Sate Pak Daman, Bungkusnya Pakai Daun Jati

August 17, 2020


Apa makanan kesukaan kalian? Aku hampir semua, emang rakus aku tuh. Makanya kalau disuruh milih, kayaknya sulit, tapi aku tahu dan pasti nggak nolak dengan yang namanya sate ayam. This is one of the best foods ever! 

Kalian pernah perhatikan nggak di sate gitu? Tiap daerah punya ciri khasnya sendiri, khususnya pada bumbu kacang yang enyoy itu lho!



Salah satu sate ayam khas daerah favoritku adalah sate ayam Blora. Blora merupakan salah satu kabupaten di Jawa Tengah yang merupakan penghasil minyak. Jadi kalau kalian main ke sana jangan heran kalau hawane puanas puol!

Beberapa waktu lalu, saat pergi ke rumah nenek di Blora, kami sekeluarga mampir di salah satu warung sate legendaris yang bernama Sate Pak Daman. Ini pertama kalinya aku mampir ke Sate Pak Daman karena sebelumnya dibungkusin dan juga Bapak ngajak makan sate di sekitaran stasiun atau yang deket alun-alun Blora.

Apa yang istimewa dari Sate Blora Pak Daman?



Yang pertama, bumbu kacangnya. Bumbu kacang sate khas Blora itu beda. Bumbunya itu berwarna coklat dan oily, teksturnya sendiri lebih halus ketimbang bumbu kacang sate Madura dan juga ringan di lidah.

Yang kedua, penyajian Sate Pak Daman ini pake daun jati. Paling suka deh sama sesuatu yang kayak gini. Sayangnya waktu aku datang, stok daun jatinya habis, nggak ke foto deh. Untung sebelumnya udah pernah makan Sate Pak Daman yang dibungkus daun jati, seenggaknya kecewaku nggak banyak.

Berapa harganya?

Lupa akunya, hehe..

Rate?

4/5

Lokasinya di mana?

Sate Pak Daman Blora
Jl. G. Sumbing, Tempelan
Kecamatan Blora, Kabupaten Blora
Jawa Tengah

 

Baca Artikel Populer Lainnya

19 komentar

  1. Sungguh cobaan dari kemarin baca postingan tentang food review atau yg ada makanannya, karena semuanya jauuh jauuuuuhhh bagaimana ini😭 Pengen coba sate pak Daman jg tapi pasti gabisa dipaketin:).

    Kalau makanan kesukaan aku secara khusus gak ada sih mbak, karena semua sukaa wkwk *ada temen rakusnya nihπŸ˜†. Tapi kalau ditanya makanan yg gak disuka kayaknya lumayan ada beberapa, kayak sayur lodeh, sayur tahu+toge, dan sayur2 tumis lainnya.

    ReplyDelete
  2. Salah satu yang ku suka di tiap postingan pipit adalah hasil jepretan yang manteb. Apalagi buat makanan fav ku, sate. Sepertinya kalo aku berkunjung ke blora nanti wajib kesini.

    ReplyDelete
  3. Sayaaa *cung jari* hehehe. Saya suka banget sama sate, tapi selama ini cuma pernah coba sate Madura, sate Padang dan sate Maranggi (lupa-lupa ingat tulisannya) πŸ˜‚

    Terus habis baca post mba Pipit soal sate Blora, saya jadi penasaran mau cobak 😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ikutan nimbrung di sini karena aku senasib dengan kak Eno >.<
      Baru mencoba ketiga sate di atas plus sate lilit Bali.

      Setelah lihat foto sate dari kak Pipit, aku pun jadi ngiler. Penampakannya beda banget dari sate-sate lainnya yang biasanya bumbu kacangnya agak cair dan luber-luber ya hihihi.

      Delete
  4. Mba jadi ngiler bacanya, saya juga suka sate, sate sapi atau ayam sama aja, hehe.

    Suka sama foto-fotonya mbaa 😱 apalagi foto sate dan bapaknya yang lagi ngipasin.

    Saya suka iri sama orang-orang yang ambil foto makanannya keren, soalnya saya selalu coba tapi ngga ada yang bagus 😒😒

    ReplyDelete
  5. Gambarnya mengguggah selera. Saya jarang banget makan sate sih mbak karena emang nggak terlalu suka ayam juga karena faktor kalau makan ayam kebanyakan nanti gatal. Tapi membayangkan makan sate dengan bumbu pedas, itulah selera saya. Saya suka yang pedas-pedas. Dan lagi makan yang dibungkus daun jati emang jadi lebih nikmat, contohnya nasi pecel. Saya lebih suka nasi pecel yang dibungkus daun jati. Wenak😁

    ReplyDelete
  6. Seketika warung sate pak daman di blora langsung jadi tagline di benak hahaha. Blora juga terkenal dengan satenya yang enak-enak, dari bumbu kacangnya dan juga rasanya yang khas. Fix nanti kalau balik kampung lagi aku cari ah warung sate pak daman nya

