4 Tips Biar Bumi Makin Nyaman, Semuanya Mencengangkan Saking Sederhananya!

October 20, 2018



Zahrah  via chat whatsapp, “Btw kak kan aku mau bikin postingan bersama/kontribusi nulis di blog dgn tema ‘cara sederhana menyayangi bumi’. Aku nawarin aja sih, kakak mau ikutan ga? InsyaAllah posting nya tgl 20 entar hehe”

Iya, si anak muda keren satu ini tiba-tiba nawarin kolab nulis tentang menyayangi bumi. Agak-agak bingung sebenernya, mau ngungkapin apa. Soalnya nyadar sendiri kalau belum banyak berkontribusi buat menyayangi bumi. Sampai akhirnya si Zahrah menekankan, bukan perkara besar efeknya, tapi sesuatu yang sederhana. Akhirnya saya memutuskan, berikut hal sederhana yang saya lakukan.


Menyediakan tempat sampah di rumah dan kos. Entah sejak kapan, tapi di rumah itu Mama selalu nyediain tempat sampah hampir di setiap sudut ruang, tiap kamar pasti punya tempat sampah, di ruang tamu, ruang makan, dan dapur. Akhirnya ngefek ke anak-anaknya, saya dan adik kebawa risih juga kalau nggak ada tempat sampah.



Mematikan lampu bila tidak diperlukan. Kebiasaan ini datang gara-gara suka diomelin Mama, iya lagi-lagi karena beliau, “Kak, kalau nggak dipakai lampunya matiin gih, hemat listrik”. Jadi tiap kali keluar rumah (malam hari), biasanya lampu yang nyala cuman lampu di deket pagar, lampu teras, lampu ruang tamu, sama kamar belakang, selebihnya di matikan, sama juga dengan di kos, tiap kali keluar kos, lampu jangan lupa dimatikan, tiap tidur pun saya matikan juga, cukup penerangan dari lampu teras kos.

Bawa botol minum, beberapa tahun terakhir ini, mengingat punya target minum dua liter per hari, suka bawa botol ukuran 1 liter ke kantor, jadi pas haus kemana-mana udah bawa minum sendiri, apalagi pas mampir ke rumah makan, biasanya pesen minum bisa ditangguhkan dan lumayan hemat uang juga, sebuah win win solution untuk anak kos.

Hemat kertas, jadi biasanya pas bikin laporan buat pekerjaan kantor, ada aja revisi dari atasan, nah kalau ada yang salah gitu, kertasnya nggak langsung dibuang soalnya halaman baliknya masih kosong gitu kan. Biasanya masih saya gunakan lagi buat notes kecil, checklist pekerjaan, dsb.



“Aku pake tas yg bisa reusable mengurangi penggunaan tas plastik” - Deasy Rusnita

“Mengurangi pemakaian kendaraan bermotor jika masih terjangkau dengan sepeda atau jalan kaki” - Aldy Rorimpandey

“Mematikan lampu kalau tidak digunakan mbak” - Sigit Wicaksono

“Reboisasi =menanam tanaman di rumah” – Kunti Indira

“Alhamdulillah gua bukan tim minum pake sedotan haha” – Budi Harjo

Kalau kamu?

Percaya atau nggak hal sederhana kayak gini bakal memberikan efek besar kalau kita melakukannya bersama-sama. Jangan ditunda-tunda besok, mulai aja sekarang sambil ngajakin keluarga, temen, atau pacar kamu untuk lebih menyayangi bumi. Karena kebaikan ini nggak hanya buat bumi, tapi buat saya, kamu, kita, dan semuanya.

Jangan lupa juga cek tulisan keren mereka!

Bimo –


Media Sosial Lainnya




Baca Artikel Populer Lainnya

17 komentar

  1. yang paling terasa adalah gue suka gemes sendiri kalo liat udah siang tapi lampu masih nyala di rumah kostan. dan bawa botol air minum juga udah sering dilakukan, karena emang niatnya buat ngehemat uang pengeluaran. ehehe

    yang masih susah dilakukan adalah meminimalisir penggunaan plastik sih. masih ribet uy. tapi boleh juga dicoba dimulai dari sendiri
    *asik

    ReplyDelete
  2. Judulnya triggering sekali xD
    Btw suka banget sama grafisnya dong, another level (emoji api) wkwkwkw.

    Tim minum ga pake sedotan! Nah ini yang pernah kutahu di IG tuh, jadi beliau pakai sedotan dari besi (atau apa yah nama bahannya, pokonya ga sekali pakai). Beliau tuh menerapkan (apa sik lupa namanya T_T), sehari ga ada sampah plastik gitu.

