A Day With Miso Soup

April 12, 2021

 



Kalau makan di restoran Jepang atau Korea keknya ada yang kurang kalau nggak pesen menu supnya. Apalagi dari jaman bocil hiburannya komik Jepang dan nonton drakor, ngedengerin mereka neguk sup tuh, beuh.. ah mantap!

Aku pas bosen gitu dan pingin nyari hiburan, akhirnya buka-buka channel youtube yang isinya masakan Korea apa Jepang. Sampai akhirnya ketemu channel Dapur Ko-Ci.

Jadi yang punya channel ini tuh orang Jepang dan istrinya orang Indonesia. Mereka suka bikin masakan Jepang rumahan dan ngebagiin resepnya. Karena channel ini juga akhirnya aku memberanikan diri buat beli bahan-bahan sup miso.

Kenapa sup miso? Soalnya dari semua masakan Jepang yang aku tahu, sup miso ini yang paling pertama aku inginkan setelah baca komik Doraemon jaman aku SD dulu. Selain itu bahannya juga simple. Kalau dari resepnya Dapur Ko-Ci, aku hanya perlu menyiapkan 3 bahan utama yaitu wakame (rumput laut kering), pasta miso, dan bubuk dashi. Dan bisa dipastikan masaknya pun mudah.

Percobaan pertama sukses gaes! Aku takjub dong, rasa sup misonya mirip sama yang biasanya aku pesen. Oishi!!

Hal yang mind blowing setelah aku memasak adalah.. masak sup miso sendiri murah dan gampang dong! Hu hu hu.. tahu gitu dari dulu kan aku nyobainnya.

Bayangin dong, kalau beli di restoran Jepang, semangkuk sup miso itu harganya kisaran 15-20rb. Sedangkan kalau beli bahan utamanya, harganya 46rb (udah dapet wakame, pasta miso, bubuk dashi), dan ini bisa buat 4 kali masak. Sekalinya masak bisa buat 2-3 porsi. OMG!

Btw, kalau sup miso ala Pipit isiannya tergantung kerajinannya, hohoho. Kalau level males, biasanya cuman isian wakame sama tahu. Kalau rajin bisa ditambahin bawang bombay dan daun bawang.

Aku juga pernah bereksperimen. Pernah nyobain masukin toge ke dalam sup miso, pas dirasain kenapa kek soto gini woy!

Selain sup miso, aku suka sekali sama Korean stew gitu. Yang paling sering aku pesen adalah sundubu jiggae. Sayangnya itu nggak dijual di Kediri. Kalau aku pingin kudu ke Malang apa Surabaya dulu, beuh jauh!

Maka dari itu berbekal youtube, dapatlah resep-resep per-jiggae-an ini, dan yang paling sering aku buat itu kimchi jiggae. Aku kombinasiin resepnya Willgoz dan Seongkyoung Longest. Hasil akhirnya? Not bad lah, walaupun bumbunya nggak semedok kalau makan di restoran Korea, tapi feel nya itu loh.. ah mantap!

Si Hyung juga pernah nyobain sup misoku dan dia bilang, COCOK! Bisa dijadiin menu buat nanti waktu kita gathering buffalo!

Ntar buat sahur pertama, mau bikin kimchi jiggae lagi, hohoho..


Gambar: Photo by Ponyo Sakana from Pexels

Baca Artikel Populer Lainnya

15 komentar

  1. Berarti sudah pas jadi istri yang baik.. bisa ngirit, bisa masak. Sipp deh...

    Kalau bisa mijit, ngepel, nyapu, nyuci, jemur, setrika, betulin genteng, ngasuh anak, nyetir, belanja...

    wisss.. makin sempurna..(tapi nape jadi kayak pembantu yah bukan kayak istri)

    #bentar mikir ulang lagi deh..:-D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hey anda!
      Saya tahu niat anda merecoki postingan ini. Dengan kekuatan datang bulan, bikin komen yang lebih ngeselin lagi napa!

      Delete
    2. Masalahnya gue ga bisa pake kekuatan datang bulan...:-D :-D

      Delete
  2. sup sup model model seperti ane suka...
    sup jagung apa lagi

    ReplyDelete
  3. Baru sadar, iya bener juga tuh di film kartun Jepang pas masih bocil dulu sering ada adegan makan sup. Tapi aku belum pernah coba sih sampai sekarang. Mungkin nanti kalo kak pipit bikin lagi, aku boleh mencobanya? Haha

    ReplyDelete
  4. Kak, jadi ngiler dong dan kepo pengin coba bikin juga wkwkwk. Rasa kuahnya kayak soup Miso di Hokben nggak sih? *eh sebut merk*. Habis gimana, aku paling sering makan soup Miso di sana jadi paling ingat rasanya ya soup Miso di Hokben 🀣

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayanya hokben nggak pake miso deh Li.. iya nggak sih?? Setau aku dia ini cuma sup beningan kaldu wakame doang.😁 tapi menurutku loh ya. Soalnya sup miso di hokben tuh bening2 gtu.

      Delete
    2. Kadang aku dapet yang agak coklat gitu kuahnya 🀣 mungkin kadang misonya dikit, kadang banyak? 🀣
      Kalau dibanding sama foto di atas, nggak sepekat itu juga sih wkwk

      Delete
    3. Brrti hokben tempatku yg curang.. wkwkwk 🀣🀣

      Delete
  5. Duh jadi pengin Miso Soup, ini sup bisa dibikin simple, bisa rada mewah juga yaa pake dedagingan πŸ˜† simple cuma pake rumput laut sama tahu pun udah enak, pake daging lebih enak lagi πŸ˜‹

    ReplyDelete
  6. Dari zaman kapan mau beli miso nggak pernah jadi. Di tempatku susah nyari ini nih Mba Pipit. Yah ada yg jual tapi selalu nggk kebagian. Rumput laut juga.. kalau diganti pake tae ko noi cemilan rumput laut di Indomaret itu. Bisa kali ya?? πŸ™Š.hahha.

    ReplyDelete
  7. selama ini sih gue cuma jadi penikmat doang untuk urasan makanan jejepangan gitu

    mulai dari acara tv, buku yang gue baca, dan masakan adek gue
    kontribusi yang gue lakukan, paling cuman nge push adek doang buat bikin makanan nya

    he he

    ReplyDelete
  8. Puasa menjelang buka gini membaca sup miso, kok, tenggorokanku meronta-ronta yak wkakaka :D

    ReplyDelete
  9. wadidaw ini makanan pas paragraf ngisor asa krunguku modern semua #kupingku rodo rodo deh jadinya xixixiix jiggaean hahahhahah...aku kebayang sukiyaki nek dedagingan...tapi ini modelan koreya

    eh 3 itemnya sup miso aja aku agi iki krungu wkkwkwkwkwk

    bener bener jarang banget liat resep channel fusion dish ya gini si mbul hihi

    btw jadi kepengen tau miso dikasih tauge :D

    ReplyDelete
  10. Miso itu makanan dengan rasa seperti apa yaa. Baru tau kali ini dari blognya Mbak Pipit. Aku belum pernah coba.
    Ngomongin Miso, aku tau nya Miniso πŸ˜‚

    ReplyDelete

If you have no critics you'll likely have no succes ~Malcolm X