dari yang paling besar ke yang paling kecil, semakin kecil angkanya, semakin bagus peringkatmu. Selain itu si nona alexa pake links in untuk menghitung peringkatmu, semakin banyak, semakin bagus peringkatmu.

Ada yang Yes, Ada yang No

Baca-baca soal nona alexa banyak yang setuju, banyak juga yang merasa nggak perlu, toh dari pihak mbah google udah ngasih perhitungan juga. Tapi buat blog atau website yang bertujuan mencari penghasilan, nona alexa sungguh jadi primadona, soalnya para investor (baca:yang mau ngiklan) melihat pada peringkat alexa. Kalau peringkatnya langsing, semakin bagus, dan nggak sia-sia nanem iklan disana. Terus gimana dengan blog yang nggak bertujuan cari duit?

Seperti yang saya ungkapkan tadi, ada yang ngerasa butuh, ada juga yang nggak. Kalau saya pribadi, dulu sih nggak butuh, orang saya nulis di blog karena seneng dan pingin lebih eksis aja, cuman beda dengan sekarang. Kayaknya seru juga masang alexa, ih pingin tahu deh aku peringkat berapa, tapi pas nanya si nona, ‘Kamu peringkat 3juta sekian’, apah?!?

Syok sih, tapi  yah, aing mah naon atuh? Blogger personal yang nulis uka-uka, eh suka-suka. Tapi berkat si nona ini, saya lebih semangat lagi ngeblog. Seperti ada persaingan dan pembuktian dengan si nona, ‘Nih liat, aku bisa kan?’ Nyetor postingan berkali-kali dan akhirnya dari 3 jutaan sekarang masuk angka 1 jutaan, lumayan.

Buat yang Mau Pasang

Masangin nona alexa di blog tuh gampang, nggak pake ribet, jadi nggak usah saya jelasin, soalnya kalian lebih hebat dari sayah *mundur perlahan*. Cuman ternyata, pas awal masang si nona, berat badan blog jadi naik, alhasil AVVENTURA yang obesitas karena nona, lama banget buat di buka. Saya lumayan frustasi, ‘Aduh, kok gini sih? Akunya aja susah buka, apalagi kawan-kawan blog yang mau BW kesini..’

Sebenernya niat masang nona alexa hampir surut, saya sendiri nggak mau ngorbanin BBnya AVVENTURA yang berat, kasian kawan-kawan blog juga, bisa mati kebosanan gara-gara lola. Akhirnya saya mampir ke mbah google, nyari-nyari solusi masang nona alexa, alhamdulillah nemu solusinya juga. Dipostingan itu, si empunya blog jelasin, akibat masang alexa, blog atau website kita bakal lola, soalnya si nona bikin BB blog atau web kita tambah berat. Terus si empunya kasih tahu lagi kalau ada solusi masang nona alexa dengan meminimalisir kenaikan BB blog atau web kita. Caranya dengan menggunakan image gif. Buat kawan-kawan blogger yang membutuhkan solusi ini bisa klik di sini, siapa tahu bisa membantu.


Overall, tujuan memasang nona alexa memang tergantung dari kita sendiri, tapi buat saya pribadi, nona alexa jadi acuan saya untuk terus semangat menulis di blog, karena dampak positif itulah saya memilih untuk memasang nona alexa, bagaimana dengan kawan-kawan blogger? 

Baca Artikel Populer Lainnya

55 komentar

  1. AAAK bahas alexa kenapa gue jadi baper gini ya? Jadi gini

    Dulu udah pasang alexa sih di blog, tetapi bulan-bulan lalu sempet vakum ngeblog, alhasil rank alexa jadi "no data", tapi link in masih ada 18 -_-, dan sampai sekrang ini si neng alexa gak tau kemana dan kapan kembalinya.

    Alexa, aku rindu kamu

    ReplyDelete
    Replies
    1. bentar fif.. lu lagi inget mantan lu yg namanya alexa nih ceritanya? besok2 gue buka konsul deh.. hahaha

      btw coba pasang lagi, siapa tahu habis itu kedetek webnya sama alexa

      Delete
  2. oh kirain alexa yang band itu hmm

    Dulu sih alexa rank blog saya lumayan bagus tapi gara-gara ada perubahan dari blogspot.com jadi blogspot.co.id hancur deh peringkat yang udah kecil itu :')

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, kalau kita ngerubah alamat blog atau ganti domain mulai lagi deh dari 0

      Delete
  3. Saya waktu masih pakai domain dot com alexa lumayan lah. Tp karena berbagai alasan.. akhirnya saya pindah balik ke blogspot.com. alamaaakk.. malah belum kedeteksi alexa . Hik hik hik..

