Pengalaman Jadi Cewek, Karena Cantik itu Ada Waktunya

8:13:00 PM



Kalau melihat meme “Mantan dan Memaafkan” khususnya meme yang dibuat spesies ciwi-ciwi, saya merasa paham sekarang. Yang saya pahami, pertama, kecantikan di foto bisa diedit dengan aplikasi yang ada di semarpon kalian, yang kedua cewek bakal cantik pada waktunya. Setelah itu saya melihat diri saya sendiri di kaca, dan saya mengambil kesimpulan kalau sekarang saya lebih cantik daripada yang dulu kala, hahahahaha #PDOD.

Baiklah, cukup membanggakan diri sendiri dan kalian harus terima itu *maksa*. Namun saya merasakan bagaimana fase-fase perubahan pada diri seorang perempuan pada diri saya.  Dimulai dari jaman SMP, ketika saya memasuki masa puver, disaat itu saya tahu kalau saya minder soalnya bentuk tubuh nggak proposional (baca : gendut), akhirnya saya diet ala-ala anak SMP. Lalu pas SMA, saya belajar pesyen abal-abal ala anak gaul SMA tingkat kampung, seenggaknya pas diajak main nggak ndeso-ndeso amat penampilan saya, bahkan saya memutuskan memotong rambut panjang saya menjadi rambut pendek ala potongan cowok Korea Jepan gitu. Sayangnya pas masuk kuliah, saya mengalami kemunduran, karena saya jadi anak asrama.

Peraturan lembaga yang tidak memperbolehkan peserta didiknya memakai baju bebas membuat saya malas membeli baju, ditambah lagi larangan memakai make up, muka saya paling banter cuman pake pelembab, sunblock, dan lip balm. Saya pun tak merasa harus belajar mem-vermak diri, soalnya potongan rambut yang cowok abis dan bentuk tubuh yang agak kekar ditambah lagi banyaknya orang yang selalu salah kira kalau saya cowok membuat saya enggan menata diri sebagai cewek. Namun seiring waktu ketika saya kuliah semester 5 dan memutuskan berjilbab saya mulai tertarik untuk mempercantik diri.

Belajar make up dari temen SMA saya yang kuliahnya macak dan nyambi jadi MUA, akhirnya saya membeli peralatan make up yang lumayan komplit padahal belum mahir betul memolesnya di muka. Mulai dari foundation, concealar, eyeliner, blush on, lipstik dan kuas-kuas pendukungnya, kalau dipikir-pikir make aja jarang, tapi seneng aja gitu beli-belinya.  Sayangnya semua aset kecantikan ini musnah karena kena sidak pengasuh, sedih banget! Walaupun sedih melanda tapi saya membeli lagi karena butuh untuk acara prom night, wisuda, dan pelantikan pas mau lulusan kemarin. Dan nggak disangka yang namanya cewek walaupun nggak jago-jago amat moles wajah tetep aja bisa ngelakuinnya.

ceritanya abis nyinden di kampung sebelah

Buat make up prom night dan wisuda, saya cari refrensi di youtube lewat video tutorial, terus tanya-tanya adek saya, gimana make up saya? Bagus? Atau malah kayak lenong? Soalnya masih kurang PD sist, maklum bukan cewek tulen yang dandan saban hari.  Terus saya belajar pake softlens, asli ini susah banget! Berkali-kali masukin ke mata tuh susah, yang jatoh lah, yang kelilipan lah, ada aja pokoknya. Tapi saya nggak bakal nyerah, bakal usaha terus biar hari spesial pas lulusan bisa tampil cantik. Dan alhamdulillah, hasilnya saya suka, walaupun ala-ala banget. Setelah saya bekerja dan mulai punya duit sendiri, sejak Januari kemarin saya mulai beli nail polish alias kutek, lalu beberapa bulan kemudian saya beli lipstik juga. Pokoknya tiap bulan tuh saya harus bisa beli kutek dan lipstik, ngeracun banget deh pokoknya.

Kenapa saya beli kutek? Saya lagi keracunan pake kutek tiap lagi mens. Suka aja coba-coba bikin nail art ala-ala gitu, walaupun hasilnya nggak seberapa vroh, cuman seru aja gitu nyenengin dan muasin hati sama hasil karya sendiri. Kalau lipstik, saya merasa saya butuh banget sama barang yang 1 ini, hanya dengan benda ajaib bernama lipstik, muka tuh bisa beda, bisa fresh dalam sekali poles. Saya sendiri bukan cewek yang ketergantungan dan harus pakai bedak, eyeliner, dan maskara setiap hari dan setiap saat, paling-paling pas kondangan doang atau acara penting. Jadi buat saya lipstik tuh senjata ampuh ketika saya dalam keadaan kucel dan muka berasa nggak fresh.




