Tips Buat Kamu yang Mau Ganti Domain

April 11, 2016



Ciye udah Senin aja, udah masuk sekolah, udah kerja juga, udah kumpulin duit buat kawinan belom? Hehehe.. Tetep semangat yah di Senin ceria ulala ini. By the way anyway busway, No-Blog hari ini saya mau ngasih tips ala kadarnya buat kawan-kawan blogger semuanya.

Tips apaan Pit?


Jadi gini, semua blogger pasti kepingin naik level lewat alamat blognya. Yang sebelumnya selalu pake embel-embel blogspot atau wordpress ditiap alamat blog, pasti kepingin rasanya bisa ngerasain punya domain sendiri yang embel-embelnya pake com, net, co, id, dan sebagainya. Nah maka dari itu saya mau kasih tips biar kawan-kawan blogger yang belum bertransformasi biar lebih siap lagi menjadi blogger proh! Simak baik-baik tips berikut ini.

Harus Punya Fulus


Unsur paling utama, kudu punya fulus kalau mau ganti domain, yaiyalah.. hari gini gratis? Cinta aja butuh pengorbanan fulus *nggak nyambung*. Yang namanya ganti domain berarti kita beli hak kepemilikan atas domain yang kita ajukan dan akan dibayar di tiap tahunnya. Pastinya yang namanya duit harus disiapin kalau mau nikmatin domain sendiri. Sediakan fulus paling nggak Rp. 150.000,- atau lebih. Dengan fulus segitu paling nggak kalian udah dapet com, net, dan beberapa domain yang harganya kisaran 100 ribuan. Kalian bisa menyiasati biaya kalau kalian rajin-rajin nongkrong di website penyedia domain. Biasanya ada aja promo yang bisa kalian nikmatin buat dapetin domain harga terjangkau (dibawah 100 ribuan).

Siapkan Nama Blog Kalian

Kalau fulus udah ok, kalian siapkan nama-nama blog yang kalian inginkan. Tips singkat dari saya, ngasih nama tuh nggak lebih dari 15 atau 20 huruf, semakin pendek semakin bagus, unik tapi nggak ruwet, apalagi alay, biar pengunjung blog kita hafal dan nggak kesasar pas main ke blog kita. Kalau bisa nyiapinnya 5 atau lebih yah, bukannya semua bakal dipake, ini cuman buat ngecek ketersediaannya aja, masih ada nggak? Kan yang punya website dan blog itu banyak, jadi kudu siap-siap kalau misalnya nama domain yang kita mau udah nggak ada, jadi kita masih punya cadangan lain buat diajukan.

Cari dan Temukan Penyedia Jasa Domain yang Maknyus

Di Indonesia yang tercintah ini, website yang menyediakan jasa jual domain tuh nggak cuman 1-2 doang, buanyak le! Jadi apa yang harus kalian lakukan, cari di internet, nyambangi website yang jualan domain, bandingkan antara 1 dengan yang lain, jangan lupa tanya sama temen-temen blogger kamu mereka beli domain di mana, ini buat pertimbangan juga karena kita bakal dapat review langsung dari sisi konsumen. Jangan sungkan-sungkan buat nanyain harga, fasilitas, dan sebagainya, biar kalian nggak nyesel karena salah beli.

Cari dan Pelajari Tutorial Pemasangan Domain

Buat kawan-kawan blogger yang “lemah” sama urusan ngoprek-ngoprek blog, ada baiknya kalian cari dan pelajari gimana masang domain di blog. Jangan sampai kalian udah beli tapi nangis sesenggukan gara-gara nggak bisa masang di blog, lah.. sial banget. Walaupun layanan CS dari website yang jualan domain udah pada canggih dan siap menolong, tapi jangan terlalu mem-PASRAH-kan diri, biar kita juga bisa sendiri.


Baiklah, tips ala kadarnya dari saya buat kawan-kawan blogger yang mau ganti ke domain berbayar. Semoga bermanfaat yah, mungkin ada kawan-kawan blogger yang mau nambahin? Monggo.. silakan tulis di kolom komentar.


***




Oh ya sebelum pamitan, mau ngingetin nih, jangan lupa buat ikutan giveaway kolaborasi AVVENTURA dan Zamzamblog di bulan April 2016 (bulan ini lho!). Catet dan pasang alarm kalian, soalnya.. ah rahasia deh, pokoknya harus ikutan yah. Don’t miss it!


Baca Artikel Populer Lainnya

37 komentar

  1. dari segala niat pengen ganti domain, permasalahanku cuma satu....

    daku belum punya fulus Mbak Piiittt....

    *kemudian mewek di pojokan*

    kalau milih nama sama milih jasa penjual domainnya sih udah.... belajar tutorial masang domainnya juga udah...
    cuma masalah fuluss aja niihh... :'(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayoo milih kumpulin fulus buat beli domain apa kawin?