    Gimana ya mak solusinya

    ReplyDelete
  4. aku mah dari dulu emang pengin banget makek alexa, cuma samppe sekarang nggak kesampean. Males juga, ribet.

    btw, emang itu dpet uang nya berapaan sih ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. g dapet uang wil kalau masang alexa, kalau mau dapet uang ya dapet job dulu dari pihak investor (baca:yang ngiklan)

      Delete
  5. gue juga baru makai alexa rank akhir 2015 hehe. gue tau nya sama blogger2 senior yang semua makai itu. tentu aja gue penasaran terus gue googling aja . dan bermanfaat ternyata hehe ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. gue juga ngerasain manfaatnya, yg gue dapet lebih rajin nulis sekarang :)

      Delete
  6. Sekarang nonamu udah 1 jutaan lho. :D Nanti kalo ganti domain, balik gendut lagi.

    ReplyDelete
  7. Dulu, gue juga gitu, merasa ga butuh nona Alexa. Tapi, dengan proses yg cukup lama, gue sadar, nona Alexa sekarang gue butuhin~

    ReplyDelete
  8. Alexa ane perlahan-lahan merangkak naik diantara persaingan berat blogger indo kk hahaha.. Lumayanlah udah peringkat 7000an di Indo :D Tapi ane sendiri nggak tau sistem ngitungnya gimana hahaa.. Ane cuma rajin aja ngecekny naik kepuncak kejayaan XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. ciye.. yg alexanya udah ribuan, sini gue bagi alexa gue ke lu :p

      Delete
  9. Kebetulan saya sekarang lagi giat-giatnya buat naikin peringkat alexa. Udah kelamaan ngadem di rank puluhan juta. Dan Alhamdulillah mulai naik ke rank jutaan. Hehehe. Kalo soal penting tidak pentingnya, saya sih buat penyemangat nulis aja, biar lebih rajin update dan bloglwaking :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. setuju bang, yg saya cari juga semangat nulisnya dari alexa ini

      Delete
  10. Kalau saya sih alexa cuman mau ngecek doang. Tinggal buka websitenya. Ga perlu dipasang di blog. Saya gak mau pamer. Nanti dikira riya'. Hehehe. (padahal juga ranknya di atas sejuta)

    ReplyDelete
  11. blog ku mana N/A untuk rangking alexanya hiks hiks banget dah

    ReplyDelete
  12. sama donk. aq juga merasa gak butuh sama nona alexa ini. tp stelah dibaca-baca penjelasan mbak, jd kepikiran jg. mnkn dgn melihat ranking di alexa bisa bikin kita tambah semngat ngeblog kali ya...hehehh..


    btw,mulai ngeblog dr thn 2008. sama kayak saya. tp blog saya sering mati suri...hadewwwhh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, yang aku ambil dari alexa itu semangat nulisnya. menghindari mati suri dari dunia blog

      Delete
  13. wew dari tahun 2008, cukup tua juga yah, sungkem mb pipit -/\- kalau blog ane di pasangin alexa, paling alexa nya nggak mau ngitung peringkat blog ane. "Halah blog kampret macam gini mana bisa dapat peringkat" begitu kata mb Alexa pas ngeliat blog ane :3 ngohahahahaha

    lagian juga ane nggak butuh alexa sekarang, ane sekarang cuman butuh hati yang bisa ngertiin perasaan ini mb :'(

    ReplyDelete
    Replies
    1. zhar, apa perlu gue nyariin lu cewek? kayaknya kejombloan lu udah stadium akhir nih

      Delete
  14. iyaaa si nona alexa berat, makanya aku blun makai makai smpai skrang mbk :) ooh trnyata ad cra mringanknny. makasi mbk infonya :d

    ReplyDelete
  15. Review alexa salah satu cara nih buat up rank, gue semalem juga nyari-nyari tau soalnya hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. sip deh, pas banget berarti postingan gue :D

      Delete
    2. rank gue diglobal kampret, rank di indonesia juga masih belasan ribu :'

      Delete
    3. semangat2, gue aja yg jutaan semangat kok :D

      Delete
  16. Waduh... manggilnya mbk Pipit, ya. SOalnya udah suhu banget di dunia blogger. "SUNGKEM."

