Hunting Foto #1

August 13, 2020

 

Sebelum pandemi merebak, aku berkesempatan untuk hunting foto ala-ala di sekitaran Jalan Dhoho, Kediri. Berbekal spik spik ke temen yang sebenernya dia malu-malu tapi mau, akhirnya dia luluh juga buat jadi modelku.

Sebenernya ini pengalaman pertamaku buat foto-foto di jalan. Eh bentar, di jalan? Lak yo ketabrak bos!

Hehehe..



Ini udah bisa disebut street photography belum sih? Soalnya aku suka serampangan kalau mengartikan sesuatu. Karena fotonya di jalanan aku anggep street photography deh, bener kan? Iyain aja ya kalau berurusan sama amatiran yang sok-sok kayak aku.

Seperti yang aku sebutkan di awal, karena ini pengalaman pertama, aku lumayan mengalami kesulitan. Dari sisi gear, kameraku ini kamera mirrorless buat pemula yaitu Fuji Film X-A3 dengan lensa fix (fix manual, kudu ngeker dewe) yaitu Meike 35mm 1.7f.

Emang ini nggak cocok buat nyetrit sih, yah tapi punyanya ini. Kesulitan foto nyetrit dengan lensa manual, nggak iso sak karepe dewe, kudu ngati-ngati. Si obyek geser dikit kudu ngeker ulang, terus tiap momen nggak bisa dapet, yo mergo manual kuwi. Syukur-syukur dapet yang clean, kebanyakan ngeblur, wkakaka..

Itu tadi dari sisi gear, sekarang SDM nya. Dikata lagi proyek perubahan, pake istilah SDM.



Aku suka foto-foto, tapi sayangnya kemampuanku mengarahkan model nggak ada. Temanku ini bukan orang yang sering berhadapan dengan kamera, jadi kadang suka bingung mau pose kayak gimana. Aku pun ikutan bingung, akhirnya kita berdua bingung, jadilah motoin tukang parkir yang nggak ikutan bingung, lah..

Oh ya, aku mau cerita sedikit. Jalan Dhoho itu ibarat Malioboronya Kediri, isinya pertokoan dan ada beberapa sudut jalan yang isinya jualan oleh-oleh tahu kuning khas Kediri. Kalau malam, di sepanjang teras toko yang sudah tutup bakal banyak penjual nasi pecel tumpang khas Kediri. Kalian harus coba kalau main ke sini. Apalagi kuliner pecel tumpangnya, jyos!


Sesi hunting berakhir karena cuaca mulai berubah, berubah mendung kelabu layaknya hati orang-orang merindu. Nganu Pit, kita lagi bahas hunting foto bukan rintihan hati para penikmat senja. Mengakhiri sesi hunting, kami mampir di salah satu kafe kecil dekat Klenteng Tjoe Hwie Kiong. Hah.. walaupun hasil fotonya tak seindah karya Picasso, tapi setidaknya aku senang dan ingin lanjut hunting foto di tempat lain.

Baca Artikel Populer Lainnya

17 komentar

  1. Waah aku mau dong mba jadi modelnya haha, tapi kejauhan kalau harus ke KediriπŸ˜‚. Sejujurnya akupun bukan orang yg paham ilmu fotografi, tapi setidaknya bisa menilai sedep atau nggak foto itu dipandang, dan foto2 mba Pipit sedep2 aja diliatnya, bening😍

    ReplyDelete
  2. aku belum pernah ke kediri, tapi lihat foto mba pipit jadi pengen kesana, kayak banyak bangunan kuno gitu gasii??
    oiya fotonya bagus, tapi aku paling suka yang terakhir.

    ReplyDelete
  3. Cakep! Hasil fotonya cakep-cakep kak 😍
    Aku suka! Ini mah skill fotonya udah termasuk tinggi menurutku 😁
    Btw, aku juga paling suka sama foto yang terakhir 😁

    ReplyDelete
  4. keren, bukan pemula ini sih.. 😍 ahh jadi pen punya mirrorless juga. apalah aku yang cuma motret pake hape huhu

    ReplyDelete
  5. Hasilnya bagussss kok! 😍 hasil foto terakhirnya kesukaan aku, mood-nya dapet. Aku sebenarnya juga nggak paham fotografi, kadang foto objek masih suka miring-miring, tapi buat koleksi pribadi aja gapapa lah ya πŸ™ˆ

    Kapan-kapan bikin series photoshoot kayak gini lagi ya :D

    ReplyDelete
  6. Kalau kamu ajak aku jadi modelnya nggak perlu sepik-sepik, Pit. Udah langsung menawarkan diri gitu. Hahaha.

