Descendants of the Sun, Jangan Tanya Sekeren Apa Drama Ini

12:10:00 PM

source


Judul : 태양의 후예
Judul (Romaji) : Taeyangui Huye
Judul (Inggris) : Descendant of the Sun
Genre : Romansa, Melodrama
Bahasa : Korea
Stasiun TV : KBS2
Episode : 16 episode
Jam Tayang : Rabu-Kamis jam 21:55 (KST)
Jadwal Rilis : 24 Februari 2016 - sekarang

Fine, saya sadar akhir-akhir ini Rabu Review kebanyakan ngereview tontonan dari Asia khususnya Korea. Mau dikatakan apalagi, saya lagi mood sama tontonan Asia dan Korea untuk saat ini, dan parahnya tangan saya udah gatel banget pingin ngereview salah satu drama korea yang lagi hits diseluruh dunia *lebay*. Padahal saya sudah me-warning diri saya sendiri, ‘Pit, review drama koreanya kalau udah tamat aja, dari pada kayak kemarin review Cheese in the Trap, eh jelek gitu di akhir.’  Tapi apa daya, sampai di episode ke 10-nya, dan malam  ini menginjak episode 11, drama ini memang nggak ada matinya? Jadi sebelum kita lanjut, yuk tonton dulu teaser-nya.



Tema Kemiliteran Memang Punya Daya Tarik

source

Descendant of the Sun (DOTS) bercerita tentang Yoo Si-jin (diperankan oleh Song Joong-ki) seorang tentara pasukan khusus dan merupakan komandan dari tim alpha. Bersama rekannya Seo Dae-young (diperankan oleh Jin-goo) mereka berdua bertugas dalam misi-misi penting dalam melindungi negara sebagai pasukan khusus, tak hanya itu dalam negeri, mereka mengabdi untuk melindungi sesama manusia baik lintas negara. Disisi lain ada Kang Mo-yeon (diperankan oleh Song Hye-gyo) seorang dokter yang memegang teguh prinsip menolong sesama lewat profesinya.


Pertemuan antara Si-jin dan Mo-yeon membawa kisah cinta mereka dimulai, sebagai orang dewasa mereka mengakui ketertarikan dan ingin menjalin hubungan cinta, namun Mo-yeon memilih menyerah karena tak sanggup, lebih tepatnya takut dengan keadaan Si-jin yang berprofesi sebagai pasukan khusus yang senantia bisa mati kapan pun ketika bertugas. Di lain cerita seorang dokter tentara bernama Yoo Myung-ju (diperankan Kim Ji-won) sedang gundah karena hubungan percintaannya dengan Dae-young yang tidak direstui oleh orang tuanya. Orang tua Myung-ju seorang jendral dan komandan besar di pasukan khusus, tidak menyutujui hubungan Myung-ju dan Dae-young karena perbedaan strata kepangkatan mereka, Dae-young hanyalah tentara biasa, dan Myung-ju merupakan tentara lulusan akademi kemiliteran. Hal ini membuat Dae-young mundur perlahan karena baginya ayah Myung-ju memiliki senjata terkuat agar dirinya tidak bisa bersama Myung-ju.

source

 Namun takdir berkata lain, kisah cinta mereka yang awalnya terpaut jarak antar negara disatukan lewat sebuah misi, Tim Alpha dikirimkan ke Urk, salah 1 negara di dunia yang memiliki konflik tingkat tinggi. Disusul Mo-yeon yang dikirim ke Urk juga, karena tindakan pembelaan diri yang ia lakukan saat akan dilecehkan oleh direktur rumah sakit tempatnya bekerja. Bagaimana Mo-yeon akan beradaptasi dengan negara yang memiliki tingkat konflik yang tinggi? Apakah cinta Si-jin dan Mo-yeon akan terjalin lagi? Lalu bagaimana dengan Dae-young dan Myung-ju, akankah ayah Myung-ju, seorang jendral besar merestui hubungan mereka yang berbeda strata kepangkatan? Kalau mau nonton, boleh minta ke saya.


