Memanfaatkan Ms. Word & Fitur Jadwal Pada Blogspot

9:00:00 AM



Punya blog itu nyenengin dan asyique. Di blog pribadi kita, kita bisa nulis apa aja yang pingin kita sampein, pokoknya blog udah kayak diary tapi versi online. Cuman ada aja kendala buat para blogger nulis postingan baru, ada yang males, nggak ada ide, sibuk, bla bla bla..


baca juga Mempercantik Blog, Why Not?

Udah seminggu ini saya menantang diri sendiri untuk membuat 1 post setiap harinya (bila mampu), tapi nyatanya tetep bolong juga di hari Sabtu, yah nggak apa-apa deh (memaklumi diri sendiri). Namun dari situ ada kepuasan tersendiri ‘Wah, aku bisa lho!’, dan saya berharap ini nggak cuma bertahan selama seminggu, tapi selama saya ngeblog, amin..

sumber


Btw, biar mudah dalam menulis postingan blog, saya menggunakan Ms. Word dan jadwal pada menu blogspot.

Ada pengaruhnya Pit?

Jelas lah, banget malah. Sebenarnya nggak pakem harus pake Ms. Word ya, kawan-kawan blogger bisa menggunakan segala aplikasi tulis menulis baik dari laptop atau smartphone, pokoknya gimana nyamannya, kalau buat saya karena emang buka laptop jadi keharusan, jadi Ms. Word favorit banget.

sumber


Buat kawan-kawan blogger pasti udah tahu Ms. Word, tapi mungkin sebagian lagi khususnya blogger wannabe belum tahu fitur jadwal ini. Fitur jadwal adalah fitur yang disediakan blogspot untuk mengatur jadwal postingan. Kalau kawan-kawan membuka blog pada menu entri baru, di sebelah kanan terdapat sub-sub menu, dan jadwal tepat berada di bawah menu label. Kalian bisa menyesuaikan tanggal dan jam untuk menayangkan postingan kalian.

Apa aja sih manfaat Ms. Word dan jadwal pada menu blogspot buat blogger?
Penayangan Posting Blog Teratur  
Kalau pakai fitur jadwal, biasanya penayangan postingan blog saya teratur. Jadi nggak perlu gopoh hari ini bikin postingan terus langsung dipublikasikan, terus besok gitu lagi, aduh bang.. adek nggak kuat..  
Ide yang Muncul Nggak Sia-sia 
Inspirasi itu datang darimana aja, tapi kita mesti ‘Nanti aja ah..’. Penyakit nanti ini yang bikin kita akhirnya males, maka dari itu guna Ms. Word dan aplikasi tulis menulis lainnya, jadi tempat corat-coret kita. Nggak perlu nulis full, poin-poinnya aja udah cukup, tapi bukan berarti dibiarin nangkring terus, karena coretan kita adalah pengingat tentang ide tulisan yang telah kita kembangkan.  
Membantu Saat Kita On 
On disini bukan horny ya, maksud saya, ada kalanya seorang blogger dapat kekuatan penuh untuk menulis, saya sendiri pernah mengalaminya. Dalam sehari bisa nulis sampai 3 postingan, cuman sayang banget kan kalau cuman jadi seonggok tulisan saking lupa buat diposting. Fitur jadwal bakal jadi pilihan yang tepat, tinggal ditaruh di blog, atur jadwal penayangan, and this is it semur jengkol ala Chef Pipit *garing*  
Menyelamatkan Blogger dari Kefakiran Koneksi 
Namun dari segelintir alasan yang udah saya jabarin, pokok utama dan menjadi nyawa buat blogger adalah koneksi internet. Rumah saya nggak pakai wifi, jadi sebagai fakir wifi, kantor adalah surga buat saya, karena disini koneksi internetnya muantap abees plus gretongan *dijitak pak camat*. Berhubung jadwal ngantor cuman Senin – Jumat, berarti nggak ada wifi buat weekend, alhasil untuk menghindari kegagalan nggak eksis di blog, update blog bakal kebantu dengan menggunakan fitur jadwal, pastinya postingan kita udah selesai dan tinggal tunggu tanggal mainnya buat tayang di blog. Pas di rumah tinggal promo aja via smartphone.  
Mempengaruhi Banyak Hal 
Sebenernya kalau dijabarin satu-satu, nggak akan ada habisnya. Dengan rajin posting followers blog bakal nambah, trafik blog kita semakin baik, yang pake alexa rank bakal seneng karena angkanya makin langsing, bahkan siapa tahu dapat kerjaan dari blog, pasti seneng banget. 
baca juga Self Re-Monday-er, Membalas Komentar 

Itu semua bonus buat para blogger yang mau usaha, salah satunya dengan rajin posting. Pokoknya kalau bisa jangan berhenti menulis hai para blogger beriman, karena blog tanpa postingan bagaikan garam tanpa sayur *halah*. Happy Monday ya..






