Self Portrait Photography

August 20, 2020


Siapa yang suka foto-foto? Aku!

Siapa yang suka rewel kalau fotonya nggak bagus? Aku juga!

Berkaitan dengan dua hal ngeselin itu, aku selalu pingin punya foto diri yang proper, yang nggak sekedar selfie. Jadi kalau aku pingin foto, suka parno gara-gara yang motoin nggak niat lah, nggak bener lah, iissshh sebel!

Dua tahun terakhir ini pula aku tahu ada yang namanya self portrait photography. Bisa dibilang ini tuh versi advance nya selfie. Jadi kalau kamu merasa selfie itu mainstream dan nggak variatif, kenapa nggak coba ngulik self portrait photography?

Terus, apa aja sih yang diperlukan untuk memotret diri sendiri?

K A M E R A


Harus kamera yang seperti apa? Nggak ada, nggak ada ketentuan. Mau pakai smartphone, pocket camera, mirrorless, atau DSLR, selama itu bisa digunakan untuk memotret, kita udah punya modal utama. Jangan berkecil hati sama hasilnya, ingat prinsip person behind the gun.

T R I P O D


Secara gamblang maksudnya apapun alat yang bisa membantumu supaya kamera mampu berdiri tegak atau berada di posisi yang kamu inginkan. Bisa pakai tripod, meja, pakai selotip buat ditempelin ke dinding, terserah. Sekreatif mungkin dan jangan lupa perhatikan faktor keamanan gear mu.

P E N C A H A Y A A N

Cahaya matahari adalah pencahayaan terbaik dan murah untuk mendukung foto kita, hasilnya pun alami. Tips sederhana, kalau mau foto-foto ambilah waktu di pagi dan menjelang sore hari. Kalau aku pribadi, golden hour ku berada di jam 05.00 s/d 08.00 WIB dan 14.00 s/d 17.30 WIB.

I N S P I R A S I

Setiap kali mau foto-foto, aku pasti buka Pinterest. Ini salah satu platform andalanku untuk urusan foto-foto. Banyak ide kece bertebaran di sana. Kalian coba deh, ini berguna banget buat teman-teman yang awkward atau bingung mau pose kayak gimana di depan kamera, bisa coba diketik keyword nya, self photography ideas atau self portrait ideas. Kalau udah nemu yang pas, gunakan prinsip ATM, Amati, Tiru, Modifikasi.

E D I T I N G


Sentuhan terakhir yang kalau terlewatkan, foto bakal kerasa biasa-biasa aja. Kalau misalnya teman-teman kesulitan dengan aplikasi seperti Lightroom, bisa coba VSCO, RNI Films, atau Tezza. 3 Aplikasi tadi menyediakan preset atau filter untuk mendukung hasil foto kita.

K R E A T I V I T A S


Memotret diri sendiri itu jadi challenge buat mengasah kreativitas diri. Kadang mikir, harus ke tempat yang aestetik nih biar hasilnya oke. Ternyata nggak juga, selama kreativitas itu ada, bisa banget foto depan rumah. Cari aja sudut-sudut rumah yang menarik, jepretin.

***

Kebiasaanku melakukan ini berawal saat travelling dan ngerasa kalau orang lain yang motoin hasilnya nggak sesuai keinginan. So far, ini sangat membantuku untuk mendapatkan foto yang aku mau. Aku bisa foto di manapun dan kapanpun yang aku suka. Jadi tiap momen nggak bakal ketinggalan dan nggak perlu ngerepotin orang lain.

Salah satu artikel yang berjudul Self-Portrait Photography Ideas and Tips: Forget The Selfie dari skylum.com, punya quote yang bagus, coba deh baca:

Your self portrait photography can show so much about you as an artist. Your camera or studio equipment might be a clichรฉ, but it’s one idea. Use a little imagination and whatever helps build the image you’re trying to project.

Apakah diantara kalian ada yang suka self portrait photography juga?

Baca Artikel Populer Lainnya

21 komentar

  1. Asli, foto-fotonya keren banget sih kak Pipit. Aku suka sama hasil foto-fotonya <3
    Foto yang ada di urutan nomor 1 adalah favoritku! :D

    Kalau aku pribadi, nggak bisa sih kalau disuruh gaya-gaya kayak gini huahahaha. Aku bisa fotonya yang normal aja tapi tetap ingin angle-nya bagus, nggak asal foto gitu aja >.<

    ReplyDelete
  2. Belum pernah coba mbak. Tapi serba salah dan sebel kalau suruh orang lain yang motoin. Kadang hasilnya jelek dan takut ngerepotin juga. Bisa dicoba dong nih๐Ÿ˜ tapi nggak punya tripod ding๐Ÿ˜Ÿ
    Saya punyanya tongsis, karena emang suka selfi.
    Tapi pengen coba, pengen bisa ngedit juga biar lebih keren hasilnya.