DOTS adalah drakor praproduksi, yang mana menyelesaikan syuting terlebih dahulu sebelum tayang di tv. Syuting DOTS dilakukan tahun 2015 kemarin dan baru tayang di tahun 2016 ini. Banyak pecinta drakor yang memang menunggu-nunggu DOTS agar segera tayang soalnya tahun lalu drama ini memang sudah rame jadi bahan perbincangan. Ditambah lagi DOTS bakal menjadi comeback buat Song Joong-ki yang baru saja selesai melaksanakan wajib militer.

Tema yang diangkat dalam  DOTS ini beda dari kebanyakan drama korea lainnya, kemiliteran ditambah sentuhan medis karena pemeran utama wanita yang berperan sebagai dokter. Latar ceritanya pun nggak main-main, yaitu Urk, negara yang sedang mengalamikonflik. Asal kawan-kawan tahu saja, latar syuting di Korea dikit banget setiap episode-nya, lebih banyak menampilkan latar di Urk (sebenarnya Yunani tapi disulap jadi Urk). Bakal banyak suguhan pemandangan indah baik itu pemandangan alam dan pemandangan otot oppa-oppa tentara *ngiler*


Pemilihan Pemain dan Pemaparan Cerita yang Tepat

source

Memang nggak salah pilih DOTS untuk para pemeran karakter-karakternya. Mungkin sutradara sudah melirik Song Joong-ki sejak awal karena Joong-ki baru saja menyelesaikan wajib militernya, seperti masih tersisa aura-aura tentara Joong-ki pasca wajib militer. Pemeran utama wanita yaitu Song Hye-gyo memang sudah tidak diragukan aktingnya. Jin-goo pun tak kalah keren dalam berakting, memang porsinya tidak sebanyak pemeran utama, tapi karakter yang ia bawakan dapet banget feel –nya.


Walaupun banyak selentingan kanan kiri terhadap DOTS (mungkin karena iri), buat saya cerita di DOTS sampai episode 10 kemarin tetap nomor wahid. Sutradara dan penulis skenario pintar meramu dan mengarahkan ceritanya. Ditambah adegan-adegan yang nggak cuman cinta-cintaan, masih ada adegan pertarungan, sama bawa senjata gitu dan sukses bikin jantung copot, takut oppa Jin-goo kegores.

source

 Keseriusan pembuatan drama ini bisa dilihat dari biaya fantastis yang dikeluarkan pihak produksi. Menelan biaya 13 miliar won (sekitar $ 10.800.000), ini dikarenakan DOTS merupakan drama praproduksi (syuting-difilmkan sebelum tayang) di mana semua kru dan sebagian pemain menghabiskan waktu 1 bulan di Yunani untuk pengambilan adegan. 65% dari biaya produksi digunakan untuk membuat open-world set. Selain syuting di Yunani, DOTS mengambil set di daerah Taebaek di Provinsi Gangwon untuk adegan-adegan yang tidak bisa dilakukan di Yunani.

Petinggi Negara Banyak yang Berkomentar

source

DOTS mendapat banyak sambutan meriah untuk drakor di awal tahun ini, sepanjang episode rating DOTS semakin naik, hingga episode 10 kemarin, DOTS berada di puncak klasemen drama rabu-kamin, ratingnya berada di angka 30-an. Popularitas DOTS membuat Pemerintah Cina yang gelisah memberikan warning kepada masyarakatnya terhadap DOTS. Sedangkan di Thailand, perdana menteri-nya ingin bertemu Song Joong-ki karena drama DOTS. Dan apresiasi paling tinggi datang dari Presiden Korea Selatan, Park Geun-hye, beliau menyatakan pujiannya untuk drama DOTS karena drama ini memberikan dampak positif berupa promosi budaya dan pariwisata Korea Selatan dikancah internasional.


Overall, drama DOTS patut kalian masukkan daftar tontonan kalian. Karena alur ceritanya yang nggak meye-meye, nggak ada si miskin dan si kaya, nggak ada orang ketiga layaknya drama korea kebanyakan. Selain kisah cinta yang nggak meye-meye, konflik dan adegan pertarungan yang lumayan memicu adrenalin, bikin drama ini klop dan asyique buat ditonton. Mungkin selanjutnya kalau ada niat saya bakal bikin postingan khusus DOTS, hahahaha

Baca Artikel Populer Lainnya

41 komentar

  1. bintangnya cakep2, penasaran saya,,,

    ReplyDelete
  2. Di setiap episode sukses bikin penasaran.