    ReplyDelete
  7. Akuuuuu, aku suka sate. Mo sate daging sapi atau ayam, aku mau semuanya. Kecuali sate kelinci ya, aku gak tega makannya :(
    Dari penampakan sate Blora kok mirip-mirip sate Madura ya? Berminyak begitu. Kira-kira pakai topping irisan bawang merah gak sih? Itulah alasanku suka paling suka sate Madura, ya karena toppingnya yang gak pelit ituu :D

    ReplyDelete
  8. Yang paling kusuka Sate Padang, mbak. Menurut aku itu sate yang paling enak. Gurih, pedas, hangat, lembut tekstur ketupat dan dagingnya. Enaknyaaaa
    Haduh, malam2 jadi nelan ludah deh wkwkwk

    ReplyDelete
  9. Duuuuh mbaaa, malam2 liat ini jd pengen sate Blora :D. Sbnrnya di JKT ada yg jual sate Blora, tp selama aku blm coba di tempat aslinya, aku blm bisa bilang apa bakal suka dengan sate ini ato ga. Krn kdg2 kan makanan daerah tertentu yg dijual di kota lain, suka dimodifikasi dulu supaya bisa sesuai Ama lidah orang kebanyakan. Makanya ga terlalu otentik.

    Itu yg bikin aku ttp kepengin coba di tempat asalnya juga sblm mutusin utk suka ato ga :D.

    Tp yg namanya sate, mostly sih susah yaa utk ga suka :D. Apalagi kalo rasanya udh pedes, duuuuh kayaknya seporsi 10 tusuk juga msh kurang :D

    ReplyDelete
  10. Memang kalo makan makanan yang pakai bungkus dari alam seperti sate ayam daun jati ini rasanya beda ya kak Pipit, seperti waktu aku kecil dulu sering beli tempe bungkusnya pakai daun jati.

    Disini juga ada yang jual sate tapi dari Madura kak, kalo disini satu lusin harganya 15 ribu.😊

    ReplyDelete
  11. Baru aja habis makan sate pas baca ini, jadi gak terlalu ngiler. Saya juga termasuk yang makan semua makanan dan sate juga menurut saya masuk salah satu daftar teratas makanan terenak. Sayangnya, sate blora ini kayaknya masih belum bisa dijumpai di luar blora ya?

    ReplyDelete
  12. Fotonya bagussss banget kak jadi bikin ngiler padahal baru makan :(
    Udah lama gak makan sate juga...

    ReplyDelete
  13. Saya suka sate, tapi bukan pecinta yang banget-banget, dan biasanya saya kurang suka sate diolesin bumbu :D

    Bertolak belakang sama mama saya, blio mah sukanya bumbu kacangnya, sama kayak anak pertama saya :D

    Tapi ini kayaknya enyak juga ya, wajib dicobain, meski entah kapan nih bisa ke Blora :D

    ReplyDelete
  14. Aku sukanya sate madura. Tapi yang daging sapi. Beda dgn mbaknya yg suka daging ayam. Ehehhre

    ReplyDelete
  15. Gw suka banget sama sate... Di Malaysia ini yang populer itu sate Kajang namanya.. asalnya dari daerah Kajang... ada sate ayam, daging, kambing dsb, dimakan sama kuah kacang. Saudara gw yang datang liburan dari Riau sebelum ini bilang kalau rasanya itu kayak sate madura.

    Tapi bukan sate Kajang aja yang gw selalu makan. Sate Padang juga favorit gw!! Lagi-lagi sate lidah. Paling favorit!!!!

    ReplyDelete
  16. Hallo mbak pipit. Salam kenal sebelumnya.

    Aku sempat menduga sih ketika baru baca judulnya bakalan review tentang sate Blora. Ternyata emang bener. Setuju banget sih mbak. Tiap kali pulang ke Blora, rasanya gak afdhal kalo gak makan sate ini. Belum pulang rasanya. Karena emang khasnya Blora tuh ya ini (selain sarapan nasi pecel, kripik tempe,dan cagernya, eh lupa. Sirup kawis juga). Kalo makan sate sih, biasanya makan yang di deket SMA 1 Blora itu. Depannya tempat bimbel kalo gak salah inget. wkwkwk

    Btw, bloranya mana mbak?

    ReplyDelete
  17. Aku suka sateee, tapi agak milih-milih karena nggak semua sate cocok di lidah hihi liat sate Blora ini jadi nelen ludah, itu bumbu kacangnya manggil-manggil πŸ™ˆ

    Btw, kalau pake daun jati ada maksud dan tujuannya nggak ya, Mba? Baru pernah dengar juga sih ini, biasa kan pake daun pisang yaa kalo makanan.

    Btw lagi, shot kamu bagus banget. Cakeppp filternya juga 😍

    ReplyDelete
  18. mbakk ini kok enak banget liatnya, di kotaku jember sini udah ga ada sate dibungkus sama daun jati, adanya langsung ke piring. ngomong ngomong daun jati, daun ini nggak asing dari aku kecil, karena jaman dulu kalau beli daging mesti dibungkus pake daun ini kalau ke pasar

    ReplyDelete

If you have no critics you'll likely have no succes ~Malcolm X