LIRE

December 08, 2020

 


Kadang suka buntu, “Mau nulis apa ya hari ini? Kenapa temanya kayak gini sih?”, dan banyak sambatan lainnya. Efek sambatan ini kerasa banget pas ngelakuin 30 days writing challenge. Apalagi pas akhir tahun gini, kerjaan lagi segambreng, ikutan challenge gini juga, rasanya? Ah mantab!

Tiap kali kebuntuan melanda, aku milih buat tidur, mandi, apa makan dulu. Pokoknya yang bikin otak refresh, jadi sumbatan di kepala kebuka gitu. Macam di gigi keselip daging ayam, terus kalian pake tusuk gigi buat ngambil seupil daging ayam tadi. Biasanya ngefek banget nih, khususnya tidur ya. Jadi bisa mikir mau mencetuskan ide seperti apa buat challenge hari ini.

Dulu aku sempet kepikiran, kalau mau bikin tulisan yang spektakuler kudu topik yang wah dan tulisannya panjang. Ternyata nggak gitu ya bund? Kembali ngeblog di pertengahan tahun ini, aku merasakan angin segar dari teman-teman blogger.

Diingatkan kembali bahwa cerita tentang keseharian pun menyenangkan kok, dan bisa dijadikan konten. Dari situ juga jadi berkaca, dari pada ngeliat sesuatu yang besar dan nggak menjangkau untuk melakukan perubahannya, kenapa nggak dimulai dari hal-hal kecil dan dicicil sedikit demi sedikit untuk mencapai perubahan itu.

Makanya pas ikutan challenge ini aku mencoba mengulik kegiatan sehari-hari, yang biasanya aku dan (mungkin) kalian lakukan juga. Walaupun aku nggak bisa self-proclaimed kalau tulisanku ini “ngena”, tapi setidaknya memaknai bahwa rutinitas sehari-hari nggak cuman hal yang berulang kali kita lakukan, di sana ada ide, kreativitas, dan inovasi kalau mau digali.

Gambar dari Photo by cottonbro from Pexels

Baca Artikel Populer Lainnya

7 komentar

  1. Yup, keseharian juga bisa dijadikan bahan buat nulis dan bisa sangat menarik untuk dibahas. tapi kalo buatku, agak sedikit effort lebih kalo mau nulis dari keseharian yg monoton, mikir dulu yg lama mau nulis apa, soal apa.
    beda kalo emang misalnya kemarin baru jalan dari mana atau abis ngobrol sama siapa, pasti dapet tuh input baru dari luar, lebih mudah untuk dituliskan :D

    Tapi salut banget sama Pipit yang nulis tiap hari, kereenn!

    ReplyDelete
  2. Meski bingung mau tulis apa, endingnya tetap jadi satu tulisan ya, mba 😍 Keren hehehe.

    Dan setuju sama statement mba Pipit di atas, kita nggak selalu harus lihat sesuatu dari yang 'grand' karena kadang yang simple seperti cerita keseharian pun bisa cukup menyenangkan 😍

    ReplyDelete
  3. Wah... bisa berusaha mencoba mengusahakan (sungguh kalimat yang tidak efektif :)) ) saja sudah jauhhh di atas mereka (saya maksudnya) yang mageran kok, mba... wkwkwk

    Eniwei, tema2 dalam 30 days chalengge-nya bagus dan mendalam, mba... jadi pengen nyontek *eh

    ReplyDelete
  4. Aku dulu juga berpikir begitu Pit ahaha.. Mau ngeblog aja sampai mikiiiirr lama mau nulis apa, padahal kalau dibiarin ngalir aja bisa lebih santai.

    Kayak kamu aja dari kebingungan bisa jadi satu tulisan sendiri gini, keren siih :D Kalau menurutku tulisan-tulisan kamu di 30 Days Challenge ini simple tapi mengena lho Pit. Mungkin karena diambilnya dari kegiatan atau yang dirasain sehari-hari jadi bisa cukup relate :)

    ReplyDelete
  5. Keseharian monoton pun bisa jadi menarik selama orang itu bisa mengisahkannya dengan asyik. Ditambah lagi kan sudut pandsng tiap orang pasti berbeda. Gimana dia memandang dunia lewat kacamatanya. Pembaca yang mungkin awalnya menganggap remeh pun bisa jadi ikutan merenung atau berpikir sekelarnya membaca.

    ReplyDelete
  6. Bener mba, tinggal cara kita mengolah cerita keseharian itu jd lebih bagus :D. Aku sendiri agak susah, Krn blm biasa nulis begitu :D. Mungkin itu yg bikin aku LBH milih blog berniche drpd yg bebas. Masih harus banyk latihan utk nulisin cerita2 dengan tema lifestyle :D. Krn kalo ga menarik penulisannya, yg ada bosenin.

    ReplyDelete
  7. Akupun dulu berfikir seperti itu, kalau menulis harus berbobot tapi setelah melihat teman-teman lain dan sering dikasih wejangan juga bahwa menulis nggak harus berbobot, jadilah blog aku sekarang isinya demikian~ huahahaha
    Aku malah suka membaca yang ringan-ringan seperti ini, Kak 😁

    ReplyDelete

If you have no critics you'll likely have no succes ~Malcolm X