    ReplyDelete
  3. Film ini pecah banget di kalangan temen-temen kosankuuu. Setiap hari selalu didongengkan hasil tontonan mereka. Sayangnya aku kurang hobi nonton jadi gak tertarik juga, apalagi ini drama. *padahal takut ketagihan*
    tapi episode 8 nya udh nonton dikit sih, dan emang seru!

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha, bisa aja li. jangan nonton deh mending, ketagihan nanti

      Delete
  4. jujur aja, aku gak updet film korea ._.
    jadi bingung komen apaan ya, habis, keracunan jepang mulu :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. jepang? bagi2 dong dorama yg rekomen

      Delete
  5. Aaaahh aku sebenernya gak terlalu suka sama film korea sih tapi setelah di suguhi Descants of the sun sama temen langsung jadi ketagihan nonton, penasaran banget sama episode berikutnya.

    Wih hebat sampe dapet komentar dan pujian dari para Petinggi Negara. *Prok-Prok.

    Emak-emak harus nonton film ini nih, siapa tau mereka tiba-tiba langsung suka nonton DOTS lalu kemudian berhenti nonton Uttaran. Sejahterahlah anak-anaknya~ *eh

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa aja, yok kita racunin emak-emak sama DOTS

      Delete
  6. Owalah pit2. Ini to film yang sering ditonton temenku. Dia bilang ceritanya keren banget. Ada militer2nya gitu. Tapi, pas gue tanya "Filmnya berbahasa apa? dan Tokonya orang mana?

    Temen gue jawab "Korea..."

    Mendengar itu, gue langsung hening dan pergi gitu aja. Bukan gak menghargai atau gimana ya pit. Gue emang gak suka aja nontonnya. Apalagi pake part2 gini. Males. Kalo Cina, gue masih doyan. Tapi, kalo Korea, gue lumayan males kalo diajak nonton pura2 ngeliat. Tapi mata gue di hape.

    CUman, kalo sampe Ratingnya sebagus itu, sebaiknya ini jadi tontonan wajib. Dan sebaiknya Indonesia juga bisa buat kek gini. Cuman, biayanya fantastis banget ya pit.

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang ini drama lagi happening her, ah jangan nonton deh her, bosen nanti. buat level cowok g terlalu bagus, hehehe

      Delete
  7. Lagi hits di seluruh dunia ya fit? Lah kok gue gak tau ya... Gue juga gak kenal satupun tokoh.. hehe

    Yg gue tau pemain korea itu cuma lee min hoo. Itu juga karena ngiklanin produk indonesia.. haha

    Emang cupu bener klo masalah film. Apalagi film2 beginian. Yang pasti mending nonton film ini deh daripada utaran atau anak jalanan.. haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. fix, ente sebangsa dengan emak-emak se-endonesah

      Delete
  8. pemeran laki2nya gak cocok jadi tentara deh, badan sih sudah bagus sesuai dengan propesi.. tapi wajahnya kurang ganas kalau harus jadi tentara. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. yah kan namanya juga aktor. tapi gitu2 dia pun habis wajib militer kemarin

      Delete
  9. joong ki oppa emang is the best. satanghaeee oppaaa #sambilnaikintanganbentuklove

    aku baru nonton satu episod dan kemudian tenggelam dalam kesibukan... ahh...

    iya org korea kalo bikin film casting ny itu cucok bangettt!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul banget, emang sip DOTS ini

      Delete
  10. ah, emang keren banget nih film..
    pemain2nya apalagi.. keren banget.. apalagi Song Jong-Ki.. wkwkwk
    beneran nih pit boleh minta filmnya di kamu? hehehe

    ReplyDelete
  11. DUH AKU FIX FANGIRLING SAMA DRAMA INI! *apasih ga nyante, hahaha!* Padahal baru sehari tuh nonton marathon, eh ambo jatuh cinta. Ditambah lagi jalan ceritanya cukup anti mainstream sampe menarik perhatian presiden Korsel dan PM Thailand. Terus adapun yang bikin konsep nikahan ala DotS! Goks!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha.. Kalau aku udah klik pas liat beritanya DOTS pertama muncul di publik, 2015 kemarin. Eh ternyata bener, dramanya emang tsadesssst

      Delete
  12. you know what? emak sama kakak gue biasanya nonton ini di KBS. dan gue.. gue hanya pasrah ketika tv langganan di kudeta. ya memang dramanya unik, ceritanya antimanstream abis nggak kayak drama2 kebanyakan. dan pemerannya, song jong ki emang jadi selling point tersendiri. ketahuan dar aktingnya di film werewolfboy yang udah menjanjikan banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mak kamu tuh bener jev, hayo pilih mak kamu nonton uttaran ape DOTS?