    Aku juga tuh masalah minuman, kalau bisa bawa sendiri. Tapi jarang sih, karena kan banyak tempat makan yang ga bolehin bawa makanan minuman dari luar.

    ReplyDelete
  3. Kurang lebih sama kaya yang ada ditulisan ini ; matiin lampu ( dan barang-barang yang pakai listrik lainnya ) kalau nggak kepakai, bawa botol minum sendiri (ini juga alesan utamanya buat ngirit biar nggak beli minuman es rasa-rasa, sih, sebenernya XD), kalau belanja di minimarket menolak di kasih kantong plastik.

    Yang sedotan-sedotan aluminium (atau besi) itu emang masih booming ya? Temen-temen ku, beberapa juga ada yang pakai. Sempet ngrasa aneh pas awal-awal denger sedotan aluminium . Tapi pas dikasih tau fakta sampah sedotan plastik itu jadi salah satu sumber sampah terbesar di dunia, jadi kepikiran buat mnegurangi pakai sedotan plastik juga.

    ReplyDelete
  4. Paling kerasa banget bawa air sendiri sih. Udah hemat nih misal 1 botol harga 3000 dikali 2 udah 6000. Sebulan bisa hemat 6000 x 30 = 180.000 bisa ditabungg :D

    ReplyDelete
  5. yang paling susah itu kalau aku disuruh bawa botol minuman sendiri karena minumku banyak dan kalo cuaca lagi panas maunya minum air super dingin, udah gitu aku paling ga bisa minum air mineral yang diwadahi botol plastik kaya tupperware karena jadi beda rasanya, huhu sedih padahal pengen banget kaya orang-orang bisa bawa tumblr kemana-mana :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. beli tumblr yang bagus, at least emang gak murah. tapi bisa bikin air jadi dingin dan rasanya gak berubah.

      Delete
  6. setuju banget dengan yang matikan lampu
    sayangnya masih susah ke mana" bawa botol minum sendiri
    emang perlu dibiasain sih ya

    ReplyDelete
  7. menyayangi bumi dengan ga nyampah, apalagi nyampah dihati orang terus nge php-in...ehhh

    ga deng, kalau saya sampah selalu dikantongi sampai ketemu tempat sampah, ga dibuang dijalanan

    ReplyDelete
  8. Hai pipit...
    Aku suka nih dgn tips2 ini. Aku juga ke mana-mana bawa btol minum sendiri. Dan sebisa mungkin aku gak buang sampah sembarangan. Paling ya aku taro di tas dulu. Nanti kalo ktemu tong sampah baru deh dibuanh. Di rumah aku yg paling cerewet soal matiin lampu. Sementara papa sukanya terang benderang. Hadeh.. ��

    ReplyDelete
  9. Tidaaaak membuang sampah sembarangan, bu guruuuu

    Typical banget ya jawaban saya :((

    ReplyDelete
  10. salah satu yang keluarga sha dan tetangga lakuin belakangan ini tuh, membakar sampah kita sendiri. setelah ketauan bahawa tukang sampah keliling buang sampah kita ke sungai.

    ReplyDelete
  11. Selain hemat, sebenernya banyak-banyak minum air putih itu melancarkan pencernaan banget. W sekarang kalo ga minum 2 liter susah pup :((

    ReplyDelete
  12. Gue yang nggak cuman bawa botol sendiri doang. Yeay! \(w)/ Soalnya agak berat dan ribet aja kalo ada tentengan lain. Muehehehe. Kalo di kantor mah kan biasanya minum langsung sruput dari galonnya (lho?).

    ReplyDelete
  13. Setuju banget dehhh sama gerakan diatas. Karena dari kecil udah diajarin akhirnya sampai udah gede gini masih suka kebawa. Kalo lampu udah gak kepake tapi masih suka nyala aku juga gak suka tuh, risih rasanya. Listrik yang enggak dipakai tapi masih nyala, juga suka ku matiin dan rasanya risih :)

    ReplyDelete
  14. hihi udah kuterapin semuanya

    yang baru mau kuterapin ini pemakaian sedotan stainless.
    ya aku jarang pesan minuman sih kalo lagi makan di kedai/warung, tapi kan kadang kalo lupa atau cuma pesan minum doang yaaa kan pake sedotan.
    mau beli nih, hehe

    ReplyDelete
  15. Setuju banget, soal kertas.
    Aku adalah ratu kertas bekas di kantor wkwkwkw

    Dan paling bete sama printer yang berserakan kertasnya sampe aku bikin notes
    "KALAU SALAH PRINT, TANGGUNG JAWAB JANGAN DIBIARIN"

    ReplyDelete

If you have no critics you'll likely have no succes ~Malcolm X