    Btw, ku belum pernah lho street photography gini. Nanti aku kalau main ke Kediri lagi tolong diajakin foto-foto kek gini ya. ��

    Eh, lensanya sama Meike 35mm juga cuma kameraku Sony. Ini lagi maju mundur mau beli yang 50mm. Kira-kira worth it ga ya, Pit?

    ReplyDelete
  7. Hasil photonya keren dan jos tenan
    Pakai kamera canggih seh
    Kalau saya masih mengandalkan kamera ponsel
    Sehingga ya wajar, jika hasilnya kurang begitu memuaskan
    Yang penting hoby tersalurkan.

    ReplyDelete
  8. Mba Pipit hasil fotonya bagus-bagussss 😍 fave saya yang paling akhir sama seperti Lia dan mba Jane πŸ˜† entah kenapa mood-nya dapat hihihi. Dan saya pernah baca lupa di mana, yang terpenting bukan gear-nya tapi orang di balik kameranya. Jadi saya percaya hasil jepretan di atas bagus karena skill mba Pipit yang oke punya πŸ˜πŸ’•

    Ditunggu hasil hunting berikutnya, mba 😍

    ReplyDelete
  9. hasil fotonya bagus-bagus, apalagi yang terakhir paling bagus.
    foto model seperti ini biasanya masuk ke portrait bukan street. Tapi gak tau salah atau bener sih heheh

    ReplyDelete
  10. Mengingatkan saya atas masa-masa single yang bebas nih.
    Dulu saya sering banget ikut pacarnya teman yang suka hunting foto.

    Saya dan teman saya itu yang jadi modelnya, meski banyakan kesalnya, karena kaminya cuman jadi model dikit aja, si pacarnya lebih suka motret tanpa model πŸ˜‚

    Btw hasil fotonya kece-kece.
    Sukaaa semuanya 😍

    ReplyDelete
  11. pas di Kediri kemarin, masih belom begitu suka fotografi uy
    dan baru tau juga, ada spot poto bagus kayak gini di kediri

    sebenernya enggak ngaruh kok, pake lensa manual atau pun lensa bawaan. asalkan sering'' latihan dan banyakin refrensi, bakalan bagus kok.
    temen gue juga pake kamera lama, dan lensa manual hasilnya bagus-bagus.
    semangat hunting.

    gue masih belom bisa hunting'' lagi uy

    ReplyDelete
  12. Wah aku kok ngga kepikiran ya buat photo-photo di jalan Dhoho pas pulang ke Kediri. Biasanya ke luar stasiun langsung dijemput sodara, mampir cari Tahu langsung ke rumah sodara-sodara.
    Kece juga photo di sekitaran Dhoho..

    ReplyDelete
  13. its a great photo after all , good jb :))

    ReplyDelete
  14. Menurutku pose yang alami itu sudah bagus kok kak, jadi kesannya natural gitu.

    Ternyata kak Pipit hobi fotografi ya, jadinya kenal jenis jenis lensa kamera mirrorless, kalo aku foto paling pakai hape saja. Pantesan hasil fotonya bagus.

    ReplyDelete
  15. Keren banget hasil foto-fotonya!!! Terkadang ambil gambar candid juga bisa mba.. juga keren.. tergantung pada cara photographernya sih.. macam seorang temen gw ini.. suka ambil gambar candid. Tapi hasilnya bagus.

    ReplyDelete
  16. Pit..kalo ke Bogor nyetrit bareng yah...πŸ˜‹πŸ˜‹πŸ˜‹

    #nyaritemennyetrit

    ReplyDelete
  17. Keren loh itu hasil fotonya, mbak

    Dan Fuji Film X-A3 itu asik nggak sih mbak buat orang yang awam soal kamera yg kebiasaan moto2 pake android doang. Sekalian minta rekomendasi nih hehehe

    ReplyDelete

If you have no critics you'll likely have no succes ~Malcolm X