      Delete
  13. woooww masih adaa 4 episode lagi tapi pasti udah gatel banget yaa mau ngereview? hihihi..

    akupun ga tahan buat ga nonton DOTS, padahal setiap drama korea aku selalu sabar nungguin sampai tamat dulu, waktu reply 1988 pun orang-orang heboh #timtaek dan #timjunghwan aku tetep teguh pendirian buat nunggu sampe tamat. tapi ga berlaku buat DOTS ini.. gak kuaaat banget haha..bela-belain download tiap minggu supaya bisa nonton diulang-diulang :D

    Song Joong Ki udah paling cocoklah peranin Yoo Si Jin. Gak kebayang kalau aktornya bukan Joong Ki. hehe. Second Love Line antara Dae Yong sama Myung Ju juga gak kalah serunya. Hihi.

    semoga endingnya ga mengecewakan kayak cheese in the trap yaah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu lagi tam.. Ini tangan udah gatel g ketulungan dari ep.1, nahan.. Nahan.. Arrgh g bisa tam, g bisa! Drama ini terlalu merasuk!

      Delete
  14. Paling gak bisa nonton drama korea gini, karna suka bingung karna menurut ku muka pemainnya mirip-mirp. :(

    ReplyDelete
  15. Wah aku jadi penasaran.. Biasanya nggak suka nonton drama Korea tp ini menarik kyknya.. Btw salam kenal ya mba :)

    ReplyDelete
  16. aaah hana juga lagi nonton drama ini :D
    aktor cakep aktris cantik.. trus kisha cinta antra tentara dan dokter

    cukup anti mainstream ceritanyaa :D
    sukaaaa~

    ReplyDelete
  17. Song Hye-gyo <- inikan mantan gue dua tahun lalu, yang memdadak cantik setelah putus -_- . gue nggak suka nonton korea, gue kan laki, masa' tontonannya yang galau, tapi kalo tokohnya si park shin hye, pasti gue tonton.
    haha :D

    ReplyDelete
  18. Kalo udah 10 seri saya menyerah ah Pit... waktu buat nontonnya akhir2 ini udah ga ada lagi. Hiks.. akhirnya sebagai pelampiasan cuman bisa yang model seCD trus tamat.. dan kisahnya full komedi romantis aja.. biar ringan.. hahaha.
    Pipit ini ternyata orangnya ulet ya... nonton drama korea ditamatin gitu.. itu abis beres pasti langsung nyambung jadwal siskamling erte yak? haahahaha..
    Tapi ini nice review... thanks ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku malah g suka nonton yang udah tamat gitu dip, rawan aku skip soalnya. kalau dramanya bagus aku perjuangin dip, kalau jelek yah sorry ajah

      Delete
  19. Ini beneran sad ending ngga sih akhirnya? Gosipnya begitu kaaan :'( Udah nonton beberapa episode dan tersihir banget sama kapten Yoon. Hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan su'udzon mbak, cuman sutradara, penulis script, kru terkait, dan Allah yang tahu, hehehe

      Delete
  20. Baru sadar yang main Song Hye Kyo ya.. wajib nonton ini mah. Akhir April ini katanya mau tayang di salah satu tv swasta Indonesia, wkwk, tapi pasti aktor2nya jadi pinter bahasa :D :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, banyak gosip yg beredar. cuman aku pribadi pun g bakal nonton, bakal banyak sensor pastinya, hadeee.. jadi g seru apalagi iklan tv di indo puanjang2 durasinya

      Delete
  21. udah banyak yang merekomendasikan film DOTS, kayanya benar-benar seru ya, jadi penasaran ..

    ReplyDelete

If you have no critics you'll likely have no succes ~Malcolm X

Parf Of


Blogger Perempuan Blogger Kekinian Warung Blogger Photobucket

Daftar Bacaan