    ReplyDelete
  3. Saya nggak pernah kayaknya self portrait photography hahahaha. Nggak jago gaya soalnya ๐Ÿ˜‚ alhasil foto-foto saya kebanyakan foto candid atau foto yang di-capture pasangan ๐Ÿ˜„ itu pun meski nggak blur *thank God, dia bisa foto tanpa blur* tapi gayanya itu-itu saja ๐Ÿคฃ

    Saya merasa saya paling oke kalau dicandid, mba - hahahaahahha. Eniho, foto pertama bagus banget mood-nya. Syukaaaak ๐Ÿ˜๐Ÿ’•

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya mungkin lebih ke arah sini. Meski kadang foto ala candid juga terlihat lebih lucu dari foto ala-ala ketawa pada umumnya

      Delete
  4. saya juga kadang melakukan trik ini saat pergi jalan-jalan sendiri. lumayan lah hasilnya daripada difotoin temen yang asal-asalan. eh.. wkwk

    ReplyDelete
  5. Siapa yang suka foto-foto, tapi hasilnya ngga pernah bagus? Aku! Hahahaha.

    Mba Pipit fotonya kece-kece. Aku suka foto-foto mba, tapi hasilnya ngga pernah bagus, salah satu list yang harus aku capai di tahun-tahun mendatang adalah mencoba photography, aku suka foto, tapi hampir ngga pernah selfie mba, selalunya candid atau di fotoin temen, hahaha.

    Suka banget sama editing yang pas di laut, suka lauuuutt.

    ReplyDelete
  6. kalau aku karena sering sendirian jadi ya pakai remote di aplikasi mbak
    cuma aku jarang si foto sendiri
    paling2 dari 100 foto cuma 2 biji aja fotoku yg sendiri ahahhaha

    kalau ngedit aku ngasal aja si paling pakai photoscape
    ga jago aku emang editing
    cuma kalo pas ada temen biasanya minta fotoin sekalian editing
    pasti jauh lebih bagus dibandingkan jepretanku sendiri wkwkw

    ReplyDelete
  7. Bagus bagus! Terima kasih tipsnya!
    Saya jarang selfie sih karena lebih senang dibalik layar, tapi self potrait menarik juga untuk dicoba.

    ReplyDelete
  8. Ah, kece benul foto-fotonya mba ini maaah. Apalagi yg pertama๐Ÿ˜. Aku sendiri pernah beberapa kali self portrait photography dan emg hasilnya sesuai sama yg diinginkan dibanding difotoin sama temen๐Ÿคฃ. Kalau skrg hampir gak pernah foto sendiri, disamping kamera hp ku yg udh mulai kentang HAHA, skrg ada fotografer andalan yg siap motoin kalau aku lg pengen difoto๐Ÿ˜ณ๐Ÿ˜†

    ReplyDelete
  9. AKooohh tetep pengen beli kamera dong, tapi nggak punya duit *Plak! hahahaha.
    Udah nabung, tapi kepake mulu, giliran udah kekumpul beberapa, eh kegoda mau beli hape dong hahaha *duitnya dikit, maunya buanyak :D

    Kalau saya beli kamera buat selfie, biar pori-pori keliatan wakakakakak.
    Soalnya pakai hape saya nggak bisa (padahal, pakai kamera pun belom tentu juga bisa :D)

    Mengerti banget nih saya, masalah pelik bagi seorang yang jago motret adalah, fotonya nggak sebagus foto orang yang dia ambilin :D
    Ya iyalah, abisnya fotografer nyuruh orang awam cekrekin :D

    Btw keren banget memang kemampuan motretnya Pipit.
    Saluutt :D

    ReplyDelete
  10. Waaah, keren banget kaak foto-fotonyaa, jago jugaa ngeditnyaa, estettik gituuu. VSCO pun jadi andalanku buat ngedit foto. Sebel jugaa kadang kalo minta difotoin sama orang, suka taut hasilnya ngga sesuai ekspektasi haha
    btw, salam kenal yaa Kak Pipit:)

    ReplyDelete
  11. Hay pipit, aku suka sekali idemu
    Kreatif ❤

    Kalau aku bisa dibilang jarang foto selfi, mungkin cara2 diatas bisa aku coba biar dapat hasil foto sesuai yg aku inginkan ๐Ÿ˜Š

    ReplyDelete
  12. Oh pantesan hasil fotonya bagus bagus, ternyata mbak Pipit itu hobi photografi jadinya tahu cari momen yang tepat agar hasilnya bagus.

    Kalo aku jujur saja jarang di foto mbak, tapi kalo foto anak dan istri malah hobi.