Dari pengalaman saya dan make up, saya jadi tahu kalau cewek tuh bakal cantik pada waktunya. Semua cewek tuh nggak ada yang jelek, semua manusia ciptaan Tuhan tuh karya cipta indah yang nggak bisa ditandingin oleh apapun. Kenapa dulu saya kucel nggak kerawat, ya emang sayanya cuman tahu main sama temen-temen di sungai, sepedahan siang bolong ampe item, pokoknya gimana anak-anak kecil deh. Pas ABG juga gitu, mau cantik tuh mahal, uang jajan pas-pasan, paling banter beli pelembab, bedak, sama lip balm. Pas kuliah dan udah jilbaban, udah bisa nyari duit tambahan, ada deh modal buat beli polesan, apalagi pas kerja gini, bisa ngasilin duit sendiri, jadilah nyisihin duit buat beli polesan sama perawatan, makanya jadi kerawat, iya nggak? Intinya semua itu ada waktunya, jadi buat kalian-kalian (nggak cuman cewek, cowok juga), nggak usah minder atau malu karena penampilan, kalian tercipta dengan kelebihan masing-masing, tingkatkan prestasi dan poles hati kalian sebaik mungkin. Memang penampilan itu yang pertama kali dilihat namun bukan yang utama. Yuk sama-sama belajar memperbaiki diri menjadi pribadi yang baik dan berprestasi untuk diri ini, keluarga, dan lingkungan kita. Selamat berkarya yah.. 

Baca Artikel Populer Lainnya

23 komentar

  1. Make up memang penting, tapi bagi saya lebih penting skin care. Hihihihi... *pembenaran karena umur segini masih gak bisa dandan*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Balance sih mbak, perawatan penting banget, tapi perlu juga belajar dandan biar lebih ketje :D

      Delete
  2. Nah, itulah kenapa gue sering bilang cantik itu relatif.Tergantung orang, suasana, dan waktu juga. Begitupun cowok.

    Karena kita diciptakan dalam sebaik-baik bentuk~

    Tapi yang jelas cowok tidak memakai aksesoris yang serba ribet kayak cewek hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yups aku stuju. Akupun sebagai cewek penganut paham simple garis jajar genjang ngerasa secukupnya aja dalam berpenampilan, g yang harus hueboh g karuan, yg penting pantes dan sesuai terus nyaman buat diri sendiri

      Delete
  3. Setuju muhammad kalau cantik itu relatif. Yang namanya selera cowok tentang cewek idaman aja bisa berubah-berubah. Jadi, semua cewek kudu pede aja. Pandangan orang relatif kok

    ReplyDelete
  4. itu di kaca kok ada banyak orang, sereeem *salah fokus

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tenang mas yud, ini bukan acara masih dunia lain

      Delete
  5. Bener deh, cewek bakalan cantik pada waktunya. Dengan cara ada kemauan untuk memperbaiki penampilan.

    ReplyDelete
  6. sangat betul, cantik cewek itu ada waktunya. biasanya waktu SMA atau KULIAh penampilan cewek yang dulu biasa, masuk SMA dan KULIAh, jadi cantik, banyak yang kayak gitu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul banget, soalnya udah tau cara merawat diri

      Delete
  7. iya temen-temen aku juga waktu masih sekolah kucel, pas udah kerja pada bening dan kece-kece, *terus ngaca, kenapa aku gak berubah sampai saat ini :(
    Aku kenal make up tuh pas ikutan cosplay, jadi cantik pas lagi cosplay doang kalo gak ya ala kadarnya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yg penting kamu udah ketemu sama jiwa kewanitaanmu wi, mau gimana pun caranya

      Delete
  8. kalo pake aplikasi foto, dijamin mulus dah wajah kita :)

    ReplyDelete
  9. Pit, kok gue jadi kurang suka ya. Lo pake Make Up gitu. Iya, keknya bukan lo yang gue kenal.. "Aceile.... :D'

    Ternyata di postingan ini lo buktiin kalo lo itu cewek ya pit. Akhirnya.. gue gak ragu lagi. :D

    Btw, soal foto maafkan mantan itu, gue juga ngerasa gitu sih. Semua orang akan Tampan dan Cantik pada waktunya.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha.. Suka muka aku yg alami kecantikannya yah?
      Buseeet.. Ada tonjolan nih, cewek nih cewek.

      Delete
  10. Hah jadi pengen cari duit sendiri. Ini waktunya kulitku lagi rewel banget, jerawat di sana dan di sini huhuhu.
    Tapi selain modal buat beli barang barang kecantikan.. Kesabaran sama konsistensi sih yang paling berdampak buat kesehatan kulit, ya gak?

    Btw hebat ih berani cobain contact lenses. Aku ga berani :"

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yg namanya mau cantik emang harus punya modal fir. Aku juga baru bisa rajin perawatan pas udah kerja gini.

      Delete
  11. Wah aku malah baru sadar make-up pas lulus kuliah, keribetan gak bisa make-up wisuda haha. Tapi setelah mulai keracunan make-up, jd tambah bersyukur jd perempuan hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Disyukuri aja :), setiap ciptaan Tuhan tuh indah

      Delete
  12. Sampai saat ini saya pun masih berusaha buat bisa dandan. tapi paling banter cuma pake lipstick sama bedak aja hahaha

    ReplyDelete
  13. Dulu... saya pernah punya peralatan make up lengkap. Dan selalu berdandan lengkap. Soalnya dulu pernah ikutan mlm kosmetik yg itu tuh...yg pake hurup O. Tp sekarang makin kesini makin males dandan. Paling cm skincare doang. Paling mentok ya bedak sm lipstik aja. Faktor U kali yee hehe..

    ReplyDelete

If you have no critics you'll likely have no succes ~Malcolm X

Parf Of


Blogger Perempuan Blogger Kekinian Warung Blogger Photobucket