Baca Artikel Populer Lainnya

31 komentar

  1. Padahal sering ngalamin writer's block loh, dan ada kalanya juga setiap hari gue juga lagi semangat buat nulis, keresahannya banyak ..
    tapi kok rasanya males aja ya kalo dijadwalin .. :(

    Tipe blogger yang nulis tanpa draft sih, sekali tulis ya sekali posting kalo gua mah ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kebiasaan kayak gitu kalau bisa diubah. Gue juga dulu kayak gitu. Tapi pas udah gue ubah kebiasaan nulis tanpa draft dan sekarang pake draft, berasa perbedaannya

      Delete
  2. Aku juga mbak, kalau mau nulis cari mood dulu udah dapet ide mau nulis, ada aja kendalanya akhirnya nggak jadi posting. Jeleknya juga aku ini kalau nulis yang sekalian posting, nggak biasa ngedraft. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau aku sekarang pake draft buat menghindari kemalesan dalam menulis

      Delete
  3. Menarik nih tips nya. Makasih sharingnya :-)

    ReplyDelete
  4. Ngeblog memang kudu terjadwal ya supaya kitanya juga bisa konsisten nulis :).

    ReplyDelete
  5. tips yang bagus. dari kemaren mau coba mulai posting blog. tetapi bingung mau posting apa. hadeh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ide itu g usah jauh2 nyarinya, disekitar kita banyak :)

      Delete
  6. aku juga seringnya ngedraft via ms word, tapi sayang begitu tersimpan di flashdisk terus lupa kapan postingnya atau lupa nglanjutin lagi tulisannya ^_~

    ReplyDelete
  7. Sebenernya banyak banget kok tools biar kita lebih 'luwes' lagi buat bikin posting. Gue pernah nulis tentang begini sekitar 6 tahun yang lalu :')

    http://sebuahberita.blogspot.co.id/2010/03/software-penting-buat-para-blogger.html

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ms. Word dan fitur jadwal cuman salah satunya. Memang masih banyak, yg penting setiap blogger nyaman dan semangat terus buat nulis :)

      Delete
  8. Jarang banget make fitur penjadwalan posting blog. Yang ada sih diendapkan dulu biar diperbaiki masalah tulisan dan hal teknis seperti SEOnya. Jadi, pengaturan jadwalnya masih manual :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini cuman antisipasi aja kalau pake fitur jadwal, dari pada ngendap dan g posting, mending ngendap di draft dan udah terjadwal kapan tayangnya

      Delete
  9. Tapi itu bosan ngak ya pembaca kalo posting tiap hari?
    kalo menurut aku mungkin bagusan seminggu maximal 2x / 3x lah..

    btw thanks sharingnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau aku ngeposting temanya g itu2 doang. Jadi dikonsep, tiap harinya beda tema. Biar yg baca g bosen.

      Delete
  10. Cakep deh :D Sekarang sudah mulai berbagi info di blog nih :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak nisa bisa aja. Masih butuh belajar mbak :)

      Delete
  11. Suka juga bikin draft tulisan di Ms. Wors, walaupun nantinya banyak yang direvisi, tapi lumayan lah jadi ada bahan simpenan buat dipost :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Toa dulu, aku emang nyamannya pake ms. Word. :)

      Delete
  12. Jadwal posting, itu yang paling pas banget metodenya buat saya walaupun banyak juga cara lain. Semangat terus bloggingnya ya! :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, aku juga kebantu banget sama jadwal postingnya blogspot

      Delete
  13. kalo gue on horny, cara memaksimalkannya bagaimana? gue, heran kok gue nanya gini yak? nggak ada maksud apa-apa, cuman penasaran aja, apa kekurangan dan kelebihannya? apakah on horny dapat membantu dalam meramaikan blog? Sori ya kalo gue kepo..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo lu on horny dan belum punya pasangan coli aja deh

      On horny kalau didunia blog membantu banget buat penyedia jasa download boke :p

      Delete
  14. ide bagus nih buat saya yang selalu beralasan buat bikin postingan xixixi

    ReplyDelete
  15. makasih kak, artikelnya ngebantu banget buat newbie yang masih angin-anginan di dunia per-blogging-an ehehee ..
    sukses terus blog nya yaaa ...

    ReplyDelete
  16. makasih ya mbak buat artikelnya.. bagus banget utk newbie spt saya jd menambah ilmu :)

    ReplyDelete

If you have no critics you'll likely have no succes ~Malcolm X

Parf Of


Blogger Perempuan Blogger Kekinian Warung Blogger Photobucket

Daftar Bacaan