    Makasih tipsnya buat self potrait photograp mbak Pipit, kreativitas itu sepertinya yang penting biarpun kamera juga menentukan hasilnya bagus atau tidak ya, tapi kalo kurang bagus kan bisa diedit.๐Ÿ˜

    ReplyDelete
  13. gue enggak pernah kayaknya
    kalo pun pernah, jarang bangeti uy buat self potrait seperti ini

    masih canggung dan malu, buat minta temen motoin. biasanya selalu menyuruh adek sendiri untuk jadi kang foto. tapi sekarang udah enggak ada.

    tapi, boleh dicoba juga sih.
    tapi, benda yang pertama kali harus dibeli adalah si tripod ini.
    nabung dulu deh
    :XD

    ReplyDelete
  14. Gw kalau motoin orang gw coba yang terbaik gw bisa. Tapi jadi sebel bila orang lain yang motoin gw karna selalu hasilnya nggak seperti yang gw inginkan. Makanya di hp gw itu kurang sekali ada gambar gw.

    Nanti gw mau coba self potrait kayak mba. Bagus banget hasilnya tuhh.. makasih untuk tipsnya ya!!!

    ReplyDelete
  15. Itu cahaya matahari jatuhnya bukan murah lagi, tapi gratis. Ahaha.

    Editing jelas penting setelah memotret. Tapi saya hampir enggak pernah pakai aplikasi yang kamu sebutkan. Kalau lagi enggak malas, ya pakai Photoshop. Selain itu, cukup atur kontras, saturasi, ketajaman, dll. yang tersedia fiturnya di Instagram.

    Saya lama-lama enggak suka lagi memotret diri sendiri. Entah apa yang mengubah pemikiran ini, tapi memang dalam dua tahun terakhir kurang suka difoto. Lebih senang jadi orang yang megang kamera, ya meskipun belum mahir juga sih gunainnya.

    Selama ini pakai tripod cuma buat motret pemandangan secara landscape biar enggak blur karena tangannya masih gampang goyang-goyang, atau bikin video timelapse.

    ReplyDelete
  16. Makin kesini (baca: makin tua) rasanya makin awkward deh kalo mau foto pakai gaya2an hahaha. Tapi memang bener sih, kadang sebel banget kalo ngarepin orang lain motoin kita dengan bagus, sebagai balasan foto kita yang bagus pas ambil dia. Yang gak senter lah, kepotong di kaki lah, aarrgghh bete! Mungkin self portrait memang solusi yang manjur buat masalah ini ya!

    Sekarang aku lebih suka motoin momen alam sih. BIsa apa saja, tapi rasanya lebih natural dan kalau bisa gak perlu edit2. Biasanya memang mengandalkan sinar matahari yang sudah tjakep dari sononya.

    Keren2 banget hasil fotonya Pipit, gayanya juga edgy! Fyi, blog ini termasuk blog favoritku lho, karena clean and simple. *lope*

    Semangat ya motret2nya! (^0^)

    ReplyDelete
  17. Boro boro mba, selfie aja bisa diitung pake jari, apalagi self potrait hahahahah. Sbnrnya aku ga terlalu suka difoto, Krn ngerasa kurang fotogenic di kamera. Mostly pasti terlihat aneh :p. Cuma dikit yg aku puas Ama hasilnya. Dari dulu sih srg bgt ngerasa gitu.

    Makanya wali aku rutin traveling, tp aku LBH seneng motoin org, drpd difoto. Ada siiih bbrp foto yg diambilin temen dan suami, hanya sekedar bukti aku pernah ke tempat itu :D.

    Suami yg justru paliiiing suka difoto. Kami berdua memang rada kebalik. Dia suka pose, aku emoh :D. Mnding aku yg motoin deh :p

    ReplyDelete
  18. Mba Pipit posenya luwes bangett, cucok memang untuk self portrait gini ๐Ÿ˜

    Kalo liat foto-foto influencers di IG yang non selfie rasanya memang ingin yaa punya koleksi foto sendiri yang pose-pose estetik. Sayangnya, kalo aku jatuhnya awkward dan penuh kepura-puraan ๐Ÿคฃ tiap kali minta tolong suami fotoin buat konten, aku sering ngoceh2 dia fotonya gak bagus, padahal liat hasilnya ternyata aku yang nggak pandai pose bahahaha dia selalu bilang, candid and is the best. Jadi yaaa begitulah. Self portrait hanya angan-angan saja ๐Ÿ˜†

    ReplyDelete
  19. Hahaha.. keren tipsnya mbak. Tapi, kalau saya ada cara lebih mudah mbak.. wkwkwkwk

    Panggil si Kribo, putra kesayangan kami, dan suruh dia yang memotret wakakakak... karena dia juga suka fotografi.. cuma kadang dia manyun karena males motret karena bapaknya kaku.. hahaha dan ga cantik . Hobinya dia motret model cewek

    ReplyDelete
  20. enaknya kalau pergi sama temen dan dia pinter moto, tanpa dikomando banyak, ehh tau aja yang aku mau anglenya.
    perjuangan kalau pergi sendiri dan self photography, pinginnya hasilnya bagus tapi anglenya nggak biasa, ngatur ngatur feeling sendiri jadinya

    hahaha kadang aku buka pinterest juga mba buat cari inspirasi

    ReplyDelete

If you have no critics you'll likely have no succes ~Malcolm X