      Delete
  2. Wah bagus tuh tipsnya.
    Gue sama kayak komen yg diatas, gak punya fulus... hehe

    ReplyDelete
  3. mau upgread dana tipis, sementara domain gretongan saja ane heeee, terima kasih tipsnya sist

    ReplyDelete
  4. gue pake domain .id cuma dua puluh rebu :v (kebetulan lagi promo)

    ReplyDelete
  5. yaiyalah, masa hari gini nyari yang gratis. kalo gratis mah blogspot.com aja, gratis sampe hari kiamat. domain TLD 150k udah lebih dari cukup tuh, buat setahun. jadi kalo dihitung, 150.000 : 365(hari) = Rp. 410,9589 jadi setiap harinya sama aja cuman bayar 400 perak. Murah kan?

    ReplyDelete
  6. Jadi sebelum ganti domain harus research pasar penyedia domain dulu ya biar nemu hosting yang bagus, thanks buat tipsnya.

    Pit, menurut lo, blog dengan domain gratis dengan domain mandiri apakah sama-sama berpeluang untuk sukses?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Peluang sukses tuh selalu ada. Tinggal gimana kita mengolahnya dalam usaha dan doa #eeaaaa

      Delete
  7. Udah punya niat mau ganti domain, sayang uangnya belum ada. Masih dalam tahap menabung, tapi insya allah selesai kuliah mau saya ganti domain.

    ReplyDelete
  8. Kalau menggunakan blogspot adakah masih boleh menukar kepada berbayar....mohon pencerahan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Satu lagi soalan saya ...kalau saya ingin menukar domain blog saya...sbagai contoh sekarang ini nama blog saya berbeza dari niche ...sbb semasa mencari nama blog tahun 2007 dahulu saya terpengaruh dgn ada org mengatakan judul url berkaitan hartanah akan selalu mendapat banyak traffic so saya letakan blog saya http://wwwrealestet.blogspot.com
      Dan blog saya bercerita ttg perniagaan pasar malam.
      Jika sekarang saya tukar kepada http://www.areesup.blogspot.com adakah akan melambatkan ianya di detect pada crawl google dan search engine lain...mohon pencerahan cik pipit.

      Delete
    2. Pastinya berpengaruh pak, itu sudah konsekuensi kalau kita ganti nama domain

      Delete
  9. wah aku malah pengen gak bebayar lagi hidup lebih tenang wkwkwk

    ReplyDelete
  10. Sebenarnya nggak semahal yang difikirkan, saya saja cuma modal 100rb pertahun sudah bisa menikmati hehe. Lagipula TLD itu penting lho, siapa tahu blogspot atau wordpress iseng menghapus segala isi blog kita. yuk segera hijrah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener, cuman prinsipnya kita jaga2 aja mas. Aku juga beli g sampe 150rb.

      Delete
  11. Tips tambahan yah mbak pipit. Cari tahu apa kelebihan menggunakan domain berbayar dibandingkan gratisan. Sebelum ambil keputusan kan harus tahu dulu manfaatnya apa sehingga harus pindah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih, sudah dijawab juga salah 1nya sama komen diatasanya bung rudhy

      Delete
  12. Alhamdulillah saya baru saja hijrah ke dot com. Makasih tipsnya.

    ReplyDelete
  13. Saya belum lama pindah ke dot com. Kalau aku minta bantuan temen, berhubung gak ngerti banyak soal oprek beginian :D.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah mbak ada temen yg bisa, aku cendiri yg ngoprek2, hiks

      Delete
  14. Cukup yang widaku.com aja deh yang domainnya berbayar yang widazee mah bakalan tetep pake blogspot udah nyaman seperti itu hahah.

    Bay de wey makasih ya udah berbagi tips :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang kenapa wid? Lagi penghematan yah? :p
      Sama sama :)

      Delete
  15. Hmmmm lupa nih gue udah berapa tahun ganti domain. Pertama kali ganti eror gitu selama 2 bulan blog gak bisa dibuka. Sedih. Riset dan nanya-nanya temen soal penyedia jasanya emang penting sih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, biar kita dapet testimoni langsung dari pengalaman mereka ganti ke TDL

      Delete
  16. betul tuh, gue juga mau naiikin blog gue biar gak ada embel2 nya lagi hhe. berguna juga tips nya pit hhe.

    kayaknya kalau masang domain, harus minta bantuan temen juga. dari nanti pusing sendiri nanti haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah masak kamu g bisa di? Kayaknya kalau buat kamu gampang lah masangnya

      Delete
  17. nyimak. doakan ya mbak Pipit biar bisa nyusul pakai dot com.

    ReplyDelete
  18. Tips ganti domain:
    - Usahain domain pake nama sendiri. Biar mudah di hafal aja gitu.
    - Usahain punya blog. Atau kalau nggak bikin. Karena kalau punya domain tapi gak punya blog buat apa?
    - Tips lainnya kalau masih belum ngerti, googling aja. Hehehe

    ReplyDelete
  19. Great to see that someone still understand how to create an awesome blog.
    The blog is genuinely impressive in all aspects.
    I like this blog, good job.
    mgmdomino

    ReplyDelete

If you have no critics you'll likely have no succes ~Malcolm X