    NGomongin Alexa, ya. Pangeran kira ngomong siapa? Soalnya pake Nona. Atau ada Plesetan baru gitu. RUpanya, beneran ngomongin Alexa Rank. Gue sih, alexa udah lama banget daftar, dari Tulisan Wortel masih pake domain blogspot.com sampe udah pindah ke .com sekarang. Tapi, ya gitu. Mengganti URL emang hal yang sangat berpengaruh dalam ramping enggaknya Alexa. Cuman, kalo udah .com, ngeceilin Alexa lumayan gampang kok. "Ada triknya." :)

    Bener banget, alexa emang lumayan memberatkan blog. Kemaren sempet masang, tapi bedasarkan pagespeed insight dari Google, tidak menyarankan untuk digunakan. Meskipun sudah diatasi dgn cara ini, itu. Tetep aja berat. Coba deh, cek blognya mbk pipit. Kalo warnanya merah, sepertinya monggo dipertimbangkan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau pangeran mah g usah diraguin lagi peringkat alexanya, beda atuh sama aku.

      makasih buat tipsnya, cus habis ini aku cobain

      Delete
  17. trims infonya mba... jadi makin kecil makin bagus yah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bang, semakin banyak pula yg ngiklan

      Delete
  18. Si investor pasti emang melihat ramping tidaknya nona Alexa yang kita miliki, tapi jangan lupa juga jumlah followers medsos yang kita miliki.
    Btw, kami bakal ngadain lomba blog sebentar lagi, jangan lupa ikutan ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yups, masih banyak pendukung lainnya biar investor mau ngiklan di blog

      Delete
  19. Wah seru ya kayaknya masang dia di blog. Yah tapi sekarang mungkin aku belum mau pasang. Karena sama kayak kamu Kak, masih suka-suka aja. Ngeblog bukan buat nyari duit, cuma sekedar berkeluh-kesah. Jadi nggak berharap juga ada investor untuk masuk ke blogku haha.

    Tapi informasinya bermanfaat sih. Maybe next time kalo udah berubah pikiran, bias dateng lagi ke sini kali ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gpp kok, disesuaikan sama kebutuhan aja. Mungkin bakal berguna pas nanti udah mulai surut semangat ngeblognya

      Delete
  20. saya masih bingung nih, links in itu berpengaruh nggak sih sama peringkat alexa. soalnya links in saya udah hampir limapuluhan, tapi rankingnya masih jeblok :(.

    oh ya salam kenal mbak pipit, ternyata udah suhu nih di dunia blogger, semoga bisa belajar banyak sama embak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setau aku pengaruh, semakin banyak link in bakal bikin alexa langsing

      Sama2 blajar biar sama2 pinter :)

      Delete
  21. yuhuuuuu.. ini saya ini saya! Dipi!.. heuheu. Tulisannya informatif banget lah, soalnya saya belum tau kalo ada yang namanya alexa. Meskipun saat ini belum ada keinginan untuk pasang nona alexa di web tapi suatu saat kalo ingin ya saya udah tau harus berbuat apa # berbuat apa coba?!
    Makasih ya infonya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha.. Dipi heboh dah! Tau dip itu kamu :D
      Alexa bisa jadi senjata pamungkas pas kita udah g semangat ngblog

      Delete
  22. Alexa ku sekarang 2 jutaan, sempat 5 jutaan pas baru ganti domain terus masuk ke 1 juta eh turun lagi ke 2 juta. Lama-lama jadi gak mikirin peringkat lagi...hahaha ngeblog santai aja...kayak dipantai. :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau aku pribadi bukan mikirin dapet peringkatnya, tapi semangat buat nulisnya itu yg aku cari, biar g kecanduan buat hiatus

      Delete
  23. Selama ngeblog kayaknya aku belum pernah liat nona alexa. hehe
    Kayaknya aku enggak siap kalo harus ngeliat peringkat blogku. Mungkin lebih baik nikmatin ngeblog aja kali ya. Yang penting bisa nulis-nulis di blog.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tips aja sih, kalau udah males nulis dan rasanya pingin hiatus, coba deh cek peringkat di alexa, pasti bisa numbuhin semangat buat nulis

      Delete
  24. Itu sebenernya cuma alexa rank gitu kan ?
    Ihiy di panggil nona, jadi pengen rumpi bareng *eh
    aku jadi pengen masang juga

    ReplyDelete
  25. Baru tau nih ternyataa..oohhh ternyataaa...
    Makasih infonya,tp kayalx aq blm minat untuk mendekat sama nona alexa,aq newbie..yg pnting nulis dulu..hahaha

    ReplyDelete

If you have no critics you'll likely have no succes ~Malcolm X

Parf Of


Blogger Perempuan Blogger Kekinian Warung Blogger Photobucket

Daftar Bacaan